Sabtu, 21 September 2019

Mengakhiri Drama Kehilangan Data Smartphone Dengan USB OTG SanDisk Dual Drive


Hal yang paling menyenangkan bagi seorang bloger menurut saya adalah ketika memperoleh tugas liputan sebuah event budaya yang berlangsung di ruang terbuka (out door).  Karena itu berarti akan banyak konten menarik yang bisa didapat entah berupa foto atau video. Sehingga kegiatan ambil foto dan rekam video, pasti akan sering dilakukan.  Tetapi sering terjadi baru asyik-asyiknya memotret atau merekam moment, tiba-tiba ada pemberitahuan yang mengatakan "memori tidak cukup" yang membuat kesal. Karena itu berarti akan ada banyak file foto atau video lama yang harus dikorbankan. Padahal foto dan video tersebut tidak jarang berisi momen berharga  yang sebenarnya #DibuangSayang. Dan sedihnya,  saya sering mengalaminya.

Pemberitahuan yang bikin galau (doc.pri)
Memang saya juga sih yang salah,  terlalu ke-PD-an dengan memori dari smartphone yang saya bawa. Sehingga tidak terlebih dahulu memindahkan sebagian file foto dan video dari smartphone ke komputer milik saya. Padahal seharusnya memindahkan data harus rutin dilakukan  agar insiden low memory seperti yang saya alami tidak terjadi. 

Rendahnya Kebiasaan Pencadangan Data Masyarakat Indonesia
Sebenarnya kalau mau jujur alasan saya tidak memindahkan file foto dan video dari kamera ke komputer itu karena rasa malas juga. Karena menurut saya,  proses pencadangan atau back-up data itu adalah sesuatu yang rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga saya sering menunda-nunda sehingga akhirnya lupa, dan akibatnya saya harus merelakan beberapa data yang saya punya.  

Namun ternyata tidak cuma saya yang sering mengalami kehilangan data akibat low memory seperti ini. Berdasar survei yang dilakukan oleh perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey” diperoleh hasil sebanyak 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Alasan yang dikemukakan sama dengan saya. Banyak yang berpikir bahwa proses pencadangan data adalah sesuatu yang rumit atau terlalu memakan waktu, sehingga jarang dilakukan. 

Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone. Dan ternyata hal ini berkaitan dengan adanya kecenderungan penggunaan gawai yang sering berfungsi sebagai pengganti kamera. Akibatnya, responden yang menyatakan bahwa data yang ada pada smartphone mereka sebagian besar berupa foto sebanyak 98% sedangkan berupa video sebanyak 79%.

Infografis perilaku Konsumen Indonesia dalam manajemen data (sumber : Western Digital Corp) 
Padahal rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 1632 GB. Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Akibatnya tentu bisa ditebak, sisa kapasitas yang terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan sehingga smartphonen tetap bisa digunakan. 

Solusi Backup Data bersama USB OTG SanDisk
Lantas bagaimana, apakah masalah pemindahan data yang terkesan rumit dan lama ini tidak ada pemecahannya? Tidak adakah suatu perangkat yang mengubah transfer data dari smartphone menjadi sesuatu yang cepat dan menyenangkan? Untungnya jawabannya adalah ada. Kemajuan teknologi lagi-lagi memudahkan kita. 

Inovasi terbaru dari Western Digital Corp yang memberi solusinya.  Oh ya, sebagai informasi Western Digital Corp adalah sebuah perusahaan publik dari Amerika yang bergerak di bidang teknologi informasi yang fokus pada pengembangan, manufaktur, dan penyediaan media penyimpanan data untuk konsumen, bisnis, pemerintah, dan organisasi lainnya. Nah, dalam kaitannya dengan masalah penyimpanan dan backup data khususnya di produk smartphone android,  Western Digital Corp melalui brand SandDisk menawarkan solusi lengkap mobile storage yaitu USB OTG SanDisk Dual Drive . Dalam hal pengelolaan data, USB Sandisk OTG Dual Drive ini punya beberapa keunggulan, diantaranya :

1. Mampu membebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone 
Kerap kali kita mengalami kekurangan memori di smartphone yang kita miliki. Sehingga kita harus menghapus file agar kapasitas bertambah dan menjadi lebih luang. Nah, mobile storage SanDisk ini dirancang untuk membantu pengguna membebaskan memori smartphone dengan mudah, dimana pun dan kapan pun. 

Kita hanya perlu menyambungkan smartphone yang kita miliki dengan USB OTG SanDisk Dual Drive untuk memindahkan foto dan video dan membebaskan memori pada smartphone. Perangkat ini juga merupakan solusi baik bagi yang berencana berganti smartphone, karena data di smartphone lama dapat dengan mudah dipindahkan ke smartphone yang baru.

Keunggulan USB OTG SanDisk Dual Drive
(sumber : SanDisk.id)
2. Plug and Play yang mudah dan Praktis  
Berdasar survey,  sebagian besar pengguna smartphone tidak melakukan back-up secara teratur.  Padahal, proses back-up sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit atau makan waktu. Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dapat mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. Bahkan pengguna dapat mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone
      
3. Mem-back-up Konten Media Sosial yang Penting
Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive. Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.  

Keunggulan USB OTG SanDisk Duak Drive
(sumber : SanDisk.id)
4. Dapat meng-upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas 
Survei dari Western Digital Corp menemukan bahwa konsumen menggunakan smartphone mereka untuk berbagai hal, seperti mengambil foto dan bermain game. Saat ini, tren dan minat terhadap mobile gaming dan fotografi terus meningkat dan peningkatan ini tentu harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone. Dalam hal ini kartu memori SanDisk Extreme® microSD™ dengan spesifikasi A23 akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta proses pemuatan aplikasi yang lebih cepat. 

USB OTG SanDisk Dual Drive untuk Android
Berhubung smartphone saya android,  saya lebih fokus ke produk  OTG Sandisk yang sesuai untuk smartphone yang saya miliki. Ternyata SanDisk Dual Drive ini ada bermacam-macam variannya. Salah satunya adalah SanDisk Ultra Dual Drive M3.0. Perangkat ini memudahkan kita untuk mentransfer konten dari ponsel ke komputer. Dengan konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain, memungkinkan kita untuk dengan mudah memindahkan konten lintas perangkat, yakni dari smartphone atau tablet Android™ ke komputer laptop, PC, atau Mac book.

Konektor USB 3.0 memiliki performa tinggi dengan kapasitas mulai dari 16 GB hingga 128 GB dengan kecepatan baca hingga 150 MB/s. Selain itu perangkat ini kompatibel dengan port USB 2.0, ditambah lagi aplikasi zona memori SanDisk untuk android (tersedia di Google Play) membantu kita mengelola memori perangkat dan konten. Jadi tidak perlu kawatir lagi kita akan kehabisan memori.

Kapasitas USB OTG Dual Drive Ultra M3.0
(sumber : SanDisk.id)

Untuk lebih jelasnya,  performa USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 dapat dilihat dalam video berikut :



Selain itu ada juga SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C. USB OTG tipe ini dirancang secara khusus untuk perangkat-perangkat generasi mendatang dengan port USB Type-C yang baru, sehingga merupakan perantara sempurna antara perangkat USB Tipe-C yang baru dan perangkat yang menggunakan port USB tradisional.

Dengan kinerja USB 3.1 berkecepatan tinggi yang mencapai 150 MB/detik, akan memungkinkan kita untuk mentransfer file (baik foto, video, maupun jenis file lainnya) antar smartphone, tablet, dan komputer dengan cepat dan mudah. Selain itu, aplikasi Zona Memori SanDisk (tersedia di Google Play™) membantu kita mengelola dan mencadangkan konten dengan mudah di perangkat Android™.

SanDisk Ultra Dual Drive USB type C
(sumber : Sandisk.id)
Tipe ini memiliki 5 pilihan kapasitas memori yaitu 16 GB, 32 GB, 64 GB, hingga 256 GB. Secara rinci, gambaran performa dari SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C bisa dilihat lewat tayangan video berikut ini : 


Jadi gimana,  tertarik juga untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola dan mem-backup data? Ayo gunakan USB OTG SanDisk sekarang juga. Bersama #SanDiskAPAC, drama kehilangan data akibat memori smartphone yang tidak cukup akan tinggal menjadi sebuah cerita lama. Tidak percaya? Ayo buktikan saja. Oh ya, sebelum membeli,  pastikan dulu USB OTG SanDisk yang dipilih sesuai dengan spesifikasi smartphone teman-teman ya.. 


Salam... 

Sumber
1. SanDisk.id
2. Pers release Western Digital Corp tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey

67 komentar:

  1. Saya tertarik mbak, ini mah bagus banget.

    BalasHapus
  2. Aku pernah nangis2 gegara data skripsiku hilang dan belum di back up mba. Untungnya bisa dipanggil kembali sama kang servis, tapi mahal bayarnya 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh.. Gawat ini.. Untung bisa kembali. Segala data memang yang aman harus dicadangkan ya mbak...

      Hapus
  3. Boleh juga nih USB OTG Sandisk. Gampang dan praktis dibawa-bawa ya. Suamiku juga nyaranin punya ini buatku.

    BalasHapus
  4. Duh, baca-baca review temen-temen tentang Sandisk bikin aku kepengen punya. Berapaan ya? DI Marketplace adakah? Aku nih sering banget ngapus-ngapus data karena memory hape/tablet penuh. Padahal banyak yang penting.

    BalasHapus
  5. Ini sih yang aku cari ketika menjadi seorang blogger, bisa save data langsung dan aman kalo hilang enggak perlu nangis bombay lagi kan ada flashdisk ini

    BalasHapus
  6. Iyaya...kalau hp terlalu penuh juga kan yaa...jadi lemot.
    Solusinya adalah di back up di Sandisk.

    BalasHapus
  7. Iya banget niiih
    Data2 kudu di-save pake USB OTG supaya engga lenyap
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Nah ini solusi beneran...secara aku udah banyak kehilangan file gara-gara kuhapus setelah ada notif memori di HP penuh...wajib banget punya OTG ini

    BalasHapus
  9. Wah Sandisk pas banget y buat nyimpen data2 saya nih secara sering bngt lupa tau2 ilang aja .kalo pake ini aman sntosan bngt nih

    BalasHapus
  10. Aku sangat butuh ini mbak untuk back up data di memori handphone yang suka penuh. Apalagi kalau traveling tiba2 memori full aja.

    BalasHapus
  11. Aku pernah kehilangan data di hape dan itu bikin nyesek banget mba Kayaknya aku nggak mau seperti ini terulang lagi dan harus punya falsh disk ukuran kecil tapi kece seperti ini

    BalasHapus
  12. Aku suka banget pake usb sandisk ini. Untuk nonton film langsung di hp. Setelah ganti hp belum pake lagi karena belum nemu yang usb c. Sekarang udah ada ya..

    BalasHapus
  13. USB OTG Sandisk ini benar2 si kecil imut yang berguna sekali ya, kita jadi bisa memindahkan data/foto2 di hp dengan mudah agar storage hp nggak kepenuhan. Pernah tuh kejadian, mau motret nggak bisa karena storage hp udah full, terpaksa deh sebagian foto aku hapus :)

    BalasHapus
  14. Aku banget ini seeing memori low, trus bingung mau hapus yg mana Karena belum sempet dibackup. Mau back up di laptop rempong. Wah boleh banger nih dicoba otg sandisk

    BalasHapus
  15. Asyiknya, sekarang bisa lebih tenang, kalau aku bukan hilang datanya mbak, tapi gak cukup. Maklum hpnya yang murah jadi kapasitas terbatas. Xixixi.. bisa jadi solusi nih

    BalasHapus
  16. Penting banget usb kayak gini untuk mengamankan data yah. Terutama file2 penting dan foto2. Pengen punyaa deh, keren usb nya.

    BalasHapus
  17. salah satu yang harus dipunya nih..
    biar tenang harus selalu dibawa ya, jadi kelo kepenuhan memory gegara kebanyakan foto dan video, bisa tertangani, gak bingung lagi yang mana yang harus didelete..

    BalasHapus
  18. Saya pernah kehilangan seluruh foto. Nyesek banget, sih. Makanya memang penting punya USB OTG ini. Supaya menghindari drama yang gak diinginkan

    BalasHapus
  19. Aku biasanya kalau mau beracara, mengosongkan memori hp setidaknya 1 GB. tapi itu kadang ya ga cukup kalo banyak yg kudu diabadikan

    BalasHapus
  20. USB OTG ini sahabat semuaaa content creator
    Asiiiik asiiikk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  21. Wah aku wajib banget sepertinya punya USB OTG nya nih mba, karena aku tipe orang yang males banget backup data seperti foto dan video yang ada di memori handphone, nah kalau udah penuh bingung dan gak sempat backup data ke komputer jadinya malahan foto atau videonya harus aku hapus

    BalasHapus
  22. semakin sering poto-poto, nerima file apa pun dari WAG, emang kudu must harus back up, nggak bisa nggak. Kebetulan paksu always pakai sandisk

    BalasHapus
  23. Memang kesel banget mbak kalo kehilangan data penting. Pernah kejadian soalnya hp kereset. Sekarang jadi ga khawatir lagi ya kalo udah punya usb otg .

    BalasHapus
  24. USB OTG Sandisk ini jagoan banget deh, saya kalau traveling juga selalu bawa biar bisa backup foto-foto traveling, biar aman disimpan

    BalasHapus
  25. naksir banget ni pengen punya usb otg sandisk. biar ga panik kalo memori full atau data takut hilang

    BalasHapus
  26. Tertarik juga untuk memiliki, apalagi bentuknya mungil, bisa pas masuk kantong, bisa di taruh di tempat kantong tas juga. Walau mungil tapi kapasitasnya lumayan gede ya.

    BalasHapus
  27. Suami udah beli ini mba. Gak perlu laptop buat pindahin foto2. Pokoknya jadi gampang banget deh, bikin waktu juga lebih efisien.

    BalasHapus
  28. Asik banget ya ada usb semacam ini, menurutku sih praktis dan harganya terjangkau ya kan?

    BalasHapus
  29. Kalau kehilangan data di hape bener2 deh bikin saya linglung, soalnya data2 di hape saya penting2... jangan lagi deh ada data hilang

    BalasHapus
  30. Meliput Event Budaya memang perlu memori hape yang banyak, Mbak. Soalnya durasinya panjang. terus acaranya runut, jadi dipastikan akan banyak foto dan video.
    Jadi bisa mati gaya, bila di pertengahan acara, eh.. memori full hehehe.
    Saya juga pakai USB OTG SanDisk ini, Mbak. Jadi pas memori hape full, tinggal colok, transfer. Sebentar saja, bisa jerat-jepret lagi. kecil bentuknya, tapi pertolongannya luar biasa hehehe.

    BalasHapus
  31. Aku sering banget mengalami memori penuh saat pakai HP lama, mbak. Pas pakai hp skrg seblum muncul notifikasi kayak gitu aku juga backup pakai OTG Sandisk itu mbak, tapi punyaku model lama hehee

    BalasHapus
  32. Info yang bermanfaat banget, karena kita tuh suka menyepelekan penyimpanan data. Kalo data sudah hilang dunia rasanya mau kiamat aja

    BalasHapus
  33. Bener deh, demi apapun, kesel maksimal kalau mau video atau install app penting tp muncul "memori tidal cukup", nyesek banget rasanya

    BalasHapus
  34. Aku juga punya USB OTG ini dan memang bantu banget, apalagi pas memory hape lagi full.Praktis dan harganya juga cukup terjangkau.

    BalasHapus
  35. Paling galau, pas momen penting, memori berpaling. Bikin pusing!
    Hihihi...
    Aku juga pernah alami, mba
    Jadi ingat aku kudu mulai mengosongkan memori HP ne!

    BalasHapus
  36. Aku banget ini, krn foto n video tum-kem anak lumayan banyak jdnya pas perlu malah dihapus²in dg hati sedih. Smentara kl gak cpt ambil momen kehilangan foto/video liputan dong. Noted yaa next time pakai USB OTG Sandisk. Tfs yaa

    BalasHapus
  37. Ini bnr2 solusi yang aku butuhkan sekarang. Untung aja aku sempat baca artikel ini, jd skrg udh tau harus beli apa hihi tfs

    BalasHapus
  38. Sandisk beneran mengerti para penggunanya, karena tiap variannya punya kelebihan masing2 yahh mbak. Tapi sayangnya OTG sandisk ku di rumah ga kayak itu huhuu

    BalasHapus
  39. Ini sih udah kebiasaan aku selalu menyimpan memori hape ke flashdisk otg, lebih simpel dan data aman.

    BalasHapus
  40. Enggak bakalan ada lagi berarti ya, drama kehilangan data akibat memori smartphone yang tidak cukup. Sudah ada solusi USB OTG SanDisk..Yeayy, hepii pasti!

    BalasHapus
  41. Hohoho aku pernah nyesek tu gara2 hape error akhirnya bhay semua data. Emang penting backup2 yaaa, tapi penting juga buat hapus2 dan move on haha :D
    Wah kapasitasnya bisa ada yang sampai 256 GB gtu, mayan tuuu, bisa nyimpen banyak video :D

    BalasHapus
  42. Sekarang sudah tidak ada alasan malas backup data ya. Kan ada sandisk otg. Sedih banget kalau data2 ilang karena keteledoran kita sendiri

    BalasHapus
  43. Oalah... ini to yang ditanyain temanku. Mungkin dia ingin ikut lomba ini juga.
    Bicara kehilangan data, hiks... ini sunguh menyesakkan. APalagi data saya yang hilang adalah foto saat seorang sahabat bloger dari Jember datang ke Jepara, lalu saya mengajaknya tour Jepara, Kudus dan Semarang.
    Jadi sedih...

    BalasHapus
  44. Aku sering banget nih hilang data dari hp. Harus beli usb otg satu biar ga galau gara2 ada data yang terhapus

    BalasHapus
  45. Drama kehilangan ku jg sudah menemukan solusinya mba. Tyt emang Oke banget pake sandisk otg. Back up data jd simple ya.

    BalasHapus
  46. Eh aku baru baca di sini, kalo semua foto atau video yang ditag oleh teman juga bisa ikut diback up dengan USB OTG Sandisk ini. Jadi berpikir juga mau beli kalo fungsinya banyak gini

    BalasHapus
  47. Rencana mau beli USB OTG, tapi masih bingung beli merk apa, syukurlah Nemu artikel ini jadi dapat rekomendasi

    BalasHapus
  48. perlu banget nih buat bblogger biar bisa nyimpan bnayak data dan lega kalo mau ngisi bahan lagi, btw harga gimana mak, masuk gak ama job blogger, masih bisa nabung kan

    BalasHapus
  49. Saya lagi bingung padahal imi handphone hampir penuh. Kayaknya sebulan dua bulan lebih udah penuh. Bingung mau dikemanain ini file² lama. Senangnya sekarang ada Sandisk yang OTG ini, jadi space bisa segera free.

    BalasHapus
  50. Boleh juga nih USB OTG Sandisk, jadi makin simple dan tentunya gak bikin ribet.

    BalasHapus
  51. Sandisk ini kecil-kecil cab rawit yaa...
    Kapasitas penyimpanannya luar biasa looh...ada yang sampai 256 GB.

    BalasHapus
  52. Barang yg harus dimiliki blogger/influencer nih, yg dikit2 foto, dan suka lupa utk menghapusnya jika sudah tidak dipakai, aku banget 😅

    BalasHapus
  53. wih, kapasitasnya gede banget nih USB OTG Sandisk. Yang 32GB berapaan ya harganya?

    BalasHapus
  54. Ini brg wajib buat blogger ya
    Klo liputan berhari hari , tak akan khawatir

    Foto-foto akan selamat

    BalasHapus
  55. Waktu hape sy memori penuh trus sy colokin otg mau mindahin data, ternyata malah lemot, sy ngga yakin apa karena otg sy ada virusnya.. pd akhirnya sy harus mindahin file sy dr memory card selama 3 hari saking lemotnya... setelah itu diinstal ulang ..hiks..

    BalasHapus
  56. Wah keren banget USB OTG Sandisk dua drive. Bentuknya kecil pula. Bisa diselipin di dompet. Nggak susah lagi kalau mau transfer data dimana saja dan kapan saja. Ponsel nggak akan tiba-tiba kehabisan tempat buat simpen data.

    BalasHapus
  57. waaaah! keren keren. aku baru tau soal usb ini mba. bener2 keren ya, kapasitasnya itu lhooo, gede bgt, bisa masukin semua kenangan bersama mantan deh. eh! haha

    harganya sekarang berapaan mba?

    BalasHapus
  58. Kameraku belum ada WiFi nya jadi mindahin foto ke hp enak banget kalau ada OTG nya, wajib nih blogger punya otg

    BalasHapus
  59. Banyak banget yang mengulas SanDisk OTG ini, bikin aku tertarik pengen beli deh.

    BalasHapus
  60. Memang penting banget back up data. Terutama data penting dan kenangan kayak foto dan video.. Review SanDisk menarik mba.. jadi gak usah galau data hilang

    BalasHapus
  61. Saya juga pakai sandisk otg. Praktis dan bisa disimpen di dompet ya, Mba. Dah gitu kapasitasnya banyak. Jadi ga khawatir lahi memori hp full

    BalasHapus
  62. Beneran deh, kehilanhan data itu gak enak banget. Berkaca sama kejadian belakangan ini aku kehilangan data karena telat back up data karena males bgt buka laptop. Pake usb otg ini solusi banget.

    BalasHapus
  63. asli emang drama banget lo data tiba2 ilang. apalagi kalo belum sempat di back up. aalamat galau berkepnjangan

    BalasHapus
  64. imut-imut banget ya bntuknya. kecil cuma manfaatnya luarrrr biasa

    BalasHapus