Wujudkan Mimpi Jadi Jutawan Bareng Sobatku


Dulu,  bapak saya adalah pengurus koperasi simpan pinjam di kampung. Bahkan bapak adalah penggeraknya. Bukan tanpa alasan kenapa bapak tertarik untuk menjadi pemgurus koperasi. Menurut bapak,  koperasi sangat membantu anggotanya, salah satunya jasa dari pinjaman anggota dikembalikan dalam bentuk pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Selain itu,  koperasi dinyatakan sebagai soko guru perekonomian Indonesia.  Dulu,  demi menanamkan semangat berkoperasi, setiap siswa wajib menjadi anggota koperasi di sekolahnya.


Waktu berlalu,  koperasi menjadi kurang menarik bila melakukan pola perekrutan dengan cara lama. Sudah saatnya koperasi berubah,  apalagi memasuki era revolusi industri 4.0 agar dapat menarik generasi milenial. Ini juga yang tampaknya ditangkap oleh KSP Sahabat Mitra Sejati, atau Sahabat UKM (www.sahabat-ukm.com) yang berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square Jakarta. Sejak 2 tahun yang lalu,  KSP Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna meluncurkan tabungan online berbasis aplikasi bernama SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) dan siap bersaing dengan aplikasi fintech lainnya.  

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada nasabahnya, hari Sabtu tanggal 14 Juli 2019 lalu Sobatku kembali mewujudkan impian pengguna SOBATKU melalui program Undian Grand Prize berhadiah utama 100JT dan 4 Paket Umrah untuk 4 Pemenang. 

Acara undian Grand Prize ke-8 kali ini diadakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. Dan senangnya saya bersama beberapa kawan blogger berkesempatan mengikuti keseruannya. Dalam acara ini, selain acara inti berupa pengundian hadiah Sobatku,  digelar juga berbagai acara menarik lainnya diantaranya K-Pop Competition, aneka stand kulineran dengan aneka jajanan, dan hiburan musik dari Pongki Barata... Wuih... Asyiik kan? 

Khusus untuk stand kulineran, semua pembayaran hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sobatku. Jadi biar di sana saya bisa makan-makan dan jajan-jajan, saya harus punya akun Sobatku dulu. Dan ternyata cara untuk memiliki akun Sobatku ini mudah sekali. Pertama kita hanya perlu mengunduh aplikasi Sobatku dari play store, kemudian memdaftarkan diri dengan mengisi form yang disediakan dan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Seperti foto diri,  dan foto KTP.  

Kemudahan Sobatku (doc.pri)
Selanjutnya, pihak Sobatku akan memverifikasi data-data yang kita kirimkan. Selama data yang kita kirim benar dan valid,  pihak Sobatku akan cepat dalam memberikan persetujuan. Nantinya nomor HP yang kita gunakan itulah yang menjadi nomor rekening kita. Pada prinsipnya,  Sobatku ini adalah tabungan dalam bentuk online yang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Transaksi SOBATKU yang dapat dilakukan oleh pengguna saat ini adalah :
  1. Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, Internet Banking).
  2. Setor tunai di ALFA.
  3. Tarik Tunai di ALFA.
  4. Transfer Sesama SOBATKU.
  5. Transfer ke Nomor HP.
  6. Transfer ke Rekening Bank.
  7. Transfer Terjadwal & Berkala.
  8. Bayar, Beli & Top Up Biller

Layanan Sobatku (doc. Pri) 
Dan semua transaksi gratis biaya administrasi. Minimal setoran untuk tabungan adalah Rp.  10.000,-  saja.  

Grand Prize Undian Sobatku

Sebagai wujud penghargaan kepada nasabah, Sobatku memang rutin mengadakan program undian. Yakni undian reguler yang dilaksanakan setiap bulan dan undian grand prize yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali untuk periode poin : Januari – Maret, April – Juni, Juli – September dan Oktober – Desember.

Untuk undian bulanan,  nominal hadiah yang bisa dimenangkan adalah ratusan hadiah berupa uang tunai sebesar 10jt, 5jt, 1jt, 500rb dan 100rb. Sementara hadiah untuk Grand Prize berupa uang tunai 100 juta dan 4 Paket Umrah untuk 4 Pemenang, 

Suasana di venue (doc. Pri) 
Nah, untuk pengundian Grand Prize periode Juli-September yang merupakan penarikan undian ke-8, Yogyakarta dipilih menjadi tempat pelaksanaan. Karena DIY dan Jawa Tengah adalah daerah yang pertumbuhan ekonominya tinggi, penduduknya besar, jumlah kaum milenialnya banyak dan wilayahnya luas. Dan yang terpenting, DIY dan Jawa Tengah memiliki pengguna  SOBATKU yang menempati urutan ke-6 terbanyak di Indonesia.

Sesuai yang direncanakan,  hari Sabtu,  14 Juli 2019 pukul 13.00 saya sudah sampai Atrium Plaza Ambarukmo. Sudah tampak keseruan di sana.  Banyak pengunjung yang mengerumuni panggung utama. Sepertinya mereka tengah menyaksikan K-Pop Competition.

Peserta K-Pop Competition (doc. Pri) 

Teriakan histeris dan tepuk tangan panjang mengiringi penampilan setiap peserta. Saya dan seorang kawan memilih melihat dari kejauhan sambil menikmati suasana. Sekitar pukul 14.00 WIB,  gelaran kompetisi K-Pop telah usai.  Acara selanjutnya adalah konferensi pers dari Sobatku yang dilanjutkan dengan pengundian hadiah.

Nara sumber yang hadir dalam konpers
(sumber : web site sobatku) 

Hadir dalam acara ini Ceppy Y. Mulyana, Ketua Pengurus KSP Sahabat Mitra Sejati dan Henky Suryaputra  dari Bank Sahabat Sampoerna sebagai lembaga mitra, Deputi Menteri Bidang kelembagaan Ir. Bapak Luhur Pradjarto, MM, Deputi Menteri Bidang Pengawasan, Bapak Suparno, SE, MM dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Bapak DR. Agung Sudjatmoko, MM, serta Pejabat Dinas Sosial Jogyakarta, Dinas Sosial DIY, Polsek Depok Barat Jogjakarta, Notaris.

Peserta konferensi pers (doc. Pri)
Kehadiran para pejabat tinggi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI serta Dekopin Pusat tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap KSP Sahabat Mitra Sejati yang memiliki tabungan online. Hal ini merupakan bentuk nyata bahwa koperasi sudah masuk di era transformasi koperasi.

Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y. Mulyana, mengungkapkan, "Berkaca dari pengundian di Surabaya pada Mei 2019, antusiasme masyarakat untuk mengikuti Pesta Jutawan SOBATKU sangat tinggi. Itukah sebabnya Khusus untuk setiap kota yang didatangi, SOBATKU selalu memberikan hadiah tambahan berupa satu paket Umrah tambahan, dan hadiah total puluhan juta rupiah, khusus bagi warga yang berdomisili di kota dan provinsi tempat penarikan undian tersebut dilaksanakan. Oleh karenanya kali ini semua orang yang hadir, selama memiliki KTP DIY dan Jawa Tengah, bisa ikut program Jutawan ini. Selain itu,  acara ini juga sebagai ajang silaturahmi anggota pengguna jasa kami."

Dalam kesempatan ini,  Deputi Menteri Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto mengatakan Sobatku merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi anggotanya, selain itu adanya kegiatan pengundian grand prize dan door prize seperti yang dilakukan Sobatku ini sangat baik dan dapat mendorong anggota koperasi berkembang, karena tertarik dengan undian yang diberikan sehingga memutuskan untuk bergabung dengan koperasi.

Sekitar pukul 15.00, pengundian dimulai, pengunjung tampak antusias mengikuti. Para nasabah pemegang KTP DIY dan Jateng pun ikut deg-degan juga.  Karena selain diikut sertakan di undian yang berlalu untuk seluruh nasabah di Indonesia,  ada jatah tersendiri bagi  untuk mereka. Yakni undian 1 paket hadiah umroh dan ratusan hadiah lainnya, sehingga kesempatan untuk menjadi jutawan Sobatku semakin besar.

Pemenang grand prize 100 juta (doc. Pri) 

Pengundian doorprize (doc. Pri)
 
Dan inilah yang beruntung yang memperoleh hadiah utama berupa 1 paket umroh dari Sobatku. Dialah Andreas Ristanto Wibowo. Seorang mahasiswa dari UPN Jogja, yang menggunakan Sobatku untuk menyimpan uang beasiswa yang diperolehnya, dan mengantarkannya menjadi pemenang undian.

Pemenang undian 1 paket umroh dari DI Yogyakarta
(sumber : web Sobatku)

Sobatku membuat mimpi menjadi jutawan kian gampang kan? Jadi yuuk...gunakan Sobatku... Saya juga mau ah nabung di Sobatku, biar berkesempatan menjadi salah satu Jutawan Sobatku.

Bernostalgia Bareng Pongki dan Sobatku

Selepas acara pengundian, saya tidak langsung pulang. Masih ada satu acara yang saya tunggu,  yakni life performance dari Pongki Barata. Lagu-lagu Pongki banyak yang saya hafal luar kepala,  jadi ini saya sekalian nostalgia.  Terbius lagu-lagu yang nggombalnya minta ampun (tapi saya suka). Seperti lagu 1000 tahun lamanya,  yang baru saja terngiang di telinga...

Pongki dari jauh (doc. Pri) 
"Takkan pernah berhenti untuk selalu percaya
Walau harus menunggu seribu tahun lamanya
Biarkanlah terjadi wajar apa adanya
Walau harus menunggu seribu tahun lamanya"

((Dan kamu percaya gitu, dia akan menunggu 1000 tahun lamanya? Keburu jadi fosil kali... Hihi. .))

Nah,  itulah gambaran kecerian acara pengundian Grand Prize Sobatku di Yogyakarta.  Seru kan?? Sebelum pulang, saya sempatin foto dulu, buat kenang-kenangan..

Wefie bentar... (foto : Agatha Vera) 
Semoga ada manfaat yang didapat dari cerita saya yaa... 

Salam... 



Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

45 komentar

  1. Keren banget Sobatku, ada grand prize juga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk menarik minat milenial untuk gabung ke koperasi mb..

      Hapus
  2. Andai Pongkinya naik panggung lebih awal...aku pengen liatnya sampe akhir.

    Btw, koperasi model aplikasi gini enak ya, praktis banget. Ibarat mau narik tunai, nggak mesti munggu bank buka. Meski tanpa kartu/mesin atm, tetep bisa narik 24 jam. Tinggal nyari alfamart yang buka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dibading liat k pop kemarin, aku lbh menikmati pongki..hihi.. Beda generasi..

      Hapus
  3. Ooh sobatku ini bisa top up dan tarik tunai di alfa ya mba. Jadi memudahkan yang engga punya rekening di bank. Btw itu hadiahnya banyak banget ya. Yang menang harus hadir disana ya jadi ga pake boongan ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang mekanismenya bgt...ini aplikasi keluaran koperasi, berupa e saving yang memberi kemudahan pembayaran..

      Hapus
  4. Ooh bisa setor di Alfa ya, memudahkan banget buat menabung soalnya Alfa ada dimana2

    BalasHapus
  5. Waah ternyata gampang ya nabung di sobatku. Bisa setor dan tarik tunai di Alfa. Nggak usah antri di bank yang memakan waktu lama.

    Waah beruntung bangeet ya si mas mas mahasiswa yang nabungin uang beasiswanya dan dapat hadiah umroh. Huhuhu..pengiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...ini aplikasi dari koperasi lho... Betul itu, mas mahasiswa yang beruntung..😀

      Hapus
  6. wuiih keren ya makin banyak media untuk menabung jaman sekarang :) aku kepoin ah si sobatku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Tinggal ngumpulin niat buat nabung, setoran minimal juga cm, 10rb. Hihi..

      Hapus
  7. Sejak awal tau sobatku sekitar setahun lalu, aku salut deh, Kalo ngasih hadiah ga nanggung nanggung euy hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Byk yang mimpinya terwujud karena sobatku..

      Hapus
  8. kemarin aku sempet bingung, sobatku itu semacam aplikasi apa sih ternyata ini semacam jenius atau dana gitu yaah? makin banyak aplikasi makin banyak pertimbangan mana yg bagus dan cocok buat kebutuhanku

    BalasHapus
  9. Wiih aku kok missed info ini ya mbak. padahal aku di Jogja jugak loh heheh.. mamak kudet ini saya

    BalasHapus
  10. Tahun lalu kalau gak salah juga ada kan ya jutawan dari Sobatku, tahun sekarang ada lagi.. semoga tahun mendatang dengan juara baru lagi

    BalasHapus
  11. Aku tu pernah mau bayar pakai potong saldo sobatku tapi seringnya petugas di alfa kalau belinya gak pakai debit atau tunai gtu, mesti alesannya sistem error, gk tau error beneran apa gak haha :D
    AKu kebetulan punya sobatku, yaaa walau blm banyak saldonya.
    Sering banget ya bikin undian, moga kapan2 jd pemenangnya hehe

    BalasHapus
  12. Sekarang jadi jutawan bkn lagi mimpi ya.

    Ada SOBATKU yg bisa mewujudkan kita jadi jutawan..

    Mantap

    BalasHapus
  13. Sobatku ini ada di mana aja? Kayaknya di Bandung belum sampai infonya. Lebih praktis juga banyak kemudahan, ya, Sobatku ini. Grandprizenya umrah juga.

    BalasHapus
  14. SOBATKu ini keren banget..
    Hadiahnya melimpah, manfaatnya juga banyak.

    BalasHapus
  15. Wah, pengundian Sobatku ya. Jadi inget sama acara serupa di Bandung. Gara2 nonton acara itu, aku jadi install dan pake Sobatku. Biar jadi berkesempatan menang. Bikin mupeng ya yang menang. Terutama yang menang Umrah dan hadiah 100 jt :D

    BalasHapus
  16. Fintech seperti sobatku ini cukup membantu untuk ibu rumah tangga sekaligus pedagang kayak aku. Semua pembayaran bisa pake sobatku tanpa harus ribet kemana-mana. Cukup dari smartphone aja ya mba.

    BalasHapus
  17. MashaAllah hadiah Umrohnya bikin mupeng banget.. Aku jadi pengin tau lebih dalam lagi tentang Sobatku

    BalasHapus
  18. Aku juga sudah punya akun Sobatku, mau coba nabung rutin kali aja bisa jadi jutawan hehe

    BalasHapus
  19. Grand prize dari Sobatku ini WOOW banget yaa Mbak. Selain bisa mewujudkan mimpi dengan kesempatan dapat hadiah 100 jt ada pula yang bisa memenangkan undian pergi umrah. Beruntung sekali yang bisa raih grand prizenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya saya juga baru tahu tentang SOBATku..jadi ini semacam koperasi ya , hanya saja dalam bentuk online gitu?

      Hapus
  20. baru tau tentang sobatku ini, ini kayak fintech gitu yah mbak? lebih memudahkanlagi transaksi ya mbak cukup di minimarket

    BalasHapus
  21. Sobatku ini fintech kah mbak? Ada hadiah umrah nya juga to? Wah jadi mupeng aku..

    BalasHapus
  22. keren banger SOBATKU, kekinian banget. anti repot nih cocok buat generasi milenial.

    BalasHapus
  23. iiih kereeenn makin banyak platform untuk menabung, semoga tetep aman dan terjamin di OJK

    BalasHapus
  24. ini semacam tabungan di bank gitu mbak? baru dengar nama produknya mbak, dibaca cara penggunaannya mudah

    BalasHapus
  25. Makin banyak varian serta kemudahan menabung di era ini, ya, Mba. Maklum, semakin canggih zaman, produk-produk yang ada juga harus semakin canggih.

    BalasHapus
  26. Mau banget sama hadiah-hadiahnyaaa... 😣

    BalasHapus
  27. Acaranya seru banget Mba.. Hadiahnya juga ok

    BalasHapus
  28. Keren ya acaranya, pasti seru liat langsung disana. Hadiahnya pun bikin mupeng dan bagus-bagus. Pasti seneng banget yang dapet umroh😊

    BalasHapus
  29. Keren ya mba sobatku. Memang koperasi juga harus berkembang jika ingin bertahan di era milenial ini.

    BalasHapus
  30. Sekarang zaman sudah serba online bahkan nabung pun dipermudah dengan urusan bh serba online, apalagi dengan adanya sobatku ini ya mba

    BalasHapus
  31. Banyak banget hadiah yang ditawarkannya, bikin ngiler deh. Aku belum punya Sobatku nih, apakah sekarang ininsudah saatnya punya akun Sobatku? Secara aku mupeng banget sama hadiahnya.. haha

    BalasHapus
  32. Waww.. Ada mas Pongki... Jadi ingat jaman kuliah di Jogja pas lagi hits-hits nya Jikustik ( eh... Jadi ketauan kan, saya angkatan berapa hahaha)

    Sekarang ini era jamannya fintech ya mba.. Tp aku rasanya tetep mak emak yang setia dengan bank dan kartu atm wkwk, paling banter pakai internet banking dah..

    Palagi banyak cerita yang katanya pinjol tuh serem kalau nagih.. Tapi naudzubillah deh, jgn sampai urusan sama pinjol. Kalau punya sobatku pengen nya buat nabungnya aja.

    BalasHapus
  33. Wah sobatku kayaknya sering banget ya ngadain acara undian buat nasabahnya. Kapan ya acaranya mampir di kotaku?

    BalasHapus
  34. Keren acaranya. Ini Sobatku koperasi simpan pinjam y tp grandprice nya lumayan hehe...

    BalasHapus
  35. Baru tau saya mb ada sobatku.banyak cara ya buat menabung mb. Makasih mb infonya.

    BalasHapus
  36. Semua jadi mudah lewat genfgaman tangan ya kak.

    BalasHapus
  37. Buatku tabungan berbasis online ini baru banget mba... Praktis ya ternyataa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter