Selasa, 16 Juli 2019

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 Ajang Unjuk Kemampuan Anak SMK

Piala bergilir untuk kontingen Jawa Tengah (sumber : psmk.kemendikbud)
"Anak SMK,  BISA !!! Anak SMK, Hebat...!!!"
Yel-yel itu terdengar membahana di ballroom Sleman City Hall Yogyakarta, di ajang penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS SMK)  tanggal 12 Juli 2019 lalu. Baru kurang lebih seminggu yang lalu saya merasakan meriahnya closing ceremony OSN SD dan SMP 2019 yang juga digelar di Yogyakarta, ditanggal 12 Juli 2019 kemarin saya merasakan kemeriahaan yang sama di ajang yang berbeda.

Penutupan LKS SMK 2019
Ya, satu lagi event pendidikan tingkat nasional yang dilaksanakan di Yogyakarta. Setelah beberapa minggu yang lalu digelar ajang OSN untuk tingkat SD dan SMP, kali ini anak-anak SMK yang berkesempatan unjuk kemampuan dalam ajang kompetisi bernama Lomba Kompetensi Siswa 2019 (LKS SMK 2019).

Peserta LKS SMK 2019
Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan di SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan untuk tingkat SD sampai SMA. 


Peserta LKS adalah siswa SMK yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi sehingga merupakan siswa-siswa terbaik dari setiap provinsi di Indonesia. Di tahun 2019 ini,  pelaksanaan LKS SMK sudah memasuki XXVII tahun penyelenggaraan, dan dihelat mulai tanggal 7-13 Juli 2019. 

Ada 32 bidang keahlian yang dilombakan. Yakni Electronics, Electrical Instalations, Mechatronics, Autobody Repair, Cabinet making, Joinery, Plumbing and HeatingMotorcycle Repair and Maintenance, CNC Milling, CNC Turning, Welding, Plastic Die Engineering, Bricklaying, Wall and Floor Tilling, Landscape and Gardening, Tractor Engine Assembly, Fashion Technology, Mobile Robotic, Marketing (online), Metrology, Web Technologies, IT Software Solution for Business, Mechanical Engineering CAD, IT Network Systems Administration, Automobile Technology, Prototype Modeling, Industrial Control, Graphic Design, Technology Hairdressing, Beauty Therapy, Restaurant Service  Patisserie and Confectionery

Peserta yang mengikuti kompetisi ini sebanyak 759 siswa yang terbagi dalam berbagai bidang keahlian. Untuk kali ini tema yang diangkat dalam LKS SMK 2019 ini adakah "Kompeten Menyongsong Industri 4.0". Lomba Kompetensi Siswa ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik yang akan dibimbing lebih lanjut untuk diikutsertakan pada kompetisi keahlian di tingkat Asean dan dunia. Dimana pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills Competition (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Keren kan? 

Aneka kegiatan pendukung LKS SMK 2019
Selain lomba,  di event LKS 2019 ini terdapat juga kegiatan lain yang menjadi nilai tambah yang menarik untuk diikuti, yakni :
  • Workshop untuk siswa,  guru maupun kepala SMK dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0. 
  • Job matching yang bertujuan untuk mempertemukan lulusan SMK dengan dunia usaha dan dunia kerja,  memberi wawasan tentang keahlian yang banyak dicari di dunia kerja,  dan meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja.  
  • Gerakan literasi sekolah dengan menyediakan pojok literasi yang menjadi wahana sosialisasi gerakan literasi sekolah. Diantaranya dengan memamerkan karya siswa SMK yang telah mengimplementasikan geraka literasi sekolah diantaranya berupa pembuatan pojok baca culinary literacy, buku karya siswa SMK dan lainnya.
  • Pameran,  yang meliputi pameran produk inovatif karya siswa dari 34 provinsi,  pameran produk unggulan DIY,  dan pameran industri. 
  • Fashion Show,  dengan tema Indonesia Pusat Busana Muslim Dunia. 

Kegiatan pendukung yang digelar ini memang sangat menarik, hal ini terbukti selama pelaksanaannya banyak pengunjung yang tertarik dan memadati gedung Jogja Expo Center (JEC) yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan ini.

Salah satu stand pameran di JEC yang banyak menarik minat pengunjung

Kegiatan Fashion Show
Sebagai informasi event LKS SMK XXVII ini resmi dibuka tanggal 8 Juli 2019 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubawono X. Dalam pembukaan yang berlangsung di sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, semua kontingen dari setiap provinsi mengenakan pakaian adat dari daerah asalnya. Acara pembukaan yang berlangsung dengan meriah ini menampilkan berbagai hiburan dari siswa SMK yang ada di Yogyakarta. 

Pembukaan LKS 2019
Dan tidak mau kalah dengan acara pembukaan yang berlangsung meriah, acara penutupan dari kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini pun berlangsung dengan semarak. Penampilan siswi dari SMK 2 Kasihan yang menyumbangkan suara merdunya dan persembahan sendra tari Nyi Ahmad Dahlan persembahan dari Duta Seni Pelajar Kontingen DIY  mampu menghibur para peserta dan tamu undangan yang hadir memenuhi Ballroom Sleman City Hall

Hiburan dari siswa SMK Kasihan Bantul

Sendratari Nyai Ahmad Dahlan
Beberapa saat kemudian,  setelah lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama, acara yang dihadiri oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud, M Bakrun, Gubernur DI Yogyakarta yang diwakili oleh Sekretaris Daerah DIY, dan Bupati Sleman Sri Purnomo beserta jajaran terkait lainnya ini dibuka. 

Menyanyiksn Lagu Indonesia Raya
Dalam sambutannya,  Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud Bapak M. Bakrun menyatakan secara keseluruhan gelaran acara LKS SMK 2019 ini berlangsung dengan sukses dan lancar. Selain sebagai ajang kompetisi,  event LKS SMK tingkat nasional ini juga merupakan sarana mempromosikan kompetensi siswa SMK pada industri usaha. Dan hal ini memperoleh respon yang positif dari masyarakat dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 

Bapak M. Bahrun menyampaikan sambutan
Banyak pihak yang berlomba-lomba memberikan dukungan baik dari segi SDM, peralatan, hingga hadiah tambahan. Puluhan pelaku DUDI terlibat langsung dalam penyelenggaraan LKS SMK 2019 ini. 

Setelah event kompetisi LKS SMK 2019 resmi ditutup, tibalah saat yang ditunggu para peserta, yakni pengumuman pemenang lomba. Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini memperebutkan 32 medali emas.  Dan dalam event ini, Provinsi Jawa Tengah berhasil menyabet gelar sebagai juara umum dengan berhasil memperoleh 11 dari 32 emas yang diperebutkan. Beberapa bidang lomba yang berhasil dimenangkan oleh Provinsi Jawa Tengah diantaranya adalah Juara I Auto Body Repair (SMKN 2 Salatiga), Juara 1 Automobile Technology (SMKN 3 Kendal), dan Juara 1 Joinery (SMKN 2 Kebumen). 

Para juara LKS SMK 2019
Selamat bagi para pemenang,  yang belum pun tidak apa-apa, karena sesungguhnya semua peserta LKS SMK 2019 ini adalah juara, karena tidak mudah untuk bisa terpilih menjadi peserta. Mudah-mudahan raihan prestasi ini bisa ditularkan dan menginspirasi teman-temannya. 

Oh ya, bagi yang tidak ingin ketinggalan info seputar pendidikan, bisa lho follow akun resmi Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah di Akun media sosial Dikdasmen Kemendikbud:

o    Twitter: Dikdasmendikbud
o   Instagram: Dikdasmen_kemdikbud

Semoga cerita ini bermanfaat ya,  salam... 

24 komentar:

  1. Bahagia banget mbak, lihat anak-anak kreatif dan berprestasi.
    "Anak SMK, Yes, You Can!"

    BalasHapus
  2. SMK sekarang bagus-bagus yaaa.. dulu jaman aku sma, smk itu pilihan terakhir & suka dianggep yg masuk kesitu anak2 nakal & nemnya kecil. Padahal anak2 smk punya kelebihan karena udah punya kemampuan lebih dibanding anak2 sma umum. Smoga semua anak2 Indonesia dapat terus mengukir prestasi :)

    BalasHapus
  3. Ini kegiatan keren banget. Anak SMK itu malah sekarang banyak yang pintar-pintar dan mandiri. Selain itu lebih fokus dan menguasai bidangnya dibanding SMU. Jadi kalau diikutkan kompetisi memang pantas banget.

    BalasHapus
  4. saya anak SMK lulusan sekian sekian :D
    agak beda sih dulu dengan sekarang, yang kian mantap aja nih lulusan SMK. Pengen balik ke SMK deh #eh

    BalasHapus
  5. Ah sayang ngga ikutan liputannya, senang banget dengan acara seperti ini, anak muda berprestasi berkumpul adu bakat dan kreativitas, semoga makin maju Indonesia dengan generasi cemerlang seperti mereka ya aamiin

    BalasHapus
  6. bila dulu SMK dipandang sebelah mata dan stigma masyarakat bahwa smk itu sekolah buangan bagi mereka yg tak lulus masuk sman, sekarang brubah total. apalagi nyata hasilnya bahwa lulusan smk berprestasi

    BalasHapus
  7. Seruu bangeettt acaranya! Bangga sama anak SMK, karena calon entrepreneur Indonesia yang langsung bisa praktek. Semoga dukungannya semakin banyak untuk memajukan anak SMK!

    BalasHapus
  8. baru tahu kalau bidang yang dilombakan sebanyak itu! keren sih ini murid2 SMK gak dianggap sebelah mata lagi karena emang pada keren2 dan ilmunya juga sebanding kok sama yang lain

    BalasHapus
  9. Kern ada pertandingan buat anak SMK gtu, artinya SMK makin diakui sebagai sekolah yang mampu menciptakan lulusan terbaik jg yang gak kalah dr SMA ya mbak :D
    Apalagi salah satu kelebihan anak SMK tu siap kerja gtu

    BalasHapus
  10. Anak-Anak SMK skarang karya-karya juga makin bagus banget. Apalagi skarang ada loh yang karyanya sampai ke Paris juga. Kegiatan kompetisi ini nih yang slalu kita dukung

    BalasHapus
  11. Seru banget ya mbak acara LKS anak SMK ini. Aku juga baru pertama kali dengar ada acara seperti ini untuk anak SMK. Karena biasanya kan acara ajang prestasi gini cuma untuk anak SMA aja. Bagus banget karena anak-anak SMK juga punya wadah untuk menyalurkan kreatifitasnya dan berkompetisi. Salut deh dengan kemendikbud.

    BalasHapus
  12. Wah Ada 32 bidang yang dilombakan, banyak juga ya mba. Kompetisi ini membangkitkan semangat siswa SMK lainnya untuk tingkatkan skill ya

    BalasHapus
  13. Kemaren abis liat anak SD dan SMP yang pinter2 sains, sekarang disuguhi anak2 SMK yang trampil. Woouu. Ngeliat anak-anak muda hebat begini, kitanya jadi berasa optimis banget ya dengan masa depan Indonesia.

    BalasHapus
  14. Smk itu sekarang unggulan ya mak. Ga kalah sama sma biasa. Karena memang dipersiapkan buat langsung terjun dunia nyataaa

    BalasHapus
  15. Lukusan SMK ini lebih banyak dibutuhkan tenaga ahlinya karena mereka memiliki keahlian khusus. Dan acara seperti ini memang keren apalagi tidak hanya lomba ada workshop dan lainnya.

    BalasHapus
  16. Banyak sekali even yang dilaksanakan saat acara LKS SMK 2019.
    Semua acara membuktikan bahwa putra-putri Indonesia adalah generasi yang kompetitif dan terbaik.
    Semoga semakin maju dan membanggakan Indonesia.

    BalasHapus
  17. Keren ya program ini. Menyaring anak-anak SMK yang pinter dan kreatif. Semoga ajang seperti ini bisa terus diadakan. Supaya ke depannya menjadi pemicu siswa-siswa yang lainnya.

    BalasHapus
  18. Ini menunjukkan pada khalayak, bahwa lulusan SMK mempunyai kemampuan dan kompetensi yang memang dibutuhkan dunia usaha dan industri.

    "YES, SMK Bisa!"

    BalasHapus
  19. Ini merupakan kegiatan rutin atau gimana mbak? BAgus banget ini kalau menjadi agenda rutin ya karena bisa mencetak anak-anak penerus bangsa dengan produk lokal yang mereka buat.

    BalasHapus
  20. Anak SMK keren. Semakin beragam jurusan SMK saat ini. Acaranya juga seru dan komplit. Tahun depan diadakan dimana nih Mak? Pengen ikutan eh salah pengen lihat acara secara lengkap nih.

    BalasHapus
  21. Sampai sekarang org merendahkan anak SMK tuh masih banyak. Menganggap kumpulan anak2 yang nem kecil atau ditolak SMA Negeri. Duuh ketaua banget kurang pikniknya. Justru saya mau memasukkan Abang di SMK, biar fokus ilnunya. Jadi kedepannya dia akan menjadi org yg bisa menxitai keluarganya

    BalasHapus
  22. Kakakku kepsek di SMK di Magetan. Kalau sudah menjelang LKS kayak gini sibuknya minta ampun. Tapi luar biasa juga perkembangan SMK di Indonesia. Makanya bantuan juga terus berdatangan baik dr pemerintah maupun perusahaan. Kalau SMK otomotif, rata-rata sudah di-support perusahan otomotif Indonesia. Jadi emang beneran deh, SMK Bisa!itu nggak cuma jargon aja.

    BalasHapus
  23. Seru banget nih lombanya.. jadi bisa lihat berbagai karya anak2 SMK yg inovatif..

    BalasHapus
  24. Semoga para juara ini nanti setelah melalui pelatihan intensif, bisa meraih medali pula di ajang ASC maupun WSC

    BalasHapus