Looking For Anything Specific?

Header Ads

Latihan Bahasa Inggris Setiap Hari Agar Semakin Mumpuni (Part 1)

Latihan-bahasa-inggris-setiap-hari

Saat ini menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris sangat penting. Tidak hanya untuk memperluas peluang kerja, tapi juga untuk menambah rasa percaya diri. Ini berlaku bagi siapa saja, tidak memandang gender dan juga usia.

Memang berlatih bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya paling pas dilakukan sewaktu kita masih belia. Pada saat itu memori kita masih fresh dan kemampuan untuk menirukan pengucapan sesuai dengan aslinya masih prima. 

Namun bukan berarti belajar bahasa Inggris di usia dewasa itu sia-sia. Karena tidak ada kata terlambat untuk belajar apa saja, termasuk belajar bahasa Inggris.

Pelatihan bahasa Inggris dewasa memang terdengar sangat sulit. Ada beberapa kendala yang bakal dijumpai.  Di antaranya kemampuan untuk menghafal, memahami, dan juga konsentrasi di usia dewasa sangat berbeda dengan saat kita masih muda.

Di samping itu, di usia dewasa banyak hal harus kita pikirkan dan selesaikan. Terutama untuk urusan pekerjaan karena berhubungan langsung dengan pendapatan. Kalau sudah demikian, mungkinkah latihan bahasa Inggris secara intensif saat dewasa bisa dilakukan ?

Jawabnya tentu saja memungkinkan. Asal kita mau disiplin untuk memanfaatkan waktu luang yang kita miliki untuk belajar. Terlebih bagi teman-teman yang berkesempatan mengikuti pelatihan intensif prakaerja.


Agar pelatihan yang diikuti tidak sia-sia, maka teman-teman harus dapat memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Dan berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Menonton Acara TV dan Film yang Menggunakan Bahasa Inggris

Jika teman-teman adalah penggemar berat acara TV Amerika, maka menontonnya tanpa subtitle sangat membantu mengembangkan keterampilan mendengar (listening).

Dengan aktivitas ini, teman-teman akan belajar mengenali kata-kata lebih banyak, belajar cara pengucapan (pronunciation) dengan lebih baik, dan menemukan cara baru untuk menggunakan kosa kata dalam situasi yang berbeda.

Latihan-bahasa-inggris-setiap-hari
Menonton film berbahasa Inggris (doc. Pixabay)

Memang saat melakukan hal ini, teman-teman tidak akan langsung dapat memahami semua dialog, dan itu adalah hal yang normal. Yang penting adalah teman-teman jangan menyerah. Karena lama-lama teman-teman akan terbiasa.

Teman-teman dapat memulai dengan sesuatu yang ringan dan mudah. Seperti melihat film komedi, dan kemudian beralih ke film yang memiliki alur cerita yang lebih rumit.

Menonton serial atau film dengan subtitle bahasa Inggris juga merupakan ide yang baik. Karena dari sini teman-teman dapat belajar mengeja kata-kata dan teman-teman tidak akan melewatkan terlalu banyak dialog.

2. Dengarkan Podcast dan Musik / Lagu Berbahasa Inggris

Cara lain yang dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan mendengar dan kosa kata teman-teman dalam bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu dan podcast berbahasa Inggris dan menuliskan kembali semua kata yang kita dengar dan kita mengerti. 

Latihan-bahasa-inggris-setiap-hari
Mendengar podcast atau musik berbahasa Inggris (sumber : pixabay)

Semakin sering teman-teman mendengarkan dan menuliskan kembali kata-kata yang dimengerti, semakin mudah teman-teman untuk memahami kalimatnya. Cara ini juga untuk melatih ingatan sekaligus menambah kosa kata (vocab) baru.  

Memang hal ini tidaklah mudah. Namun cara ini adalah trik yang berguna untuk membuat otak kita terbiasa dengan idiom dan frasa baru dalam bahasa Inggris. Yang penting konsisten dan tidak mudah putus asa.

Nah, itulah beberapa cara belajar bahasa Inggris yang  bisa teman-teman praktikkan agar belajar bahasa Inggris menjadi mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba...

Post a Comment

20 Comments

  1. Emang kalau belajar bahasa tuh musti terus menerus biar gak lupa, padahal dulu nilai Bahasa Inggrisku lumayan, tapi karena gak belajar lagi malah jadi lupa mbak :D

    ReplyDelete
  2. Emang kalau belajar bahasa tuh musti terus menerus biar gak lupa, padahal dulu nilai Bahasa Inggrisku lumayan, tapi karena gak belajar lagi malah jadi lupa mbak :D

    ReplyDelete
  3. Nonton film bersubtitle kadang bisa bikin bahan belajar emang mba .apalagi kalo yang aksen bahasa Inggrisnya masih cenderung formal kayak film Inggris , akan lebih mudah diikuti.

    ReplyDelete
  4. Bos saya dulu, ngomong bahasa Inggris lancar banget, sampai dia kerja di Red Cross British, Ausie di Aceh dulu.

    Saya nanya, dia belajar bahasa Inggris di mana?
    Katanya dia suka nonton film barat pakai sub title bahasa Inggris.

    Dan memang kudu pede praktik in :)

    ReplyDelete
  5. Bisa bahasa Inggris menurutku emang penting banget, apalagi kalau yang sering traveling ke luar negeri atau yang kerja dan harus presentasi pakai bahasa Inggris. Tapi aku jadi ingat waktu jaman kerja lagi presentasi ke klien menggunakan bahasa Inggris karena kliennya bule gitu dan ternyata kliennya bisa bahasa Indonesia. Wakakakakaa...

    ReplyDelete
  6. Kalau sekarang nggak bisa atau nggak ngerti sama sekali berbahasa inggris rasanya tu ketinggalan banget emang.
    Apalagi kalau sekarang hampir rata rata menggunakan komunikasi berbahasa inggris maupun disuatu aplikasi juga ada tulisan bahasa inggrisnya.

    Kalau nggak bisa ya otomatis kita selangkah mundur ke belakang, karena bahasa inggris memang bahasa Internasional.

    ReplyDelete
  7. Hehe, bener ini..
    Aku dulu suka ntn film buat latuhan bahasa ingggris

    ReplyDelete
  8. Ini udah aku lakukan sejak sekolah. Memang membantu banget sih jadi paham bahasa Inggris

    ReplyDelete
  9. Melatih bahasa Inggris dari dulu suka nonton sama baca buku bahasa Inggris mbak. Juga novel-novel jadi lama-kelamaan sedikit berkembang hehe

    ReplyDelete
  10. Daku sering mendengarkan musik, lagu lagu bahasa inggris. Lumayan membantu, dan sekarang memang ditambah nonton drama yang pakai teks bahasa inggris hehe dan sangat membantu juga.

    ReplyDelete
  11. Bener banget Mbak tips di atas. Temenku suka nonton film bahasa Inggris jadi lebih lancar Bahasa Inggrisnya

    ReplyDelete
  12. Saya sudah coba nih, menonton dan mendengarkan musik2 bahasa inggris, tapi bahasa inggris ku kayaknya segitu2 aja, huhu.

    ReplyDelete
  13. Emang cara paling fun itu lewat film ada musik sih. Temenku dari SMP sering denger lagu2 bahasa inggris trus sering dicari arti per katanya. Sekarang dia jago banget

    ReplyDelete
  14. baca ini jadi inget kalau aku belum test online toefl. betul mbak. belajar bahasa inggris bisa lewat media apa aja. dulu zaman SD aku jago bahasa inggris karena main game harvest moon. hehe

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu masih SD, selain ikut les aku selalu bawa kamus bahasa inggris plusbnge print lyrics lagu barat yang aku lagi suka buat diterjemahin, se rajin ituuu dulu buat belajar bahasa inggris 😂

    ReplyDelete
  16. Kerasa banget, kalau gak terus dilatih setiap hari kemampuan bahasa Inggris bisa luntur karena faktor usia 😆
    Jadi kepikiran untuk les bahasa Inggris secara online deh

    ReplyDelete
  17. paling asyik belajar bahasa inggris lewat film tapi kekurangannya lewat film ini dia kadang nggak baku bahasanya

    ReplyDelete
  18. duh saya udah nyerah belajar english.. emg gak bakat :(

    Berbagai metode udah saya coba

    ReplyDelete
  19. Kuncinya harus dibiasakan ya mbak. Sama jadi inget pas jaman sekolah, kata guruku gapapa ceplas ceplos ngomong bahasa Inggris aja dulu biar gak kagok, nanti lama-lama juga terbiasa

    ReplyDelete
  20. Setuju mba, yg poin ke 1 emang cukup ngaruh banget kalau buat aku. Apalagi kalau nontonnya film barat terus pake sub english juga, lumayan banget buat latihan listening hehe

    ReplyDelete