7 Fakta Tentang Ganjar Yang Perlu Diketahui

Serba-serbi ganjar
Ganjar Pranowo (sumber : instagram Ganjar Pranowo)
Sebagai salah satu bakal calon presiden yang akan mengikuti kontestasi pemilu 2024, segala hal tentang Ganjar sangat menarik untuk diketahui.

Apalagi meskipun telah menjadi tokoh nasional, banyak fakta tentang tentang Ganjar yang belum semua orang tahu. Penasaran apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut ulasannya.

Fakta Menarik Tentang Ganjar

Ada banyak fakta menarik tentang Ganjar Pranowo, bakal calon presiden yang diusung PDI Perjuangan. Diantaranya adalah :

1. Pernah berganti nama

Saat kecil, nama lengkap Ganjar adalah Ganjar Sungkowo. Nama tersebut memiliki arti hadiah dari kesusahan. 

Namun karena khawatir nama itu kurang baik ke depannya, akhirnya orang tua Ganjar mengganti nama Ganjar Sungkowo menjadi Ganjar Pranowo. 

Kebiasaan mengganti nama, menjadi hal yang lumrah di masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah. Biasanya penggantian nama dilakukan karena nama yang semula diberikan dianggap "berat" sehingga anak sering mengalami sakit atau tertimpa kemalangan lainnya. 

2. Pernah berjualan bensin eceran

Saat akan lulus SMA sekitar tahun 1980, Ganjar pernah berjualan bensin eceran di pinggir jalan. Hal ini dilakukan karena sang ayah Pramudji Pramudi Wiryo yang berprofesi sebagai seorang polisi telah memasuki masa pensiun.

Sehingga untuk menyokong perekonomian keluarga, sang ibu Sri Suparni kemudian membuka warung kelontong. Tidak ingin diam berpangku tangan, Ganjar berusaha ikut membantu dengan berjualan bensin eceran.

3. Hobi berdemo

Selepas SMA, Ganjar melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Selama kuliah, Ganjar cukup aktif di kegiatan kemahasiswaan. Diapun sering menyuarakan pendapat dan aspirasinya. Terutama jika ada kebijakan universitas yang dirasa merugikan mahasiswa melalui aksi demo.

4. Pernah cuti kuliah

Studi Ganjar di Fakultas Hukum UGM pernah terganjal biaya. Hal ini mengharuskan Ganjar cuti kuliah selama 2 semester.

5. Memiliki hobi memasak

Karena sejak SMA jauh dari orang tua, hal ini menyebabkan Ganjar terbiasa hidup mandiri. Sehingga memasak menjadi keahlian yang harus dimiliki, yang pada akhirnya menjadi salah satu hobi Ganjar Pranowo. 

Ganjar dan aktivitasnya
Ganjar dan kegiatannya (sumber : instagram Ganjar) 
Adapun menu yang sering dimasak dan menjadi andalan Ganjar adalah oseng-oseng kacang, sayur bayam, dan terong penyet. 

6. Hobi mendengar musik rock

Meskipun berpenampilan kalem dan tenang, ternyata Ganjar sangat menyukai musik rock. Kesukaannya terhadap musik rock berawal saat di bangku SMA. 

Bahkan Ganjar pernah beberapa kali menyaksikan konser band rock dunia. Seperti Dream Theater, Europe serta band musik lainnya.

Tercatat ada 5 band musik rock yang menjadi favorit Ganjar. Yakni Metallica, Deep Purple, God Bless, Band Europe, Dream Theater.

7. Memiliki hobi bersepeda

Bersepeda menjadi hobi lain dari mantan Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, Ganjar Pranowo. Bahkan suami dari Siti Atiqoh ini memiliki jadwal rutin bersepeda, setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. 

Di hari-hari tersebut, biasanya Ganjar bersepeda berkeliling kota Semarang, sambil melakukan sidak ke berbagai layanan publik. Tentu saja hal ini dilakukan saat Ganjar masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, bersepeda adalah olah raga yang menyenangkan dan ramah lingkungan karena bebas polusi. Selain itu bersepeda juga mempermudah Ganjar menyusuri jalan kecil menuju ke tempat-tempat yang ingin dia kunjungi. 

Sehingga secara tidak langsung bersepeda mempermudah saat  Ganjar ingin melakukan blusukan untuk menyapa warga dari dekat. 

Penutup

Itulah 7 fakta unik tentang Ganjar Pranowo. Bakal calon presiden 2024 yang diusung oleh Partai Banteng. Bersama dengan Mahfud MD, Ganjar diharapkan dapat membawa banyak perubahan positif di Indonesia terutama bagi kemakmuran bangsa. 

 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter