Kamis, 28 Februari 2019

Tips Perjalanan Menyenangkan di Mudik Lebaran

Libur panjang adalah saat yang dinantikan. Waktu dimana kita sejenak dapat melepaskan beban pekerjaan dan rutinitas harian. Dan mempersiapkan perjalanan yang aman dan nyaman terutama jika kita bepergian bareng keluarga adalah suatu keharusan. Apalagi jika kita perginya di saat-saat crowded seperti libur akhir tahun atau libur lebaran. Karena liburan panjang seperti ini banyak dimanfaatkan orang untuk melakukan perjalanan.

Sumber : pixabay
Libur lebaran memang masih sekitar 4 bulan lagi, tepatnya ditanggal 5 - 6 Juni 2019. Tapi ada baiknya mulai dari sekarang kita mempersiapkan diri, baik fisik, mental, maupun finansial.  Berikut beberapa hal yang harus kita persiapkan agar perjalanan mudik kita menyenangkan. 

Persiapkan Anggaran Mudik Mulai dari Sekarang
Tidak bisa dipungkiri, selain dinantikan, momen mudik adalah momen yang banyak menguras dana. Oleh karena itu harus jauh-jauh dipersiapkan agar tidak menjadi ganjalan. Menyisihkan sebagian dari gaji maupun bonus harus dilakukan. Dan ini perlu kedisiplinan.

Menabung, sumber : pixabay
Semua pengeluaran juga harus dipilah dan dirinci agar tidak ada yang terlewatkan. 
Untuk menekan pengeluaran saat mudik, banyak penasihat keuangan yang menyarankan untuk membatasi membawa uang dalam bentuk tunai. Ini akan menekan keinginan kita untuk mengeluarkan dana untuk hal-hal yang tidak terlalu prioritas, misalnya untuk belanja barang-barang yang tidak terlalu urgen 

Memilih Moda Transportasi 
Ini juga hal yang sangat urgen. Alat transportasi yang kita pilih sangat berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan kita. Pilihannya ada dua, pakai kendaraan pribadi atau dengan transportasi umum.

Salah satu transportasi massa yang nyaman
 (sumber : kabar.news.com)
Untuk pilihan pertama yakni kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan :
  1. Periksa kondisi kendaraan kita. Jika roda empat, mesin, rem, oli, air bag dan ban. Jika roda dua cek kondisi rem dan roda.  Pastikan semua dalam kondisi prima. Sehingga kendaraan nyaman dan aman ketika dipakai mudik.
  2. Periksa kelengkapan surat-suratnya, bawa uang dalam jumlah cukup. Termasuk bahan bakar, sebaiknya diisi penuh.
  3. Pilih waktu mudik dimana kondisi jalan belum terlalu penuh. Dan taati rambu-rambu lalu lintas yang ada.
  4. Jangan membawa muatan melebihi beban. 
  5. Siapkan perbekalan yang cukup. Baik makanan maupun obat-obatan. 
  6. Jangan lupa berdoa ketika memulai perjalanan.
  7. Selalu istirahat ketika kantuk dan lelah melanda. 

Jika kita ingin menggunakan transportasi umum, ada beberapa tips juga yang layak diikuti agar perjalanan mudik aman dan nyaman. Diantaranya :
  1. Pastikan kita sudah mendapatkan tiketnya ditanggal keberangkatan kita. Dan pilih moda transportasi yang paling nyaman menurut kita. Bisa pesawat, kereta api, bus, travel atau yang lainnya.  Kalau saya pribadi lebih memilih kereta api sebagai pilihan untuk transportasi mudik. Karena disamping ekonomis, kereta api termasuk moda transportasi darat yang nyaman termasuk untuk anak. Oh ya, bagi teman-teman yang juga lebih suka memilih kereta untuk perjalanan mudik lebaran 2019 ini, sebaiknya segera mempersiapkan diri. Karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan penjualan tiket sejak H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan. Dan sebaiknya, pengguna jasa kereta api pesan tiket kereta api mudik lebaran murah di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI supaya terhindar dari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar. 
  2. Berpenampilan sewajarnya. Jangan menyolok. Karena kita berbaur dengan orang banyak, pastikan penampilan kita tidak nengundang orang yang berniat jahat. 
  3. Jangan berakrab-akrab dengan orang asing, berhati-hatilah dan tetap waspada. Jangan menerima makanan/minuman pemberian orang yang baru dikenal. 
  4. Bawalah uang tunai secukupnya saja. Dan jauhi tempat yang sepi. Bila bingung dan memerlukan informasi, bertanyalah kepada petugas keamanan atau kepolisian.

Persiapan Fisik dan Mental Jelang Mudik
Fisik yang prima sangat diperlukan dalam mudik. Berbagai ketidakpastian karena kondisi selama di jalan pasti ditemui. Entah itu masalah kemacetan yang menyebabkan keterlambatan atau kendala lainnya. Sudah pasti itu sangat menguras tenaga fisik maupun mental. Sehingga ini juga perlu dipersiapkan.

Silaturahmi yang dinantikan (doc.pri)
Akhirnya selamat mempersiapkan mudik dengan baik. Semoga semua diberi kelancaran dan kemudahan. Dan keriangan mudik lebaran tahun 2018 kemarin dapat kembali terulang. 

Salam...

72 komentar:

  1. Pingin deh sesekali mudik naik KA. Tapi mlh ribet berliku tajam hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...rumahnya tidak dilalui jalur kereta ya? Kalau begitu piknik ke tempat yg dilakui kereta...yuuk...😀

      Hapus
  2. asyik memang naik kereta tuk perjalanan apalagi kalau ramai-ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...anti mabuk juga, karena di dalam ga bau bahan bakar...😂😂

      Hapus
  3. Aku mbayangin mudik pake kereta itu pasti asyik..soalnya ga macet. Tapi mo mudik kmn...wong cuma lintas kabupaten..

    Kapan2 ae jalan2 pke kereta..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...asyik ya, bisa mudik kapan saja dan jarang bermacet2an...

      Hapus
  4. Wah 90 hari jelang lebaran tiket mudik KA sudah bisa dipesan ya. Dulu pernah nemenin adek kos yang cari tiket mudik saat lebaran, sampai antri2 di stasiun panjaaang banget. Sekarang mah semua sudah enak ya, bisa online. Walau harus rebutan juga. Kalau saya sendiri berhubung dekat jadi mudiknya naik motor aja. Saat macet bisa melipir sana sini dan cari jalan tikus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb...meminimalisir antrian, bagian dari kemudahan akibat kemajuan teknologi...he2.. Trmksh sudah mampir...

      Hapus
  5. Simpan dulu deh tips ini, lha aku mudiknya cuma Jogja-Magelang mb. Ehehe 😆

    BalasHapus
  6. aku nggak pernah ngerasain namanya mudik mbak, hehehe... tapi tipsnya asyik bisa dipersiapkan untuk liburan non-mudik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ga pernah ngerasain macet2an dong...😀

      Hapus
  7. ngga kerasa ya, bentar lagi waktunya mudik hehehehe

    BalasHapus
  8. Drama mudik lebaran yg pernah saya alami ya naik bis, rebutan dan berdesakan saat mau naik di terminal Surabaya.

    Kalau naik KA, keponakan yg sering ngalami, harus siap hunting tiket KA jauh2 hari banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kl bis kebayang repotnya...paling enak mmg kereta, mskpn dapetin tiketnya juga perlu perjuangan..

      Hapus
  9. Lebaran tinggal 3 bulan lagiii.. Yang mau mudik sudah harus hunting tiket nih dari sekarang. Makasih tipsnya Sapti, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. terima kasih Mba untuk tips mudiknya. kalau lihat-lihat berita kondisi mudik lebaran itu waaahhhh waw banget. jadi persiapan fisik dan mental mesti alias kudu banget dipersiapin ya. kebetulan saya dekat mudiknya jadi gak bisa bayangin kondisi macet-macetannya kayak apa, semoga buat yang mudik-mudik nanti diberi kelancaran ya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, kl yang dekat2 memabmng tidak bisa merasakan "nikmatnya" perjalanan mudik...😀

      Hapus
  11. Artikel yang sangat bermanfaat ini ....kalau kamu mudiknya gak perlu berhenti kalau capek Krn cuma jogja-klaten, sejam juga nyampe 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...ya bgtlah nasib yang mudiknya dekat, kurang menantang ..😀

      Hapus
  12. Jadi ga sabaran nungguin lebaran deh.. thanks ya tips-nya

    BalasHapus
  13. Wahhh gak terasa ya bentar lagi mau lebaran aja :D

    BalasHapus
  14. Waahh!! Boleh dicoba nih buat nanti mudik semoga bisa punya kesan menarik..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...agar mudik asyik, harus disiapkan sedari awal. Mksh sdh mampir...

      Hapus
  15. Pengen banget lebaran ikut mudik tapi bingung mau mudik kemana, ngga punya kampung..hiks

    BalasHapus
  16. asiyap, postingan yang jauh2 hari udah dibuat. cocok untuk yg mau prepare dari awal untuk mudik tahun ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, karena untuk tiket KA sudah mulai dilayani h-90. Biar tidak kehabisan..mengingat KA adalah transportasi idola. 😀

      Hapus
    2. yap kabarnya dari KAI begitu. iya KA transportasi idola, idola untuk antar Jawa, kalau antar pulau lain lagi hehe.

      Hapus
  17. Wah gak terasa lg ntar lg puasa dan Lebaran akan tiba.. Dah mikir juga nih bakal mudik ke kampung halaman suami..

    BalasHapus
  18. Pengen mudik tapi nggak punya kampung halaman hehe

    BalasHapus
  19. Beli tiket dari sekarang ah takut kehabisan hehe

    BalasHapus
  20. lebaran sebentar lagi.....dan tiket transportasi sudah mulai dibuka dari sekarang, harus beli dari sekarang agar tidak kehabisan.

    BalasHapus
  21. Kereta Api juga masih menjadi andalan untuk pulang kampung/mudik. Nyaman dan bebas macet, sampai di rumah tepat waktu dan enggak capek di jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Nyaman, murah, dan anti mabok darat...

      Hapus
  22. Pengen mudik naik kereta, tapi keluarga besar masih satu provinsi :D

    BalasHapus
  23. waduh ngga kerasa Ramadan udah di depan mata ya?

    Siap siap nabung :)

    BalasHapus
  24. tak terasa sebentar lagi puasa
    dan tiba2 aja lebaran
    maka mudik harus dipersiapkan terutama yang mau pake KA

    BalasHapus
  25. Pengen deh suatu saat merasakan mudik dengan KA

    BalasHapus
  26. Iyaa...alhamdulillah, sudah mendekati waktu liburan panjang (lagi).
    Benar-benar, waktu berlalu begitu cepat.

    Sepertinya,
    Tahun ini kami mudik menggunakan kendaraan pribadi. Karena lebih santai dan menikmati perjalanan bersama anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendaraan pribadi juga nyaman...asal bisa memilih waktu yang pas tidak terlalu crowded dan tidak tergesa. Jangan lupa bawa amunisi sebanyak2nya...😀

      Hapus
  27. Saya pilih pakai kereta untuk mudik. Ga lelah kelamaan di jalan karena macet dan jam kedatangan di tujuan pun tepat waktu.

    BalasHapus
  28. pengen naik kereta tapi kok ya mahal ya klo rombongan hahaha,,, padahal enak naik kereta gak capek di perjalanan.

    BalasHapus
  29. Hati-hati yang mau mudik yaa... Semoga aman dan nyaman di perjalanan. Risiko kebagian nggak mudik tahun ini

    BalasHapus
  30. wah, udah mau Ramadhan aja ya...

    BalasHapus
  31. Walaupun waktunya masih lama, tapi tetap harus dipersiapkan dari sekarang, ya, mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...nanti ndak lupa..hihi .mksh sudah mampir...😊

      Hapus
  32. Tips dari pengalaman mudik di tahun 2018, ini bentar lagi bisa dipraktikan buat liburan lebaran yang tinggal beberapa bulan lagi ya Kakaa.. TFS :)

    BalasHapus
  33. Aku suka banget mudik sendirian naik KA / bis. Bisa dapet banyak inspirasi sekalian mampir2 dan tahu rasanya tersesat bahkan sampai nggak dapat transportasi pulang.

    Hehehe...

    Terima kasih informasinya ya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...biasa pergi sendiri ya...kalau saya masih suka rame2..biar ada teman ngobrol...😀

      Hapus
  34. Sebentar lagi tak terasa sudah puasa trus lebaran, senengnya bisa berkumpul bersama keluarga besar tipsnya bisa digunakan nih, untuk persiapan mudik lebaran

    BalasHapus