Siapa diantara teman-teman yang tidak kenal bakso? Pasti semua sudah kenal kan ? Kuliner yang terbuat dari daging giling yang dicampur bumbu dan tepung ini memang sangat familiar di telinga kita.  Dan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, termasuk saya. 

Sejak SMP saya menyukai kuliner ini. Kalau sedang suntuk dan butuh penyegaran,  saya lari ke tukang bakso langganan. Untuk menghilangkan kegundahan dengan makan. Setelah dewasa dan menikah, saya terbiasa menyediakan masakan sendiri di rumah.  Tapi untuk bakso kuah,  saya belum berhasil menaklukkannya. Bakso kuah buatan saya masih kalah dibanding buatan warung bakso sebelah. Sehingga untuk bakso,  kami lebih sering membeli saja untuk menikmatinya. Pengen sih suatu saat nanti bisa menghidangkan bakso kuah yang cocok di lidah orang-orang rumah. Dan sepertinya semesta mendukung keinginan saya...

Suatu hari di sebuah grup WA,  seorang teman memberi tahu kalau hari Jumat,  19 April 2019 ada event Demo Memasak Aneka Olahan Bakso bersama Chef Brian Wicaksono yang diselenggarakan oleh Bakso Bonanza di Solo Square Jl. Slamet Riyadi Surakarta. 


Kebetulan di event tersebut para blogger yang tergabung dalam Mom Blogger Community memperoleh undangannya. Saya pun langsung tertarik untuk mengikutinya.  Sehingga saya langsung mendaftarkan diri sebagai peserta. Disamping karena bisa ketemu dengan Chef Brian, yang notabene adalah juara 2 kompetisi Master Chef Indonesia session 3 yang terkenal piawai untuk mengolah menu nusantara,  saya juga penasaran dengan bakso bonanza yang berdasar testimoni teman-teman di Jakarta rasanya beda dibanding bakso-bakso lainnya.  Lebih lezat, kenyal, empuk,  dan juicy.  Ya,  siapa tahu dari chef Brian  nanti saya memperoleh tips membuat bakso kuah yang lezat.

Perjalanan Ke Solo Square
Jumat, tanggal 19 April 2019 pukul 07.00 WIB berangkatlah saya ke Solo dengan kendaraan pribadi bersama anak dan suami. Awalnya, saya sudah janjian dengan beberapa kawan di Jogja yang kebetulan ikut di event Bonanza untuk berbarengan ke Solo dengan menggunakan kereta api pramex.  Sayang seribu sayang,  saya kehabisan tiket. Jadi H-1 sebelum keberangkatan, ketika saya antre untuk pesan tiket,  ternyata tiket Jogja-Solo untuk keberangkatan jam 07.00 sudah habis. Tinggal jam 09.00 saja yang masih ada. Padahal perjalanan Jogja-Solo memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit, dan event Bonanza dimulai jam 10.00 WIB. Kalau pakai kereta yang jam 09.00 saya pasti terlambat. 

Salah satu booth bakso bonanza di Solo Square (doc.pri)
Setelah ngobrol dengan suami akhirnya disepakati saya ke Solo dengan kendaraan sendiri diantar suami.  Itung-itung piknik.  Pulangnya nanti mampir Boyolali ke tempat mertua sekalian silaturahmi. Alhamdulillah perjalanan lancar, dan seperti yang diperkirakan, pukul 09.00 WIB kami sudah sampai lokasi. Namun ternyata, Solo Square masih tutup,  dan baru buka jam 10.00 WIB. Untungnya teman-teman yang berangkat dengan kereta pramex sudah lebih dulu sampai.  Jadi saya langsung bergabung dengan mereka. Sementara anak dan suami mau jalan-jalan sendiri sekaligus cari makan pagi.  

Foto bersama sebagian teman blogger dari Jogja dan Solo (doc. Manda) 

Berkenalan Dengan Bakso Bonanza
Sekitar pukul 10.30 WIB acara dibuka oleh MC cantik mbak Echa.  Selanjutnya kami memperoleh penjelasan tentang bakso bonanza dari mbak Carolina. 

Mbak Echa membuka acara (doc. Pri) 

Dari penjelasan Mbak Carolin kami memperoleh informasi kalau bakso bonanza ini diolah dari daging sapi hasil peternakan sendiri. Lokasi peternaksn sapi yang menjadi bahan baku bakso bonanza ada di Lampung, di tengah perkebunan nanas.  Dan buah nanas adalah salah satu pakan yang diberikan kepada sapi-sapi yang ada di peternakan tersebut.  


Mbak Caroline dari Bakso Bonanza (doc. Pri) 
Inilah yang menjadi rahasia kenapa bakso Bonanza memiliki tekstur yang empuk,  juicy,  dan lebih tasty jika dibanding dengan merk lainnya. Selain itu bakso sapi Bonanza memiliki kandungan daging yang lebih banyak.  Satu lagi yang istimewa dari bakso bonanza ini, selain diolah dengan cara yang higienis dan halal,  bakso bonanza tidak ditambah dengan pengawet sehingga aman dikonsumsi. 

Event Demo masak bareng bakso bonanza ini menandai masuknya bakso bonanza di wilayah Jogja dan Solo. Bakso sapi ini diproduksi oleh PT Great Giant Food, dibawah naungan Gunung Sewu Grup yang bergerak dibidang perkebunan, peternakan, dan pengolahan buah-buahan dan animal protein yang sangat memperhatikan kualitas produk yang dihasilkannya. 

Bakso Bonanza (sumber : instagram bonanzabeef.id)
Produk bakso sapi Bonanza ini tersedia dalam kemasan kecil 180 gram dengan isi kurang lebih 12 butir dengan harga di pasaran sekitar Rp. 35.000,-,  dan kemasan besar 500 gram,  dengan isi kurang lebih 33 butir bakso dengan harga sekitar Rp. 80.000,-. Karena tidak menggunakan pengawet,  bakso Bonanza harus disimpan di freezer agar tahan sampai 6 bulan. Untuk wilayah Jogja dan Solo produk ini bisa didapat di hypermart atau Superindo. 

Demo Masak Kreasi Bakso Bareng Chef Brian
Setelah pemaparan singkat dari Mbak Carolina wakil dari bakso Bonanza,  acara selanjutnya adalah masak kreasi bakso bareng chef Brian. Para peserta yang kebanyakan adalah emak-emak tampak sangat antusias. Chef Brian memandu acara demo masak ini dengan sangat interaktif.

Chef Brian Wicaksono (doc. Pri,) 
Perwakilan dari yang hadir dipanggil untuk membantu Chef Brian memasak. Dalam pejelasannya Chef Brian mengungkapkan pengaruh pakan nanas yang diberikan kepada sapi yang digunakan sebagai bahan baku bakso Bonanza ini membuat rasa dari bakso menjadi empuk dan tasty,  sehingga irit bumbu. 

Memasak bareng Chef Brian (doc. Pri) 

Ada 3 kreasi masakan bakso yang ditampilkan Chef Brian yakni :
1. Bakso Bakar BBQ
Bumbu yang digunakan adalah saos bbq instant  ditambah jinten sangrai yang dihaluskan agar rasanya lebih mediteran, ditambah bawang bombay yang diiris, dan bawang putih dicincang kasar. 

Caranya saos bbq dipanaskan,  dicampur dengan semua bumbu,  dan diberi air hingga meletup-letup.  Saos inilah yang digunakan sebagai bahan olesan. Selanjutnya bakso Bonanza dikerat menjadi 4 dan ditusuk selang-seling dengan paprika,  baru dibakar. Ketika bakso kira-kira setengah matang,  bakso masuk ke bumbu lagi,  dan dibakar sampai matang. 

Penampakan bakso bakar bbq (doc. Pri) 
Resep bakso bakar bbq ini simpel sekali. Dan penampilannya sungguh menarik hati untuk mencobanya. Rasanya pun yummy, perpaduan gurihnya bakso Bonanza dan saos barbeque yang merasuk sempurna ke dalam baksonya. Baksonya empuk,  terasa juicy, tidak kering.  Cocok sebagai cemilan sore atau lauk makan. 

2. Bakso Kari
Baru saya tahu kalau bakso bisa dimasak kari juga. Bumbunya menggunakan bumbu kari instant yang ditambah bunga lawang. Sebagai pengental kuahnya diberi tambahan tepung terigu. Ternyata rasanya lumayan juga.  Anak teman yang kebetulan duduk di samping saya terlihat lahap menikmatinya. 

Penampakan bakso kari (doc. Pri) 

3. Bakso Kuah
Nah, inilah menu yang dari tadi saya tunggu. Menu favorit kami sekeluarga. Resep dari Chef Brian ternyata mudah. Untuk kaldunya bisa menggunakan iga atau skengkel. Agar diperoleh kuah kaldu yang bening,  kaldu atau skengkel direbus sebentar dan dibuang dulu airnya.  Baru kemudian ditambah lagi air secukupnya dan dipanaskan dengan api kecil agar sari-sari kaldunya keluar. Setelah kaldu siap, tambahkan bumbunya berupa bawang putih dengan menggunakan bawang kating yang digeprek secukupnya dan bawang bombay yang diiris tipis untuk memberikan rasa manis, serta garam sesuai selera. Baru setelah itu bakso ditambahkan untuk kemudian disajikan bersama bahan pelengkap lainnya seperti mie,  tahu,  dan taburan seledri maupun bawang goreng.  

Bakso Bonanza yang direbus (doc. Pri) 
Hidangan bakso kuah sapi masakan Chef Brian ini memang lezat. Kuahnya segar dengan bumbu yang pas. Untuk bakso Bonanzanya rasa daging sapinya sangat terasa serta empuk saat digigit. Dan fix,  saya pengen mencoba resep ini nanti di rumah.

Foto bareng di akhir acara (doc. Pri) 
Nah,  demikian oleh-oleh saya dari Solo, Surakarta. Cerita tentang pengalaman saya berkenalan dengan bakso Bonanza. Bagi teman-teman yang ingin menghadirkan menu bakso yang lebih higienis dan nggak banyak micinnya, yuk coba masak sendiri di rumah. Gunakan bakso sapi Bonanza yang terbuat dari daging sapi asli berkualitas prima.  Mumpung saat ini masih ada promo diskon 20% untuk pembelian di Hypermart atau Superindo lho... 

Salam...