Looking For Anything Specific?

Header Ads

Manfaat Mandi dengan Body Wash

Body-wash

Body wash lebih banyak disuka dibandingkan sabun mandi batangan. Ada beberapa alasan kenapa  demikian. Salah satunya  karena sabun jenis ini memiliki kandungan pelembab yang tinggi, sehingga bagus untuk menjaga kelembaban dan menutrisi kulit.

Manfaat Mandi

Sebagaimana kita tahu, mandi adalah salah satu ritual penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Tidak hanya itu, mandi juga punya manfaat lainnya, diantaranya :

1. Merelaksasi tubuh dan melancarkan peredaran darah

Sering kali ketika kita mengalami lelah fisik, para ahli menyarankan kita untuk mandi berendam di air hangat. 

Selain bisa merelaksasi otot, mandi dengan air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah, dan memperingan kerja jantung.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki mood

Mandi dengan air dingin, dapat memacu pembentukan sel darah putih. Sehingga tubuh lebih terlindungi dari virus, bakteri, dan jamur. 

Mandi air dingin juga dapat membantu meningkatkan hormon anti depresan pada darah, yakni kadar hormon beta-endorfin dan noradrenalin. Itulah sebabnya setelah mandi, biasanya kita menjadi lebih fresh baik tubuh maupun pikiran.

3. Untuk Detoksifikasi dan merawat kulit

Ini terutama dapat maksimal jika kita melakukan mandi berendam. Dengan menambahkan minyak esensial atau menggunakan rempah. 

Aneka Pilihan Sabun Mandi

Ada berbagai peralatan yang kita gunakan dalam kegiatan mandi. Salah satunya sabun mandi.

Sabun mandi sendiri ada beberapa jenis. Mulai dari yang paling sederhana, yakni sabun mandi yang bentuknya padat (batangan) sampai body wash yang bentuknya cair. Semua bisa dipilih sesuai selera dan tergantung kebutuhan kulit kita. 

Berikut berbagai jenis sabun mandi dan manfaatnya :

1. Sabun padat

Sabun ini sabun pertama yang dibuat. Bentuknya sederhana dan menjadi pilihan banyak orang karena ekonomis. 

Body-wash
Sabun padat (pixabay)
Kekurangan dari sabun batangan adalah saat digunakan mudah jatuh karena licin, sehingga mudah kotor dan kena bakteri. Belum lagi kalau dipakai berbarengan. Risiko penularan penyakit kulit dapat terjadi. 

Selain itu untuk yang berkulit sensitif, sabun padat kadang menyebabkan terjadinya iritasi dan kulit kering.

2. Sabun cair

Saat ini sabun cair lebih banyak dipilih karena praktis, mudah dibawa ke mana-mana dan lebih higienis dibanding sabun batangan.

Sabun cair ini ada beberapa macam jenisnya. Dibedakan berdasar tekstur dan kandungan yang dimilikinya. Ada body wash, shower gel, dan shower foam.

Diantara ketiga jenis sabun cair tersebut, body wash lebih banyak dipilih dan menjadi favorit karena bisa dipakai siapa saja. 

Body-wash
Sabun cair (doc: pixabay)
Sabun cair jenis ini memiliki tekstur yang lembut dengan kandungan pelembab yang tinggi sehingga dapat digunakan setiap hari dan membuat kulit lebih ternutrisi, halus, dan lembut. Body wash juga memiliki keharuman yang lebih tahan lama. Kita bisa memilih keharuman sesuai kesukaan kita.

Sedangkan untuk shower gel dan shower cream memang lebih spesifik penggunanya. Shower gel untuk kulit berminyak sedangkan shower cream untuk yang berkulit kering. 

Saya sendiri lebih memilih menggunakan body wash karena bisa dipakai untuk semua anggota keluarga. Penggunaan sabun jenis ini pun sangat mudah. Cukup dituang secukupnya di puff mandi, kita beri sedikit air untuk kemudian dibusakan. Baru dipakai di seluruh badan. 

Dan rasakan sensasi kesegaran mandi yang menyenangkan. Dengan kelembutan busa yang melimpah dan keharuman yang tahan lama, langsung membuat fresh tubuh dan pikiran. 

Kalau teman-teman pakai sabun mandi apa? Apapun sabunnya yang penting mandi ya, apalagi saat ini baru wabah pandemi corona. Harus rajin jaga kebersihan diri salah satunya dengan mandi. Semoga tulisan ini bermanfaat,  Salam...

Posting Komentar

24 Komentar

  1. Sekarang daku makin rajin mandi bangeeettt
    Jiwa raga jadi segaaarrr dan semogaaaa jauh2 deh dari corona

    BalasHapus
  2. Aku berusaha mandi sehari 2 x mba. Kecuali lagi bener2 sakit. Soalnya kalau nggak mandi itu jadi ngefek ke pengasuhan aku ke anak. Jadi gampang marah-marah hahaha 😂. Soalnya kalau nggak mandi itu pikiran jadi nggak seger, badan juga kerasa capek. Makanya harus mandi aku mah biar semangat juga membersamai anaknya

    BalasHapus
  3. aku paling suka mandi dengan body wash yang wangi dan lebut trus busanya berlimpah ruah

    BalasHapus
  4. Aku lebih suka pakai body wash daripada sabun padat mbak, soalnya body wash ga pake "mrucut" waktu dipegang. Hehe
    Kalau pakai sabun padat sering jatuh karena liçin waktu dipegang dan ga praktis dibawa kemana-mana. Mandi itu salah satu relaksasi juga biar nggak sepaneng.

    BalasHapus
  5. Saya juga lebih sering pakai body wash. Lebih cocok sama teksturnya. Dna bisa dipakai sekeluarga

    BalasHapus
  6. Kmrin nyoba body wash vitalis yg baru itu mbak. Segaaarrr bgt dan cocok di kulitku. Soalnya nggak semua merek bisa cocok di aku mbak. Beberapa produk bikin punggung jerawatan, tp kl pke sabun batang buat bayi aman2 aja.. Gatau nih kulitku. hhh

    BalasHapus
  7. Kalau saya pakai sabun cair, lebih praktis. Pernah ganti pakai sabun batangan, tapi anak-anak protes, katanya nggak enak pakai sabun padat

    BalasHapus
  8. Betul, saat pandemi covid sekarang ini harus rajin deh menjaga kebersihan badan. Aku mandi pakai body wash, memang praktis. Senangnya kalau habis mandi, badan jadi segar dan wangi, pikiranpun jadi lebih fresh.

    BalasHapus
  9. aku paling suka pakai body wash karena tinggal tuang ke puff dan gosok deh ke badan. Lebih irit daripada dituang ke tangan si sabunnya tapi selama ini aku gak pernah ngeh perbedaannya loh.

    BalasHapus
  10. Kalau aku lagi suka pakai sabun organik batang yang wangi rempah mbak. Jadi bikin relax, tidurpun jadi nyenyak deh. Hehe.

    BalasHapus
  11. Wah jadi untuk kulit berminyak lebih oke lagi kalo pake body gel ya mak? Aku baru tauuu. Aku juga pake bodywash dirumah. leboh praktis dipakainya ketimbang sabun batangan. Hehehe

    BalasHapus
  12. aku dari dulu sukanya mandi pakai body wash daripada batangan soalnya harus pakai sabun yang punya moustirizer yang lebih biar kulit gak kering

    BalasHapus
  13. Aku pilih pakai body wash. Lebih praktis dan lebih wangi aja kayaknya. Tinggal tuang sedikit trus pakai sponge mandi, jafi banyak banget deh

    BalasHapus
  14. What I like so much about the body wash is it’s everlasting fragrant. It smells good

    BalasHapus
  15. Selain sabun padat, saya juga sediakan body wash karena anak bujang sukanya memang sabun cair ini. Berasa kayak mandi di spa kalo pakai body wash. Tapi sabun padat pun tetep ada juga untuk cuci tangan karena udah kebiasaan sejak dulu, saya suka cuci tangan pakai sabun padat

    BalasHapus
  16. Ibu selalu sedia sabun padat dan setia sama satu merk.
    Hingga kini.
    Bahkan bepergian sekalipun. Bawa baru selalu...

    BalasHapus
  17. Yang paling kerasa sih lebih relaks dan menikmati banget mandinya, apalagi sambil mainan busa2 yaa

    BalasHapus
  18. Mandi dengan body wash itu terasa sangat istimewa. Rata-rata merk apapun selalu wangi dan semerbak sehingga mood di saat mandi jadi membaik.

    BalasHapus
  19. Saya termasuk yang suka memakai sabun cair karena terjamin kebersihannya. Dan memang lebih suka dengan sabun cair

    BalasHapus
  20. Di rumahku ganti-ganti sabun mandinya, kadang sabun mandi biasa, tapi lebih sering sih memang body wash.
    Body washnya juga ganti-ganti sesuai selera saat itu :)

    BalasHapus
  21. Mandi itu salah satu me time aku deh. Bikin badan jadi rileeeks. Apalagi kalo sabunnya lembut dan wangi. Dobel-tripel deh me time-nya. :D

    BalasHapus
  22. Saya mandinya pake sabun barengan ama bayi Mbak. Hahaha.

    Iya musim kayak gini mandi kudu rajin ya, minimal sehari 2x.

    BalasHapus
  23. Kalau saya prefer pakai sabun cair, dan Pak suami lebih suka pakai sabun batang/padat. Kecuali kalau lagi bepergian, sabunnya baru samaan, sabun cair (ngirit barang bawaan soale, hehehe)

    BalasHapus
  24. Iya di rumah juga pakainya body wash. Karena harganya terjangkau dan bisa dipakai sekeluarga. Dah gitu variannya juga banyak. ^_^

    BalasHapus