Senin, 21 Maret 2016

Menikmati Keripik Lompong di Omah Kecebong

Masih diseputaran desa wisata Ketingan, terdapat homestay dan resto yang cukup nyaman buat ngadem. Namanya Omah Kecebong.
Omah Kecebong tepatnya berada di desa Sendari, Tirtoadi Mlati Sleman. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan Desa ketingan.

Omah Kecebong sangat asri, banyak pepohonan di sekitarnya, karena memang selain home stay dan resto, Omah Kecebong jg menyediakan bibit tanaman buah maupun tanaman hias.


Kamar yang disediakan paling murah dibandrol dengan harga 500rb, sementara paling mahal di kisaran 950rban.
Home stay ini juga menawarkan paket wisata bagi tamu yang menginap, mulai dari keliling desa dengan menaiki pedati, menikmati kesenian tradisional gejog lesung, mainan tradisional, sampai mengamati tingkah polah burung kuntul. Kebetulan di dekat Omah Kecebong terdapat hamparan sawah tempat burung kuntul mencari makan.


Untuk resto, menu yang ditawarkan masakan Indonesia. Untuk camilan, ada tempe kemul, pisang goreng, kedelai /edamame rebus, maupun kentang goreng. Untuk menu utama ada sup buntut, pecel, nasi bakar, dll. Minumnya terdiri dari aneka juice, teh, wedang uwuh, dll. Untuk range harga makanan berkisar dari 15rb sampai 90rb. Sedangkan minumnya dibandrol di harga 6rb sampai 20rb rupiah. Termasuk terjangkau untuk tempat makan yang menawarkan view yang menawan.


Asyiknya lagi, harga sudah termasuk pajak. Benar-benar tempat yang patut menjadi pilihan untuk refreshing melepas penat setelah menjalankan rutinitas.


Mengenai rasa,karena kita kemarin masih kenyang,jadi ga pesan makanan berat. Hanya camilan dan minum. Namun suasana nyaman yang ditawarkan, pasti membuat acara makan semakin nikmat...cocok juga lho buat gathering semacam reuni atau arisan. Oh ya, setiap order menu di omah kecebong, kita akan mendapatkan free keripik lompong yang kriuk dan gurih. Enaak tidak gatal, rasanya malah hampir sama dengan keripik jamur. Penasaran juga? silakan datang....

Baca juga :
Kedai Kopi yang Asyik ada di Sini

soto djiancuk

Ini masih dalam rangkaian jalan-jalan menuju desa kentingan yang saya ceritakan di sini. Karena ingin sampai di tujuan pagi, sengaja kemarin kami berangkat tanpa sarapan. Rencana mau nyarap di jalan saja. Dan akhirnya setelah ditimbang-timbang, diputuskan untuk makan di soto djiancuk, sebuah warung soto khas surabaya yang ada di daerah sonopakis tepatnya di jln PGRI 2 no 59 jogja. 

Tertarik ke sana karena pernah nemu sebuah blog menceritakan tentang keunikan warung soto ini. Selain itu saya juga penasaran dengan interior ruangnya yang beda dengan warung yang lain. Kelihatan nyeni... di seberang jalan depan warung, terparkir sebuah bus yang sudah dimodifikasi menjadi semacam food truck yang menandakan warung tersebut buka. 

Sudah banyak pengunjung yang datang ketika kami datang. Kami akhirnya memilih duduk di meja paling depan,dekat dengan pintu masuk. Di sebelah kami ada sebuah kolam ikan kecil. Di dinding warung terpasang beberapa lukisan dan ornamen unik sebagai hiasan. 

Tidak berapa lama pesanan kami datang, semangkuk soto berisi campuran sayuran taoge, daging, keripik kentang, daun bawang,bawang goreng, dan sepotong telur rebus beserta nasi putih siap kami santap. Porsinya tidak banyak, hanya semangkuk kecil, tapi lumayan mengenyangkan. Rasanya menurut saya standard saja, ga terlalu istimewa. Tapi ini kembali lagi ke masalah selera.

Dari sisi harga, menurut saya lumayan mahal, 3 mangkok kecil soto campur dihargai Rp.34.500,- berarti per mangkuknya Rp.11.500,-. Total dengan minum dan tambahan lainnya habis Rp.43.500,-. 
Paling tidak sudah tidak penasaran lagi dengan soto djiancuk yang lumayan terkenal itu.

Minggu, 20 Maret 2016

Wisata Fauna Desa Ketingan

Hari ini pengen wisata yang agak mblusuk, meskipun sebenarnya juga ga mbusuk banget sih karena masih di daerah Sleman. Tepatnya ke Desa Ketingan, yang ada di kalurahan Tirtoadi Mlati Sleman. 

Sudah lama dapat info kalau Desa Ketingan merupakan desa wisata tempat kita bisa menikmati kawanan burung kuntul (bangau).

Ya, desa Ketingan memang menjadi salah satu habitat burung kuntul. Konon mereka berimigrasi ke desa ini sekitar tahun 1997. Tadinya masyarakat merasa khawatir kawanan burung ini akan merusak tanaman padi yang mereka tanam. Namun kekhawatiran mereka tidak terbukti, sehingga mereka membiarkan burung kuntul hidup dan berkembang biak di desa mereka. 

Lokasi desa Ketingan tidak terlalu sulit untuk dijangkau, kalau dari arah kota jogja, kita menuju Sleman melalui Jalan Magelang, terus ke utara sampai ketemu perempatan makam Wahidin Sudirohusodo, kemudian belok ke kiri sampai ketemu pasar Cebongan. Dari perempatan pasar Cebongan, belok ke kiri (selatan) kurang lebih 200m sampai ketemu kantor polisi. Nah, di depan kantor polisi itu nanti ada petunjuk jalan menuju ke desa Wisata Ketingan. Ikuti saja petunjuk arahnya, kalau masih bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada warga setempat.

Saya sampai Desa Ketingan sekitar pukul 10 pagi. Dari jauh terlihat kumpulan burung kuntul yang hinggap di pohon, hampir semua pohon yang ada di desa itu dihinggapi puluhan burung kuntul. Suara riuh burung kuntul dan kepakan sayapnya sangat keras terdengar. Sungguh pemandangan yang sangat eksotis...
Sayang, sewaktu saya ke sana saya tidak bisa mendapatkan gambar burung kuntul yang bagus, karena cuma memakai kamera hp. Seharusnya kalau ke sana membawa kamera tele.

Di pohon kelapa ini, sebenarnya banyak
burung kuntul bertengger
Sebenarnya desa Ketingan diresmikan sebagai desa wisata sejak tahun 2005. Bahkan dulunya di sana didirikan semacam gardu pandang yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin melihat burung kuntul lebih dekat. Tapi tadi sewaktu saya ke sana, saya tidak menjumpai gardu pandang yang di maksud. 

Secara umum, suasana desa ketingan termasuk sepi, tidak banyak aktifitas penduduk yang terlihat di sekitar rumah. Mungkin mereka banyak yang sedang pergi ke sawah. Beberapa rumah di sana juga banyak yang sudah bagus dengan desain modern, sepertinya rumah-rumah ini menyediakan kamar untuk home stay bagi pengunjung yang ingin menginap.

Selain wisata burung kuntul, di desa Ketingan juga terdapat embung yang saat ini banyak dikunjungi orang-orang yang hobi memancing. Embung ini belum lama diresmikan. Tadi saya juga menyempatkan diri melihatnya. Embung ini berada tepat di belakang makam mbah celeng, saya belum tahu apa dan siapa mbah celeng. Yang pasti sangat terkenal di kampung itu.
Sewaktu saya ke sana banyak sekali pengunjung yang datang. Banyak mobil dan sepeda motor yang terparkir di sekitar area pemancingan.
Embung yang ada di desa ketingan
Mungkin tempat ini bisa jadi alternatif bagi yang suka menghabiskan waktu dengan memancing.

Jumat, 18 Maret 2016

lagi baper..

Pernah merasa agak kecewa karena wa atau bbm kita cuma di read saja? saya pernah...padahal bbm atau wa saya ga minta utang atau nagih utang lho...sekedar menanyakan sesuatu atau minta info tentang suatu hal. Ada juga yang dibalas tapi jangka waktunya lamaa sekali, sampai saya lupa pernah nanya apa. Atau dibalas setelah kita mengulangi pertanyaan kita..
Ternyata sampai ada yang pakai ini buat dp..:)

Memang sih, ga ada ketentuan kalau orang itu dibbm atau diWA mst dibalas..karena itu hak masing2 orang. Ibarat disapa, mau dibalas monggo ga juga ga papa...tapi kalau menurut saya, etikanya sih setiap pesan yang masuk dari teman atau saudara sewajarnya di balas. Toh itu bagian dari silaturahmi...

Dalam pandangan saya, ada beberapa kemungkinan knp orang yang kita kirimi pesan tidak membls atau hanya membaca pesan kita itu, bisa jadi dia berada pada posisi :
1. Super sibuk, jadi ga sempat bales wa atau bbm kita. Saking sibuknya, dia sampai lupa pernah dikirimi pesan sama kita.
2. Dia menganggap pesan yang kita kirim pesan yang tidak penting yang tidak membutuhkan jawaban, ya semacam bc atau tc itulah tingkatannya..he3..
3. Dia menganggap yang kirim pesan itu ga penting,apalagi isi pesannya...siapa kamu, ngapain juga nanya2..ga penting banget. Kamu masih ada di kontak bbmku itu masih untung, aku dc baru tahu rasa, mgkn spt itu pikirnya..(kalau ada yg spt ini bener2 jahat)
4. Dia bisa bbm atau wa hanya pada saat dilokasi tertentu yang ada wifi gratisannya...hihi..

Kondisi2 itu yang terbayangkan sama saya, knp orang ga membalas pesan kita.
Yah, orang memang macam-macam, apa yang kelihatan dengan apa yang ada di hati sebenarnya sering ga sama. Jadi hanya bisa menduga-duga saja...Dan sebagai orang yang mengirim pesan, wajarlah kalau kita merasa dianggap tidak penting oleh yang kita kirimi pesan, kl wa atau bbm kita hanya dibaca. Apalagi kl itu terjadi tidak cuma sekali.

Tapi untungnya yang seperti itu tidak banyak, yah, semacam seleksi alam dalam pertemanan, mana yang benar-benar tulus mana yang modus..
Hihi...numpang nyampah..., mewakili pribadi dan orang2 yang punya nasib yang sama. Semangaat, anda tidak sendiri...:D
Ingat pesan Aa` Gym, kalau kita berharap pada manusia, kita pasti akan kecewa,berharaplah hanya kepada Allah semata..padahal cuma berharap bbm atau wa kita dibalas. Sepele banget kan??

Kamis, 17 Maret 2016

water beads

Pernah dengar tentang water beads?itu lho, bulatan warna warni yang semula keciiil sekali tp setelah direndam di.air selama kurang lbh 24 jam jd membesar seukuran kelereng. Padahal awalnya keciil banget, sebesar pasir itulah...

Kemarin nyoba beli water beads ini, alasannya karena pertama suka gemes lihat warna-warnanya yg bening transparan itu..dan penasaran pgn merasakan spt apa kalau dipegang. Empuk seperti jeli, kalau dlm bayangan saya...

Dan hari ini,penasaran saya terjawab sudah, 2 bungkus water beads yang saya rendam semalaman, yang semula.seukuran pasir berubah mnj seukuran kelereng dengan tampilan warna -warni. Ada yang bening,pink,orange,biru, menarik sekali...
Water beads...
Water beads ini sebenarnya adalah media tanam untuk tanaman hias di dalam rumah. Jadi semacam hidroponik atau tepatnya hidrogel. Karena waterbeads sendiri, sebenarnya adalah semacam polimer yang mampu menyerap.air yang bersifat non toksik, tp tidak dpt dimakan. Selain sebagai media tanam, dpt jg digunakan sebagai aroma terapi dengan mencampurnya dengan minyak esensial. Satu lagi fungsi dari waterbeads adalah untuk mainan sensori buat anak. Buat dipencet-pencet gitu biar pada pecah...anak-anak pasti suka..tp harus dengan pengawasan, tidak.untuk dimakan.

Oh iya, berbicara mengenai metode menanam dengan cara hidroponik, ini saya ada info kegiatan semacam seminar untuk anda yang tertarik dengan metode hidroponik terutama untuk tanaman anggrek...ini infonya..

Monggo yang tertarik silakan mendaftar...

Rabu, 16 Maret 2016

inspiring woman...

Ada lomba penulisan cerpen nih...kesempatan bagi yang suka tulis-menulis, siapa tahu beruntung dan keluar jadi pemenang, lumayan kan?senengnya bisa dobel-dobel...

Temanya juga bagus,tentang inspiring woman story based from true story...
Kmrn pengen nyoba bikin tulisan juga..pgn nulis tentang ibu saya. Seorang wanita hebat dan kuat yang cukup menginspirasi paling tidak buat saya anaknya. Seorang wanita yang selalu menekankan bahwa tangan di atas selalu lebih baik dari pada tangan di bawah. Seorang wanita pekerja keras, dan mandiri. Tapi setiap kali mau menyusun kalimat kok malah jd melo sendiri..ya, sudahlah dengan atau tanpa ikut lomba, ibu tetap paling juara buat saya...
Istirahat yang nyaman ya bu, bersama2 dengan bapak di surga..aamiin...
(7 juli 1945 - 7 maret 2007)

Senin, 14 Maret 2016

choco moist ala-ala

Choco moist cake ala saya
Ga percaya saya bisa buat kue ini, cuma cemplung-cemplung jadi...rasanya jg lumayan enak...empuk.dan nyoklat.
Jangan heran, saya bisa bukan karena ahli, tapi tepungnya memang tepung anti gagal alias tepung premix, yang saya dapat karena beruntung menang kuis tebak nama makanan yang diadakan grup fb langsung enak. Hadiahnya 1 set ikea reda, tepung premix zeefine choco moist zeelandia, dan tepung tempura sri boga.
Hadiah yang saya terima 

Baru hari ini berani nyoba tepungnya, tadinya ragu krn dipetunjuknya semua bahan musti dicampur dan dimixer dan dipanggang. Padahal ga punya mixer dan oven, cuma ada whisk saja. Maklum ga ahli bikin roti2an..
Tp akhirnya modal nekat, ga jadi ga apa2. Semua bahan saya taruh di baskom.( saya pakai setengah resep dulu), tambah 2 butir telur, 7'sendok makan minyak sayur, dan 5 sendok makan air. Semua saya mix dengan whisk sampai rata. Kemudian saya ambil loyang kecil yg sudah saya beri mentega,dan saya tuang semua adonan ke dalam loyang. Selanjutnya saya kukus adonan ke dalam kukusan yang sudah saya panaskan terlebih dahuli dan  tutupnya saya alasi serbet. Kurang lbh 50 menit saya mengukusnya, tadinya cuma 20 menit, adonan sudah kelihatan mengembang dengan cantik. tp sewaktu saya tes tusuk masih ada adonan yang melekat. Sehingga saya tmbh waktunya. Alhamdulillah, matang sempurna...dan ini dia choco moist cake ala saya. Rasanya sih menurut saya seperti brownies kukus...enyaaak ...

Sabtu, 12 Maret 2016

sekolah perempuan

Pernah dengar nama sekolah perempuan? Kalau belum, sama dengan saya. Saya juga baru saja tahu setelah ikut grup komunitas Emak Pintar di fb. Namanya unik ya, sekolah yang dikhususkan untuk perempuan. Begitu istimewanya kaum perempuan sehingga ada sekolah khusus untuk kami. Atau begitu sulitnya menjadi seorang perempuan sehingga perlu sekolah dulu..hihi...penasaran apa itu sekolah perempuan? Simak tulisan saya ini ya...

Beberapa waktu yang  lalu melalui grup fb emak pintar diinfokan kalau akan ada kegiatan presentasi melalui grup wa mengenai sekolah perempuan. Bagi yang berminat mengikuti, bisa menuliskan no hpnya untuk nanti dimasukkan ke grup yang dimaksud. Berhubung saya penasaran, saya kemudian menuliskan no hp saya, dan diinvitelah saya di grup tsb...

Dalam presentasi itu dijelaskan, sekolah perempuan adalah sekolah khusus bagi perempuan yang bertujuan untuk memberikan bekal dan keterampilan tertentu sehingga nantinya di sela kesibukan dan kodratnya sbg perempuan (bila sudah menikah) untuk mengurus anak dan keluarga, si perempuan tsb tetap dapat mengaktualisasikan diri dengan sesuatu yang positif. Keterampilan yang diberikan adalah keterampilan mengungkapkan ide dengan menulis bahkan target akhir bagi peserta sekolah perempuan adalah membuat buku yang layak diterbitkan...iya, diterbitkann..wow kan? Sebuah buku karya kita (dan mungkin akan disusul buku-buku lainnya) akan terbit dan dibaca banyak orang, pasti membanggakan sekali...apalagi kalau buku itu menjadi best seller, sehingga dicetak ulang berkali-kali. Terbayang kan...berapa royalty yang akan kita terima..

Lantas apa syarat kita bisa mengikuti sekolah perempuan?
Syarat khusus sbnrnya tidak ada, kita tidak harus punya bekal pengalaman pernah menjadi penulis atau pernah membuat karya yang dimuat dimedia. Syaratnya cukup mempunyai keinginan untuk belajar, berlatih,  berproses, dengan dipandu mentor yang sudah berpengalaman untuk mencoba menuangkan ide dengan menulis. Namun tentu saja, keterampilan dan pengetahuan yang didapatkan tsb tidak diperoleh dengan gratis, ada sejumlah dana yang harus diinvestasikan. Jumlahnya lumayan juga, jd perlu kedisiplinan tinggi untuk kontinyu mengikuti kelas agar investasi yang dikeluarkan tidak terbuang percuma. Lama program sekolah perempuan adalah 3 bulan, seminggu 2 kali. Belajarnya bisa online bisa jg offline. Cuma kalau yang offline sementara baru ada di bandung...

Bagaimana?anda tertarik juga untuk mengikutinya?silakan japri saya, nanti akan saya infokan bila ada presentasi grup berikutnya..

Saya sendiri juga berminat mengikuti...cuma saya mau nabung dulu, biar cukup dana untuk diinvestasikan di program sekolah perempuan...doain ya  Semoga dananya cepet terkumpul...:) untuk sementara, saya konsentrasi nulis di blog dulu he3.....

Jumat, 11 Maret 2016

choipan, dimsum khas pontianak

Semenjak gabung di grup WA langsung enak Jogja, banyak referensi aneka jenis masakan yang saya dapat. Dan senangnya, jenis masakan yang dishare berasal dari lintas daerah.

Salah satunya choipan ini. Makanan khas dari pontianak. Sejenis dimsum yg kulitnya terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji dicampur air dan dimasak sampai menjadi adonan kental yang bisa dipulung. Isian dari choipan adalah serutan bengkoang yang ditumis bersama garam, bawang, ebi, dan merica yang dihaluskan, serta ditambah kecap asin.

Bentuk choipan seperti pastel yang direbus. Cara menikmati choipan adalah dengan menambahkan minyak.bawang dan dicocol dengan sambal. Sambal choipan terdiri dari campuran bawang,cabe, gula, dan cuka.

Rasa dari choipan ini.unik, gurih, krenyes-krenyes segar manis, dengan sedikit pedas dan asem. Kulitnya jg terasa lembut. Pas untuk jadi cemilan sehat, karena cara memasaknya dengan dikukus.

Sebagai koki pemula, saya berpendapat choipan ini termasuk kategori mudah. Yang membutuhkan ketelatenan adalah pada saat memasukkan isian ke dalam kulit. Karena kulitnya tipis sehingga kadang robek kalau kita ga hati-hati sewaktu melipat.
Choipan ala-ala saya

Penasaran pengen membuat sendiri? Ini resepnya.(di ambil dari web www.eenendah.web.id) :
Bahan kulit :
200 gr tepung beras
3 sendok makan tepung kanji
650ml air
1 sendok teh garam
3 sendok minyak sayur
Cara membuat :
Campur air, tepung beras, air, dan garam dan minyak, aduk hingga rata. Panaskan adonan tersebut sampai mnj adonan kental, sisihkan.

Bahan isi :
400gram bengkuang
50'gr ebi
3 sendok.minyak sayur
3 siung bawang
1sdm merica
Garam dan penyedap secukupnya (saya tambahi kecap asin)
Cara membuat :
Haluskan bawang, ebi, merica dan garam. Tumis bumbu halus dengan minyak, masukkan bengkoang,tambahkan penyedap dan kecap manis. Tunggu sampai matang, tes rasa. Tiriskan.
Selanjutnya pipihkan adonan choipan di atas tangan kita,dan masukkan isinya. Lipat seperti bentuk pastel. Ulangi sampai selesai. Selanjutnya tata choipan pada kukusan yang sudah dialasi daun pisang dan diolesi minyak. Kukus selama 15 menit.

Untuk minyak bawang, cincang bawang dan tumis ke dalam.minyak sayur sampai berwarna kuning keemasan. Taburkan minyak bawang ke atas choipan,choipan siap disantap bersama sambalnya.
Mudah bukan? Selamat mencoba...

Kamis, 10 Maret 2016

film india...

Gangaa kecil, gambar.dari dok andtv.com
Oh tidaaak...saya jatuh cinta...jatuh cinta pada film india, judulnya gangaa...
Yah, setelah resign dan mnj irt, praktis waktu luang saya buat sedikit santai sambil nonton tv lbh byk dibanding dulu saat kerja..
Kalau dulu kupeer bgt sama acara tv, plg yang diikuti cm.berita, itupun kadang sdh tahu infonya lewat media online. Segala tontonan sinetron atau film drama korea, turki,maupun india. Ga ada yang ngeh dengan ceritanya...

Sampai kmdn setelah jadi irt,  suatu saat ga sengaja melihat satu episode film india berjudul gangaa, yg bercerita ttg seorang anak perempuan yg sejak umur 5 tahun dijodohkan dan dinikahkan dengan seorang pria. Latar belakang pernikahan adalah adat dr daerah pradesh india yg memegang teguh tradisi itu untuk memperkuat ikatan persaudaraan dan melindungi martabat sang gadis...
Namun kemudian dlm cerita itu dikisahkan suami dan ayah gangaa meninggal dalam sebuah insiden huru hara,  sehingga akhirnya gangaa harus menyandang gelar sebagai seorang janda. Status janda bagi masyarakat india, adalah status yang banyak diremehkan, dia tidak boleh bekerja, hanya boleh mengemis untuk mendapat makanan. Disamping itu, janda juga hanya boleh memakai kain sari berwarna putih, tanpa make up.dan perhiasan.

Dan dari kejadian itulah, kisah gangaa berawal. Status janda diusia belia membuat dia menderita. Untung dia ditampung oleh sebuah keluarga kaya dan terpandang yang kebetulan sang ibu dr pemilik rumah juga seorang janda.
Kisah ini.cukup unik, menggambarkan kegigihan dan kejujuran seorang bocah dalam menjalani peran yang tidak biasa itu.
Namun spt pada umumnya cerita di film, kisah.gangaa menjadi melebar ke kisah cinta gangaa dengan anak pemilik rumah setelah mereka dewasa, yang dipenuhi intrik-intrik...

Tertarik untuk mengikuti kisah ini, saksikan di sctv setiap senin dan sabtu mulai pukul 12.30. Meskipun jujur, lebih bagus cerita gangaa kecil menurut saya..:)

kadar iman kita..

Kalau ini, asli saya cuma copas ,dari seseorang yang share di fb, dan sekelebat terlihat di news feed saya...
Isinya begini :
Seorang teman bertanya kepada orang Soleh di dekat rumahnya, "Ustadz, sebenarnya iman itu apa sih?"

Orang soleh itu menjawab cukup panjang:

Jika hari ini kamu tidak punya uang, sementara kebutuhan keluargamu begitu besarnya, dan suasana hatimu tidak terpengaruh oleh keadaan itu, kamu tetap ceria seperti hari2 biasanya, itulah iman.

Jika hari ini tidak ada seorang pun pelanggan yang datang ke tokomu, sementara karyawanmu harus engkau pikirkan gajinya, dan itu tidak membuatmu jengkel, marah atau jadi temperamental, itulah iman.

Jika tagihan di meja keuanganmu menumpuk, sementara engkau merasa bisnis yang engkau jalani tampaknya buntu, sebentar lagi memasuki senjakalanya, dan itu tidak mempengaruhi jadwal shalat dan tadarrusmu, itulah iman!

Tetapi jika semua kondisi tadi merusak suasana hatimu, membuat engkau muram, malas tersenyum bahkan kepada keluargamu sendiri, apalagi sampai merubah jadwal ibadahmu, maka... hati-hatilah, karena itu salah satu tanda lemahnya ...

Jadi intinya adalah kalau kesulitan hidup menjadikanmu galau, tidak menikmati hidup, semakin jauh dari Allah, itu tandanya lemah iman kita..wah, termasuk yang manakah ya kita? Introspeksi yuuk...

Salam...
Nurul rivai

Rabu, 09 Maret 2016

arisan...

Karena seringnya ketemu pada saat jemput anak, dan komunikasi via grup wa, maka terbentuklah arisan sesama ortu siswa tempat anak saya sekolah. Arisan sudah berjalan sekitar 4 bulan, ketika cerita ini saya tulis. Dan ini adalah pertama kali arisan diadakan di tempat makan, bukan di rumah. Kebetulan mb indah, si empunya hajat mengambil tempat di bale ayu timoho. Yang datang banyak banget, semua datang malah,full team 13 orang. Jadi seru dan ramai sekali.  Di tambah lagi dengan pengunjung pada hari itu yang juga banyak. 

Bale ayu adalah rumah makan taman, dengan hidangan andalannya aneka olahan ikan. Karena sudah booking sehari sebelumnya, hidangan yang dipesan cepat keluar. Menu yang ada waktu itu yang masih saya ingat adalah gurame asam manis, gurame bakar, terong goreng saos kecap, oseng kangkung, udang goreng, cumi lada hitam, lalap, dll. Pokoknya buanyak banget..mie goreng sepertinya jg ada, terus puding dan chiffon keju. Full makanan pokoknya..yah, sesuai dengan yang punya hajat yang juga hobi kulineran...hihi..

Mb indah yang punya hajat, yang pakai pasmina merah di pojok kiri.. 
Tidak ada acara khusus untuk arisan kali kali ini, cuma ngobrol dengan topik bebas, refreshing intinya. Sembari menikmati hidangan dan makan2 tentunya..

Mengenai masakan yang ada, menurutku bale ayu.cenderung ke rasa manis, mungkin karena di jogja ya, jadi cita rasa menyesuaikan. So far enak lah..gurami fillet asam manis favorit saya, sama cumi dan udangnya...gurami bakarnya juga enak..haha...jadi kesimpulannya suka semua...

Bale ayu cocok untuk acara keluarga, kantor, ataupun gathering lainnya. Tempatnya lumayan luas,bisa pilih lesehan atau di kursi. Free wifi pulak..enaklah buat ngobrol2, apalagi kl gretongan, bakalan betaaah...
Yang besek warna warni itu tanda cinta dari yang punya hajat

Di sela2 acara untuk rame-rame dibuat semacam kuis untuk bagi2 door prize yang sudah disiapin yang punya hajat. Benar-benar nice prepare. Bikin yang hadir jadi senang dan perut kenyaang...alhamdulillah...makasih mb indah untuk semuanya..

arisan lagi...

Nguliner yang dibalut acara arisan...
Bulan Februari kemarin arisan lagi dengan orang tua teman sekolah anak saya. Kali ini si empunya hajat mengambil tempat di kongkalikong dine & cafe yang ada di jalan tamsis jogja. Pemilihan tempat dilakukan dg pertimbangan jarak dan kebetulan banyak yang belum pernah nyoba ke sana. Ini adalah arisan pertama yang disepakati memakai dress code. Arisan-arisan yang bulan-bulan sebelumnya belum ada dress code-dresscode-an. Untung dress codenya cuma warna baju, jadi masih bisa disiasatilah..kalau pas ga ada baju yang warnanya spt yang disepakati minimal bisa jilbabnya yang menyesuaikan. Atau kalau tidak, ya sapu tanganlah..yang pntg ada warna yang sama yang kita bawa...:)

Jam 10.00 adalah waktu yang disepakati, mskpn biasanya ada yang telat juga karena ada keperluan. Kali ini saya datang paling awal bersama dengan seorang kawan. Jadi pada saat itu baru ada saya, 1 orang teman dan yang punya hajat, Mbak Lisa. Sambil menunggu yang lain, saya memilih menu yang akan dipesan. Dan sewaktu membaca daftar menunya, bingung euy...banyak banget pilihannya dan sepertinya enak semua. Setelah membolak-balik daftar menu dan membaca bismillah, akhirnya pilihan saya jatuh pada cannelloni, sejenis pasta yang dipanggang bersama bayam dan keju. Dari gambarnya.sepertinya yummy banget, apalagi bagi saya yang pecinta keju. Untuk minumnya saya pilih kawista smooties. Untuk.snack buat bareng-bareng kita pilih tahu isi. Sambil menunggu pesanan dan teman lain datang, saya melihat2 suasana yang ada.
Tempat makan di kongkalikong ada yang outdoor dan ada yang indoor. Suasana lumayan nyaman, dan pas untuk pertemuan semacam arisan, dengan jmlh anggota maksimal 15an. Menu yang ada di sana perpaduan western dan menu nusantara. Ada pizza, pasta, burger, iga bakar, kwetiau, ayam goreng dll. Range harga untuk makanan rata-rata 30rban, sedang untuk minuman ada jus, squash, teh, kopi, dll dengan kisaran harga rata-rata 15rban. Harga belum termasuk pajak.
Wefie dulu...
Tidak berapa lama pesanan minuman datang, segelas minuman seperti jus berwarna merah bata yang disajikan dalam gelas besar tapi pendek. Dari porsinya saya sudah merasa kalau minuman ini pasti kurang, untuk durasi acara 2,5jam. Apalagi setelah saya cicipi rasanya super manis untuk.ukuran saya yang sudah manis..jadi daripada over manis dan jadinya diabet, akhirnya saya putuskan untuk menambah air mineral di orderan saya. Mengenai rasa, yang khas dari kawista adalah aroma dan manis legitnya. Dan bagi yang belum tahu apa itu kawista, jadi kawista adalah semacam buah yang kulitnya berwarna coklat. Konon kabarnya kawista ini punya byk manfaat untuk kesehatan. Manfaatnya apa saja, nanti silakan googling saja ya...
Berbeda dengan minumnya yang cepet disajikan, untuk makanan penyajiannya lumayan lama. Dan celakanya paling lama adalah punya saya..ga tahu itu, mungkin pastanya musti beli dulu di itali sana, haha.. Untungnya ada tahu isi, jadi bisa nyemil tahu.isi dulu..tahu isinya lumayan besar,dengan cocolan sambal petis. Per porsi isi 5 dengan harga 12,5rb.

Akhirnya 30 menit sebelum acara selesai, pesanan saya datang. Sebuah mangkuk panjang berwarna putih disajikan di depan saya. Isinya lumayan menggoda, bau harum keju, dan penampakan pasta yang lumer menambah selera. Dan hap, pelan2 isi mangkuk pindah ke perut saya. Rasanya enak, dan mengenyangkan..
Wajah ceria saat menikmati canelloni
(Cuma kelihatan nyempil sedikit)
Jadi, agar tidak uji kesabaran seperti saya, bila hendak order ke kongkalikong tanyakan ke pramu sajinya kira-kira berapa lama waktu tunggunya..kalau lama dan memang bener-bener pengen nyicipi hidangan itu, maka bersabarlah...kalau tidak karena keburu lapar, ganti saja, atau order makanan pendamping secukupnya..terus sebelum meninggalkan tempat makan, jangan lupa foto-foto ya...
Mb Lisa, berkacamata&memakai baju biru
yang udah ntraktir kita-kita, sebelah kanannya itu saya
(Siapa yang tanya, he3)
Demikian tips dari saya...selamat makaaan...

Kecombrang aka Honje

Kenal pertama dengan jenis tanaman ini sewaktu free trip ke Vietnam. Pada saat makan siang di sebuah resto setempat, ada hidangan sejenis salad yang amat menggugah selera..rasanya asem seger, tak terkatakan pokoknya.. waktu itu hidangan disajikan dalam sebuah piring lebar, berupa sayuran warna pink yang diiris tipis dicampur dengan dressing minyak olive dan ada remahan kacangnya..enaaak banget pokoknya. 

Sampai saya tanya ke guidenya, itu sayur apa. Sewaktu ditanyakan ke pihak restonya itu katanya sejenis bunga..asal tebak tadinya saya ngira itu bunga taratai...soalnya di sana isi dari bunga teratai( lotus seed) dipakai juga untuk masak.  Rasanya juga enak, seperti kacang...

Untung teman sebelah saya meluruskan, kalau di Indonesia itu namanya honje. Antara percaya dan tidak, sepulang dari sana, mulailah saya mencari tentang keberadaan honje ini. Pertama tentu dengan bertanya kepada om google. Dari situ muncul beberapa tulisan tentang honje yang dikenal juga dg sebutan kecombrang. Cukup terkenal juga ternyata bunga ini, beberapa resep masakan di beberapa daerah di indonesia menggunakan tanaman ini sebagai bumbu utama. Meskipun saya belum nemu resep semacam salad yang pernah saya coba di Vietnam. Kebanyakan resep yang ada menggunakan kecombrang sebagai campuran sambal untuk teman makan ayam atau ikan. 
penampakan bunga kecombrang
Pernah saya mencoba membuat sambal combrang berdasar resep dari teman yang menginfokan kalau kecombrang bisa didapat di Superindo. Dan ternyata kecombrang inilah yg dulu pernah saya makan di Vietnam, meskipun cara memasaknya beda, tapi bau khas dan rasa asam segar dari bunga ini yang tidak terlupa.. benar-benar sedaaap...

Bagi yang penasaran dan pengen nyoba masakan dengan bumbu kecombrang, ada tempat makan yang khusus menyajikan hidangan dengan menu kecombrang. Namanya Mak Combrang. Alamatnya di jalan Abu Bakar Ali no 2a Kotabaru. 

Suasana di Mak combrang resto
Saya kemarin ke sana dan memang hidangannya mak nyuss..baru nyobain ayam suwir kecombrangnys sih..tapi cukup puas. Bener-bener endess... ada lagi satu tempat makan khas kecombrang yang murmer, tempatnya di Nyah Tan Li Kasongan, Bantul.

Selasa, 08 Maret 2016

kuncinya, perbaiki hubungmu dengan Allah...


 

  Silaturahmi memang membuka pintu rejeki, meskipun rejekinya tidak melulu berupa uang. Kadang informasi yang bagus juga rejeki. Seperti yang pernah saya alami. Karena bergabung di salah satu grup pecinta kuliner di jogja, akhirnya bisa dapat info menarik dari salah seorang kawan member tentang seminar pengembangan diri dengan tema "keseimbangan hidup" yang diadakan sebuah organisasi pengusaha di jogja. Isi seminarnya bagus dan menarik..penting untuk diketahui oleh para wanita yg punya kesibukan seabrek, sehingga kurang me time..

 Dalam tulisan kali ini bukan isi seminarnya yang akan saya ceritakan, tapi sang pemberi materi yang kisah hidupnya tidak kalah menarik. Patut untuk dijadikan contoh, agar kita tidak putus asa dg cobaan yang kita hadapi.

 Sebut saja Mrs. L. Terlahir dari keluarga berada, dan mempunyai otak yang encer itulah penggambaran mengenai beliau. Dengan wajah cukup manis dan pintar tentu banyak kemudahan yg bisa di dapat. Apalagi dengan predikat lulusan terbaik dari sebuah universitas negeri di jogja. Dengan kondisi seperti itu sepintas tidak ada problem dari hidupnya. 

 Namun ternyata Allah maha pembuat skenario, di tengah kesempurnaan yg terlihat, ternyata beliau punya penyakit kelainan darah turunan, yang membuat harus keluar masuk rumah sakit dan mendapat penanganan banyak dokter. Sempat mengalami down, karena di samping harus berjuang melawan sakit, beliau harus dihadapkan pada kenyataan kehidupan rumah tangganya yang berujung cerai, padahal waktu itu sdh dikaruniai 5 orang anak. Tidak terbayang bagaimana rasanya, berjuang menghadapi sakit fisik dan sakit hati karen rumah tangga yang kandas.

 Untungnya, beliau berada di lingkungan orang-orang yang positif, sehingga pada akhirnya bisa bangkit, dan mengikuti semacam program pengembangan diri dengan didampingi beberapa couch. Dan hasilnya seperti sekarang ini, beliau menjadi seorang trainer yang biasa memberi pelatihan,  di mana-mana..dan kehidupan pribadinya jg semakin tertata, menikah lagi dengan pria yang 15tahun lbh muda dan dikarunia 2 orang putera. Jadi total putra-putri beliau di usia sekarang ,(jelang 40 thn) adalah 7, sebuah jumlah yang cukup we o we (wow) untuk masa sekarang...

   Sebuah pencapaian yang menurut saya merupakan sebuah prestasi...
Jadi teringat ayat yang mengatakan :Allah tidak akan membebani manusia di luar batas.kemampuannya...(Qs Al baqarah 286). Yang penting usaha dan berhusnudzon kpd Allah.. 

  Satu kunci yang diberikan oleh Mrs.L adalah perbaikilah hubungan kita dengan Allah, maka akan baik semuanya...
Sepertinya mudah ya? Tapi dalam praktiknya tentu suliiit...meskipun bukan berarti tidak mungkin,
Jadi tunggu apa lagi?berbenah diri yuuuk....

penyelamat pernikahan

 
   Jadwal arisan bulan ini bertepatan dengan anniversary pernikahan salah seorang kawan, jadi sengaja diadakan di rumahnya sekaligus diisi dengan sebuah kajian dengan tema membentuk keluarga samara..dalam penjelasannya, ibu ustadzah menekankan pentingnya komunikasi antara suami istri. Terlebih bila usia pernikahan sudah terbilang lama..

  Kadang karena rutinitas dan masalah-masalah yang dihadapi dalam rumah tangga, sebuah pernikahan menjadi terasa hambar..di sinilah pentingnya penegasan kembali komitmen bersama dalam berumah tangga..

 Merayakan anniversary pernikahan adalah salah satu cara untuk mengulang kembali kebersamaan yang ada. Quality time bersama pasangan, mengunjungi tempat-tempat "bersejarah", merupakan ritual yang bisa dilakukan utk merefresh semua...
Mb ari, jilbab pink sebelah kanan saya
Yang sedang merayakan anniversary ke 7,
Smg samara...aamiin..

    Lebih jauh ibu ustadzah menjelaskan, bahwa semua pasti menginginkan pasangan yg ideal, yang bisa membawa kita ke surga. Berjodoh dunia dan akhirat..tapi kalo semisal jodoh kita belum seideal itu, kenapa bukan kita yang ambil peranan?menjadi pembuka pintu surga buat suami dan anak-anak.
   Karena tentunya berbeda nilai pahalanya seseorang yg bersuamikan ustadz dengan yang bersuamikan orang kebanyakan...
Ya, karena semua berawal dari kita, oleh kita, dan untuk kita..tinggal kita mau tidak menjadikan itu sebagai ladang amal sholeh..
Sulit? Tentu saja...karena menggapai surga-Nya itu tidaklah mudah...

   Jangan putus asa, karena adalah berkah bila kesulitan itu semakin mendekatkan kita pada Allah...sebaliknya adalah musibah bila kenikmatan kita itu menjadikan kita jauh dari Allah...
Ingat, jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu...

  Jadi mari kita renungkan bersama, seperti apa dan ke arah mana kita akan membawa mahligai pernikahan kita...Dan mari berusah untuk menjadi malaikat penyelamat pernikahan kita masing-masing...semoga, aamiin...

Senin, 07 Maret 2016

Jalankan Peranmu...


Pernah membaca di status fb seorang kawan,yg di awali dengan kata "tidak mudah menjadi saya"
Jujur, saya sangat terkesan dengan kalimat itu. Sebuah kalimat yg memberi penggambaran,betapa yang bersangkutan telah mengalami berbagai hal dan peristiwa yg tidak mudah. Yang membuat dia hampir jatuh dan bahkan terpuruk,namun pada akhirnya bisa bangkit...

Sebuah kalimat pembuka, yang membuat si pembaca juga membayangkan rangkaian kisah hidupnya sendiri-sendiri...Setiap orang punya cerita masing-masing...ada suka, ada duka, ada tawa ada air mata. Setiap kita punya peran dan cerita masing-masing untuk kita tuntaskan. Yang pasti kita tidak pernah sendiri...jangan pernah merasa paling menderita/merana, karena sesungguhnya hidup itu wang sinawang..bangkit, dan berbuatlah yg terbaik..krn sesungguhnya inti dalam hidup ini adalah beribadah kepada -Nya...(tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku , QS : adz-dzariyaat, 56)

Dan bagi seorang muslim, segala hal yg terjadi pada dirinya adalah hal yg baik, apabila dia diberi nikmat, dia bersyukur, apabila dia diberi ujian dia bersabar, dan menjadikan sabar dan sholat sbg penolongnya...Insya Allah, aamiin...