Selasa, 09 Juli 2019

Meriahnya Closing Ceremony dan Pembagian Medali Gelaran OSN SD 2019 di Yogyakarta

Suatu hari ada email masuk ke inbox saya. Berisi tawaran untuk menjadi salah satu anggota tim media untuk meliput sebuah event pendidikan nasional yang diselenggarakan di Yogyakarta. Berhubung pada tanggal pelaksanaannya saya tidak ada agenda acara, dengan senang hati saya menyanggupinya.

Event itu adalah gelaran Olimpiade Sains Nasional 2019 (OSN 2019) untuk tingkat SD dan SMP yang akan digelar dari tanggal 30 Juni 2019 - 6 Juli 2019. Sebenarnya event OSN 2019 ini tidak hanya untuk tingkat SD dan SMP saja, ada juga tingkat SMA. Hanya saja untuk OSN 2019 SMA diselenggarakan di Kota Manado.  Sedangkan untuk OSN SD 2019 dan OSN SMP 2019 digelar di kota Yogyakarta.


Untuk pelaksanaan OSN SD dipusatkan di The Rich Hotel,  sedangkan untuk OSN SMP mengambil lokasi di 3 tempat yakni di The Alana Hotel, Universitas Negeri Yogyakarta dan SMP 8. Karena bidang studi yang dilombakan untuk tingkat SMP ada 3 yakni Matematika, IPA, dan IPS.

Sebagai salah satu warganya,  tentu saja saya bangga Yogyakarta dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan event pendidikan berskala nasional, lebih-lebih bisa turut memeriahkannya juga.

Foto di depan banner OSN SD
Event kompetisi ini merupakan event tahunan, dan tahun ini memasuki tahun ke XVIII penyelenggaraan. Sedangkan untuk tuan rumah penyelenggaraan dipilih untuk setiap provinsi yang memenuhi persyaratan dan dilakukan secara bergiliran.

Bagi yang masih awam, OSN 2019 atau Olimpiade Sains Nasional 2019 adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa di tingkat SD, SMP,  dan SMA yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan secara berjenjang.

Setelah siswa lolos seleksi Olimpiade Sains Provinsi (OSP), maka OSN menjadi tahap penggemblengan selanjutnya untuk pembinaan dan pengembangan bakat, minat, dan prestasi siswa. Dimana OSN memiliki tujuan membina karakter siswa jadi pekerja keras, jujur tangguh menghargai prestasi orang lain dan cinta tanah air.

Untuk  OSN tingkat SD,  bidang studi yang dilombakan adalah Matematika dan IPA. Masing-masing bidang terdiri dari 136 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, dengan rincian 68 peserta berdasarkan rangking nasional hasil seleksi tingkat provinsi, dengan jumlah maksimal untuk setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik, dan sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari rangking tertinggi provinsi. Sehingga masing-masing provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 peserta didik dan maksimal 5 peserta didik untuk masing-masing bidang studi.

Lebih jauh,  OSN Tingkat SD Tahun 2019 merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA. Olimpiade ini sekaligus memotivasi peserta didik untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual serta memacu kemampuan bernalar dalam wadah kompetisi yang sehat.

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD 
Acara pembukaan OSN 2019 untuk SD dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2019 dengan mengambil lokasi di Ballroom hotel The Rich. Acara ini digelar dengan sangat meriah.  Aneka hiburan yang berasal dari para pelajar di Yogyakarta menambah suasana ceria. Salah satunya penampilan siswa dari SD Muhammadiyah Sapen dengan pantomimnya yang mampu menghidupkan suasana.

Hiburan Pantomin 
Mengutip sambutan dari Sesjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan disampaikan bahwa OSN merupakan ajang silaturahmi. Karena pada saat OSN berkumpul para putra/putri terbaik dari seluruh tanah air.

Sambungan langsung Jogja-Manado dalam pembukaan OSN 2019
Kegiatan semacam OSN 2019 ini diharapkan mampu menjadi ajang betukar ide dan berkomunikasi untuk bisa memberikan yang terbaik untuk negeri. Selain itu OSN juga dapat menjadi ajang pertukaran budaya. Karena Indonesia mempunyai ragam budaya yg sangat kaya.

Pelaksanaan OSN SD 2019
Setelah dibuka pada tanggal 1 Juli 2019, acara inti dari OSN yakni kompetisi IPA dan Matematika dilaksanakan di Ballroom 1 dan Ballroom 2 The Rich Hotel pada tanggal 2 dan 3 Juli 2019. Tanggal 2 Juli 2019 berupa test teori sedangkan tanggal 3 Juli 2019 ujian praktiknya. Secara keseluruhan pelaksanaan test berjalan lancar. Semua peserta dengan serius dan sungguh-sungguh mengerjakan soal yang ada.

Suasana ujian
Untuk tanggal 4 Juli 2019 agenda kegiatan untuk peserta OSN SD adalah berwisata edukasi di Candi Borobudur.

Closing Ceremony OSN SD 2019
Dalam event OSN 2019 ini kebetulan saya ditugaskan untuk meliput Closing Ceremony dan penyerahan medali. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2019. Saat ini adalah saat yang paling dinanti seluruh peserta.  Karena di tanggal ini hasil belajar, berlatih, dan kerja keras mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi OSN 2019 akan diketahui. Siapapun yang menang pasti akan merasa senang dan bangga. Namun yang kalah pun tidak boleh kecewa, karena semua peserta OSN ini adalah sang juara, para duta terbaik dari setiap provinsi yang diwakilinya.

Para peserta dengan baju daerahnya
Pukul 13.30 WIB saya sudah berada di lokasi. Karena dari jadwal yang saya terima,  acara penutupan akan berlangsung pukul 14.00 WIB.  Saya tidak ingin ketinggalan momen yang berharga. Menyaksikan penutupan sekaligus pengumuman para jawara OSN 2019 SD.

Kerumunan orang tua dan pendamping
Ketika saya sampai di lokasi,  tampak para peserta dan pendamping memasuki lokasi di Ballroom the The Rich Hotel. Suasana terlihat semarak, karena para peserta mengenakan pakaian adat dari daerahnya asalnya. Tampak juga para kerabat dari peserta yang menemani. Bahkan saya sempat berbincang dengan nenek salah seorang peserta bernama Kevin, yang merupakan wakil dari provinsi Banten. Menurut sang nenek, beliau bersama beberapa kerabat sengaja datang berombongan untuk memberikan support kepada Kevin.

Kontingen dari Sumatra Utara

Kontingen dari tuan rumah,  Jogja

Pukul 14.30 acara dimulai.  Diawali dengan tarian Cucuk Lampah menyambut kehadiran Bapak Direktur Pembinaan Sekolah Dasar,  Dr. H. Khamim,  M. Pd.

Bapak Dr. H. Khamim
disambut tari Cucuk Lampah
Tarian cucuk lampah ini lucu sekali. Ditarikan oleh dua orang siswa bernama Dinda dan Nia dari SD Sinduadi 1. Keduanya menggunakan riasan ala badut, dengan gerakan tarian yang jenaka. Selain itu,  ada juga hiburan berupa lagu merdu yang dibawakan oleh Alfina Atalia Naila siswa dari SD Noggotirto yang menyanyikan lagu berjudul Setinggi Langit.

Penampilan Naila
Selanjutnya para peserta dan tamu yang hadir bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Tidak mau ketinggalan,  para dewan juri dari bidang studi IPA pun ikut unjuk kemampuan mengajak seluruh yang hadir melakukan senam baby shark sama-sama.

Mrnyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 stanza

Senam baby shark
Sebelum dilakukan pengumuman para juara, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Bapak Dr. H.  Khamim,  M. Pd. menyampaikan sambutannya. Yang intinya menyatakan bahwa seluruh peserta yang mengikuti ajang bergengsi di bidang sains ini akan dijadikan duta-duta sains yang diharapkan mampu memberikan inspirasi dan  motivasi bagi teman-temannya untuk menyukai sains yang mungkin selama ini ditakuti dan dihindari. Dan sesuai dengan tema OSN 2019 kali ini "Mencintai Sains Mengukir Masa Depan" maka diharapkan para generasi mendatang menyukai sains demi masa depan yang lebih baik.

Bapak Dr.  H. Khamim,  M. Pd. 
Dalam acara upacara penutupan kali ini dilakukan pula penyerahan plakat kepada peserta yang berasal dari daerah 3T, peserta termuda, dan penyerahan simbolis perwakilan  duta-duta sains yang diwakilkan oleh peserta dari Provinsi Aceh dan Provinsi Papua.

Penyerahan plakat kepada peserta dari 3T dan penyerahan simbolis duta sains
Pengumuman pemenang dibagi dalam 3 tahap.  Pertama pengumuman peserta yang mendapatkan medali perunggu,  kemudian yang mendapat medali perak,  dan yang terakhir yang memperoleh emas.

Untuk setiap bidang studi yang dilombakan,  disiapkan masing-masing 15 medali perunggu, 10 medali perak,  dan 5 medali emas.  Perolehan medali terbanyak untuk tingkat SD diperoleh Provinsi DKI Jakarta sehingga menempati posisi sebagai juara umum, disusul Provinsi Jawa Timur,  dan Banten.

Para jawara
Salah satu pemenang dari Provinsi Banten adalah cucu dari ibu yang saya ceritakan di atas, yang datang berombongan bersama keluarga besarnya untuk memberi semangat kepada cucunya bernama Kevin Lorenzo Kenan Wijaya dari SD K Penabur Gading Serpong Kabupaten Tangerang yang memperoleh medali perunggu untuk IPA.

Adapun perolehan rinci dari medali OSN SD dapat diunduh di sini. Bagi yang tidak ingin ketinggalan informasi dari Dikdasmen Kemendikbud, dapat follow akun instagramnya dan akun twitternya.

Akhirnya selamat kepada seluruh peserta OSN yang berhasil memperoleh medali. Yang belum berhasil jangan merasa kecil hati, karena sesesungguhnya dengan lolos seleksi mengikuti event ini,  kalian semua telah menjadi juara.

Salam....

34 komentar:

  1. Ramai banget. Aku suka campur deg degan gitu kemarin waktu ngeliput di Alana. Ikut merasakan bahagia mereka yang pulang bawa medali

    BalasHapus
  2. Aku bacanya jadi bangga sama anak-anak yang ikut OSN mbak, pada semangat 45

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku di sana ikut berkaca-kaca kak.. Rasanya haru dan bangga... Entah bagaimana perasaan ortunya pasti lebih mengharu biru...

      Hapus
  3. emang keren ini eventnya...kita jadi bisa tahu ya begitu banyak anak-anak berprestasi di Indonesia..Jadi semangat juga untuk memotivasi anak-anak biar bisa berprestasi juag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Mengikuti event ini terbersit keyakinan Indonesia akan jaya nantinya...

      Hapus
  4. pasti orangtuanya bangga sekali anak-anaknya mengikuti ajang yang keren seperti ini. :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti... Saya saja yang cuma penonton merasakan hal yang sama...

      Hapus
  5. Nggak kebayang ya gimana perjuangan mereka belajar. Masih sempat main apa nggak ya? Hehee

    BalasHapus
  6. Seneng ya anak2 itu pastinya...bisa ketemu tmn2 dr semua penjuru nusantara.

    BalasHapus
  7. Ya Allah terharu banget liat anak-anak berprestasi ini. Pengen juga anaknya kaya gitu. PR orang tua untuk memfasilitasi dan mengasah kemampuan anak ya.

    BalasHapus
  8. Lihat olimpiade olahraga bawaannya terharu, apalagi lihat anak anak SD ini ikut olimpiade sains, wah nonton langsungnya bikin speechless

    BalasHapus
  9. Masya allah jadi seneng liat anak anak pada aktif dan berpresta begitu... pasti bangga banget orang tuanya kak... rameee ya kak

    BalasHapus
  10. Saking bangganya, sampai seluruh keluarga besar pun datang ke Jogja untuk kasih semangat. Memang hebat anak-anak ini :)

    BalasHapus
  11. akupun ikutan semangat pas lihat OSN dan O2SN ini bersliweran di timelineku, anak-anak cerdas semua

    BalasHapus
  12. Acaranyaa meriah banget y moms memotivasi anak2 agar bisa mengasah kepintaran mereka agar bisa ikutan nih.

    BalasHapus
  13. Keren sekali ya anak-anak ini..

    Klo aku dulu pernah jadi pembimbing OSN SMP,,

    BalasHapus
  14. Aku ikut ngeliput juga event ini mbak. Dan beneran ya aura kompetisi sehat anak anak kerasa banget. Jadi seneng ngelihat anak anak hebat kumpul dan bersilaturahim.

    BalasHapus
  15. Senangnya bisa ikut meliput kemeriahan OSN. Luar biasa ya perjuangan anak2 indonesia yang terpilih ikut OSN ini jadi terkenang saat mendampingi murid2 saya (waktu masih ngajar) yang ikut OS di daerah. Di daerah saja perjuangannya udah ketat banget apalagi yang sampai di tingkat nasional ini. Keren deh.

    BalasHapus
  16. Wah, seru banget ya. Keren deh ajang OSN ini. Mampu menjaring anak-anak pintar calon penerus generasi bangsa. Semoga mereka bisa sukses di masa depannya :)

    BalasHapus
  17. Rame banget acara OSN, ini anak2nya disuruh pakai baju daerah yaa, orangtuanya pasti bangga semua

    BalasHapus
  18. Mereka generasi muda bangsa yang cerdas dan mandiri ya. Pintar ilmu pengetahuan semoga dibarengi ahlak yg baik dan mental baja sehingga kelak jadi pejabat tidak tergiur korupsi

    Selamat untuk cucu dari ibu nya Mbak. Sukses selalu di sekolah nya

    BalasHapus
  19. Para generasi brilian semoga mereka terus mengukir prestasi di kancah nasional maupun internasional membawa harum nama bangsa

    BalasHapus
  20. Kompetisi seperti ini bisa menambah semangat anak anak untuk belajar...semoga digelar rutin yaaaa

    BalasHapus
  21. Menarik. Cara merekrut peserta untuk ikut olimpidae sains nasional ini gimana ya? Saya lebih tertarik cari profil guru-guru pelatihnya ketimbang lihat gambar anak-anaknya.

    BalasHapus
  22. Iya mbak semua yg ikut OSN kmrn anak2 juara semua ya. Bagus idenya mnegumpulkan anak2 ini dslam lomba seperti itu. BIsa bikin mereka mengenal kebudayaan antar daerah jg ya

    BalasHapus
  23. Wah keren banget ini dukungan olimpiade mba. Aku jadi teringat waktu SMP aku peserta olimpiade tingkat nasional dan juara 3 se-Sumatera Utara.

    BalasHapus
  24. Nggak pernah ngebayangin anakku bisa ikut olimpiade gini. Terharu banget pasti jadi orangtua nya, tapi biar bisa ikut olimpiade perlu bimbingan ekstra gak sih Kak?

    BalasHapus
  25. Wuih iya, meriah bangeeeet. Apalagi kalo lihat langsung di sana. Selamat deh buat para adik-adik juara. Semoga ke depannya event semacam ini bisa banyak dilakukan. Untuk menjaring anak-anak pintar di negara kita. Sekaligus untuk memicu anak-anak lainnya untuk berprestasi.

    BalasHapus
  26. Ya Allah, rame banget ya. Sebagai orang tua pasti deg degan banget dan terharu. Jadi inget tahun 2009 silam waktu aku masuk SMA langsung ikut PORSENI se jawa timur. Membawa nama kabupaten tuh rasane punya tanggung jawab yg luar biasa, gimana kalo tingkat nasional gini. Keren banget pasti anak2nya 💖💖

    BalasHapus
  27. Jadi kenayang waktu dulu jadi peserts olimpiade hehehe

    Salam
    Kidalnarsis.com

    BalasHapus
  28. aku dulu pas SD pernah ikut OSN juga.
    waah seneng deh ngeliat wajah2 peserta OSNnya
    pasti ortunya bangga banget

    BalasHapus
  29. Seru banget ya pastinya kalau bisa ikutan acara ini. Selain nambah pengalaman juga bisa nambah teman buat para pesertanya

    BalasHapus
  30. Lihat anak anak yang ikut olimpiade sains bikin bangga walau aku bukan orang tuanya,terharu anak anak generasi bangsa cerdas cerdas.seru banget pasti mba bisa ngeliput ini

    BalasHapus