Selasa, 19 Februari 2019

Medpresso, Tempat Nongkrong yang Asyik dan Edukatif

Apa yang biasa teman-teman lakukan untuk menyegarkan pikiran? Jawabannya tentu beragam. Kalau saya biasanya memilih jalan-jalan kemudian di akhiri dengan makan-makan. 

Tapi kadang kalau lagi ingin yang praktis dan ekonomis saya cari tempat makan dengan suasana yang asri sehingga kebutuhan jiwa dan raga bisa terpenuhi (tsaaah..istilahnya πŸ˜…). Maksudnya tempat makan yang selain membuat kenyang, juga bisa merefresh pikiran. Salah satunya yang akan saya ceritakan ini..

Medpresso coffee garden (doc.pri)
Medpresso Coffee Garden
Berawal dari ajakan seorang teman untuk mencoba sebuah coffee shop baru yang berlokasi di seputar kampus UGM dan UNY, tepatnya di Jalan Cempaka Putih no 8 Karang Gayam Yogyakarta, berangkatlah saya bersama seorang kawan menuju ke lokasi. Meskipun sempat pakai acara salah alamat, namun akhirnya tempat yang dimaksud dapat kami temukan juga.

Salah satu sudut di medpresso (doc.pri)

Medpresso (doc.pri)

Sebuah bangunan dengan halaman yang cukup luas dan asri menyambut kami. Di dinding pagar bagian depan tertulis dengan huruf besar, "Medpresso Coffee Garden"

Lokasi parkir yang luas (doc.pri)
Saat kami sampai lokasi, suasana masih agak sepi. Tapi justru itu yang menjadi keuntungan kami. Suasana yang belum terlalu ramai memungkinkan kami melakukan eksplorasi.

Beberapa teman yang ada di lokasi (doc.pri)
Bahkan kami berkesempatan bertemu dengan owner dan pengelolanya, dan berbincang tentang konsep dari coffee shop ini.

Sejarah Medpresso Cofee Garden
Coffee Shop ini ternyata baru 3 minggu beroperasi. Menempati halaman kantor penerbit Media Pressindo Grup, pendiriannya dilatarbelakangi oleh keinginan dari pemiliknya Bapak Indra Ismawan untuk memanfaatkan lahan yang ada agar lebih bermanfaat dan produktif. Karena buku dan kopi adalah kawan sejati, maka dibuatlah kedai kopi ini. Coffee shop ini terdiri dari dua bagian ada yang indoor ada yang out door. Di bagian indoor terdapat beberapa rak untuk tempat menyimpan buku.

Di bagian indoor dari Medpresso (doc.meisya)

Dari kiri : Mas Bajang, Pak Indra, Pak Agus (doc.pri)
Lebih jauh Mas Bajang selaku Manajer Medpresso menyampaikan bahwa kedai kopi sudah menjadi life style anak muda di Jogja. Nah kali ini Medpresso berusaha menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding coffee shop lain yang sudah ada. Diantaranya konsep taman (garden), platting yang natural (alami) sehingga banyak menggunakan bahan kayu sebagai alat saji, dan menjadi tempat yang nyaman bagi komunitas dari berbagai kalangan, baik sastrawan, sineas, maupun start up untuk berdiskusi. Sehingga diharapkan terjadi perubahan positif bagi penikmat kopi di Jogja, selain suka nongkrong, juga rajin berdiskusi dan gemar membaca. Karena di kedai kopi ini aneka buku berkualitas yang telah terkurasi tersedia dan bebas untuk dibaca para pengunjungnya.

Saya dan teman-teman berfoto bersama owner dan pengelola Medpresso (doc. niken)
Sementara Mas Agus, Manajer Media Pressindo Grup menyampaikan bahwa ke depannya, Medpresso Coffee Garden ini akan dilengkapi co working space dan open kitchen. Jadi bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin menyelenggarakan event. Parkir di tempat ini juga luas, dengan tenaga keamanan yang siap 24 jam jaga. Fasilitas lain yang juga tersedia adalah toilet yang bersih dan musholla yang representatif. Untuk jam bukanya, kedai kopi ini siap melayani dari Senin- Minggu, pukul 09.00 -23.00 WIB.

Menu di Medpresso Coffee Garden
Bicara tentang tempat makan, yang wajib tentu cerita tentang menu-menunya. Seperti apa menu-menu di Medpresso? Berikut ulasan saya...

Meskipun merupakan coffee shop, tetapi menu non kopi yang tersedia di sini cukup beragam. Ada juice, smoothies, mojito, blended, dan teh.

Menu di medpresso (doc. Arry Wastuti)
Nah, pada kesempatan pertama saya berkunjung ke sini, karena saya bukan penggemar kopi, saya mencoba minuman taro. Minuman ini tersedia dalam 2 pilihan, hot dan blended. Berhubung saya sadar diri tidak tahan dengan minuman dingin, saya pilih yang hot taro. Sedangkan untuk cemilan saya pilih pisang goreng. Untuk makannya, saya pilih rice bowl chicken blackpepper. Dan berikut menu-menu pilihan saya...

1. Rice bowl chicken black pepper
Diantara menu-menu yang saya pesan, ini yang paling lama dihidangkan. Saya tidak tahu kenapa. Mungkin karena di Medpresso ini konsep yang dikedepankan adalah healthy food, maka nasi dimasaknya sesuai orderan. Karena memang nasi yang terlalu lama disimpan di magic com tidak baik untuk kesehatan. Angka indeks glikemiksnya menjadi tinggi dan beresiko menyebabkan penyakit gula.

Rice bowl dan hot taro (doc.pri)
Menu ini dihidangkan dalam mangkok, berisi nasi panas dengan topping potongan ayam yang dimasak dengan lada hitam, telur setengah matang, dan sambal matah. Porsinya cukup mengenyangkan. Campuran nasi,  ayam, dan lelehan telur setengah matangnya menjadikan cita rasa dari menu ini unik dan beda dari yang lainnya.

2. Pisang goreng
Pisang ini langsung jadi idola. Penyajiannya pun beda dari biasanya. Pisang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dengan tepung tipis, dan ditaburi bubuk putih yang tadinya saya kira gula halus. Tetapi setelah dicicipi, bubuk putih itu tidak berasa manis, tapi gurih dengan aroma mirip santan.

Pisang goreng dan Brown machiato (doc.retno)
Perpaduan rasa manis dari pisang dan gurih dari taburan santan bubuk ini meninggalkan rasa yang tidak mudah dilupa. Sehingga sebelum habis, tangan dan mulut tidak akan berhenti bekerja. Menyomot dan mengunyahnya...πŸ˜€

3. Hot Taro
Jujur ini bukan pilihan yang tepat setelah kita mengkonsumsi makanan berat. Rasanya lezat, manis dan gurih, dan ada aroma rasa susu  atau cream yang kuat. Sehingga memberi kesan cepat kenyang.

Hot taro (doc.pri)
Bagi teman-teman yang memilih menu makan besar seperti saya (rice bowl) saya sarankan untuk memilih juice, mojito, atau teh saja. Kalaupun ingin mencoba taro, saya sarankan yang blended, jangan yang hot. Yang blended ada tambahan es nya, jadi ada rasa segar yang tidak cepat bikin kenyang. Kecuali kalau cuma ingin ngemil, hot taro aman jadi pilihan.

Kesibukan yang sempat tertangkap kamera (doc.pri)
Secara keseluruhan aneka minuman di sini recommended semua. Saya sempat mencicipi aneka minuman yang diorder teman. Medpresso pineapple mintnya luar biasa segarnya. Demikian juga dengan medpresso mojito yakult. Sayang karena kapasitas perut, saya tidak bisa mencicipi semua. Berikut orderan beberapa teman yang sempat tertangkap kamera :

Medpresso red cookies dan charcoal choco (doc.pri)

Tropical fruit salad (doc.dwi)

Avocado juice dan potato wedges (doc.pri)

Nah, ini sedikit cerita tentang petualangan rasa saya di Medpresso Coffee Garden. Bagi teman-teman yang hobi nongkrong, ingin menepi atau cari inspirasi silakan ke sini. Demikian juga bagi yang suka hangout rame-rame,  arisan, atau diskusi, tempat ini pun wajib untuk dikunjungi. Masih penasaran dan ingin kepo dulu menu-menunya, bisa follow instagram Medpresso.

Semoga bermanfaat ya...

Salam...

78 komentar:

  1. Charcoal choconya bikin penasaran πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaak mb, kmrn sempat nyicip punya teman...πŸ˜€

      Hapus
  2. Wah boleh dicoba nih kalau ke yogyakarta....tempatnya kalau dilihat kaya jauh dari jalan ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemonn kita ngopi ngopi disini kang

      Hapus
    2. Iya ada seperti gang masuk, tapi tidak terlalu jauh dari jalan raya ..

      Hapus
  3. Langsung tertarik dengan tampilan pisang gorengnya, jadi pengen nyoba buat yg kayak gitu secara lokasi rumah saya kan jauh dari kafe ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mb...enak buat camilan apalagi di musim hujan..πŸ˜€

      Hapus
  4. Kok hidangannya ketoke enak2 ya mbak. Suasananya juga nyaman gitu. Mau ah kapan2 kesana, di tengah kota juga 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingittt...yuk kapan kita ke sana...😍😍

      Hapus
  5. Jusnya seger2, nggak pelit buah mbak. Aku kemarin pesen jus alpukat itu mantep banget 😁 soalnya aku bukan pecinta kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...sama aku kopi baru sebatas doyan..tapi blm suka. Kalau aromanya nahh aku suka banget...ho o juicenya keliatan kl kental mb....besok ah pgn nyoba ..

      Hapus
  6. Asyik ya bisa nongkrong di situ, ada bukunya dan tempatnya juga kelihatannya adem. Wah mau tuh Tropical Fruit Salad sama Avocado Juice-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb..ngobrol jadi ga terasa asyik dan bikin lupa waktu...πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  7. juice sama potato wedgesnya melambai-lambai Mba hehehe

    BalasHapus
  8. wow... avocado juice dan potato wedges nihhhh kesukaanku sama anak-anak..
    btw tempatnya kayaknya asyik banget ya..?
    kapan-kapan ahhhh mampir...
    makasih, Sapti.. atas sharingnya :)

    BalasHapus
  9. Wahh tempatnya cozy ya..

    Kapan2 klo ke jogya lagi mau mampir ah

    BalasHapus
  10. Wah menunya enak2 banget. Tapi yg seru itu tempatnya. Bakal betah banget kalau kayak gini, bisa kumpul sama temen atau menyendiri ngerjain tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, paket komplit ini...trmksh sudah mampir...

      Hapus
  11. Wah kalau ke Jogja mesti nyobain nih. Aku penggemar kopi berat, mantab banyak makanan enak juga :D

    BalasHapus
  12. Sebagai #timnonkopi yang sok-sokan suka nongkrong di kedai kopi aku suka, soalnya di sini pilihan menu non kopinya banyak dan harganya juga nggak njegleg banget hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...baru tahu mb sasha ga suka kopi...kirain semua yang pinter nulis pasti pecandu kopi...πŸ˜€

      Hapus
  13. waduh enak banget tempatnya.. luas dan asri gt ya. menunya juga menggoda. Boleh nih disamperin kalo pas ke Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...lumayan bisa merefresh pikiran..yuk ditunggu ke Jogjanya...

      Hapus
  14. Hangout bareng teman atau keluarga semakin asyik jika tempatnya nyaman dengan aneka menu yang mampu menggoyang lidah :)

    BalasHapus
  15. Medpress sekarang tempatnya tambah keren ada cafenya juga. Dulu aku sering banget main2 ke situ, banyak temen2 aku yang kerja di situ... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woh..iya2...sekarang tamannya berubah jadi kedai kopi mb...hihi..

      Hapus
  16. Medpresso ini lokasinya dimana mba Sapti? Kapan mau diajakin ke sini, nongki2 ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah deresan mb...jalan cempaka putih...yuk cuzz kapan2 kita ke sini...😊

      Hapus
  17. Boleh banget nih dicoba pas di Jogja, Bawa bocil-bocil juga asyik sepertinya ya (n_n)

    BalasHapus
  18. Enak banget sih ini tempatnya, jadi pengen nyoba kpan2, makasih infonya

    BalasHapus
  19. wah asyik ya tempat nongkrongnya

    BalasHapus
  20. Kalau ada co working space-nya nanti bakal tambah ramai. Pas sih, udah ada area parkir yg luas. Suasananya juga enak yaaa... Btw, saya naksir saladnya. Coba diZoom lg motretnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...bisa jadi tempat nongkrong favorit...πŸ˜€ hihi...siap..besok kl ke sana saya fotoin lagi yaa...😍😍

      Hapus
  21. Banyak bener nyicipnya mbak hehe ajakin dong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya lebih banyak lagi...kan ambil punya teman, comot sana comot sini..πŸ˜‚πŸ˜‚ yuk...syukuran yang baru dapat hadiah yaaa...😁

      Hapus
  22. Kl di Jogja jarang banget ngopi di cafe gini, seringnya di Mato sampe pagi ngopi bareng temen hahahaha

    Tempatnya Instagramable ya, temenku banyak yang posting foto di sini haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. He3...iya lebih pas jadi tempat nongkrong dan diskusi baik untuk penggemar kopi maupun non kopi...yuk mbak mampir...πŸ˜€

      Hapus
  23. Pisang goreng dan machiato perpaduan yang pas. Sama mbak salah satu cara untuk menyegarkan pikiran adalah ngopi diluar. Ga perlu yang mahal asal tempatnya enak buat lama2 jd bisa sambil nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...rasa manis dan pahit yang saling menyempurnakan...πŸ˜€

      Hapus
  24. Keren tempatnya dan menunya juga sangat variatif dan kelihatan lezat. Rasanya, pengen segera terbang ke sana dan mencicipi menu yang disediakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mb...kalau ke Jogja jangan lupa mampir....πŸ˜€

      Hapus
  25. tempatnya asyik mbak, dulu sewaktu masih berstatus mahasiswa gajah mada belum ada model cafe gini mbak..adanya burjo ama angkringan murah meriah aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..kl sekarang cafe spt ini menjamur mb...lebih2 ini dekatnya ada kost eksklusif gitu . Jd pas deh targetnya. .mahasiswa yg seneng nongkrong...

      Hapus
  26. tempatnya luas banget mbak.. banyak pohon juga jadi enak gitu yaa siang siang nongkrong dimari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb...byk yang duduk berlama2 buat ngadem...

      Hapus
  27. Gak sabar nunggu co working space-nya jadi. Biar lebih nyaman laptop-an kalo ke sana lagi.

    BalasHapus
  28. Wah tempatnya cozy banget mba, makanannya pun menggugah selera

    BalasHapus
  29. saladnya menggoda banget tuh mbaaa, cocok lah buat menu para pejuang diet sepertiku, hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwwkwk...ayo mb mampir sambil ngevlog..πŸ˜€

      Hapus
  30. Bisa jadi salah satu cafe yang recommended nih. Apalagi tempatnya emang lain daripada yang lain ya. Ditambah lagi dengan menu makanan yang variatif dan harga yang masih terjangkau. Keren deh.

    BalasHapus
  31. Konsep kafe-nya bagus nih: agar gak sekadar nongkrong tapi juga diskusi dan suka baca. Kalau deket, sudah saya samperin, hehe. Karena saya iyes banget kalo sama kopi dan buku. Nice info, Mbak. Moga2 bisa mampir pas ke Jogja nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...agar nongkrongnya tetap berfaedah..πŸ˜€

      Hapus
  32. Wah... Bakalan betah banget nongkrong disini. Suasananya homy dan adem gitu😊😊. Inspirasi yang baik buat make over tempat nongkrong di rumah hehhe

    BalasHapus
  33. Tempatnya cozy banget mba, ditambah lagi harganya yg cukup terjangkau. Boleh banget nih buat dicoba. Noted

    BalasHapus
  34. Wahhh suka nih suasananya ademmm...bikin netsh nih...jd trbyang2 sm pisgornya. Kpn2 klu k Jogja mlipor ah. Noted. Thx y

    BalasHapus
  35. Tempatnya asyik banget nih buat ngajak keluarga menghabiskan akhir pekan. Seru! Makanannya juga keliatan enak. Duh jadi ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...buat nongrong2 cari inspirasi juga enaak...πŸ˜€

      Hapus
  36. Tempatnya enak kayaknya. Kalo ada nama minuman Taro, yang kebayang kok snack ya? Tapi lihat gambarnya bikin pengen nyoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taro itu talas jepang katanya...warnanya ungu ini mb..enak, ada tambahan creamernya ini...

      Hapus
  37. Kliatannya Adem ya mbak suasananya, tapi saya penasaran sama pisang goreng nya pke taburan santan kering πŸ˜€ pasti enak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaak mb....ada rasa gurih dan wangi santan...mksh sdh mampir ya...

      Hapus
  38. Wah asyik nih tempatnya, baru tahu mbak, Makasih reviewnya.

    BalasHapus
  39. Wah sangat pengen berkunjung kesana, sudah suasana nyaman kopi lengkap dan menunya juga gak hanya kopi tapi banyak makanan dan minumannya

    BalasHapus