Prive Uri-Cran, Herbal Ampuh Atasi Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan adalah istilah yang sudah saya kenal sejak saya kecil. Karena dulu saya sering mengalaminya. Rasanya seperti ingin buang air kecil tetapi tidak tuntas-tuntas. Anyang-anyangan ini cukup merepotkan karena membuat saya harus sering bolak-balik ke kamar mandi, dan harus menahan rasa sakit buang air kecil.



Keseruan saya berfoto di Booth Uricran (doc. Yustrini) 

Anyang-anyangen bisa dicegah dan ditangani jika kita tahu tata caranya. Diantarnya menggunakan herbal prive uri-cran. Bagaimana penjelasannya? Simak terus ya...

Dulu, setahu saya anyang-anyangan disebabkan karena kita sering meminum dua jenis minuman yang berbeda suhunya. Misalnya habis minum es yang dingin kemudian minum teh panas. Tetapi herannya, meskipun saya tidak pernah lagi minum es dan air panas berbarengan, nyatanya saya masih sering anyang-anyangan. Jadi minum air panas dan dingin secara berbarengan tidak terbukti secara ilmiah menjadi penyebab anyang-anyangan. 

Lantas apakah sebenarnya anyang-anyangan itu? Dan apa yang menjadi penyebabnya ? Bagaimana langkah untuk mengobati dan mencegahnya? Berikut cerita saya tentang anyang-anyangan. 

Apakah Anyang-Anyangan itu?

Hari Sabtu, 13 Juli 2019 lalu,  saya bersama beberapa kawan yang tergabung dalam #uricranwomanscommunity #jogjasolo mengikuti talk show kesehatan yang diselenggarakan #combiphar, produsen dari #uricran yang berfungsi mencegah #anyanganyangan dengan tema : "Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih", dengan nara sumber dr. Muhammad Nurhadi Rahman,  SpOg.


Nara sumber, Dr. Adi (doc. Pri) 

Acara ini memberikan banyak pemahaman mengenai pentingnya memelihara kesehatan saluran kemih pada wanita yang rentan terkena ISK (Infeksi Saluran Kemih), yang tejadi karena infeksi Mikroba. Ternyata jika dibiarkan, ISK ini akan berkembang menjadi lebih parah,  seperti gagal ginjal, kanker,  bahkan untuk ibu hamil dapat beresiko bayi lahir prematur,  atau bayi ikut terinfeksi mikroba penyebab ISK yang diidap ibunya.

Berdasar riset yang dilakukan,  5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK, dan 2 diantaranya mengalami ISK berulang. Hal-hal tentang ISK yang harus dipahami :

Gejala ISK

1. Ingin buang air kecil terus-menerus
2. Buang air terasa sakit/nyeri
3. Buang air kecil tidak lancar.

Hal-hal yang menyebabkan perempuan lebih rentan terkena ISK :

  1. Secara anatomi saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus.
  2. Wanita harus menggunakan air selesai berkemih,  dan air bisa menjadi tempat bakteri.
  3. Lebih sering menahan buang air kecil
  4. Resiko terekspos bakteri lebih tinggi melalui dudukan toilet.


Suasana talkshow

Dalam bahasa medis, anyang-anyangan disebut dengan Polakisuria, yaitu suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml karena lapisan mukosanya meradang sehingga penderitanya menjadi sering kencing. Air seni yang keluar sedikit-sedikit dan disertai dengan rasa sakit atau terasa panas (disuria). 

Penyebab peradangan itu sendiri sebagian besar adalah akibat adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri penyebab anyang-anyangan ini, kebanyakan adalah bakteri E-Coli yang merupakan bakteri yang ada di saluran cerna kita. 

Penyebab lainnya adalah, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, diabetes, menopause.

Lebih jauh, ternyata anyang-anyangan ini merupakan gejala awal dari penyakit yang lebih serius, yakni Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang harus diwaspadai. Infeksi ini terjadi karena bakteri yang ada di saluran kemih menyerang organ yang yang terdapat di saluran kemih.

Infeksi yang terjadi bisa Infeksi saluran kemih bawah atau atas, tergantung organ yang diserang. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam. 

Karena disebabkan oleh bakteri, pengobatan ISK sering menggunakan antibiotik dengan dosis tertentu yang diberikan oleh dokter yang berkompeten.

Masuknya bakteri ke dalam saluran kemih ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang sering kita lakukan. Seperti sering menahan buang air kecil, kesalahan cara membasuh area kewanitaan setelah kita selesai berkemih, atau karena kita kurang minum.

Uricran.co.id

Minum yang banyak sangat bermanfaat untuk membantu mengeluarkan bakteri yang ada di saluran kemih kita. Sementara menahan kencing memberi kesempatan bakteri yang ada dalam kantung kemih untuk berkembang biak sehingga menimbulkan efek peradangan pada kantung kemih kita. 

Anak-anak menjadi golongan yang rentan mengalami anyang-anyangan karena beberapa hal. Diantaranya kebiasaan anak-anak menunda buang air kecil karena berbagai alasan, entah karena terlalu asik bermain atau karena sebab lain.

Saya jadi flash back ke masa kecil dulu. Saya dulu anaknya penakut dan gampang merasa jijik. Jadi sering bermasalah kalau mau buang air kecil di malam hari karena takut ke belakang sendiri. 

Ketika sedang bepergian jauh, saya jarang mau buang air kecil di kamar mandi umum. Alasannya saya merasa tidak nyaman kalau buang air kecil di tiolet umum, karena aromanya yang tidak sedap dan kebersihannya yang kurang. Sehingga saya sering menahan buang air kecil dan sengaja minum sedikit agar tidak ada dorongan ingin ke belakang. 

Kebiasaan buruk yang berulang inilah ternyata yang menyebabkan saya sering mengalami anyang-anyangan. Belum lagi kebiasaan cara berkemih yang salah. Seharusnya dari depan ke belakang tetapi malah dari belakang ke depan, sehingga menyebabkan bakteri e-coli yang ada di anus ikut masuk ke saluran kemih. Jadi inilah ternyata penyebab anyang-anyangan yang saya sering saya alami sewaktu kecil yang membuat saya merasa sakit saat buang air kecil.

Selain itu, seperti disebutkan di awal, berdasar penelitian yang pernah dilakukan, wanita memang lebih rentan mengalami anyang-anyangan dibanding pria. Karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) pada wanita lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Dan hal ini diperparah dengan banyaknya kesalahan berkemih seperti yang saya jelaskan di atas.  

Oleh karena itu pengetahuan tentang cara berkemih yang benar, tidak lama-lama menahan kencing, dan banyak minum sangat penting diketahui karena merupakan cara mencegah anyang-anyangan.

Cara Prive Uri-Cran Mengatasi Anyang-Anyangan

Selain banyak minum, banyak anugrah alam yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 

Salah satunya adalah buah cranberry yang sudah sejak lama dipercaya untuk melindungi kesehatan saluran kemih. Buah yang banyak terdapat di Amerika ini memiliki kandungan proantocyanidin yang dapat mencegah dan menangkap bakteri e-coli sehingga tidak menempel di dinding saluran cerna kita. Akibatnya kita terhindar dari anyang-anyangan.

Uricran.co.id

Selain mengandung proantocyanidin, cranberry juga mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi serta mengandung serat makanan, mineral, flavonoid, antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan memiliki senyawa fitokimia salah satu sumber anti oksidan polifenol yang membuat buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah kanker.

Saya sedang mencoba Prive Uricran Plus

Saat ini, esktrak buah cranberry mudah kita dapatkan di apotek-apotek atau toko herbal dengan membeli produk prive uri-cran yang diproduksi oleh PT Combhiphar.

Terdapat dalam 2 sediaan yang bisa dipilih, yakni :
1. Prive uri-cran, berbentuk kapsul yang mengandung 250 mg Ekstrak Cranberry.


Uricran.co.id

Dosis yang disarankan adalah untuk pencegahan : 1 - 2 kapsul per hari, diminum sesudah makan. Prive uri-cran tersedia dalam kemasan per box yang terdiri dari 3 strip, dan setiap strip terdiri dari 10 kapsul.

2. Prive Uri-Cran Plus, berbentuk serbuk. Dengan komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.
Uricran.co.id

Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Uricran ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak usia di atas 3 tahun dengan dosis setengah dosis dewasa. Dan aman juga dikonsumsi ibu hamil dengan dosis sesuai anjuran dokter.

Saya pribadi lebih memiliki prive uri-cran plus karena lebih mudah dikonsumsi dengan rasa jus cranberry yang segar. cara membuatnya pun mudah, tinggal buka kemasan uri-cran plus, tuang isinya dalam gelas, dan seduh dengan air dingin atau air hangat sesuai selera sebanyak 150ml, dan nikmati kesegarannya.

Selain itu, prive uri-cran plus juga memiliki tambahan probiotik yang juga berfungsi menjaga kesehatan pencernaan kita. Prive Uri-cran Plus terbukti mengatasi susah buang air kecil yang sering saya alami sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan kita.

Oh ya,  bagi teman-teman yang ingin tahu info lebih lanjut tentang uricran, bisa simak  Web Uricran di http://www.uricran.co.id. Terus bagi yang ingin hadir dalam acara UriCrevent,  ada kuis yang bisa diikuti di instagram @uricran.id, yang berhadiah tiket final UriCrevent. Jangan lupa sertakan hashtag #uricran dan #uricrevent, buruan ikutan yaa... 

Saya dan teman-teman bloger di keseruan bareng uricran (doc. Eno) 

Yuk, mulai sekarang kita jaga organ kewanitaan kita dari resiko penyakit infeksi saluran kemih (ISK) dengan pola hidup sehat dan minum setiap hari esktrak buah cranberry yang terdapat dalam produk Prive Uricran dan Prive uricran plus dari Combiphar.

Salam sehat dan bahagia..
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

22 komentar

  1. Wah, asyik ni mba septi..
    Soalnya pernah ngalamin pas hamil tapi gak tau gimana ngobatinnya.
    Sekarang sudah mudah, ada prive uricran

    BalasHapus
  2. Anyang-anyangan memang ga ebak, Mbak. Pengin buang air kecil, tapi tidak tuntas. Makanya bersyukur sekali ya, Mbak. Sekarang ada minuman untuk mengatasi anyang-anyangan ini. Dan memang kuncinya pola hidup sehat juga.

    BalasHapus
  3. OOO ada juga ya obat praktis buat anyang2an gini, apalagi rasanya canberry, pasti enak ya mbak, nggak kaya jamu2an gitu

    BalasHapus
  4. Wah paling ga enak deh kalau di serang anyang-anyang E.coli, mesti rutin minum uri-cran.
    Btw, jilbab mbak Sapti cantik banget, warnanya juga catik merah seperti warna cranberry.

    BalasHapus
  5. Enak ya sekarang ada yg praktis buat diminum. Tfs mbaa 😄

    BalasHapus
  6. Wajib hukumnya peduli dan menjaga organ kewanitaan kita dari resiko penyakit infeksi saluran kemih (ISK) dengan pola hidup sehat ya mbak
    Diantaranya dengan minum setiap hari esktrak buah cranberry yang terdapat dalam produk Prive Uricran dan Prive uricran plus dari Combiphar.

    BalasHapus
  7. Bisa dicoba nih mbak kalo anyang-anyangan lagi dateng. InsyaAllah aman kan ya..

    BalasHapus
  8. Saya kemarin juga ikutan acara uricran yang di Surabaya. Baru tahu ternyata Uricran itu bisa untuk mencegah, jadi bukan hanya mengobati.

    BalasHapus
  9. Aku juga konsumsi prive uri untuk mencegah kandung kemih. Rasanya juga enak ya... Langsung berasa lagi khasianya.

    BalasHapus
  10. Ternyata berbahaya ya angang-anyangan itu, pertanda infeksi saluran kemih. Informasi yang bermanfaat nih Kak. Thanks

    BalasHapus
  11. Anyang2an gak nyaman banget mbak, untungnya ada Uri-Cran. Saya udah nyobain nih Uri-Cran dan rasanya gak bikin eneg kl mau minum secara rutin

    BalasHapus
  12. Pernah dengar juga, minum susu dan yeh bersamaan juga ga boleh. Bisa anyang anyangan. Bener ga sih?

    BalasHapus
  13. Saya ngerasai nie manfaat Uricran. Pas tengah malam kena anyang-anyang, langsung nyeduh uricran, minum, Alhamdulillah, atas izin Allah langsung sembuh.

    BalasHapus
  14. Ya mbak aku salah satu yang pernah anyang2an krn nahan pipis kalau di luar rumah. Abisnya males toilet jorok. Skrng dah insyaf paling bawa tissue dan botol air ke mana2.
    Btw pernah juga minum Uricran enak gk kyk obat.

    BalasHapus
  15. Duh anyang-anyangan tuh emang ga enak banget ya ,, dan ternyata jangan disepelekan juga takutnya lebih parah.

    BalasHapus
  16. Saya beberapa bulan yang lalu tuh mengalami anyang-anyangan, biasanya karena kurang minum dan suka nahan pipis.

    BalasHapus
  17. Dulu pernah kena anyang-anyangan ini, ya ampun beneran ga nyaman tiap Kali mau pipis berasa nyeri Dan ga tuntas. Sejak itu kapok, ga mau lagi nahan pipis hiks. Sayangnya waktu itu belum Tau info tentang Uri-cran

    BalasHapus
  18. Aku butuh nih! Suka banget anyang anyangan dan bener bener mengganggu aktivitas

    BalasHapus
  19. Buat yg males kencing dimalam hari dan paginya susah buang air ini sepertinya solusi yg tepat, jadi gk bisa menimbulkan sumber penyakit.

    BalasHapus
  20. Wah, muka saya ada di mana-mana, ha, ha...

    BalasHapus
  21. Rasa uri cran ini enak ya, seger banget dan ternyata manfaatnya luar biasa bisa mengatasi anyang anyangan

    BalasHapus
  22. Aq suka bgt nih anyeng2an dan rasa uni cran enak bgt aq suka minum ini juga klo lagi kambuh nih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter