Sabtu, 13 April 2019

Mengedukasi Pentingnya Air Untuk Kehidupan Melalui "Zona Kebaikan Air" Persembahan Danone - Aqua dan Taman Pintar Yogyakarta

Saya sering merasa jengah, jika melihat air dihambur-hamburkan. Entah minum yang tidak dihabiskan, atau kran air yang dibiarkan terbuka, sehingga air mbleber ke mana-mana. Dan gemasnya lagi, tidak jarang pelakunya adalah orang dewasa, yang semestinya paham bahwa seharusnya air tidak dibuang sia-sia.

Zona Kebaikan Air Taman Pintar (doc.pri)
Tidak hanya itu saja, kesadaran membuang sampah di tempatnya, juga belum semua orang bisa melakukan. Belum paham beda fungsi antara tempat sampah berwarna hijau, kuning, dan merah. Mungkin sebenarnya bukan belum paham sih, tapi tepatnya belum peduli. Sehingga sampah dibuang asal-asalan, tidak dilakukan penyortiran terlebih dahulu.

Kadang saya berpikir, kalau yang dewasa saja tidak bisa memberi contoh, bagaimana bisa anak-anak akan punya kebiasaan yang baik? Padahal, menanamkan kebiasaan baik pada anak, bukan persoalan mudah. Harus menggunakan media dan cara yang pas agar mudah diterima dan membekas di benak mereka. Karena kebiasaan baik yang tertanam akan menjadi habit (kebiasaan) yang terus mereka bawa ketika mereka dewasa. Perlu juga adanya sosok panutan yang bisa jadi teladan dan acuan. 

Peluncuran Zona Kebaikan Air
Masalah kesadaran untuk menghargai air dan menjaga lingkungan dari sampah adalah PR bersama. Dan merupakan sebuah kebiasaan yang harus ditanamkan sejak kecil. Itulah sebabnya saya merasa beruntung  menjadi salah satu bloger yang memperoleh kesempatan untuk menghadiri acara peresmian kembali salah satu wahana di Taman Pintar bernama Zona Kebaikan Air pada hari Senin, tanggal 8 April 2019 lalu.

Saya bersama teman-teman blogger (doc. Manda)
Zona ini merupakan pembaruan dari zona Air yang sudah dibuat di tahun 2013 lalu. Zona Kebaikan Air hadir untuk memberi edukasi khususnya bagi anak dan keluarga tentang pentingnya air bagi kehidupan dan ajakan untuk menjaga lingkungan dengan bijak menggunakan plastik. 

Zona Kebaikan Air ini merupakan hasil kerjasama Danone-Aqua dan Taman Pintar. Sebagai informasi, Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah wahana rekreasi edukasi bagi anak dan keluarga yang memiliki tingkat kunjungan yang tinggi. Berdasar data per Desember 2018 lalu, kunjungan wisata ke Taman Pintar telah menembus angka 1 juta pengunjung. 

Acara peresmian Zona Kebaikan Air ini diawali dengan kegiatan talkshow, dengan nara sumber Manajer Marketing Danone-Aqua, Jeffri Ricardo, Hidration Science Director Danone-Aqua, dr. Tria Rosemiarti, dan Kepala Taman Pintar, Afia Rosdiana.

Talkshow tentang Zona Kebaikan Air (doc.pri)
Dalam pemaparannya, Jeffri Ricardo mengatakan sudah menjadi komitmen dari PT Tirta Investama (Danone-Aqua) yang sudah 46 tahun beroperasi di Indonesia untuk memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi yang sehat (air mineral) sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Di mana kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

Oleh karena itu sejak tahun 1993, Danone-Aqua telah mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui program Aqua Peduli, dan tahun 2018 lalu Danone Aqua menginisiasi gerakan #bijakberplastik untuk membuat Indonesia lebih bersih dan mendukung tujuan pemerintah untuk mengurangi sampah di laut. 

Gerakan ini berfokus kepada tiga aspek inti yakni pendidikan, inovasi kemasan produk, dan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah. Kerjasama dengan Taman Pintar dilakukan mengingat Taman Pintar merupakan tempat strategis untuk memberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat, serta pentingnya menjaga kesehatan lingkungan melalui pengelolaan sampah plastik secara bijak sejak usia dini.

Foto bersama antara pihak Danone -Aqua, pengelola Taman Pintar dan Pemkot Jogja (doc.pri)
Dalam kesempatan yang sama Kepala Taman Pintar, Ibu Afia Rosdiana menyampaikan tujuan edukasi dari pembaruan zona kebaikan air ini sejalan dengan program yang tengah digencarkan oleh manajemen Taman Pintar, yaitu Taman Pintar Eco Management. Dimana dalam hal ini, Taman Pintar berupaya melakukan penghematan dalam penggunaan air tanah dengan melakukan recycling air yang sudah digunakan sehingga dapat dipakai kembali, penghematan listrik, dan meminimalkan penggunaan kemasan plastik. 

Sedangkan ibu Tria dari Danone-Aqua menyampaikan pentingnya menjaga pemenuhan hidrasi yang sehat sejak dini. Agar dimasa mendatang mereka terus melakukan kebiasaan baik ini untuk mengurangi risiko dampak negatif akibat kurangnya pemenuhan hidrasi yang sehat. Sehingga kolaborasi Danone-Aqua dan Taman Pintar terus dilakukan untuk menyediakan zona yang dapat mengedukasi anak-anak dan masyarakat, serta mendorong kebiasaan minum air guna membantu meningkatkan taraf kesehatan. 

Mengunjungi Zona Kebaikan Air
Selepas acara talkshow dan sambutan dari Vice President research and innovation Danone-Aqua Ibu Rosalina Privita, Zona Kebaikan Air resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja Bapak Kadri Renggono. Selanjutnya kami diajak untuk mengunjungi Zona kebaikan air yang ada di lantai 2 gedung kotak Taman Pintar. Zona ini cukup menarik dengan dekorasi dominan warna biru.

Beberapa area edukasi yang terdapat di zona kebaikan air ini adalah :
1. Area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga, Rawat), yang memberi pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air.

Area PIJAR (doc.pri)
2. Area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air, dan air tanah dalam.
3. Area edukasi  sumber air
4. Area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh.

Kebutuhan air untuk tubuh (doc.pri)

Fungsi mineral untuk tubuh (doc.pri)
Gerakan Ayo Minum Air (Amir) ini merupakan program kerjasama antara Indonesian Hidration Working Group Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-Aqua yang didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Tokoh AMIR (doc.pri)
5. Area edukasi #bijakberplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat menggunakan platik secara bijak dan mengelola sampah plastik secara benar.

Area edukasi #bijakberplastik (doc.pri)
Berbagai area yang terdapat di dalam zona kebaikan air tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi seputar pentingnya hidrasi bagi tubuh sehingga dapat mengubah perilaku hidup sehat dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air per harinya dan pentingnya kita menjaga air serta lingkungan. 

Kebutuhan air untuk keluarga (doc.pri)
Jadi yuk, tanamkan perilaku baik dan sehat pada anak melalui edukasi tentang pentingnya air untuk kehidupan dan kesadaran menjaga lingkungan dengan mengunjungi :

Zona kebaikan Air 
Gedung Kotak Lantai 2 Taman Pintar
Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Web site : www.tamanpintar.co.id

Salam...

92 komentar:

  1. Yaa air memang sumber kehidupan bagi manusia. Maka dari itu kita pun juga harus hemat terhadap penggunaan air.

    Bukan hanya itu saja kita juga diwajibkan menjaga lingkungan agar selalu sehat dan bersih. Agar tidak mencemari sungai maupun mata air yang ada.😄😄

    Dan mungkin tulisan diatas bisa jadi pedoman ..😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali...smg semakin banyak yang sadar lingkungan yaa...btw mksh sdh mampir...

      Hapus
  2. aku jadi tambah rajin minum air mineral ya mbak, setelah tahu info lengkapnya di Zona Kebaikan Air

    BalasHapus
  3. Wah asik banget ya mbak sekarang di Taman Pintar ada zona kebaikan air.jadi gampang kalo mau edukasi ttg air ke anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...yuk ajak nimas ngedance AMIR, pasti suka deh dia...hihi..

      Hapus
  4. Jadi tertarik bijak berplastik. Dari dulu plastik menjadi kontroversi wkwk 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mb ..ada ikan paus yang mati setelah diteliti diperutnya banyak plastik...sedih aku tu...😞

      Hapus
  5. Bagus nih dibuatin Zona Kebaikan Air, biar anak2 juga belajar bahwa buang2 air itu tidak baik. Iya, kadang yang dewasa juga sih ya yang ngasih contoh kurang baik. Semoga dengan edukasi di Zona Kebaikan Air ini semua jadi paham betapa pentingnya menjaga air di lingkungan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb..karena anak-anak seringnya cuma nyontoh yang dewasa...

      Hapus
  6. Aku ni termasuk yg ngenes kl liat tempat piknik banyak keluarga yg buang sampah dengan santainya... dan anak2 itu kan akan ngikutin ortunya buang sampah sembarangan.. hiks, padahal semua di bumi ini terkoneksi, apalagi air, yg menyerap semua dari tanah.. Bagusnya Aqua pny program kayak gini, biar lbh mengedukasi masyarakat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb...semoga kesadaran masyarakat untuk menghargai air, minum air yang cukup, dan bijak mengelola sampah semakin tinggi...

      Hapus
  7. Saya tuh suka miris kalau lihat rombongan anak-anak TK beserta orang tuanya di tempat wisata. Anak-anak kecil itu pengen buang sampah di tempat sampah, tapi orang tuanya malah melarang dan bilang "udah di taruh sini aja". Gemes banget kan, ibu gurunya susah payah mengajarkan, eh orang tuanya sendiri yang mematahkan ajaran baik itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...itu dia mb...orang dewasa yang kadang tidak disiplin..

      Hapus
  8. Sampai akapan ada zona ini di taman pintar Mak? Barangkali pas pulkam mau mampir nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini selalu ada kok mb...asal ga datang pas hari Senin, karena taman pintar senin tutup...

      Hapus
  9. Suka banget sama edukasi mengenai air ini.
    Bagaimanapun..lingkungan yang kita jaga adalah warisan terbaik untuk generasi berikutnya.

    Dan kesehatan serta kehidupan memang berawal dari air.

    BalasHapus
  10. Hayooooo....kalo anaknya disuruh minum 6 gelas perhari, ibunya udh minum 8 gelas perhari apa belum? Qiqiqi

    BalasHapus
  11. Seneng tahu ada campaign seperti ini, suapaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sumber daya air. Mungkin yang menyia-nyiakan air bersih maupun air minum gak pernah berpkir, kalau sumber daya itu perlu dijaga kelestraiannya ya. Saya juga sering melihat ada orang yang kalau minum air mineral terus ditinggal begitu saja meski belum habis. Padahal saya mirisnya air kan belinya juga pakai uang, mau diminum bekas orang, ya sudahlah kubuat siram tanaman saja. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb... Mereka tidak tahu bagaimana prosesnya untuk bisa menjadi air yang siap minum...

      Hapus
  12. Wah keren nih ulasannya mbak. Jadi, zona ini penuh edukasi banget ya, selain ngajarin kita memenuhi kebutuhan hidrasi, juga ngajarin bijak mengelola sampah plastik ya.

    BalasHapus
  13. Aih senang banget bisa ke sini. Sayang hari H aku ga bisa ikutan. Harus lain hari ke sini nih sama anak2 biar mereka semakin semangat minum air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo makananya kok tidak ikutan... Iya mb, pasti anak2 suka..

      Hapus
  14. Saya juga perlu belajar bagaimana untuk mengurangi keberadaan sampah plastik, seperti dengan bawa kantong belanja sendiri, bawa botol minum sendiri, nggak memakai sedotan dan mengurangi pembelian makanan yang memakai bungkus plastik atau kemasan sekali pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb... Mari berkontribusi untuk menjaga lingkungan...

      Hapus
  15. aku pengen kesini lagi, zona nya instagramable banget. banyak spot-spot cakep buat swafoto juga hehehe. anaknya main emaknya foto.

    BalasHapus
  16. Sepertinya seru bawa anak anak ke tempat beginian. Siapa tahu pulang dari sini anak anak dapat inspirasi untuk buat kerajinan di rumah daripada main gak jelas

    BalasHapus
  17. Waa makin banyak area bagus di Taman Pintar Jogja. Salah satu usaha untuk #bijakberplastik adalah kurangi penggunaan plastik, daur ulang plastik yang ada di rumah,dll.. Bagus banget acaranya

    BalasHapus
  18. Dengan adanya taman ini semakin mengedukasi siapapun dtg y,,, gmn caranya hemat air Dan harus mncukupi tubuh dgn asupan air agar tdk dehidrasi

    BalasHapus
  19. Wahhh mumpung liburan lebaran besok bukak ga ya mbak? akutu pengen ajakin para keponakan ke Area edukasi Lapisan Tanah, Lapisan Kedap Air&Kedap Air Tanah Dalam, Area edukasi Sumber Air, dan ke Area gerakan Ayo Minum Air (AMIR)biar pada seneng dan pinter yhaakann

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya buka mb... Mgkn pas hari H saja liburnya. Yang jelas kalau hari biasa liburnya taman pintar tu hari senin..

      Hapus
  20. Hiyuuhhhh serruuu banget deh kayaknya. Bagus ya programnya danone...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingitt mb. .yuk ajak keponakan liburan ke sini..

      Hapus
  21. Wah... Keren sekali ada wisata edukasi air. Saya setuju dengan Kakak, masih banyak orang dewasa yang menyia-nyiakan air. Kalau ditanya, jawabannya "lupa". Maka, dari itu baiknya kita memniasakan dari kecil.
    Nah, wisata edukasi ini selain untuk anak-anak, cocok juga untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan, agar orang dewasa juga terbiasa untuk hemat air.

    Semoga dengan adanya wisata ini, semakin banyak warga Indonesia yang menyadari akan air sebagai kebutuhan dasar manusia.

    Btw, bijak penggunaan plastik ini juga keren banget karena saat ini sedang ramai-ramainya "bagaimana plastik harus digunakan?"

    Salam.

    BalasHapus
  22. Pernah tahu sama taman pintar Yogyakarta ini, Mbak
    Sekarang jadi tambah kece ya Taman Pintar, ada Zona Kebaikan Air
    bisa buat edukasi anak-anak apalagi yg dewasa juga hhee. Kadang ngisi bak air mandi aja sayang kalau sampai tumpah-tumpah ehehee
    Makasih buat sharingnya Mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Mgkn dipikirnya air itu akan terus melimpah ruah sehingga tidak perlu dijaga..

      Hapus
  23. Cara mengedukasi anak secara visual, menghibur dan menarik seperti ini lebih mudah dipahami ya tentunya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Belajar dengan cara yang menyenangkan...

      Hapus
  24. Sudah lama aku tidak ke Taman Pintar.
    Pas acara ini, ga bisa ikutan karena pas hari kerja.
    Jadi pengin kesini lagi, kali ini mau ajak bocil Dimas, pasti dia seneng banget mengeksplor Taman Pintar :)

    BalasHapus
  25. Tahun lalu ke taman pintar belum selesai zona ini. Sekarang sudah diresmikan gini jadi senang dah, bisa ajarin anak tentang air.Next time ke Taman Pintar mesti ke zona ini dah.

    BalasHapus
  26. Takjub sama gerakan #bijakberplastik ini yang fokus kepada tiga aspek inti yakni pendidikan, inovasi kemasan produk, dan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah

    Semoga akan ada Taman Pintar-Taman Pintar susulan di kota lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Betul mb, mengingat masalah sampah bila dibiarkan akan menimbulkan bencana..

      Hapus
  27. Cakep banget deh cara AQUA menyosialisasikan seputar manfaat konsumsi air buat para pengunjung Taman Pintar. Audiens nya Taman Pintar kan kebanyakan anak-anak yah. Jadi harus menarik juga cara penyampaiannya. Dan beneran menarik! Cakeeep <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Harus dengan visual yang mudah mereka tangkap... Mksh sudah mampir..

      Hapus
  28. Lama sekali saya tak ke taman pintar. Terakhir tahun 2012 dan kini sudah ada zona baru untuk lebih menghargai keberadaan air. Anak2 jadi makin banyak belajar di taman yang terjangkau karena berada di pusta kota ini ya mbak...

    BalasHapus
  29. Gimana caranya agar doyan sama air gitu. Saya masih sering lupa buat minum. Kadang sehari paling 3 gelas dah maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibikin infused water mb... Pilih buah yang disuka... 😉

      Hapus
  30. Makin lengkap saja ya Taman Pintar dengan Zona Kebaikan Air ini
    Jadi pas bener sebagai sarana mengedukasi kebaikan air bersama Danone Aqua pada anak-anak kita dan masyarakat semua. Kereeen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak...

      Hapus
  31. Bermanfaat sekali ya ada tambahan zona kebaikan air di taman pintar.

    BalasHapus
  32. Asik banget di Taman Pintar ada zona baru, terakhir aku ke sini beberapa bulan yang lalu belum ada zona kebaikan air ini nih mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang baru saja di launching mb... Dulu ada tapi namanya zona air... Yuk, mampir...

      Hapus
  33. Bagus ya CSR nya Danone, bisa jadi destinasi wisata berbasis edukasi buat anak-anak. termasuk juga remind orang dewasa untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya dengan mencukupi kebutuhan asupan air setiap harinya. setuju banget sama paparannya Pak Jeffri Ricardo, kesehatan itu sangat ditentukan dengan gaya hidup dan kondisi lingkungan yang sehat. keren juga tulisannya detail sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Harus kita dukung nih, dengan memulai pola hidup sehat dan ramah lingkungan. Makasih sudah mampir...

      Hapus
  34. Belum pernah ke taman pintar. Tapi bagus buat ngajari anak pentingnya menjaga keseimbangan cairan tubuh

    Semoga semakin banyak yang memahami untuk menjaga air dan bijak berplastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mb... Kalau ke jogja mampir... Destinasi wisata kaya edukasi ini. ..

      Hapus
  35. Bisa ngajarin anak-anak untuk bijak menggunakan air juga ya ini, mbak. Liburan nanti, siap ajak anak-anak ke Taman Pintar deh

    BalasHapus
  36. Programnya bagus euy. Seneng kalau perusahaan lebih peduli ke edukasi masyarakat. Semoga nantinya lebih maju dalam persoalan pencegahan sampah plastik.

    BalasHapus
  37. Siap habiskan 8 gelas sehari ya! Moga nggak sering lupa minum lagi hehe

    BalasHapus
  38. Ak juga gemes banget klo liat kran air tetap nyala ketika tangan sedang memakai sabun atau ketika piring2 sedang disabuni. Sedari kecil sebisa mungkin aku ngajarin anak2 untuk mematikan kran air ketika gak dipakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Padahal apa susahnya dimatikan dulu ya...

      Hapus
  39. Air memang penting banget bagi kehidupan makhluk hidup. Edukasi tentang manfaat air dan cara melestarikannya perlu diadakan secara berkelanjutan. Salut sama Danone yang udah bikin event keren ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb... Semoga semakin banyak yang menghargai pentingnya menjaga keberlangsungan air ya...

      Hapus
  40. Mantap acaranya mengajarkan kita untuk bijak menggunakan dari manfaat air itu sendiri

    BalasHapus
  41. AKu lho, bolak-balik ke Jogja kok selalu lupa ke Taman Pintar, wkwkwkwk. Sampek anakku yang udah 8 tahun belum tahu wujudnya Taman Pintar ini. Duh, parah simbok e. Kapan-kapan kalau ke Jogja catetin banget ini. Sekalian ke Zona Kebaikan Air juga.

    BalasHapus
  42. Aku nih termasuk yang jarang minum air putih, tapi kalau keluar rumah malah sering minum air putih. Kayaknya memang harus mulai dibiasakan untuk minum lebih dari apa yang dianjurkan. Jadi ingat kalau setiap mampir ke Taman Pintar pasti anakku senang sekali.

    BalasHapus
  43. Dari kemarin udah lihat foto-foto zona kebaikan air di timeline. Sekarang baca artikel ini makin tahu tentang zona terbaru di Taman Pintar ini. Anak-anak yang berkunjung ke Taman Pintar makin dimanjakan ya dengan edukasi tentang sumber daya air ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Semoga melekat dalam benak mereka dan menjadi kebiasaan baik yang ditularkan yaa...

      Hapus
  44. Saya nginget2 zona air di Taman Pintar yg mana ya? Yg outdoor itu atau yg mana ya hihihi. Kebetulan akhir tahun lalu ke sana kyknya gak liat zona ini. Jd kyknya lbh lengkap gtu kah mbak?
    Bagus zona air ini buat edukasi supaya rajin minum air dan tau asal usul air ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zona air ada di lantai dua, sekarang berubah nama menjadi zona kebaikan ait yang lebih interaktif dan menarik...

      Hapus
  45. Adanya peresmian wahana baru di Taman Pintar mengenai air, anak-anak jadi belajar lebih bijak dalam penggunaanya.

    BalasHapus
  46. Wahana yang sangat edukatif nih. Duh smg kesampaian ngajak anak2 ke sini biar mereka paham pentingnya air bagi kehidupan.
    Nice artikel mba

    BalasHapus
  47. Selalu sukak ke Taman Pintar karena wisata edukasi di Jogja, seperti halnya wahana air di TamPin. Bagus dan edukatif.

    BalasHapus