Senin, 22 April 2019

Berkenalan Dengan Bakso Bonanza, Bakso Lezat dan Sehat Tanpa Pengawet

Siapa diantara teman-teman yang tidak kenal bakso? Pasti semua sudah kenal kan ? Kuliner yang terbuat dari daging giling yang dicampur bumbu dan tepung ini memang sangat familiar di telinga kita.  Dan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, termasuk saya. 

Sejak SMP saya menyukai kuliner ini. Kalau sedang suntuk dan butuh penyegaran,  saya lari ke tukang bakso langganan. Untuk menghilangkan kegundahan dengan makan. Setelah dewasa dan menikah, saya terbiasa menyediakan masakan sendiri di rumah.  Tapi untuk bakso kuah,  saya belum berhasil menaklukkannya. Bakso kuah buatan saya masih kalah dibanding buatan warung bakso sebelah. Sehingga untuk bakso,  kami lebih sering membeli saja untuk menikmatinya. Pengen sih suatu saat nanti bisa menghidangkan bakso kuah yang cocok di lidah orang-orang rumah. Dan sepertinya semesta mendukung keinginan saya...

Suatu hari di sebuah grup WA,  seorang teman memberi tahu kalau hari Jumat,  19 April 2019 ada event Demo Memasak Aneka Olahan Bakso bersama Chef Brian Wicaksono yang diselenggarakan oleh Bakso Bonanza di Solo Square Jl. Slamet Riyadi Surakarta. 


Kebetulan di event tersebut para blogger yang tergabung dalam Mom Blogger Community memperoleh undangannya. Saya pun langsung tertarik untuk mengikutinya.  Sehingga saya langsung mendaftarkan diri sebagai peserta. Disamping karena bisa ketemu dengan Chef Brian, yang notabene adalah juara 2 kompetisi Master Chef Indonesia session 3 yang terkenal piawai untuk mengolah menu nusantara,  saya juga penasaran dengan bakso bonanza yang berdasar testimoni teman-teman di Jakarta rasanya beda dibanding bakso-bakso lainnya.  Lebih lezat, kenyal, empuk,  dan juicy.  Ya,  siapa tahu dari chef Brian  nanti saya memperoleh tips membuat bakso kuah yang lezat.

Perjalanan Ke Solo Square
Jumat, tanggal 19 April 2019 pukul 07.00 WIB berangkatlah saya ke Solo dengan kendaraan pribadi bersama anak dan suami. Awalnya, saya sudah janjian dengan beberapa kawan di Jogja yang kebetulan ikut di event Bonanza untuk berbarengan ke Solo dengan menggunakan kereta api pramex.  Sayang seribu sayang,  saya kehabisan tiket. Jadi H-1 sebelum keberangkatan, ketika saya antre untuk pesan tiket,  ternyata tiket Jogja-Solo untuk keberangkatan jam 07.00 sudah habis. Tinggal jam 09.00 saja yang masih ada. Padahal perjalanan Jogja-Solo memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit, dan event Bonanza dimulai jam 10.00 WIB. Kalau pakai kereta yang jam 09.00 saya pasti terlambat. 

Salah satu booth bakso bonanza di Solo Square (doc.pri)
Setelah ngobrol dengan suami akhirnya disepakati saya ke Solo dengan kendaraan sendiri diantar suami.  Itung-itung piknik.  Pulangnya nanti mampir Boyolali ke tempat mertua sekalian silaturahmi. Alhamdulillah perjalanan lancar, dan seperti yang diperkirakan, pukul 09.00 WIB kami sudah sampai lokasi. Namun ternyata, Solo Square masih tutup,  dan baru buka jam 10.00 WIB. Untungnya teman-teman yang berangkat dengan kereta pramex sudah lebih dulu sampai.  Jadi saya langsung bergabung dengan mereka. Sementara anak dan suami mau jalan-jalan sendiri sekaligus cari makan pagi.  

Foto bersama sebagian teman blogger dari Jogja dan Solo (doc. Manda) 

Berkenalan Dengan Bakso Bonanza
Sekitar pukul 10.30 WIB acara dibuka oleh MC cantik mbak Echa.  Selanjutnya kami memperoleh penjelasan tentang bakso bonanza dari mbak Carolina. 

Mbak Echa membuka acara (doc. Pri) 

Dari penjelasan Mbak Carolin kami memperoleh informasi kalau bakso bonanza ini diolah dari daging sapi hasil peternakan sendiri. Lokasi peternaksn sapi yang menjadi bahan baku bakso bonanza ada di Lampung, di tengah perkebunan nanas.  Dan buah nanas adalah salah satu pakan yang diberikan kepada sapi-sapi yang ada di peternakan tersebut.  


Mbak Caroline dari Bakso Bonanza (doc. Pri) 
Inilah yang menjadi rahasia kenapa bakso Bonanza memiliki tekstur yang empuk,  juicy,  dan lebih tasty jika dibanding dengan merk lainnya. Selain itu bakso sapi Bonanza memiliki kandungan daging yang lebih banyak.  Satu lagi yang istimewa dari bakso bonanza ini, selain diolah dengan cara yang higienis dan halal,  bakso bonanza tidak ditambah dengan pengawet sehingga aman dikonsumsi. 

Event Demo masak bareng bakso bonanza ini menandai masuknya bakso bonanza di wilayah Jogja dan Solo. Bakso sapi ini diproduksi oleh PT Great Giant Food, dibawah naungan Gunung Sewu Grup yang bergerak dibidang perkebunan, peternakan, dan pengolahan buah-buahan dan animal protein yang sangat memperhatikan kualitas produk yang dihasilkannya. 

Bakso Bonanza (sumber : instagram bonanzabeef.id)
Produk bakso sapi Bonanza ini tersedia dalam kemasan kecil 180 gram dengan isi kurang lebih 12 butir dengan harga di pasaran sekitar Rp. 35.000,-,  dan kemasan besar 500 gram,  dengan isi kurang lebih 33 butir bakso dengan harga sekitar Rp. 80.000,-. Karena tidak menggunakan pengawet,  bakso Bonanza harus disimpan di freezer agar tahan sampai 6 bulan. Untuk wilayah Jogja dan Solo produk ini bisa didapat di hypermart atau Superindo. 

Demo Masak Kreasi Bakso Bareng Chef Brian
Setelah pemaparan singkat dari Mbak Carolina wakil dari bakso Bonanza,  acara selanjutnya adalah masak kreasi bakso bareng chef Brian. Para peserta yang kebanyakan adalah emak-emak tampak sangat antusias. Chef Brian memandu acara demo masak ini dengan sangat interaktif.

Chef Brian Wicaksono (doc. Pri,) 
Perwakilan dari yang hadir dipanggil untuk membantu Chef Brian memasak. Dalam pejelasannya Chef Brian mengungkapkan pengaruh pakan nanas yang diberikan kepada sapi yang digunakan sebagai bahan baku bakso Bonanza ini membuat rasa dari bakso menjadi empuk dan tasty,  sehingga irit bumbu. 

Memasak bareng Chef Brian (doc. Pri) 

Ada 3 kreasi masakan bakso yang ditampilkan Chef Brian yakni :
1. Bakso Bakar BBQ
Bumbu yang digunakan adalah saos bbq instant  ditambah jinten sangrai yang dihaluskan agar rasanya lebih mediteran, ditambah bawang bombay yang diiris, dan bawang putih dicincang kasar. 

Caranya saos bbq dipanaskan,  dicampur dengan semua bumbu,  dan diberi air hingga meletup-letup.  Saos inilah yang digunakan sebagai bahan olesan. Selanjutnya bakso Bonanza dikerat menjadi 4 dan ditusuk selang-seling dengan paprika,  baru dibakar. Ketika bakso kira-kira setengah matang,  bakso masuk ke bumbu lagi,  dan dibakar sampai matang. 

Penampakan bakso bakar bbq (doc. Pri) 
Resep bakso bakar bbq ini simpel sekali. Dan penampilannya sungguh menarik hati untuk mencobanya. Rasanya pun yummy, perpaduan gurihnya bakso Bonanza dan saos barbeque yang merasuk sempurna ke dalam baksonya. Baksonya empuk,  terasa juicy, tidak kering.  Cocok sebagai cemilan sore atau lauk makan. 

2. Bakso Kari
Baru saya tahu kalau bakso bisa dimasak kari juga. Bumbunya menggunakan bumbu kari instant yang ditambah bunga lawang. Sebagai pengental kuahnya diberi tambahan tepung terigu. Ternyata rasanya lumayan juga.  Anak teman yang kebetulan duduk di samping saya terlihat lahap menikmatinya. 

Penampakan bakso kari (doc. Pri) 

3. Bakso Kuah
Nah, inilah menu yang dari tadi saya tunggu. Menu favorit kami sekeluarga. Resep dari Chef Brian ternyata mudah. Untuk kaldunya bisa menggunakan iga atau skengkel. Agar diperoleh kuah kaldu yang bening,  kaldu atau skengkel direbus sebentar dan dibuang dulu airnya.  Baru kemudian ditambah lagi air secukupnya dan dipanaskan dengan api kecil agar sari-sari kaldunya keluar. Setelah kaldu siap, tambahkan bumbunya berupa bawang putih dengan menggunakan bawang kating yang digeprek secukupnya dan bawang bombay yang diiris tipis untuk memberikan rasa manis, serta garam sesuai selera. Baru setelah itu bakso ditambahkan untuk kemudian disajikan bersama bahan pelengkap lainnya seperti mie,  tahu,  dan taburan seledri maupun bawang goreng.  

Bakso Bonanza yang direbus (doc. Pri) 
Hidangan bakso kuah sapi masakan Chef Brian ini memang lezat. Kuahnya segar dengan bumbu yang pas. Untuk bakso Bonanzanya rasa daging sapinya sangat terasa serta empuk saat digigit. Dan fix,  saya pengen mencoba resep ini nanti di rumah.

Foto bareng di akhir acara (doc. Pri) 
Nah,  demikian oleh-oleh saya dari Solo, Surakarta. Cerita tentang pengalaman saya berkenalan dengan bakso Bonanza. Bagi teman-teman yang ingin menghadirkan menu bakso yang lebih higienis dan nggak banyak micinnya, yuk coba masak sendiri di rumah. Gunakan bakso sapi Bonanza yang terbuat dari daging sapi asli berkualitas prima.  Mumpung saat ini masih ada promo diskon 20% untuk pembelian di Hypermart atau Superindo lho... 

Salam... 

81 komentar:

  1. Bakso bonanza frozen nya udah nyampe jakarta belum mba, apa masih di sekitar solo dan jogja aja nih? mau nyobain euy jadi laperrr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jakarta malah lebih dulu ada mb... Termasuk produk susunya yang fresh tanpa tambahan apapun. Yuk.. Dicoba... 😍

      Hapus
  2. Itu promonya sampai kapan mba Sapti? He, he pengen nyobain bakso Bonanza.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh.. Mb lupa ga tanya...mgkn sampai akhir April apa ya... yuk, buruan cuzz saja keburu habis nanti diskonnya... 😍

      Hapus
  3. empuk, kenyal dan tanpa bahan pengawet pastinya. Wunak apalagi dijadiin Bakso Bakar BBQ, mantull

    BalasHapus
  4. Baksonya beneran enak. Suka aq tuh. Nyesel kemaren icipnya cuma dikit. Hahahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He3..direbus, terus dicemil langsung juga enak yaa...

      Hapus
  5. Ternyata Jogja-Solo cuma sejam setengah aja yaa, pantesan dibela2in ke Solo untuk ketemu teman2 blogger plus nyicipin bakso ya 😂😂. Btw bakso bakarnya bikin nelen ludah, matul banget apalagi kalau dicocol sambel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak... Mumpung ada event yang pas... 😀

      Hapus
  6. Wah aku pernah bun ngerasain bakso bonaza dan emang enak banget dong. Apalagi kalau dimsak ama cheff gtu, makin enak. Dagingnya itu kerasa bangettt
    Cocok banget buat penggemar bakso mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap... Enak dan sehat karena tanpa pengawet...

      Hapus
  7. Huhuhu.. aku ga bisa bikin bakso, jadi aku beli aja di Hypermart / Superindo :) . Bakso Bonanza ya, noted.

    BalasHapus
  8. Bakso memang makanan favorit yah enggak heran kalau di buru hingga ke solo hehehe, tapi beneran mbak saatnya pilih2 bakso yang sehat dan berbahan baku terbaik ya agar hobi makan bakso enggak jadi masalah kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Iya, mumpung baru launching dan ada diskonnya. Ketemu chef Brian juga. Hihi..

      Hapus
  9. Wah, Indonesia punya ini. Pas banget saya pecinta bakso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mb... Bikin pakai bakso bonanza.. Yummy lho...

      Hapus
  10. Ini di jual frozen gitu ya tampa pengawet? Wah semoga ada di kalsel nih, bagus juga tanpa bahan kimia kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tanpa pengawet, makanya harus disimpan di freezer..

      Hapus
  11. Aku juga suka bakso lho mbak, mau diolah apa pun aku suka... Kayaknya oke juga kalau nyetok produk ini di rumah, kalau pengen bakso bisa langsung bikin, nggak perlu keluar rumah deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Paling enak bakso bakar mb... Simple bikinnya... 😍

      Hapus
  12. wah mauuu mba, sayang jauh ya dari tempat tinggal saya..memang bakso yg banyak di pasaran biasanya pakai micin ya walau kita bisa minta ga pake sih

    BalasHapus
  13. ya allah lagi lapar begini baca ini, tambah laper :)
    saya suka baso kuahnya, bisa dibakar juga ya, enaknya

    BalasHapus
  14. lho, acaranya di Solo mb? wah, tau gitu aku ikutan ngicip bakso ya, solo square mah deket sama rumah ibu mertua :3.
    promo 20% nya sampai kapan tu mb?. mayan nih buat nyetok b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo.. Iya to.. Bisa sekalian mampir ya kl dekat... 😍

      Hapus
  15. Makanan kesukaanku juga nih. Boleh lah nanti kalau ke hypermart masukin kemasan kecil ke keranjang belanja 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip... Yang besar juga bolwleh lho... Kalau takut ga habis bis dilempar ke sini... 😀

      Hapus
  16. Adududu, jadi kepengen makan bakso pas ujan-ujan begini. Harus selalu punya stok bakso bonanza nih di kulkas biar bisa langsung eksekusi klo kepengen makan bakso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Praktis.. Tinggal bikin kuahnya saja... 😍

      Hapus
  17. Keluarga juga suka makan bakso nih dan malah menjadi makanan wajib kalau lagi hari besar.
    Bolehlah dicoba kalau lagi belanja, nyoba beli satu dulu.
    Asyiknya sampai ada acara masak bareng chef ya Kak.

    Terima kasih, aku ngiler karena pengen baksonya dan acaranya...

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Iya, acaranya seru mb..chefnya juga baik, ga pelit ilmu... 😀

      Hapus
  18. Wah cocok ini buat persediaan, apalagi menjelang bulan puasa. Kala bangun kesiangan bisa langsung goreng aja

    BalasHapus
  19. Wah kalau bakso sih kesukaanku banget mbak, mau diolah gimana aja pasti suka. Jadi pengen coba Bakso Bonanza. Di Bandung pasti udah ada kan ya? rumahku dekat sama Hypermart bisa langsung hunting hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung-jakarta sepertinya sudah.. Yuk cuzz borong... 😍

      Hapus
  20. Wah kebayang kenyal dan enak ya rasanya, ternyata makanan sapinya beda ya..terjamin kehigienisannya pula jadi tenang makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Itu salah satu yang jadi pembedanya...

      Hapus
  21. Waaahh bakso Bonanza ini udah masuk Semarang apa belum yaaa.. Mau juga nih masak pake bakso dari sapi yang pakannya ada nenasnya juga. Pengin makan bakso yang kenyalnya pas dan oke dooong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mb... Joglosemar seperti biasanya satu paket... 😀

      Hapus
  22. Jadi lapar semoga segera didistribusikan ke daerah padang . Salam kenal mbak

    BalasHapus
  23. Wiihh.. keluargaku salah satu makanan favorit yaa baso.. belum coba nih bakso Binanza.. kayaknya patut dicoba nih.. enak dan tentunya aman bergizi yaa mba..

    BalasHapus
  24. Widiiih baksonya bikin ngiler banget mba. Saya sebenarnya ngga pernah bikin bakso sendiri sih. Biasanya malah sering beli diluar yang di gerobakan. Haha. Tapi pas kiat artikel ini jadi pengen deh sekali kali bikin bakso bonanza. Apalagi sehat begitu makanannya. Aman ya mba pasti. Ngga was was lagi. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..lebih praktis kalau beli memang... Tapi lebih sehat dan higienis kl masak sendiri..

      Hapus
  25. Oh br masuk jogja dan solo ya? Bandung berarti udah kayanya ya, penasaran ih pengen coba, sekalian praktik resep2nya juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung, Jakarta lebih dahulu ada mn... Yuk kl mau coba..

      Hapus
  26. Baca ini perut kemrucuk, mbak. Lapar sangat. Secara saya pecinta berat bakso.
    Pengen coba bikin bakso kari. Kayaknya enak, nih. Belum pernah bikin. Penasaran pengen cobain.
    Semoga bakso Bonanza segera masuk Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Iya mb... Semoga tersedia untuk surabaya dan sekitarnya... 😉

      Hapus
  27. Aku suka banget bakso!! dan pas berseliweran TL tentang bakso bonanza langsung dong penasaran, akhirnya beli dan asli emang enaaak hahahahaha baca tulisan ini jadi kepikiran belanja bakso bonanza lagi ntar abis pulang kantor :D

    BalasHapus
  28. Baksonya kayaknya enak nie empuk jadi pengen cobain beli juga deh ini... Hemmmmm yummiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap...karena sapinya dikasih makan nanas yang biasa untuk ngempukin daging... 😀

      Hapus
  29. baksonya baru tersedia di Jogja Solo aja mba? belum National Wide kah?

    duuh yang di tanah rantau gini, ngences liat foto bakso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tahu joglosemar,sama jabodetabek.. Yang lain kurang paham saya..hihi...

      Hapus
  30. Wah, pas banget bulan depan puasa. Mau nyetok bakso bonanza biar gampang ngolahnya.

    BalasHapus
  31. Aku suka beli buat anak-anak apalagi pas bonanza promo. Sedapppp
    Tinggal rebus trus dibikin sate gt anak2 demennnn. Baksonya juga lembuttt dan enakkkkk, daging semua ga dicampur lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb, mengandung 80% daging sapi bakso bonanza ini... Makanya rasanya yummy...

      Hapus
  32. Mau nyoba akh bakso bonanza . Bbrp waktu lalu sempat baca postingan blogger depok tentang baso bonanza ini. Sekarang udah ada d yogya ya

    BalasHapus
  33. Aduuuh mau ah beli buat bikin bakso sore-sore. Kemaren waktu flu, bolak balik makan bakso tapi nggak bosen sama sekali ahahaha enak soalnyaaa

    BalasHapus
  34. Kalau tanpa pengawet pasti jadinya lebih sehat ya mba. Masih menggunakan MSG or penguat rasa ngga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penguat rasa masih ada dengan batas yang aman...

      Hapus
  35. Kapan nih bisa praktek bareng, Mak? Luamayan bisa nambah 1video resep istimewa nih. Hihi aku suka baksoo, pengin deh diajarin bikinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...aku ga pinter masak lho mb... Nanti mb eka masak, aku yang nyicipin..

      Hapus
  36. Duh jadi ngiler liat baksonya. Namanya juga unik, kapan2 mau makan 😍😍 it bisa dipesan lewat luar pulau gk mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di market place juga ada sih mb.. Mgkn bisa kirim2 juga...

      Hapus
  37. Rasanya aku belum pernah lihat merk Bonanza.
    Tapi di Bandung dunis per-bakso an di dominasi sama produk lokal siih...
    Kebetulan, aku lagi cari-cari bakso yang cocok buat anak-anak.
    Akunya yang hobi makan dan masak bakso.
    Hehehe...pas kan kalo ujan, makannya bakso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Kalau di jabodetabek, sudah ada... Kurang tahu untuk bandung ya...

      Hapus
  38. Ini dia baksonya...so enak...!!

    BalasHapus
  39. Kenapa saya tidak dapat undangan ya, kalau ke boyolali lewat klaten kagak, jika iya mampir lah.
    Saya sangat suka bakso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena yang diundang nom blogger.. Hihi.. Iya lewat.. Siap.. Nanti kl waktunya pas mampir yaa..

      Hapus
  40. Bakso kemasan gini aku selalu curiga pasti pake pengawet. Ternyata ada juga yang enggak, ya. Mesti punya buat stok ulan puasa, nanti. Terutama buat sahur hihihi

    BalasHapus