Rabu, 28 November 2018

Paxel, Layanan Logistik Kekinian yang #antarkankebaikan

Salah satu hal yang membuat kita bahagia adalah saat kita menerima kiriman paket atau bingkisan. Nah,  sering terjadi dalam prosesnya kita dibuat deg-degan, karena paket yang tidak kunjung datang.  Para pemilik online seller pasti sangat paham.  Bagaimana tidak enaknya ditanya terus sama customer kapan pesanannya tiba. Pembelipun juga sama,  menjadi tidak tenang karena orderannya belum juga berada di tangan.  

foto : Doc. Pri
Sering yang terjadi barang sudah dikirim tanpa kita tahu estimasi waktu datang dan posisi barang ada di mana. Situasi ini sungguh tidak mengenakkan.  Belum lagi kalau paketan kita banyak dan kita butuh untuk diambil oleh pihak ekspedisi (pick up) namun jam pengambilan tidak bisa ditentukan.  Jadi perlu ada waktu yang khusus diluangkan untuk menunggu. 

Untungnya saat ini hal itu tidak perlu kita rasakan lagi. Kekhawatiran barang yang tidak segera datang bisa kita hindari. Cukup dengan memanfaatkan layanan logistik dari paxel.  

Paxel adalah layanan ekspedisi baru berbasis aplikasi. Cara penggunaannya pun gampang sekali,  cukup download aplikasi paxel dari smart phone, buat akun,  dan kita bisa langsung order kirim paket dari mana saja.  

Mungkin banyak dari teman-teman yang belum tahu apa itu paxel.  Karena layanan paxel memang masih baru.  Beruntungnya saya kemarin memperoleh undangan Blogger Gathering bersama paxel yang dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 24 November 2018 pukul 14.00 - 18.00 di Ling-Lung Kopi.

Para peserta blogger gathering X paxel (doc. Paxel) 
Acara ini merupakan syukuran atas launching layanan paxel di Yogyakarta, setelah lebih dahulu hadir di Jabodetabek dan Bandung. 
Ingin tahu lebih jauh tentang paxel? 
Yuk.. Simak cerita saya.. 

Paxel Hadir karena Semangat Ingin Berbagi
Dalam acara blogger gathering bersama paxel kali ini,  nara sumber yang hadir sangat menginspirasi.  Pembicara pertama adalah Bapak Djohari Zein Founder dari GBMI (Global Basket Mulia Investama/ Holding Paxel) yang menyampaikan awal mula berdirinya Paxel. Beliau menekankan bahwa dalam menjalankan bisnisnya, Bapak Djohari selalu melibatkan unsur religius. Sehingga dalam mengambil kebijakan tidak pernah lepas dari pertimbangan agama. Selain itu setiap bisnis yang ditekuni harus bisa memberi manfaat bagi orang banyak. Hal inilah yang menjadi filosofi hadirnya paxel yang bertagline #antarkankebaikan.

Bapak Djohari (doc. Pri) 
Itulah sebabnya paxel tidak sekedar bisnis semata. Sehingga dalam pengelolaannya mengedepankan semangat berbagi. Diantaranya untuk setiap 25 paket yang dikirim melalui layanan paxel ada dana yang dialokasikan untuk 1 penderita kanker yang disalurkan melalui Rumah Harapan Indonesia yang didirikan oleh Ibu Valencia Mieke Randa, yang kebetulan juga hadir di acara ini. Selain itu jika kita mau mengirimkan paket donasi/bantuan ke suatu komunitas,  paxel juga memberikan fasilitas pengantaran gratis.  

Keunggulan Layanan Paxel
Pembicara selanjutnya adalah adalah Bapak Alexander Zulkarnain, Brand Happiness Hero dan ibu Intan selaku Chief Happiness Hero.  Dari keduanya saya semakin memahami keunggulan dari layanan paxel di banding ekspedisi lainnya. 

Brand story dari Paxel adalah bergerak, yang disimbolkan dengan dua panah yang berlawanan arah. Ini dimaksudkan agar paxel dapat bergerak ke mana saja untuk melayani masyarakat dengan lebih banyak dan lebih cepat (PAX = Package or People ; EL = Accelerate).

Bapak Alex (doc. Pri) 
Lebih jauh, Paxel hadir untuk memberikan pengalaman (experience) yang menyenangkan dalam proses pengiriman barang, dengan menghilangkan kekhawatiran tentang posisi barang dan kapan sampainya. Karena jaminan barang datang sameday atau maksimal 8 jam dari waktu pengiriman, dengan disertai perkiraan atau estimasi waktu kedatangan. Sehingga petugas pengantar barang yang merupakan ujung tombak layanan tidak disebut dengan istilah kurir,  tapi Happiness Hero. 

Ibu Intan (doc. Pri) 
Training yang diberikan kepada para hero adalah value dr paxel, ysng menekankan rasa syukur, saling menolong,  dan berbagi.  Sehingga ke customer para hero tidak sekedar mengantar barang tetapi juga penebar kebaikan dan kebahagiaan. 

Biaya kirim untuk paxel pun dibuat flat ke mana saja, yang didasarkan bukan pada berat barang namun pada ukuran paket (parcel sizes) dengan kategori sbb :
1. Small (20x11x7 cm)
2. Medium (27x21x12 cm)
3. Large (35x30x20 cm)
4. Custom

Adapun ongkos kirimnya adalah sbb :

Price list (doc. Paxel) 
Terdapat pula jaminan pengembalian biaya (refund)  bila terjadi keterlambatan delivery dan kompensasi hingga 10 juta bila terjadi kerusakan barang. 

Dengan layanan yang diberikan paxel diharapkan mampu menjawab berbagai keinginan dan kebutuhan konsumen serta mengubah cara pandang industri logistik yang ada saat ini. 

Pengalaman Memakai Ekspedisi Paxel
Sebelum mengikuti blogger gathering bersama paxel,  sesungguhnya saya sudah mencoba layanan dari paxel.  Kebetulan saat ini ada promo ketika kita men-download aplikasi paxel dan mendaftar sebagai pengguna, kita akan langsung mendapat saldo Rp.100.000,00. 

Saldo yang saya dapatkan kemudian saya gunakan untuk mengirim dokumen kepada adik saya yang berdomisili di daerah Condong Catur Sleman. 

Adapun alur order di paxel adalah sebagai berikut : 
1. Mula-mula create shipment.

Doc. Pri
2. Tentukan lokasi pick up (harus ditulis kode postnya) dan lokasi tujuan
3. Tentukan parcel size untuk menentukan ongkos kirim. 
Bila parcel size lebih besar dari size maksimal,  kita isikan custom.  Nanti dari pihak paxel yang akan menentukan biayanya.

Doc. Pri
4. Isi form identitas penerima,  dan tipe barang yang dikirim

5. Setelah itu klik continue, dan saldo kita akan terpotong, dan terdapat keterangan estimasi waktu kapan barang akan sampai ke alamat tujuan.

Doc. Pri
Karena saat itu saya order antara jam 14.00-16.00, maka estimasi barang akan diterima oleh adik saya antara pukul 20.00-22.00 WIB. Dan faktanya barang sampai ke tangan adik saya di condong catur pukul 21.05 WIB (masih masuk range estimasi).

Pemberitahuan estimasi waktu kedatangan paket ini perlu agar tidak terjadi waktu tunggu yang terlalu lama dan sia-sia, sehingga si penerima dapat melakukan aktifitas lainnya.

Tanda bukti barang sudah diterima berupa foto dari si penerima barang, yang dikirim ke akun paxel kita.  Sehingga lebih otentik dan membuat tenang,  tidak takut barang hilang atau nyasar.  

Secara pribadi saya sangat puas dengan layanan yang diberikan. Apalagi mas heronya juga ramah dan sopan.

Penampilan hero happiness paxel (sumber : paxel) 
Saya menyarankan kepada teman-teman yang punya usaha frozen food atau oleh-oleh makanan ringan yang harus diterima dalam waktu satu hari untuk memakai layanan ekspedisi ini. Yang perlu diingat,  jaminan 8 jam barang sampai akan diberikan asal order dilakukan sebelum jam 15.00 untuk pengantaran dalam kota,  dan pukul 13.00 untuk antar kota.

Doc. Pri
Sayangnya untuk saat ini paxel belum bisa mengcover semua wilayah yang ada di Jogja.  Mungkin nanti secara bertahap akan dilakukan perluasan jangkauan sehingga seluruh warga di DIY dapat memanfaatkan layanannya.  

Bagi saya paxel memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dalam proses pengiriman dan pengantaran barang. Bagaimana dengan teman-teman? Mau mencoba layanan paxel juga? Bisa download di sini,  dan jangan lupa masukkan kode referral : saptinurul ya,  agar dapat bonus saldo Rp.  100.000,-  Salam... 😄

48 komentar:

  1. Mas hero yang ke rumahku juga ramah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mereka menghayati value dari paxel yang selalu menebar kebaikan dan kebahagiaan..

      Hapus
  2. Wah senengnya dapat paket dari paxel .... Saya kmrn jg sudah dpt mbak 😁👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Yang terima orang rumah, jd ga bisa foto sama mas hero..😂😂

      Hapus
  3. aku juga sukses pemesanannya mbak. Heronya juga ramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap... Pengalaman baru ya mb,kapan paket sampai sudah ada estimasi waktunya..

      Hapus
  4. Mantap sekali ulasannya Kakak Sapti Nurul ... saya juga sudah coba aplikasi Paxel, dan cukup memuaskan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Makasih.. Betul, mskpn tetap harus ada peningkatan layanan berupa perluasan area yang tercover. Trmksh sdh mampir..

      Hapus
  5. Asik ya bonusnya, mayan buat iseng2 kirim..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Shg sebelum merekomendasikan kita bisa merasakan dulu bagaimana layanan yang paxel berikan..

      Hapus
  6. Saya sering ngalami lho paket datang pas saya nggak di runah, jadi ribet banget deh. Kasihan kurirnya juga kudu bolak-balik. Paxel memberi solusi untuk hal tersebut ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Karena ada estimasi waktu sampainya..jd kita bisa siap2. Kalau dr waktu yg ditentukan kita ga ada di rmh, bisa minta reschedull juga.

      Hapus
  7. Aku juga sukses nyobain Paxel, mbak. Sekarang jadi mikir, mau kirim apa lagi ya? Hihi

    BalasHapus
  8. Aku udah 2 kali kirim mbak. Soalnya mudah dan cepat pake paxel

    BalasHapus
  9. Kita harapkan area coverage makin luasss ya mb, karena ini salah satu jasa yang dibutuhkan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Biar semakin banyak yang merasakan kemudahan layanan yang paxel berikan.. 😄

      Hapus
  10. Semoga makin banyak tempat yang dicover sama paxel ya mbak penting nih buat saya yang rumahnya jauh dari kota heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap.. Biar bisa maksimal melayani area jogja dan sekitarnya...

      Hapus
  11. jadi itungannya paxel ini bukan menggunakan berat tapi volume ya. hmm boleh juga nih dicoba besok pas di jakarta

    ((soale di jogja bingung mo kirim paket ke siapa wkwkw))

    BalasHapus
  12. Bagus dan mudah mengaksesnya, lagian waktu estimasi dan penerimaan paket ga meleset, boleh juga...

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap... Jd ga bingung paket kita kapan datangnya.. Tq sudah mampir...

      Hapus
  13. Mbak.. Kirim bingkisan ke aku via paxel boleh lhooo... aku dengan senang hati menerimanya.. hehehe :D

    BalasHapus
  14. Aplikasinya simple banget ya mba..

    BalasHapus
  15. Ngga pingin nyoba kirim paket ke rumahku mba? :))))

    BalasHapus
  16. Aku juga udah dua kali kirim... free deposit 100k nya menggiyurkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Masih ada kesempatan Tambahan 50rb kl ada yg pk kode referral kita. Baik ya paxel... He3..

      Hapus
  17. Semoga makin banyak area yang tercover paxel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..biar semakin byk yang bisa merasakan layanan paxel..

      Hapus
  18. Lengkap banget ulasannya, komplit plit, jadi malu kalau dibandingin sama tulisanku tentang Paxel yang asal banget 😁😁. Tapi memang Paxel, paket lengkap sih ya, sudahlah cepat, tarif flat, #antarkankebaikan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Ini lagi selo mb.. Jadi nulisnya banyak2.. 😂😂

      Hapus
  19. Wahhh boleh nih dicoba iseng" 😂 gampang juga cara pakenyaa free 100k lagihh 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..kesempatan berbagi kepada orang2 scr free ong.. Hihi

      Hapus
  20. Vika, diterima kalau mau maketin mie ayam Bagong yang di perumnas yaaa #eh Semoga segera bisa mencover seluruh wilayah Jogja yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup... Biar semakin byk yang merasakan layan paxel

      Hapus
  21. Aku udah coba kemarin, terus karena datengnya telat, ongkos kirimku dikembaliin. Besok mau kirim lagi aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Paxel menepati janji ya... Telat lgsg refund... 👍👍

      Hapus
  22. Metode pengiriman dengan sistem Pick Up and Smart Locker, keren!

    BalasHapus
  23. Pakai Paxel hitungannya jadi lebih murah karena harganya flat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kl antar kota.. Mksh sdh mampir..

      Hapus