Sabtu, 18 April 2020

Charcoal Mask dari Mineral Botanica, Angkat Komedo dengan Mudah, Membuat Wajah Menjadi Cerah

Mineral Botanica Charcoal Mask (doc.pri)
Harus banyak tinggal di rumah seperti sekarang, menjadikan banyak hal bisa kita lakukan. Di samping untuk mengisi waktu luang, banyak beraktivitas juga dapat menjaga kewarasan di tengah derasnya arus informasi tentang covid 19 yang datang dari segala arah.

Banyak kegiatan juga penting untuk mencegah kebosanan. Untuk saya pribadi, selain memasak, mencoba aneka resep, dan beberes rumah, saya juga menggunakan waktu untuk merawat kulit muka dan juga rambut.

Kalau biasanya saya malas creambath sendiri, sekarang karena luangnya waktu saya rajin creambath sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Seperti daun lidah buaya yang dikombinasikan dengan jeruk nipis.

Pun demikian dengan urusan wajah. Biasanya untuk perawatan di  rumah saya cuma pakain sabun muka dan pelembab saja. Nah, semenjak isolasi mandiri ini saya jadi punya banyak waktu untuk melakukan facial sendiri dengan menggunakan bahan dan perlengkapan yang saya punya. Ingin tahu seperti apa facial rumahan ala saya? Berikut saya jelaskan tahapannya :

1. Pembersihan wajah
Ini saya lakukan dua tahap. Pertama menggunakan susu pembersih yang saya oles merata ke kulit wajah sambil saya lakukan pijat ringan. Setelah itu saya bersihkan dengan kapas. Selanjutnya untuk mengangkat sisa susu pembersih, saya menggunakan sabun sekaligus scrub wajah.

2. Massage wajah
Setelah wajah dikeringkan dengan handuk, saya menggunakan minyak almond untuk melakukan massage ringan di wajah. Selain untuk relaksasi dan melancarkan peredaran darah di wajah, pijat ringan juga dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi dari minyak almond yang berguna untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan kerut.

3. Penguapan Wajah
Ini saya lakukan dengan menggunkan baskom berisi air panas yang ditetesi minyak esensial atau kelopak bunga mawar. Kemudian dengan menggunakan handuk yang diletakkan di kepala dan ditangkupkan menutup air baskom, wajah kita hadapkan ke dalam mangkuk. Sehingga uap air mengenai kulit wajah kita. 

Ingat suhu dari air di dalam baskom jangan terlalu panas, tapi juga jangan terlalu hangat. Kita bisa mencobanya dulu sehingga ditemukan suhu uap yang pas. Fungsi penguapan ini selain untuk membuka pori-pori juga untuk aromaterapi agar pikiran lebih fresh dan tenang. Kurang lebih proses ini kita lakukan selama 10 menit.

4. Penghilangan komedo dan jerawat
Setelah penguapan, kulit akan lebih lunak dan pori-poripun menjadi terbuka sehingga komedo dan jerawat lebih mudah dikeluarkan.

Pengeluaran komedo memang tidak mudah, harus dilakukan dengan telaten dan hati-hati. Karena tahap ini kadang menjadi tahap yang menyakitkan, dan bila tidak hati-hati kulit malah menjadi meradang. Saya sendiri kadang milih tidak melakukan tahap ini.

Apalagi semenjak saya menemukan produk masker yang secara nyata mampu membersihkan kulit secara menyeluruh termasuk membersihkan komedo, sehingga kulit terlihat semakin bersih dan sehat. Produk itu adalah Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated. Penasaran seperti apa manfaatnya? Simak review saya !

Tentang Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated
Belum lama saya mencoba produk ini. Baru sekitar 2 mingguan. Tetapi saya langsung merasakan perbedaan kulit wajah sebelum dan sesudah saya memakainya. Yang terasa sekali adalah komedo-komedo berkurang dengan signifikan.

Jujur, saya termasuk tipe yang malas menggunakan masker wajah. Karena menurut saya cukup ribet. Kita harus menunggu lama agar masker kering dan kalau tidak hati-hati noda masker dapat menempel ke mana-mana.

Belum lagi menyiapkan masker bubuk agar siap digunakan juga sesuatu yang ribet menurut saya. Jadi saya sering skip urusan permaskeran. Padahal sebenarnya manfaat masker cukup banyak, terutama untuk menutrisi kulit.

Jadi, sewaktu saya mendapat info tentang produk Mineral Botanica face mask ini saya sangat antusias. Karena selain merupakan produk halal kosmetik,  Mineral Botanica Charcoal Mask ini merupakan produk kulit terbaik, dengan berbagai keunggulan diantaranya :

1). Terbuat dari bahan pilihan
Produk ini terbuat dari bahan terpilih. Seperti activated charcoal yang berfungsi untuk membersihkan kulit secara menyeluruh, mengangkat kotoran, dan mencerahkan kulit wajah. Dalam sebuah artikel yang saya baca, activated charcoal memang punya banyak manfaat untuk wajah. Diantaranya untuk detoksifikasi kulit, mengurangi minyak, menyembuhkan jerawat, hingga menghilangkan komedo.

Mineral Botanica Charcoal Mask (doc.pri)
Bahan lain yang juga terdapat dalam Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated adalah ekstrak Adansonia dan ekstrak Licorice.

Ekstrak Adansonia yang banyak mengandung antioksidan ini memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Sementara ekstrak Licorice atau kayu manis memiliki manfaat sebagai tabir surya sehingga mencegah terjadinya pigmentasi.

2). Aman
Karena terbuat dari bahan alami dan  pilihan, maka Botanica Mineral Charcoal Mask ini aman digunakan dan sudah ada nomer registrasi dari BPOM.

3). Praktis dan mudah digunakan
Botanica Mineral Charcoal Mask ini merupakan masker peel off yang bisa langsung digunakan kapan saja dan di mana saja. Kita tinggal mengambil masker dari tube secukupnya dan mengoleskan ke wajah kita yang sudah terlebih dahulu dibersihkan.

Kemasan bagian belakang (doc.pri)
Kemudian kita tunggu masker hingga mengering selama 15-20 menit, untuk kemudian kita lepaskan masker secara perlahan, dan menuntaskan sisanya dengan air hangat.

Yang penting pada saat mengoles ke wajah harus kita lakukan dengan cepat dan rata, karena tekstur dari charcoal mask ini cukup lengket dan cepat kering.

Pengalaman Menggunakan Mineral Botanica Brightening Masque New Formula + Charcoal Activated
Seperti saya jelaskan di awal, baru 2 minggu alias empat kali saya memakai produk ini. Karena saya masih mengikuti anjuran menggunakan masker seminggu 2x, sehabis proses pembersihan wajah, sehingga hasil lebih optimal. Seperti pada langkah facial sederhana yang saya ceritakan di atas.

Pengaplikasian charcoal mask (doc.pri)
Berdasar pengalaman saya, sebaiknya masker kita gunakan agak banyak agar mudah dilepas dari wajah. Disarankan kita memberi perhatian lebih untuk bagian yang banyak terdapat komedonya, seperti di bagian hidung. Dan hasilnya memang memuaskan, banyak kotoran terangkat pada saat masker dilepaskan.

Hasil peel off (doc.pri)
Kesan yang didapat sehabis menggunakan masker ini adalah kulit terasa lebih bersih dan komedo di hidung menjadi banyak berkurang, serta kulit terasa bersih dan lembab. Oh ya, FYI charcoal mask dari Botanica ini ada 2. Yang pink untuk kulit berjerawat, sedang yang hijau yang kebetulan saya coba ini diformulasikan untuk kulit kusam dan berpori besar.

before - after (doc.pri)
Untuk sebuah produk skin care dengan harga 50ribuan, hasil dari masker ini lumayan memuaskan. Oh ya, sebagai informasi tambahan berikut saya sertakan ingredients dari produk charcoal Mask yang diproduksi oleh PT. Continental Cosmetic Bandung, Indonesia ini, yakni :

Aqua, Alcohol, Polyvinyl Alcohol, Glycerin, Niacinamide, kaolin, PVP, Charcoal Powder, Hydrolyzed Adansonia Digitata Extract, Propylene Glycol, Cl 77891, DMDM Hydantoin, Allantoin, Glycyrrhiza Glabra (root) Extract, Bisabolol, Methyl Alcohol, Fragrance, Polyglycerin-10, Polyglycerin-10 Myristate, Polyglycerin-10 Stearate, Xanthan Gum, Silica Silylate, Alumunium Hydroxide, Sodium Acetate, Citric Acid, Sodium Dehydroacetate.

Jika masih penasaran dengan produk ini dan produk-produk Mineral Botanica lainnya silakan kunjungi instagram @mineralbotanica. Semoga ulasan saya ini bermanfaat ya

37 komentar:

  1. Good review 😊 thanks for your sharing 😊

    BalasHapus
  2. ut pria di atas 40an masih ada manfaatnya gak ya

    BalasHapus
  3. Bahan charcoal ini sudah terbukti bagus buat mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kadar minyak. Banyak produk perawatan wajah termasuk untuk pria yg pakai charcoal ini

    BalasHapus
  4. ini produk yang dicari suami saya kayaknya mbak... dia masalah terus dengan komedo dan masalah wajah. Maklum cowok banyak banget aktivitas nya.

    BalasHapus
  5. Dapet lagi nih rekomendasi masker yang tinggal kelupas gini. Udah gitu bisa buat angkat komedo juga. Makin banyak nilai plusnya. Kayanya ngga perlu mikir lagi ya. Soalnya masker yang ga perlu dibilas tuh buatku efisien banget

    BalasHapus
  6. Biasanya mask untuk menghaluskan atau mencerahkan kulit wajah ya, ini enak banget charcoal mask dari muneral botanicalo bisa membersihkan komedo juga ya. Ini bisa buat laki-laki juga kan ya? anakku yang remaja kadang pingin dibersihkan komedonya soalnya

    BalasHapus
  7. Jadi pengen coba, soalnya aku lagi banyak komedoan nih. Kandungan charcoal dan kandungan lainnya juga menarik dan aman ya kak.

    BalasHapus
  8. Sakit nggak sih kalau maskernya udah kering? Pengin coba, cocok untuk semua jenis kulit?

    BalasHapus
  9. Aku suka nih karena bisa mengangkut komeda dan kurangi jerawat, kira" untuk cwok bisa gak ya?

    BalasHapus
  10. Sekarang lagi era Charcoal ya, Mbak. Berbahan mineral pastinya ampuh dan cocok banget nih buat istri saya. Makasih ya rekomendasi pembersih ini. Di Lamongan udah ada belum ya, kalau perlu ya intip marketplace hehe. Biar selama WFH tetap semangat kalau wajah kinclong haha

    BalasHapus
  11. Wah banyak ya fungsinya. Sepertinya aku butuh ini untuk mengatasi komedo dan jerawat serta mengangkat sel" kulit mati

    BalasHapus
  12. Boleh dicoba nih karena entah mengapa di wajahku juga banyak komedonya. Bikin ganggu penampilan wajah aja. Huhuhu.

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah nyobain produk chrcoal mask dari mineral botanica ini mbak. Aku juga suka masker model ini. Soalnya mudah begitu udah ditempelin pas udah kering ditarik tuhh bikin wajah jadi enteng gitu.

    Oh iya kayaknya aku perlu nyobain penguapan wajah saat di rumah nih. Karena ini belum aku coba heheheee
    Btw TFS ya mbak

    BalasHapus
  14. dirumah aja jadi punya banyak waktu untuk perawatan ya mba, wah mineral botanica ada maskernya ya hehehe kurang update saya :D

    BalasHapus
  15. Wah boleh nih kalo bisa ngilangin jerawat dan komedo. Pengennya sih ngilangin beban hidup juga :D

    BalasHapus
  16. beberapa kali menggunakan produk berbahan charcoal cocok diwajahku nah ini ada yang bisa dampe mengangkat dan membersihkan komedo. Aku jadi penasaran mau cobain sih

    BalasHapus
  17. Asiknya bisa tetep kontinu merawat diri ya kak, dengan begitu jadi kebiasaan baik, apalagi ini pakai bahan carcoal yang pernah baca khasiatnya itu bagus

    BalasHapus
  18. Aku suka banget dengan masker bahan charcoal mbak karena pastinya bisa mengangkat semua kotoran apalagi komedo.

    BalasHapus
  19. jadi kalau banyak tuh nanti lebih mudah diambilnya ya mba? lagian mungkin kalau diolskan banyak kemampuan mengangkat kotoran di wajah juga lebih maksimal. betul nggak sih?

    BalasHapus
  20. Aku kalau masker tipe peel off gini suka bagian narik maskernya kalau dah kering. Apalagi kalau lihat hasil 'panen' komedonya. Hahaha puasss banget

    BalasHapus
  21. Saya sangat membutuhkan masker yang begini deh. Wajah butuh perawatan nih terutama untuk komedo. Menarik banget charcoal mask nya bisa membersihkan wajahnya yah.

    BalasHapus
  22. jadi pengen coba juga nih maskernya buat angkat komedo yang udah menempel sekian lama ini di kulit wajah terutama dari T. :D

    BalasHapus
  23. Aku juga pakai ini mba, dan emang bagus di wajah gak bikin sakit kalau mau dilepas, pokokny recomended buat beauty enthusiast nih

    BalasHapus
  24. Aku selalu suka produk kosmetik Mineral Botanica. Apalagi rangkaian lipstiknya. Dan ternyata sekarang MiCa banyak produk skincare. Makin suka deh..

    BalasHapus
  25. Wah sepertinya charcoal mask dari mineral botanica cocok juga untuk saya. Soalnya komedo di hidung susah banget ilangnya

    BalasHapus
  26. Samaaan kurang telaten kalau maskeran cuma kalau mood aja hahahahah, ini sakit nggak pas peel off kak? Biasanya aku berani dikit2 aja di bagian hidung, nggak seluruh wajah XD

    BalasHapus
  27. Wah aku nih jarang melakukan facial di rumah wkwkkwkw. Pengin coba juga kapan-kapan. Botanica Mineral Charcoal Mask ini merupakan masker peel off ya mba, jadinya cocok dipakai kapan aja

    BalasHapus
  28. Jadi tertarik mau nyoba cara penguapan. Kalau di kampung suka ingat para orang tua dulu suka menyuruh anak-anak gadis mengaduk nasi yang baru diangkat ke bakul lalu wajahnya dihadapkan ke uap nasi. Katanya akan membuat awet muda.

    BalasHapus
  29. Wah, produk wajah dari mineral botanica ini sepertinya ampuh banget ya mbak untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo? Jadi pengen ikutan nyobain.

    BalasHapus
  30. pengen banget aku cobain untuk charcoal mask dari Mineral Botanica ini, kebetulan untuk eye serum juga pakai dari produknya dia

    BalasHapus
  31. Kayaknya banyak yang merekomendasikan produk ini, cus mau liat liat dulu di Olshop kesayangan, soalnya mukaku sama muka suami suka ada komedonya :D

    BalasHapus
  32. Paling suka deh ama masker yang tipe peel off apalagi ada kandungan charcoalnya, berasa paling mudah aja bersihinnya. Tinggal angkat dan komedo ke angkut semua.

    BalasHapus
  33. Bahan charcoal banyak digunakan buat masker ya sekarang. Apalagi buat produk yang peel off. Aku juga mau coba deh

    BalasHapus
  34. Woooaaa, ini enak banget ya buat ngangkat komedo. Tp produk ini ada di Alfa/Indomart gitu gak sih mbak?
    Aku pengen beli, soalnya komedoku jg dah banyak banget.

    BalasHapus
  35. Wah aku belum pernah cobain Penguapan Wajah, paling cuci muka pakai air hangat aja. Baca ulasan ini jadi pengen cobain.
    Charcoal mask ini memang terkenal ampuh banget mengangkat komedo ya

    BalasHapus
  36. Wah, racun masker baru nih dari Mineral Botanica. Kebetulan udah lama nggak cobain peeling mask, akhir-akhir ini aku lebih sering pake sheet mask nih, mbak.

    BalasHapus
  37. Kira-kira cocok gak mbak kalo buat kulit cowok..?

    BalasHapus