Pandemi sudah berjalan berbulan-bulan. Ada beberapa kebiasaan yang harus diubah demi kesehatan dan juga penghematan. Jajan di luar tidak lagi menjadi pilihan karena khawatir dengan  faktor keamanan untuk kesehatan.


Padahal selama pandemi anak saya belajar di rumah. Sehingga sudah pasti saya harus stok banyak camilan. Awal-awal sih saya masih sempat untuk membuatkan camilan sendiri. Tapi lama-lama kok capek juga, seharian di dapur hanya untuk menyiapkan kudapan. 

Akhirnya saya kepikiran untuk membeli makanan beku  sebagai persediaan. Di simpan di freezer sudah pasti aman. Nanti kalau ingin  menikmati tinggal goreng atau kukus saja. Jadi praktis dan hemat tenaga.

Lalu mulailah saya stok makanan beku. Dan jadinya malah ketagihan. Apalagi saudara-saudara juga sering titip untuk dibelikan sekalian. Sebagai emak irit yang nggak ingin rugi, tercetuslah ide untuk sekalian saja dibisniskan. 

Sehingga timbul keinginan untuk beli freezer yang khusus digunakan untuk menyimpan makanan beku. Kan lumayan ada peluang untuk menambah pendapatan. 

Awalnya sebagai permulaan saya ingin membeli freezer bekas saja. Tapi pak suami mengatakan membeli barang elektronik second itu rentan. Karena kita tidak tahu bagaimana pemilik pertama melakukan perawatan. 

Jadi dari pada zonk, saya disarankan untuk membeli freezer baru sekalian. Spesifikasi dan kapasitasnya saja yang nanti disesuaikan dengan anggaran. 

Hunting Freezer Idaman

Setelah mencari referensi di mesin pencari alias googling, saya menemukan beberapa merk yang saya jadikan pilihan. Dan hasil ngobrol sana-sini dengan kawan yang lebih berpengalaman, akhirnya pilihan jatuh ke merk Modena. 

Merk ini banyak direkomendasikan karena kualitas dan keawetannya yang tidak perlu diragukan. Karena sudah ada bayangan freezer yang diinginkan, saya dan suami akhirnya pergi ke toko elektronik langganan. Kepada petugas toko yang melayani, saya menceritakan spesifikasi freezer yang saya cari.

Kebetulan saya mencari freezer yang kapasitasnya tidak terlalu besar. Maklum masih permulaan mencoba berbisnis. Jadi saya masih mencari aman dengan memilih freezer yang murah meriah dan penggunaan dayanya tidak terlalu besar, sehingga hemat listrik. 

Penampakan freezer Modena MD 10 W (doc. Shopee.co.id)

Saya pun juga mengatakan kalau merk yang saya cari adalah Modena. Berdasar penjelasan yang saya berikan, petugas toko kemudian merekomendasikan kepada saya freezer Modena MD 10 W, yang memiliki kapasitas 100 liter. 

Ketika saya melihat bentuk fisik dari freezer Modena MD 100 W ini, saya pun langsung merasa cocok dan suka. Penampilan Modena MD 100 W ini sungguh cantik, dengan warna putih yang menawan. 

Apalagi pada saat itu pihak toko juga menginformasikan bahwa ada diskon khusus untuk produk yang saya inginkan. Saya pun tambah mantab dan semangat untuk segera membelinya. Kebetulan sekali, untuk freezer Modena seri MD 100 W ini ada program diskon Rp.200.000,00. 

Jadi dari harga normal Rp. 2.590.000,00 saya cukup membayar Rp. 2.390.000,00 saja. Dan ini masih ditambah program cash back Rp. 100.000,00 yang saya dapatkan jika saya mengunduh aplikasi Ciao Modena dan melakukan registrasi.

Tentang Aplikasi Ciao Modena

Ciao Modena adalah aplikasi yang disediakan bagi pengguna Modena. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat melakukan registrasi dari produk Modena yang dibelinya, melakukan permintaan servis, kontrak servis, dan informasi lain. 

Dengan mengunduh aplikasi dan melakukan registrasi produk, pembeli berpeluang untuk mendapatkan cashback atas pembelian produk Modena (untuk produk tertentu, berdasar program promosi yang berlaku), jika proses registrasi valid dan terverifikasi.

Sebagian tampilan dari aplikasi
Ciao Modena (doc.pri)

Adapun langkah-langkah untuk mendaftar dan registrasi di Ciao Modena sangat mudah. Yakni :

  • Pertama unduh aplikasi Ciao Modena melalui play store
  • Selanjutnya lakukan registrasi diri dengan mengisi nama, alamat, foto ktp, email, no hp, nomor seri dari produk yang kita beli, sesuai petunjuk yang ada di form aplikasi.
  •  Setelah itu pihak Modena akan melakukan verifikasi data, dan kita tinggal menunggu kabar selanjutnya. 

Jika registrasi kita berhasil diverifikasi, maka pihak Modena akan mengirimkan email pemberitahuan seperti ini : 

Email pemberitahuan dari Modena (doc.pri)

Dalam email juga dijelaskan bahwa transfer cashback ke rekening bank milik kita, akan dilakukan maksimal 30 hari setelah klaim kita ajukan. 

Nantinya jika uang cashback sudah ditransfer, kita akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini : 

Pemberitahuan kalau cashback
sudah ditransfer

Pengalaman Menggunakan  Modena MD 100 W

Singkat cerita akhirnya saya pun membawa pulang freezer Modena MD 100 W dengan hati bahagia. Terbayang saya akan segera memulai usaha, jualan produk frozen food dan juga es potong Singapura.

Freezer-modena
Selamat datang freezer Modena (doc.pri)

Nah, bagi yang penasaran bagaimana detil dari freezer Modena MD 100 W, berikut saya berikan penjelasannya

Modena MD 10 W merupakan lemari pendingin 1 pintu dengan kapasitas 100 liter. Lemari pedingin ini sangat cocok untuk  menyimpan makanan beku seperti nugget, daging, bakso, es krim, dan frozen food lainnya. 

Dengan menggunakan sistem teknologi terbaru yakni Power Duo Cooling System, freezer ini mampu mendinginkan serta membekukan makanan secara cepat hingga suhu -25 derajat celcius dengan daya 123 Watt. Jadi alat ini bisa berfungsi sebagai freezer dan chiller. Tergantung setting suhu yang kita lakukan. 

Freezer-modena
Penampakan freezer Modena (doc.pri)

Alat ini memiliki kapasitas pembekuan hingga 6 kg dalam waktu 24 jam. Kompresor yang digunakan ramah lingkungan dan tidak menghasilkan gas CFC. 

Bagian dalam dari freezer dilapisi bahan stainless sehingga proses pendinginan berjalan cepat. Bunga es yang dihasilkan juga tidak banyak. Dan yang pasti freezer cantik ini hemat listrik. 

Freezer-modena
Bagian dalam freezer (doc.pri)

Saya sudah membandingkan jumlah tagihan listrik sebelum dan sesudah saya menggunakan freezer ini. Dan ternyata perbedaannya tidak kelihatan. Jumlah tagihan listrik saya tidak melonjak drastis, bahkan stabil.

Perawatan freezer ini juga sangat gampang dilakukan. Cukup lap bagian luarnya dengan kain yang halus, agar debu-debu yang menempel dapat hilang sehingga body freezer dapat terjaga. 

Pembayaran listrik bulan Juni dan Juli (doc.pri)

Jika kita ingin membersihkan bunga esnya, caranya juga mudah. Tinggal kita copot colokan, dan buka kran di bagian bawah. Jangan lupa taruh wadah sebagai tampungan.  Diamkan hingga bunga es mencair.

Berdasar pengalaman, bunga es yang dihasilkan freezer ini tidak banyak. Bahkan sejak membeli sampai sekarang (kurang lebih 1 bulan) saya belum pernah melakukan pembersihan bunga es (defrozz). Tata cara pembersihan di atas saya peroleh dari petugas toko tempat saya membeli freezer Modena.

Pada saat dihidupkan, freezer ini hanya bersuara di awal pengoperasian saja. Selebihnya nyaris tanpa suara, sehingga tidak berisik. Selain itu freezer ini sudah dilengkapi dengan keranjang besi, sehingga memudahkan penataan. Terdapat juga anti bau yang mampu menyerap aroma kurang sedap dari makanan yang kita simpan. 

Saat ini freezer ini saya gunakan untuk menyimpan barang dagangan saya berupa es potong Singapore dan produk frozen lainnya. Semoga usaha yang saya kelola ini semakin lancar dan berkah. Hikmah dari pandemi Covid 19 yang menyebabkan saya mempunyai kesibukan dan sekaligus memperoleh penghasilan.

Es potong Singapura dagangan saya (doc. Anna Irawati)

Dengan freezer Modena ini saya mencoba hidup sehat dengan tidak jajan sembarangan, dan membuka usaha baru untuk memperoleh cuan. Jadi, Live Healthy Be Happy bersama freezer Modena, itu sudah pasti.