4 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Silsilah Mahfud MD

Hari Rabu 18 Oktober 2023 lalu secara resmi Menkopolhukam Mahfud MD terpilih sebagai bakal calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo. 

Pengumuman terpilihnya Mahfud MD ini diumumkan sendiri oleh ketua umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Dalam keterangan press-nya Megawati mengungkapkan bahwa terpilihnya Mahfud MD sudah melalui proses musyawarah mufakat bersama para ketua umum partai lainnya dengan pempertimbangkan berbagai aspek terutama demi kepentingan bangsa dan negara. 

Silsilah Mahfud MD jadi perhatian publik pasca deklarasi Ganjar Mahfud
Deklarasi Ganjar dan Mahfud (sumber : ig Mahfud MD)

Mahfud MD sendiri memiliki pengalaman di banyak lembaga. Berbagai jabatan mulai dari legislatif, yudikatif, hingga eksekutif pernah dipegangnya. 

Sehingga dipilihnya Mahfud MD untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam pemilihan calon presiden 2024 dirasa akan membawa perubahan yang positif bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. 

Silsilah Mahfud MD

Sebagai calon orang nomor 2 di Indonesia, silsilah keluarga Mahfud MD tentu banyak menjadi sorotan. Apalagi kiprahnya di dunia perpolitikan lumayan cemerlang. Dan berikut ulasan mengenai silsilah Mahfud MD.

1. Berasal dari keluarga sederhana

Mahfud MD memiliki nama asli Muhammad Mahfud Mahmuddin. Beliau lahir di Sampang Madura, pada tanggal 13 Mei 1957.

Ayahnya bernama Mahmodin yang berprofesi sebagai seorang PNS dari Omben Kabupaten Sampang. Sementara sang ibu bernama Siti Khadijah seorang ibu rumah tangga. 

2. Memiliki 6 saudara kandung 

Mahfud MD memiliki 6 saudara kandung. Beliau merupakan anak keempat dari 7 bersaudara. 

Ketiga kakaknya bernama Daifa, May Zahratun, dan Hasanah. Sedangkan adiknya bernama Ahmad Suki, Siti Hunaina, dan Siti Marwiyah. 

Kedua adiknya bernama Ahmad Suki dan Siti Marwiyah lumayan dikenal di masyarakat. Karena Ahmad Suki pernah menjabat sebagai kepala bidang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Lapangan Kota Surabaya, dan sebagai kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional di Banda Aceh dan Jawa Timur -Bali. 

Sedangkan Siti Marwiyah adalah seorang akademisi yang menjabat sebagai rektor Universitas Dokter Sutomo Surabaya periode 2021-2025. 

3. Istrinya merupakan teman kuliah

Selepas SMA, Mahfud merantau untuk melanjutkan pendidikannya di Fakultas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Saat menimba ilmu di UII, Mahfud bertemu dengan teman sekelasnya, Zaizatoen Nihajati. Keduanya juga sama-sama aktivis HMI. 

Istri mahfud MD menjadi perhatian dalam silsilah Mahfud MD
Mahfud MD dan istri (sumber : Sindonews.com)

Karena merasa banyak kecocokan, akhirnya keduanya sepakat menikah pada tanggal 2 Oktober 1982 di Jember Jawa Timur.

Zaizatoen Nihajati merupakan anak kedua dari 8 bersaudara pasangan Sya'roni dan Syafiah, yang lahir di Jember pada tahun 1959. 

Mahfud mengawali kariernya sebagai akademisi dan dosen di UII. Sementara istrinya mengajar sebagai guru SMA. 

Namun saat Mahfud diangkat sebagai menteri, Zaizatoen Nihajati memilih berhenti sebagai pengajar dan pindah ke Jakarta mendampingi suami. 

4. Memiliki 3 orang anak

Dari pernikahannya, Mahfud MD dan istri dikaruniai 3 orang anak. Anak pertama Muhammad Ihwan Zen, seorang dokter spesialis olahraga dan menjabat sebagai komite medis PSSI. 

Anak kedua bernama Vina Amalia. Vina ini juga berprofesi sebagai dokter, lulusan dari Universitas Airlangga Surabaya. Saat ini Vina Amalia bekerja di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. 

Keluarga besar dalam silsilah Mahfud MD
Keluarga besar Mahfud MD (sumber : wartakotalive.com)

Sedangkan anak ketiga bernama Royhan Akbar. Royhan Akbar ini merupakan anak terakhir dari Mahfud MD yang mengikuti jejak sang ayah berkuliah di Fakultas Hukum UGM Yogyakarta dan melanjutkan kuliah master di Columbia University  Amerika Serikat. 

Dalam mendidik ketiga anaknya, Mahfud MD selalu menekankan agar anak-anaknya berusaha sungguh-sungguh dalam meraih impian dan kesuksesan.

Saat anak-anak Mahfud MD kuliah, banyak yang tidak tahu kalau mereka adalah anak-anak Mahfud MD. Padahal dengan jabatan yang dipegang Mahfud MD, banyak privilage yang bisa diperoleh anak-anaknya. 

Namun sedari awal Mahfud MD mendidik anak-anaknya untuk berjuang dengan kemampuannya sendiri. Agar lebih menghargai proses dan tidak tinggi hati.

Karir Mahfud MD memang cemerlang, dan berikut beberapa jabatan yang sedang dan pernah dipegang seorang Mahfud MD. 

  1. Menjadi guru besar di Fakultas Hukum UII sejak tahun 1984. 
  2. Menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI (2000-2001)
  3. Menduduki posisi sebagai Menteri Kehakiman dan HAM (2001)
  4. Dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari tahun  2002-2005
  5. Sebagai Rektor Universitas Islam Kediri (2003-2006)
  6. Beberapa kali dipercaya sebagai Anggota DPR-RI, diantaranya : menjadi anggota Komisi III (2004-2006), menjadi anggota Komisi I (2006-2007), menjadi anggota Komisi III (2007-2008), dan Menjadi Ketua Badan Legislatif DPR-RI (2007-2008)
  7. Sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2013)
  8. Sebagai Anggota Tim Konsultan Ahli Pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Republik Indonesia
  9. Menjabat sebagai Menkopolhukam (2019-2024)

Demikian sekilas tentang silsilah Mahfud MD bakal calon wakil presiden yang dipercaya untuk mendampingi Ganjar Pranowo di pemilu 2024 nanti.

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter