Rabu, 22 April 2020

Menyambut Datangnya Bulan Puasa Di Tengah Pandemi Corona Bersama Channel Umma Ramadhan

Sumber : Umma.ID
Dua hari lagi, tepatnya tanggal 24 April 2020, bulan Ramadhan tiba. Bulan mulia yang ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan penuh keberkahan dan ampunan. Bulan di mana setiap orang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. 

Namun Ramadhan tahun ini akan lain dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi corona telah membuat segalanya menjadi berbeda. Penularan virusnya yang cepat, membuat kebijakan phisical distancing diterapkan. Tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. 

Semua harus tinggal di rumah
Belum lama ini pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan panduan ibadah Ramadhan 1441 melalui Surat Edaran No 6 Tahun 2020. 

Panduan ini dibuat sebagai rujukan agar masyarakat bisa beribadah sesuai syariat agama sekaligus mencegah penularan Covid-19. Masyarakat diharapkan mau menaati dan mengikuti panduan yang diberikan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Dalam panduan itu ditekankan bahwa semua ibadah yang tadinya banyak dilaksanakan di masjid dan dilaksanakan bersama-sama, menjadi dipusatkan di rumah bersama keluarga inti saja. 

Sumber : Kompas.com
Memang pasti terasa berat dan menyesakkan, masjid yang selama ini penuh dengan aneka kegiatan keagamaan tiba-tiba akan menjadi sepi dan sunyi. Namun kita harus yakin bahwa hal itu hanya berlangsung sementara saja. Nanti saat pandemi corona mereda, mari bersama-sama kita makmurkan masjid segera. Tidak harus menunggu saat Ramadhan tiba. 

Justru kondisi sekarang di mana kita tidak bisa beribadah di masjid harus semakin memotivasi kita untuk semakin dekat dan memasrahkan diri kepada Allah S.W.T.

Momentum ramadhan 2020 ini kita gunakan untuk introspeksi diri dan melangitkan doa, agar wabah covid-19 segera mereda. Dan hidup kita kembali normal seperti sedia kala.

Panduan Ibadah Puasa Selama Pandemi Covid-19
Mengacu pada surat edaran dari kementrian agama, berikut hal-hal yang bisa kita lakukan agar bulan ramadhan kita penuh berkah meskipun dari rumah :
1. Tetap menjalankan ibadah puasa sesuai syariah agama, dengan melaksanakan sahur dan buka bersama keluarga inti.

2. Ibadah sholat terawih dan ibadah sholat fardhu lainnya dilaksanakan di rumah secara jamaah untuk meningkatkan keimanan dan juga menambah kedekatan keluarga.

3. Tilawah atau tadarus dilaksanakan di rumah bareng keluarga atau dapat juga bersama teman-teman atau saudara lainnya menggunakan media daring dengan fasilitas zoom atau semacamnya.

Banyak membaca Al-Quran sangat dianjurkan
4. Banyak mempelajari ilmu agama. Di masa sekarang sudah banyak media yang dapat kita gunakan untuk belajar. Grup-grup pengajian melalui whatsapp atau yang lainnya bisa kita pilih untuk diikuti. 

Program pesantren kilat online untuk putra/putri kita pun juga tersedia. Kita bisa memilih program yang sesuai untuk buah hati kita.

5. Untuk peringatan Nuzulul Quran, Takbir keliling, dan Idul Fitri karena situasi dan kondisi menjadi ditiadakan. Sebagai gantinya kita bisa janjian dengan beberapa kawan dekat dan saudara untuk takbir online bersama.

Selain untuk lebih mendekatkan diri kepada yang kuasa, takbir bersama dan silaturahmi online dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, kebersamaan, pengobat kangen dan penyambung silaturahmi. 

6. Sedekah dan zakat fitrah harus kita laksanakan dengan segera. Saat ini kepedulian sosial kita sedang diuji. Semua orang mengalami kesulitan ekonomi. Saatnya kita beribadah sekaligus berkontribusi untuk membantu sesama yang membutuhkan di masa ini.

Untuk tata cara pengumpulan zakat dan pendistribusiannya, tetap harus mengikuti SOP dengan mengedepankan phisical distancing sehingga tanpa kerumunan. Untuk teknis pelaksanaannya, panitia zakat yang bertanggung jawab untuk mengaturnya.

Bersama Umma.ID Maksimalkan Waktu Menunggu Buka
Untuk mengisi waktu sambil menunggu saat berbuka, kita juga dapat mengisinya dengan membaca artikel-artikel ramadhan dari aplikasi muslim terpercaya, yaitu Umma.ID. melalui channel Umma Ramadhan.

Di channel ini kita bisa menemukan berbagai artikel tentang serba-serbi Ramadhan yang menarik dan up to date. Mulai dari ide menu saat berbuka dan saat lebaran tiba, sampai kajian-kajian keagamaan lainnya. Semua diulas secara menarik dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Umma.ID  ini bisa kita unduh aplikasinya di gawai kita melalui playstore. 
Aplikasi Umma.ID
Melalui aplikasi Umma.ID kita akan memperoleh informasi yang mendukung pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Berbagai fitur dan konten yang dimiliki Umma.ID disediakan untuk membantu pelaksanaan aktivitas selama bulan Ramadhan bagi umat Islam. 

Melalui fitur seperti Al-Qur'an, Jadwal Sholat, Notifikasi Adzan, Arah Kiblat, konten yang berkaitan dengan puasa dan fitur Ramadhan, Umma.ID berfungsi sebagai teman ibadah dalam membantu pengguna menjadi Muslim yang lebih baik

Seperti kata pepatah banyak jalan menuju roma, maka di bulan Ramadhan ini banyak cara pula untuk mendekatkan diri pada Yang Kuasa.

Sekaranglah saatnya bagi kita untuk menghadirkan semarak dan kemeriahan Ramadhan di rumah dan hati kita masing-masing. Tidak bisa ke masjid bukan berarti membiarkan Ramadhan pergi tanpa makna. Justru sepinya masjid harus membuat kita lebih semangat untuk tidak membiarkan Ramadhan berlalu sia-sia. 

Saatnya bagi kita untuk melangitkan doa, semoga kita bisa melalui ujian-Nya ini dengan baik, dan bencana pandemi Covid-19 ini berakhir segera. Dan semoga semangat rajin ibadah seperti saat Ramadhan akan ada terus di hati kita semua.

Selamat menjalankan ibadah puasa untuk teman-teman muslim semua, semoga di bulan Ramadhan 1441 H ini kita mampu meraih derajad taqwa yang setinggi-tingginya. 
Aamiin...

53 komentar:

  1. Semoga semua membaik ya mba, dan perekonomian kembali berjalan normal.

    BalasHapus
  2. Wah nice info ternyata ada aplikasi yang baru aku ketahui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan untuk nemani aktivitas di rumah..

      Hapus
  3. marhaban yaa Ramadhan. kita harus tetap bergembira menyambut ramadhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semoga berkah ramadhan untuk kita semua..

      Hapus
  4. Memang baru kali ini ya ibadah ramadhan dilakukan full dari rumah... Semoga memang ada hikmah yang Allah kasi buat kita dibalik adanya wabah covid ini

    BalasHapus
  5. Wah pasti seru ini ramadan ditemani dengan Umma.ID. Jadi meskipun dirumah kita tetap bisa up to date info seputar ramadan. Harus di coba nih aplikasinya. .

    BalasHapus
  6. Aku udah pakai aplikasi ini. Cuma kemarin bingung pas mau posting tulisan. Mungkin karena sinyal lagi jelek.
    Btw, ini Ramadhan yang sangat berbeda meski enggak bakal mengurangi kekhusyukan.
    Selamat Ramadhan kakak

    BalasHapus
  7. walaupun ramadhan tahun ini berasa beda, tapi kita harus tetap semangat ya meraih segala berkahnya. Aku baru tau tentang aplikasi Umma.id iniii, nanti cobain donlod aaaah

    BalasHapus
  8. Ulala, kok ya pas banget ada channel UMMA ini ya Mba
    Asik asiiik, aku jadi makin bersemangat nih menyambut Ramadhaaannn

    BalasHapus
  9. wah semoga kondisinya kembali membaik ya dan kita teteap dengan mengisi bulan ramdhan di rumah dengan hal yang sangat bermanfaat seperti menyaksikannya di Umma

    BalasHapus
  10. Sepertinya, di HP suami saya sudah ada aplikasi Umma ini. Kemarin sempat lihat logonya di screen HP suami.

    Alhamdulillah masih diberi kesempatan usia dan kesehatan utk bertemu Ramadhan tahun ini, dan semoga masih diberi kesempatan bertemu banyak Ramadhan berikutnya.

    BalasHapus
  11. Rasanya tetap berbeda ya mbak, beribàdah di rumah dg di tempat ibadah. Aku sendiri ngerasain. Kadang kalo di rumah, nggak bisa konsentrasi.

    Semoga lancar ya mbak, ibadah puasanya.

    BalasHapus
  12. Ramadhan tahun ini memang ngga biasa ya Mak. Tapi alhamdulillah masih bisa bertemu. Aplikasi-aplikasi seperti Umma, InsyaAlloh bisa membantu kita menjalankan ibadah Ramadhan agar lebih khusyuk.

    BalasHapus
  13. Sekarang makin banyak ya aplikasi yang menuntunkita untuk tetap beribadah. Bagus nih aplikasi umma sbg panduan menjalani ramadhan.

    BalasHapus
  14. Wah saya baru tahu ttg app Umma Ramadhan ini. Jadi tertarik utk ngulik lbh jauh nih. Thanks infonya, Kak.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ada aplikasi Umma yang bisa menemani keseharian kita selama Ramadan. Insya Allah sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  16. Iya nih sedih banget, kebetulan rumah pinggir mesjid, biasanya ramai, sekarang sepi setelah diumumkan kegiatan ibadah selama puasa di rumah masing2 aja.
    Semoga ga mengurangi ibadah kita meski di rumah aja ya.

    Ah, ku baru r=tahu ada apps Umma, mau donlot.
    Happy ramadhan, maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  17. Wah asyik nih ada Umma.id.
    Jadinya ga harus selalu mantengin tipi untuk bisa dapat informasi seputar ibadah Ramadhan.
    Selamat menjalankan ibadah Ramadhan, temen-temen muslimin & muslimah...

    BalasHapus
  18. Benar sekali, Mbak Sapti. sepanjang hidup saya, saya baru mengalami suasana ramadhan seperti ini. Banyak aktivitas yang hanya ada di bulan Ramadhan tidak bisa dilakukan. dari salat tarawih bersama, kegiatan Nuzulul Al-quran, sampai takbir keliling. Tapi Insya Allah tetap ada keberkahan ya, Mbak. Dan ada solusi juga, salah satunya Umma Channel ini.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah, makin lancar beribadah di rumah berkat umma ramadhan, ya. Jadi penasaran pingin ngintip.

    BalasHapus
  20. Aplikasi baru untuk memperdalam ilmu agama Islam, apalagi sekarang momen Ramadan dan menghindari keramaian. Mirip namanya, semoga menjadi aplikasi yang bermanfaat bagi umat

    BalasHapus
  21. Seru nih ide tilawah bareng di Zoom. Pahalanya dobel. ya pahala ngaji ya pahala silaturahminya ya. Semoga wabah ini lekas kelar dan masjid kembali ramai ya

    BalasHapus
  22. YES. Ramadan kali ini sangat spesial!
    Bahkan untuk seluruh dunia.
    Semoga kita bisa memetik hikmah dari semua ini.

    BalasHapus
  23. Amiin. akhirnya berkesempatan ketemu Ramadan lagi meskipun dalam suasana yang luar biasa berbeda. Semoga Ramadan kali ini tetap syahdu dan berkah, meskipun di rumah aja gak khawatir lagi karena ada tontonan yang cakep gini.

    BalasHapus
  24. Semoga badai corona ini lekas berlalu ya. Agar kita semua kembali pada kehidupan normal

    BalasHapus
  25. Kadang sedih yaaa kalau ingat ga bisa ke masjid rame-rame seperti biasanya. Terutama anak-anak nih, kan biasa barengant teman berbuka puasa, tarawih dan tadarus di masjid. Umma Channel ini bisa membantu membangkitkan semangat untuk tidak menyia-nyiakan Ramadhan kali ini meski harus di rumah saja.

    BalasHapus
  26. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan untuk Mba Sapti dan keluarga.
    Memang kali ini suasananya berbeda, saya yang nggak menjalankan ibadah ramadhan pun ikut kehilangan :). Semoga semua bisa memetik hikmah terbaik yaa...

    BalasHapus
  27. Lengkap juga ya aplikasi Umma ini, sayangnya handphone saya gak bisa lagi download aplikasi. Apa bisa via website?

    BalasHapus
  28. Bagus nih buat mengisi waktu sambil menunggu waktu magrib tiba, jadi lebih bermanfaat ya kak

    BalasHapus
  29. Iya benar, Ramadhan tahun ini terasa berbeda sekali tidak ada lagi masjid dan mushola yang dipenuhi jamaah,tidak ada lagi promo produk2 disepanjang halaman masjid, loby-loby kantor:(. Semoga meskipun berbeda, makna dan hakikat Ramadhan tetap kita dapatkan dengan mengkaji lewat applikasi yg islami

    BalasHapus
  30. Waah aplikasinya berguna banget disaat jalanin puasa lagi pandemi gini ya mbak. Walau ibadahnya di rumah aja, tetap harus produktif dan banyakin pengetahuan seputar Ramadan dari Umma Channel.

    BalasHapus
  31. Rasanya gimnaa gitu, menjalani ibadah puasa sendirian (sekeluarga). Kalau tradisi Ramadannya flat kayak saya, mengandalkan masjid, jadi berasa kesepian. Mungkin memang perlu install dan mengakrabi Umma Channel Ramadhan....

    BalasHapus
  32. Wah makasih review appsnya mbak. Coba nanti aku liat2 ya? Eh ini free kan ya?
    Iya nih sedih gak bisa ke masjid untungnya banyak kemudahan utk memperoleh siraman rohani berkat teknologi ya :)

    BalasHapus
  33. UMMA Ramadan ya namanya, wah perlu ini..buat memperdalam lagi ilmu pengetahuan tentang puasa Ramadan dan sunnah-sunnahnya. Makasih Mba Sapti

    BalasHapus
  34. Sedih ya gak nyangka hampir seluruh negara merasakan dampak dr corona ini, akupun sudah sebulan lebih gak keluar rumah, hiks

    BalasHapus
  35. ramadhan kali ini masih quarantine di rumah, ya? pastinya butuh hiburan buat menemani selama romadhon.. bagus nih kalau ada aplikasi ini...

    BalasHapus
  36. Senang ya ada aplikasi untuk membaca dan belajar saat bulan Ramadhan seperti ini. Aku suka baca artikel tentang tips puasa dan ibadah sunnah, karena sekarang gak bisa dengerin tausiyah di masjid saat tarawih

    BalasHapus
  37. Sangat dibutuhkan mba informasi terkait pelaksanaan shalat tarawih dan shalat ied di rumah

    BalasHapus
  38. Selamat menjalankan ibadah shaum, kak.
    Semoga lancar dan mendapat pahala yang sempurna.

    Aplikasi ini tentu akan membantu sekali dalam mengingatkan ibadah harian kita.
    Haturnuhun rekomendasinya.

    BalasHapus
  39. Install ah. Aku perlu yang bergizi buat ramadan ini biar dekat denganNya lebih lebih lagi

    BalasHapus
  40. wah ada aplikasinya ya? keren banget! mau ah donlot buat panduan beribadah sekeluarga di bulan puasa ini :)

    BalasHapus
  41. Alhmdulillah bertambah lagi yang bisa dijadikan sumber cari ilmu.. Semoga ibadah kita lancar semua ya... sehat dan penuh berkah... Aminnnnn

    BalasHapus
  42. saya baru tahu cenel ini mba, dan sejujurnya selama puasa saya jarang nonton sih, kalo sedang tidak beraktivitas, saya lebihsuka tidur, hahaha.

    BalasHapus
  43. Sebelum Ramadhan sudah terbayang senangnya bakal buka bersama dan tarawih di masjid. Ah, sayangnya kali ini terpaksa di rumah saja. Masjid di sini pun meredupkan lampu. Ya mau gimana lagi. Sementara ini perbanyak ibadah di rumah bersama keluarga. Baca-baca artikel di Umma juga oke nih sambil menunggu waktu berbuka

    BalasHapus
  44. Aku rasa semua orang juga merasa tidak pernah menyangka akan mengalami ramadhan seperti tahun ini. Aku baru tahu nih channel umma. Jadi refrensi tontonan selama ramadhan... nice info kak

    BalasHapus
  45. Waah ada aplikasi baru untuk mendukung kegiatan kita di bulan ramadhan nih. Aplikasi umma channel ramadhan dapat dengan mudah kita akses melalui smartphone. Segala informasi dapat diperoleh dengan mudah melalui fitur2nya.

    BalasHapus
  46. Wah keren nih aplikasinya.. Harus diunduh ya biar gak ketinggalan azan magrib dan subuh. Penting banget itu biar tepat waktu buka puasa dan sahurnya hehe..

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah, meski di ruamah aja, Ramadhan tetap bisa produktif dengan aplikasi Umma.ID ya

    BalasHapus