Minggu, 13 Januari 2019

ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL, Smart Phone Gaming Pilihanku

Tanggal 17 Desember 2018 lalu,  saya menghadiri acara ASUS Blogger Gathering yang diadakan di Hotel Grand Zuri Jogja. Di acara tersebut,  Asus memperkenalkan 2 produk Smartphone gaming terbarunya,  salah satunya adalah ASUS ZenFone Max M2.

Penampakan Asus ZenFone Max M2
(sumber : channel.asus. com)
Meskipun saya bukan gamer sejati, informasi ini sangat penting karena kebetulan saya tengah mencari smart phone gaming untuk kado ulang tahun pak suami. Belakangan ini beliau sering mengeluh hpnya sering error, panas,  dan lemot saat digunakan untuk ngegame. Maklum,  HP udah uzur masih dipaksa kerja keras juga 🙆

Suami memang suka ngegame,  hobi yang sudah lama ditekuni bahkan sebelum kami menjadi pasutri. Dan sejauh ini hobinya itu tidak mengganggu,  karena beliau masih ingat waktu. Jadi semacam media refreshing saja,  biar tidak jenuh dengan rutinitas harian dan jadwal kerja.

Oleh karena itu bagi saya bisa mengikuti acara Asus Blogger Gathering ini merupakan sebuah keberuntungan. Karena di sini saya akan memperoleh informasi langsung dari sumbernya. Yap, salah satu previllage menjadi narablog. Memperoleh kesempatan mendapatkan informasi dari narasumber yang bisa dipertanggungjawabkan lewat mata kepala sendiri. No hoax dan no tipu-tipu .. !!!

Saya bersama teman-teman blogger yang hadir
Di acara Asus Blogger Gathering (doc. Manda)

Tentang Asus ZenFone Max M2
Acara Blogger Gathering bersama ASUS ini dihadiri sekitar 30 blogger Jogja.  Rata-rata mereka adalah blogger tekno,  meskipun  ada juga beberapa blogger gado-gado life style seperti saya. Setelah beramah-tamah dan menikmati coffee break, acarapun segera dimulai.

Dalam acara tersebut, Frandy Aprianto selaku Smartphone Product Marketing ASUS Indonesia mengungkapkan, ASUS memiliki strategi untuk fokus di industri mobile gaming. Karena saat ini industri gaming memang cukup menarik. Bahkan berdasar riset yang dilakukan oleh ASUS, diperoleh data yang cukup unik,  yakni :

  • 4 dari 10 aplikasi tidak berbayar terpopuler adalah aplikasi games.
  • Dari 10 aplikasi berbayar,  7 terpopuler semuanya berkaitan dengan games. 
  • Dari 10 besar aplikasi pemberi revenue ke developer, 9 aplikasi adalah aplikasi games. 
  • Dan sebagian besar gamer terutama di Indonesia menggunakan smart phone untuk ngegame. 

Nah, data-data yang diperoleh tersebut digunakan ASUS untuk menentukan strategi bisnisnya.

Saya sendiri bukan pecandu game.  Saya ngegame hanya kadang-kadang. Itu juga paling game sederhana semacam tetris saja. Sebagai pembunuh waktu ketika harus menunggu.

Namun berhubung saya ingin memberi kado gawai baru untuk suami sayapun jadi kepo maksimal dengan smartphone keluaran ASUS ini. Yang konon kabarnya gahar dan tangguh, dambaan para penikmat games. Dan di acara ini kami dikasih bocoran lengkapnya. Mulai dari spesifikasi fisik,  sampai keunggulan-keunggulan lain yang dimilikinya.

Dari penjelasan yang diberikan,  pilihan saya mengerucut ke ASUS ZenFone Max M2. Karena disamping sesuai dengan anggaran dana,  smartphone ini memenuhi semua kriteria yang saya cari. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya...

"ASUS ZenFone Max M2, Smartphone Pertama dengan Snapdragon 632 dan Baterai Besar 4.000 mAh. Tampil lebih powerful dan premium, serta tetap hadir dengan harga terjangkau"

Demikian kalimat pembuka dalam release yang disampaikan pihak ASUS kepada kami yang hadir di acara ASUS Blogger Gathering. Bagaimana ZenFone Max M2 bisa diklaim seperti itu?  Berikut faktanya...

1. Tampilan Premium 
ZenFone Max M2 merupakan generasi penerus ZenFone Max M1. Smart phone ini  hadir dengan desain bodi baru yang lebih ramping dan ringkas, dengan premium metal finish dan tiga pilihan warna yang menarik yaitu Midnight Black, Space Blue dan Meteor Silver. Selain itu gawai ini juga mengusung layar yang lebih lebar,  yakni 6,3 inci.

2. Performa yang Maksimal
Di dalam ZenFone Max M2 terdapat SoC terkini Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful yang dibangun dengan arsitektur ARM 14nm dan ditemani oleh RAM hingga 4GB.

Penggunaan SoC terbaru tersebut membuat ZenFone Max M2 tampil dengan performa CPU 40% lebih tinggi dan performa grafis 10% lebih baik dari perangkat yang menggunakan Snapdragon 626.

ZenFone Max M2 juga sangat efisien dalam hal konsumsi daya sehingga bisa menemani penggunanya seharian dan dapat menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar.

3. Kapasitas Baterai yang Besar
ZenFone Max M2 kali ini menggunakan baterai lithium-polymer berkapasitas besar yakni 4.000 mAh. Baterai yang diproduksi secara khusus tersebut mampu membuat ZenFone Max M2 memiliki waktu standby di jaringan 4G selama 33 hari. Selain itu, smartphone ini juga bisa menemani penggunanya menonton video selama 21 jam, berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam, hingga bermain game selama 8 jam non-stop. Dan performa baterai merupakan salah satu fokus utama di seri ZenFone Max.

4. Tampilan layar yang maksimal
ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama di seri ZenFone Max yang menggunakan layar 6,3 inci all-screen 19:9 HD+ (1520 x 720). Layar tersebut hadir dengan screen-to-body ratio hingga 88% sehingga dapat memperkaya pengalaman penggunaan. Baik untuk berselancar di internet, menonton video ataupun bermain game, layar ZenFone Max M2 sudah bisa mengakomodasi semuanya.

Sumber : ig @asusid
Layar pada ZenFone Max M2 juga membuat smartphone ini tetap ramping dengan ketebalan hanya 7,7mm, lebih tipis dari pendahlunya yang memiliki ketebalan bodi hingga 8,7mm.

5. Hasil Gambar yang Keren
Sistem kamera ganda di ZenFone Max M2 mengusung sensor beresolusi 13MP dengan aperture lebar f/1.8 yang bisa menghasilkan gambar dengan detail di situasi apapun. Kamera tersebut sudah didukung fitur AI Scene Detection yang memungkinkan ZenFone Max M2 mengenali 13 jenis foto.

Agar hasil pengambilan gambar tetap stabil dan tidak blur, kamera ZenFone Max M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS).

Sumber : ig @asus.id
Kamera kedua di ZenFone Max M2 merupakan kamera khusus untuk menghasilkan efek bokeh di foto potrait. Kamera ini mampu menghasilkan efek blur pada background yang sangat natural layaknya diambil menggunakan kamera profesional.

6. Sistem Audio yang Lebih Baik
ZenFone Max M2 hadir dengan lima magnet speaker dengan metal voice coil. Lima speaker tersebut dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier agar menghasilkan suara yang jernih dan keras,  sehingga pengalaman multimedia dari user semakin maksimal.

Sistem audio yang telah ditingkatkan ini membuat Zenfone max M2 menyandang gelar sebagai  pusat multimedia mobile terbaik di kelasnya.

Sehingga tidak berlebihan jika Jimmy Lin, Regional Director South East Asia Asus, menyatakan : 
"ZenFone Max M2 ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata, karena Smartphone ini masih sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar."

7. Harga Terjangkau
Dengan kualitas yang dimiliki tersebut,  Asus ZenFone Max M2 yang hadir dalam dua konfigurasi memori yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.  Yakni Rp. 2.299.000,- untuk Asus Zenfone Max M2 3/32, sedangkan Asus Zenfone Max M2 4/64 ditawarkan dengan harga Rp. 2.699.000,-

Adapun spesifikasi rinci dari gawai ini adalah sebagai berikut :



Nah,  dengan spesifikasi yang dimiliki tersebut saya mantap untuk memilih Asus ZenFone Max M2 sebagai gawai yang menemani aktivitas keseharian suami dalam bekerja,  termasuk aktivitas nge-game ria.  Bagaimana dengan teman-teman, apa smartphone gaming pilihan anda?  Sharing yuk...

Sumber :
1. Pers realese ASUS
2. Seluler.id : Edar di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Max (M2)

52 komentar:

  1. Baterenya itu yang bikin aku kepengen...karena selama aku pegang smartphone, knp selalu bermasalah sama batere. Cepet habis. Sampe aku mikir...aku yang nggak bisa ngerawat, atau karena smartphone mmng terlalu keras bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mb.. Daya tahan baterai tu pentiing banget... Jadi tenang kl punya hp awet baterai..

      Hapus
  2. Mantap ini handphone, dengan harga segitu fiturnya luarbiasa lho.

    BalasHapus
  3. adik iparku ada yang suka banged ngegam.. udah nikah padahal... dan saat aku kasih tau,, eh ternyata dia udah tau duluan... hehe emang yaaaaa joss banged asus ini tau saja pasarnya

    BalasHapus
  4. Asus keren. Suka sama fiturnya. Apalagi baterainya yang tahan lama. Aku kadang pakai Asus bapakku buat foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em.. Baterai tahan lama bikin ga mati gaya 👍👍

      Hapus
  5. Tmn aku juga gtu. Gamer dia, klo mnta saran beli hp pasti disuruhnya beli asus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti memang sudah terkenal di kalangan gamer ya ASUS..

      Hapus
  6. Asus memang lg digemari bnget ya krn inovatif dan harganya sngat terjngkau. Bokeknya ngeri ya kyk lensa SLR heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul2..serasa jadi tukang foto profesional... 😀

      Hapus
  7. Banyak yang kasih review positif terhadap handphone gaming ini. Produsennya tahu saja memanjakan konsumennya. Pasti dicari-cari oleh para penggemar game

    BalasHapus
  8. Kemaren sempat pengen beli hp asus tipe ini n skrg baca review nya bikin tambah pengen dh..cusslah klo gt

    BalasHapus
  9. Games emang udah jadi bagian dari aktivitas sehari-hari ya mbak, sadar dan nggak. Punya smartphone yang mendukung kegiatan nge-game ini bisa jadi kebutuhan. Asus tahu banget sih kebutuhan pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar... Apalagi sekarang dalam keseharian orang tidak bisa lepas dari hp...

      Hapus
  10. Dengan spesifikasi yang begitu bagus, harganya ini termasuk murah. Asus mah udah nggak diragukan lagi ya mbak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb... Ngegame jd lancar, ga nge hang hpnya...

      Hapus
  11. Keren yaaaa.... Speknya bener2 mumpuni. Harganya pun terjangkau. Jadi pingin punya 😎😎

    BalasHapus
  12. Nah ini dia harganya terjangkau dan spek2nya mumpuni..cucokkk deh ya mbak bikin ngiler pengen punya 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap.. Baterainya yang tahan lama jd salah satu nilai lebih juga..

      Hapus
  13. Baterainya tahan lama nih. Cocok buat kita-kita yang mobile dan sering medsos an...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Jadi ga khawatirvkl charger atau power bank tertinggal..

      Hapus
  14. Ini memang keren banget. Sebagai pecinta ASUS, kalo lagi ada dana kuingin coba yang ini.

    BalasHapus
  15. Jadi pengen juga ihhh, suami n anak2 saya gamers spesialis weekend

    BalasHapus
  16. Kalau saya seneng nge-game. Makanya senneg kalau ada smartphone yang bagus buat main game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Cocok nih mb, dg smart phone gaming dari ASUS ini..

      Hapus
  17. Lagi nyari HP sih. Bukan buat ngegame, engga suka ngegame. Tapi dng spek canggih gitu, harganya terjangkau yah. Bisa nih jadi bahan pertimbangan.
    Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok nih mb buat blogger, baterainya tangguh, awet...

      Hapus
  18. Wah keren ya specnya. Aku nggak daftar di acara itu krn waktunya bentrok, jadi nggak bisa njajal kekerenannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, lumayan jadi bisa tahu keunggulan HP ASUS. Buat blogger bagus juga ini, baterainya tangguh jadi awet buat ikut event, n hasil fotonya juga bagus... Mksh mb, sudah mampir..

      Hapus
  19. Boo.. main game 8 jam nonstop??? jadi ingat dulu pernah main harvest moon ampe ketiduran saking lamanya nongkrong depan layar TV. hahaha.

    apalagi suara audionya bagus ya. bisa buat menemani perjalanan berjam-jam tuh tanpa khawatir nyari colokan listrik. mantul euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Jd mau ngegame secapeknya bisa nih... 😁

      Hapus
  20. beliiii cusss langsung mba, trus main game ma ponakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip... Jgn sampai lupa deadline tulisan ya.... 😁

      Hapus
  21. waduhh ni hp emang keren banget.. kuingin memilikinya haha... meskipun bukan gamer boleh kan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget. .cocok juga buat blogger dan traveller, baterainya awet... 😍😍

      Hapus
  22. Wah menarik juga nih hpnya.
    Rasanya pengen upgrade hp.
    Tapi nabugn dulu ah..

    salam kenal,
    www.kidalnarsis.com

    BalasHapus
  23. Kualitas max harga terjangkau

    BalasHapus
  24. Zenfone max yang ini saingannya sama siomay ya....

    BalasHapus
  25. seru pasti yah mbak hadir di acara launchingnya hehhe, mantab smartphone ini mah, murah neh hehe

    BalasHapus
  26. ASUS bener-bener semakin berinovasi.

    BalasHapus
  27. Beruntungnya narablog ya Kakaa, jadi sekali merangkuh dayung dua tiga pulau terlampau.. hehee ilmunya nambah sembari pilihan ngasih kado apa juga nambah yakin. Makasii sharing-nya Kaa :)

    BalasHapus