Sabtu, 27 Juli 2019

Kembali Aktif dan Produktif, Bebas Mata Kering dengan Insto Dry Eyes


Beberapa hari belakangan ini saya merasa kondisi mata saya tidak seperti biasanya. Mata saya terasa lelah, selain itu keluhan mata sepet, mata pegel, mata perih, dan gatal, seperti ada sesuatu yang mengganjal, ada semua. Tadinya saya mengira mata saya kemasukan debu, sehingga menjadi iritasi. Biasanya kalau sudah begini saya langsung membasuh muka dan memakai tetes mata khusus untuk mengatasi iritasi. 

Tapi kali ini kok beda, keluhan belum berkurang meskipun saya sudah menggunakan tetes mata. Memang mata agak terasa lebih enak, tapi belum normal seperti biasanya. Mata sepet masih terasa, selain itu saya juga merasa  pandangan mata menjadi tidak jelas (kabur), dan sensitif terhadap cahaya. Dan ini sangat mengganggu produktivitas saya.  Karena saya jadi malas ke mana-mana,  sehingga pekerjaan saya pun banyak yang tertunda.  

Akhirnya karena penasaran saya mencari tahu ada apa dengan mata saya. Dan saya pun menemukan informasi tentang keluhan mata yang disebut mata kering. Jujur baru kali ini saya mendengar istilah itu. Sehingga saya menjadi tertarik untuk tahu lebih banyak tentang mata kering ini. Dan berikut informasi tentang mata kering yang saya dapatkan termasuk cara mengatasinya.

Tentang Mata Kering
Mata adalah adalah salah satu bagian tubuh yang sering saya paksa bekerja over time. Seperti 2 minggu belakangan ini, saya mempekerjakan mata saya terlalu keras. Karena ada acara untuk blogger yang saya ikuti berturutan waktunya, sehingga deadline penulisan artikel pun saling berdekatan bahkan hampir berbarengan. Jadi tidak heran kalau  mata saya kemudian protes dengan memunculkan keluhan yang ternyata merupakan ciri mata kering. 

Penyakit mata kering atau sindrom mata kering disebut juga keratoconjunctivitis sicca adalah kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang cukup dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang masuk ke dalamnya. Akibatnya, mata terasa sangat tidak nyaman, dan memunculkan keluhan seperti mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah.

Dalam kondisi normal, pada saat berkedip kornea mata akan terus dialiri oleh air mata. Air mata tersebut berfungsi untuk memberi nutrisi pada sel kornea dan melindungi kornea dari lingkungan luar. Air mata sendiri merupakan senyawa yang terdiri dari campuran lemak, air, lendir, serta lebih dari 1500 protein yang membuat permukaan mata tetap halus dan terlindungi dari lingkungan sekitar, unsur lain yang mengganggu, termasuk kuman yang dapat menimbulkan infeksi.

Saat kelenjar di sekitar mata tidak bisa memproduksi air mata dalam jumlah yang cukup atau komposisi air mata berubah, maka permukaan luar mata yang berperan untuk meneruskan cahaya ke dalam mata menjadi terganggu kerjanya, sehingga pandangan mata menjadi kabur. Dan untuk diketahui, keluhan ini lebih banyak dialami wanita dibandingkan pria, dan resikonya semakin meningkat seiring bertambahnya usia, mengalami perubahan hormon karena hamilan, konsumsi pil KB atau menopause, serta pemakai lensa kontak.

Gejala mata kering dapat semakin parah saat penderita berada dalam kondisi tertentu, misalnya bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam, cukup lama berada di lingkungan yang udaranya kering, atau membaca buku dalam waktu lama. Jika dibiarkan, mata kering dapat menyebabkan peradangan pada permukaan mata, sehingga menimbulkan jaringan parut pada kornea yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri.

Penyebab Mata Kering
Mata kering bisa disebabkan oleh beberapa kondisi,  seperti :
  • Produksi air mata berkurang, yang biasanya terjadi karena usia tua (di atas 50 tahun) atau karena menderita penyakit tertentu seperti diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, sindrom Sjogren, gangguan hormon tiroid, kekurangan vitamin A, atau karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin, dekongestan, antidepresan, obat hipertensi, obat jerawat, obat penyakit Parkinson, atau obat terapi pengganti  hormon. Bisa juga karena kerusakan kelenjar air mata akibat radiasi atau akibat operasi laser mata (lasik).
  • Air mata lebih cepat menguap yang disebabkan karena cuaca (angin, udara kering), asap, atau karena kondisi yang membuat kita jarang berkedip seperti pada saat membaca atau bekerja di depan layar komputer, termasuk layar gawai. Bisa juga karena ada kelainan mata karena kelopak mata yang berbalik ke luar (ektropion) atau berbalik ke dalam (entropion).

Salah satu penyebab mata kering (doc. Pri) 
  • Komposisi air mata tidak seimbang. Air mata terdiri dari 3 komposisi, yaitu minyak, air, dan lendir, dengan komposisi tertentu. Ketika komposisi ini berubah, misalnya karena sumbatan kelenjar minyak, blefaritis, atau rosacea, maka hal tersebut dapat mengakibatkan mata kering. 

Cara Mencegah Mata Kering
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah mata kering, antara lain : 
  1. Jangan lupa berkedip secara teratur, terutama saat membaca buku atau menatap layar komputer atau gawai dalam waktu lama. Berkedip adalah mekanisme alami tubuh untuk memberi pelumas bola mata, sehingga mencegah terjadinya mata kering. 
  2. Meningkatkan kelembaban udara di rumah atau di tempat kerja. Mengurangi penggunaan AC,  dan membiarkan udara alami masuk ke dalam rumah atau ruang kerja kita bagus juga. Karena udara kering berefek juga pada mata. 
  3. Mengenakan kacamata hitam saat di luar ruangan, untuk mencegah paparan sinar matahari dan angin secara langsung. 
  4. Cegah dehidrasi tubuh dengan minum banyak air (8-10 gelas) setiap hari.

Memakai kaca mata hitam tidak cuma bikin tambah gaya,
tapi juga dapat melindungi mata kita (doc.pri) 
Pengobatan Gejala Mata Kering
Seberapa parah mata kering yang kita alami,  hanya dokter yang bisa memastikan. Dengan melalui beberapa test yang dilakukan,  dokter bisa menentukan seberapa parah kerusakan  mata yang disebabkan oleh mata kering. Sehingga bagaimana pengobatan yang diberikan, tergantung keluhan dan hasil pemeriksaan dokter.

Karena penyebabnya adalah produksi air mata yang tidak normal,  maka terapi atau pengobatan untuk mata kering dilakukan dengan pemberian air mata buatan, meningkatkan produksi air mata, dan mengobati radang kelopak mata atau permukaan mata yang menjadi penyebab mata kering. 

Namun biasanya gejala mata kering yang dialami oleh banyak penderita masih ditaraf yang ringan saja. Sehingga pemberian obat tetes mata yang mengandung bahan yang dapat berfungsi sebagai air mata buatan sangat membantu dan dianjurkan untuk penderita mata kering. Salah satu sediaan yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala mata kering adalah Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes mengadung bahan aktif yang khusus diformulasikan untuk mengatasi mata kering.

Insto Dry Eyes dari Combiphar (doc.pri)
Tentang Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes adalah produk tetes mata varian baru  dari Combiphar yang diformulasikan untuk mata kering. Produk ini mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose yang digunakan untuk perawatan mata kering maupun penurunan sensitivitas kornea yang memberikan efek pelumas seperti air mata, sehingga mampu mengatasi gejala kekeringan pada mata yang disebabkan kurangnya produksi air mata.

Insto Dry Eyes (doc.pri)
Insto Dry Eyes ini  tersedia dalam ukuran 7.5 ml, dan dapat diperoleh di apotek-apotek terdekat di sekitar kita, dengan harga sekitar 13 ribu saja. Harga yang sangat murah untuk menjaga harta berharga kita yaitu mata. Bagi saya pribadi,  karena pekerjaan saya tidak bisa lepas dari penggunaan gawai dan komputer, serta aktivitas membaca buku, maka resiko saya terkena mata kering cukup besar. Sehingga Insto Dry Eyes ini wajib ada di kotak P3K saya. Karena pengalaman saya kemarin, ketika saya rutin menggunakannya Insto Dry Eyes sesuai petunjuk,  yakni sebanyak 2 tetes di setiap mata sebanyak 3x sehari selama 2 hari,  keluhan mata kering saya menjadi hilang,  dan matapun terasa nyaman. 

Jadi bagi teman-teman yang memiliki ritme kerja seperti saya, sering lembur di depan komputer, atau bekerja di luar ruang dan banyak terpapar angin maupun sinar matahari, sehingga beresiko terkena gejala mata kering, yakni mata sepet,  mata pegel, mata perih, dan mata lelah, ada baiknya menjadikan Insto Dry Eyes ini sebagai sediaan yang wajib ada di rumah. sehingga kita bisa tetap aktif dan produktif,  terbebas dari keluhan mata kering yang menghambat aktivitas kita.  Semoga informasi ini bermanfaat yaa...


Salam...

Referesi : 
artikel di alodokter.com
Artikel di insto.co.id

45 komentar:

  1. aku juga biasanya pakai insto kalau mata mulai kering mbak. emang tokcer sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga iya, biasanya hanya sedia yang untuk iritasi saja, sekarang dua-duanya saya punya...

      Hapus
  2. Insto ini juga udah jadi andalanku bgt buat mengatasi mata kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, biar mata kita siap diajak kerja lagi..hihi.

      Hapus
  3. Semua kudu wajib harus bawa INSTO ke manapun dan kapanpun.
    Karena emang SEBAGUS ituuu!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. wkwkwkkw, aku nih kadang kalau terlalu fokus mantengin komputer atau hp, atau baca buku, kadang nggak tahu kalau di dkeatku ada orng hheee. Tapi ya gitu, dampaknya mata kering banget, apalagi pas nggak ngedipin mata, nggak enak banget huhuu
    Intro dry eyes, wajib temani hari2ku nih hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, wajib untuk blogger apalagi yang kutu buku... 😀

      Hapus
  5. Aku juga pake insto dry eyes ini buat mengatasi mata lelah, mata kering.. mata langsung swger lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi..seperti air mata yang melumasi bola mata kita..

      Hapus
  6. Produksi air mata berkurang, yang biasanya terjadi karena usia tua (di atas 50 tahun) atau karena menderita penyakit tertentu seperti diabetes, iya ini dialami ibuku, dan untung beliau selalu sedia insto

    BalasHapus
  7. Mataku juga kayaknya kering nih mbak, gegara kebanyakan nonton drakor di hape. hiks hiks. jadi suka sepet dan pegel gitu. Kayaknya perlu beli insto ya...

    BalasHapus
  8. Aku tuh selalu berusaha buat berkedip terus. Banyak yang bilang karena bisa untuk bisa beraktifitas dan bikin mata nggak kering yaa

    BalasHapus
  9. kalo aku merasa mudah mata kering saat pakai contact lens. Jadinya sesekali kudu tetes mata insto supaya kesehatan mata tetap terjaga.

    BalasHapus
  10. Penting banget ya bisa tetap produktif. Insto dry eyes salah satu yang membantunya

    BalasHapus
  11. Paling kerasa kalau seharian nyetir ke sana ke mari.
    Pasti deh...kerasa lelah banget si mata ini.
    Harus selalu sedia Insto Dry Eyes di tas kesayangan niih...

    BalasHapus
  12. Iya mbak saat menatap layar monitor emang dianjurkan supaya gak sering2 liatin terus, melainkan juga kedip2in atau sesekali melihat objek lain yang lbh jauh supaya mata gak kering dan iritasi.

    BalasHapus
  13. Saya juga sedia insto di rumah. Kalo kalo mata lelah saat nonton drakor ampek larut.

    BalasHapus
  14. Kalau pas mata berasa pegel tuh gak enak banget ya mbak, apalagi kalau setiap hari memandangi layar handphone dan laptop untuk urusan kerjaan. Aku sekarang selalu sedia Insto Dry Eyes.

    BalasHapus
  15. Aku ngalamin nih mata kering, gak enak banget jadi ya dikasih insto juga biar lbab

    BalasHapus
  16. Iya banget, dengan mata seger, kita jadinya bebas melakukan apa pun. Termasuk bekerja produktif

    BalasHapus
  17. Yang sering kulupa buat mencegah mata kering yaitu Mengenakan kacamata hitam saat di luar ruangan, untuk mencegah paparan sinar matahari dan angin secara langsung.

    BalasHapus
  18. Aku pikir mata itu pasti basahnya, ternyata ada hal2 yg ngurangi kebasahan sebuah mata ya. Jadi mata kering, ini perlu kucoba sering banget rasanya kayak ga enak, sepet gt

    BalasHapus
  19. Insto ini banyak diandalkan oleh para pekerja digital juga ya mbak. Soalnya bekerja di depan komputer juga membuat mata perih

    BalasHapus
  20. Sebagai blogger yang buanyak berhadapan dengan layar gadget, layar monitor, wajib ya stock insto. Termasuk yang suka naik ojol karena polusi debu ke mata

    BalasHapus
  21. Nah saya sering baca dan kerja depan komputer. Mengalami banget lelah dan mata kering. Obatnya ya merem sejenak gitu, lumayan jadi kayak ada semacam suntikan energi ke mata untuk kembali bekerja.

    BalasHapus
  22. Kalau mata pegel, lelah dan kering memang bisa mengganggu aktivitas ya...tidak bisa aktif dan produktif lagi.
    Untung ada Insto yang bisa mencegah mata kering

    BalasHapus
  23. Salah satu hal yang membuat saya tidak khawatir untuk berlama-lama di depan laptop yaa karena ada Insto hehehe

    BalasHapus
  24. Masalah mata ini jadi masalahnya blogger ya. Karena kerjaannya kan di depan laptop sama gawai. Klo ngga segera diatasi, khawatir jadi makin parah matanya

    BalasHapus
  25. Bagi yang sehari-hari kerja di depan komputer, pwelu banget nih insto dry eyes buat persediaan

    BalasHapus
  26. karena bentuknya mungil saya selalu membawanya kemana-mana nih insto, apalagi kalau keluar rumah sambil berkendara, udah kayak teman akrab deh

    BalasHapus
  27. Mata gw kalo abis liat duit entah kenapa jadi seger kembali


    Wkwkwkwk

    BalasHapus
  28. Pernah baca review produk yang sama dari blog temen.
    Dan saya jadi nyetok insto lagi nih gegara baca penjelasannya.

    BalasHapus
  29. Kalau menatap layar atau menonton acara televisi, aku sering berkedip untuk mengurangi ketegangan mata dan menghindari dari mata kering. Kalau mata sudah kering karena debu misalnya, insto bisa jadi pilihan...

    BalasHapus
  30. Setujuuu..aku juga sama
    Insto Dry Eyes memang wajib ada di rumah. sehingga kita bisa tetap aktif dan produktif,  terbebas dari keluhan mata kering yang menghambat aktivitas kita di keseharian.

    BalasHapus
  31. Mata kering sudah ada obatnya ya, ternyata ada Insto yang khusus gejala mata kering, aku harus pakai juga nih, karena sering mengalami mata kering.

    BalasHapus
  32. ada efek sampingnya gak sih mba pakai into tiap hari? kira-kira berapa tetes per hari maksimal utk pemakaiannya mba.

    BalasHapus
  33. Buat solusi cepat, tetes mata emang membantu banget. Tapi aku berusaha untuk tidak ketergantungan sih, bagaimanapun lebih baik yang natural ya

    BalasHapus
  34. Aku banget nih yang sering kering dan pedih matanya .apalagi habis motoran. Tapi jarang beli tetes mata karena gak biasa, boleh nih dicoba

    BalasHapus
  35. jadi ingat raditya dika pas ngiklanin insto di youtubenya
    asli kocak banget
    bahkan ada lombanya kan ya sekarang

    BalasHapus
  36. sering ngalamain nih, kayaknya harus distock di dekat laptop dah, nah cuma kalo tiap hari k masalah kah ya

    BalasHapus
  37. Oh ternyata mengenakan kacamata hitam di luar ruangan juga bis amelindungi mata dr mata kering ya, kirain cuma dari silau cahaya aja hehe :D
    Insto ini salah satu obat yang selalu ada di kotak P3K soalnya emang kalau mata udha mulai gatal drpd kena iritasi lbh lanjut mending saya segera cegah dengan tetesin insto ini.

    BalasHapus
  38. kalau udah berurusan sama yang namanya mata kering kek gini, emang susah untuk aktif dan produktif, jadi harus sesegera mungkin diatasi

    BalasHapus
  39. Pas banget nih, Mbak. Saya lagi ngebolang ke Yogya dan selalu bawa Insto Dry Eyes. Soalnya debu, asap, bahkan matahari bisa menyebabkan mata saya kering. Apalagi tadi juga ke candi Prambanan. Panas banget. Langsung tetesin Insto saja hehehe.

    BalasHapus
  40. Aku nih udh sangat ketergantungan sama tetes mata insto. Dimana mana juga ada. Soalnya aku gampang banget kering. Trus merah. Duh jadi ga enak dilihat

    BalasHapus