Sabtu, 06 Juli 2019

Re-Opening Taman Air Menari Taman Pintar, Dukungan Danone Indonesia untuk Tumbuh Kembang Optimal Anak Indonesia

Air adalah sesuatu yang vital untuk kehidupan. Segala aktivitas kita selalu melibatkan pemanfaatan air di dalamnya. Untuk mandi, mencuci, maupun memasak. Tidak hanya itu, sejak dulu aktivitas bermain air pun menjadi sesuatu yang sangat disuka, terutama oleh anak-anak (bahkan dewasa). Aktivitas hujan-hujanan misalnya. Sesuatu yang dulu jamak kita lihat, namun saat ini semakin jarang kita jumpai. 

Wahana Taman Air Menari (doc. Pri) 
Permainan anak sekarang memang beda dengan jaman dulu. Jika dahulu anak-anak identik dengan lari-larian atau aktivitas fisik lain, anak sekarang lebih suka berkutat dengan gadget. Bahkan berdasar data dari Riskesdas tahun 2018 ditemukan fakta bahwa 33,5% masyarakat Indonesia di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik sangat banyak manfaatnya, selain untuk kebugaran,  juga membantu stimulasi motorik kasar dan halus, serta penyerapan nutrisi pada balita yang sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak. 

Hal tersebut terungkap dalam acara acara talkshow yang diselengarakan dalam rangka re-opening wahana Taman Air Menari di Taman Pintar kerjasama dengan Danone Indonesia yang dilaksanakan tanggal 2 Juli 2019. Kebetulan saya bersama beberapa kawan blogger memperoleh undangan untuk menghadirinya.  Banyak ilmu yang saya peroleh di event tersebut.  Dan saya ingin membaginya dengan teman-teman semua.

Re-opening Wahana Taman Air Menari Taman Pintar Yogyakarta
Berangkat dari keinginan untuk mewujudkan salah satu misi dari Danone Indonesia yakni One Planet one Health, yaitu mewujudkan kesehatan melalui nutrisi,  hidrasi sehat,  perilaku hidup bersih,  hingga aktivitas fisik yang teratur, pada tanggal 2 Juli 2019 lalu Danone Indonesia bersama Taman Pintar menyelenggarakan acara seremoni pembukaan kembali wahana Taman Air Menari.

Acara ini mengundang berbagai pihak, diantaranya para pemangku jabatan, blogger,  dan juga media. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Bapak Maryustion Tonang, Kepala Dinas  Pendidikan Bapak Budi Raharjo, dan Ibu Afia Rosdiana, Kepala Bidang Pengelola Taman Pintar.

Dalam sambutannya, Bapak Maryustion dari Dinas Pariwisata sangat mengapresiasi dukungan Danone Indonesia kepada Taman Pintar yang secara berkesinambungan membantu penyediaan berbagai fasilitas dan program di Taman Pintar untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak di Yogyakarta melalui pengelolaan PAUD,  penyediaan wahana jejak nutrisi,  wahana kebaikan air, dan kali ini wahana air menari. 

Bapak Maryustion Tonang (doc. Pri) 
Dukungan dari Danone Indonesia tersebut membantu terwujudnya kunjungan 1 juta wisatawan di Taman Pintar yang berfokus pada destinasi wisata minat khusus,  yakni wisata edukasi. 

Sementara itu Bapak Karyanto Wibowo selaku Suistainable Development Director Danone Indonesia menegaskan bahwa wahana taman air menari merupakan dukungan terbaru dari Danone Indonesia bagi anak-anak dan keluarga khususnya di Yogyakarta. Sebagai wujud komitmen kelompok usaha Danone Indonesia untuk mendukung kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak dengan menghadirkan wajah baru dari wahana Taman Air Menari.

Bapak Karyanto Wibowo (doc. Pri) 
Wahana ini memberikan kesempatan kepada anak untuk beraktivitas fisik dan bereksplorasi di luar ruang sambil mengasah kemampuan motorik dan imajinasi dan mendorong gaya hidup sehat sejak dini.

Talkshow Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Anak
Dalam acara re-opening wahana Taman Air Menari yang yang dihelat di ruang science theatre Taman Pintar diisi juga dengan acara talkshow yang sangat menarik dengan nara sumber : 
• dr. Mei Neni Sitaresmi, SpA (K), Dokter Spesialis Anak 
• Sarah Diorita, ibu dari seorang anak 
• Ibu Weila,  Sustainable Manager Danone Indonesia

Dalam penjelasannya,  dr. Mei Neni Sitaresmi, SpA (K) selaku nara sumber pertama menyatakan, "Masa tumbuh kembang anak dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan,  yakni sejak dari konsepsi dalam kandungan hingga usia 2 tahun." Tumbuh kembang yang optimal pada tahap ini akan mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan pada tahap berikutnya,  yakni pada periode pra sekolah, sekolah, hingga remaja.

dr. Mei Neni Sitaresmi,  Sp.A (doc. Pri) 
Pertumbuhan adalah hal-hal yang berkaitan dengan bertambahnya ukuran tubuh,  yang pada anak adalah meliputi tinggi badan, berat badan,  dan lingkar kepala yang pada anak semua di plot dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya ketrampilan, kepandaian mengikuti pola yang teratur dan tertentu dan dapat diramalkan sebagai hasil proses maturasi,  yang meliputi gerak kasar,  gerak halus, bahasa dan komunikasi,  kecerdasan,  kemandirian dan personal sosial.

Tumbuh kembang sendiri didukung oleh berbagai faktor yakni genetik,  nutrisi,  penyakit,  dan stimulasi. Oleh karena itu dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat menjadi penting agar anak tumbuh dan berkembang optimal sesuai potensinya. 

Lebih lanjut dr. Mei menambahkan pentingnya orang tua untuk mendukung gaya hidup sehat dalam keluarga dengan membiasakan konsumsi nutrisi seimbang dan aktivitas fisik yang cukup sebagai salah satu bentuk stimulasi kepada si kecil. Hadirnya wahana Taman Air Menari tentunya dapat mendorong anak bergerak aktif dan membantu optimasi proses metabolisme dalam tubuh dan perkembangan otak serta memberikan stimulasi motorik kasar,  motorik halus, sosial dan kognitif yang dapat merangsang perkembangan mereka. Selain itu main bersama akan meningkatkan bonding antara anak dan orang tua.

Para nara sumber talkshow (doc. Pri) 
Pemberian nutrisi yang sehat sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan (mencegah stunting),  kecerdasan (dapat berkembang optimal),  mencegah penyakit metabolik seperti diabetes melitus,  gagal ginjal,  dan jantung.  Oleh karena itu orang tua harus menjadi role model dalam membiasakan pola makan sehat untuk anak, yang bisa diperkenalkan sejak usia 2 tahun. 

Dalam kaitannya dengan pedoman pemberian nutrisi untuk anak,  Ibu Weila menjelaskan bahwa Danone Indonesia telah lama terlibat dalam sosialisasi pemberian nutrisi sehat dan berimbang melalui kampanye "isi piringku" untuk anak usia 4-6 tahun, yang memberi panduan menu sehat untuk anak sesuai usia. Kampanye itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan telah mengedukasi sebanyak 14.000 siswa PAUD beserta ibu mereka di berbagai daerah di Indonesia. 

Senada yang disampaikan dengan dua nara sumber, Sarah Diorita seorang ibu dari satu orang anak menyampaikan pentingnya pemberian nutrisi sehat dan aktivitas fisik untuk anak. Kaitannya dengan nutrisi sehat,  Sarah memang sangat concern untuk memberikan menu sehat dan alami untuk keluarganya. Bahkan melakui akun media sosial yang dimilikinya Sarah Diorita banyak mengkampanyekan untuk back to natur untuk setiap makanan yang  dikonsumsi. Memperbanyak buah dan sayur dan menghindari makanan olahan adalah salah satunya.

Lebih lanjut Sarah Diorita juga menyambut baik hadirnya wahana Taman pintar. Karena salah satu tantangan orang tua jaman sekarang adalah lazimnya penggunaan gadget oleh anak dan berkurangnya sarana ruang terbuka di lingkungan sekitar yang membuat waktu anak beraktifitas fisik dan berinteraksi dengan teman sebaya berkurang.

Peresmian Re-opening Taman Air Menari Taman Pintar
Disaksikan oleh pengunjung yang saat itu memadati area wahana Taman Menari, pembukaan kembali wahana taman air menari resmi dilakukan. Ditandai dengan penekanan meriam air oleh para nara sumber serta perwakilan Danone Indonesia dan Taman Pintar,  Taman Air Menari resmi beroperasi. Semburan air mancur disambut dengan suka cita oleh para anak -anak yang dengan spontan behamburan menyambutnya.  Gelak tawa dan teriakan gembirapun terdengar seketika.

Wahana Taman Air Menari (doc. Pri) 
Wahana Taman Air Menari ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2008. Namun kemudian tidak beroperasi karena perlu direnovasi. Bersama Danone Indonesia, Taman pintar kemudian merenovasi sekaligus mempercantik Wahana Taman Air Menari dengan penambahan kincir dan meriam air disekitarnya. 

Keseruan re-opening wahana Taman Air Menari

Video keseruan wahana Taman Air Menari :



Dengan kehadiran wajah baru dari wahana Taman Air Menari yang dapat diakses gratis oleh pengunjung ini semoga bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat khususnya di Jogja untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak melalui aktivitas fisik di ruang terbuka. Dan semoga masyarakat juga bisa turut menjaga dan memelihara,  agar wahana edukasi gratis ini bisa dipergunakan untuk jangka yang lama. Yuk,  nyobain keseruan wahana Air menari di Taman Pintar.

Salam.. 

29 komentar:

  1. Dengan adanya wahana bermain ini, moga-moga anak-anak bisa lebih leluasa geraknya, bermain dan menari, ga melulu dengan TV, gadget, dan games, sehingga anak-anak diharapkan lebih sehat dan kreatif

    BalasHapus
  2. Pernah masuk ke Taman Pintar 9 tahun lalu, dan bagus isi dalamnya :D ternyata ada renovasi ya~ semoga semakin ramai dan memberikan banyak edukasi menarik bagi anak-anak di Jogja :D

    BalasHapus
  3. Senangnyaaaaaa yg tinggal di Jogjaaaaa
    Aku baru satu kali ke Taman Pintar.
    Buagusss banget isinya.
    Anak jadi belajar sains dgn menyenangkan
    --https://bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Wuih, asyik banget... Kalau ke jogja lagi harus mampir nih ke taman pintar, ajak anak2 seru2an main air...

    BalasHapus
  5. Jadi inget kalo anak lanang pernah minta dianterin main air ke taman pintar, belum saya turuti...

    BalasHapus
  6. Wah ternyata sudah ada dari 2008 ya mba tapi renovasi kemabli mengandeng Danone mantab semakin besar keinginanku ajakin keluarga ke Taman Pintar Yogyakarta :)

    BalasHapus
  7. Taman air menari ni membuat anak jadi semakin pintar dan kreatif sekaligus menyenangkan ya mbak

    Mereka jadi belajar juga konsep air dan science tentu saja. Salut sama team Danone yaa

    BalasHapus
  8. Senangnya wahana Taman Air Menari sudah diperbatui dan dapat diakses gratis oleh pengunjung. Semoga bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat khususnya di Jogja untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak melalui aktivitas fisik di ruang terbuka. Keren ah Taman Pintar!

    BalasHapus
  9. Waah baru tahu kalau wahana taman airnya sempat direnovasi.
    Itu tempat fave anak2ku, bisa puas main air di situ 😁

    BalasHapus
  10. Habis direnovasi makin keren nih kayaknya...
    Sambil bermain anak2 bisa belajar dan happy happy

    BalasHapus
  11. Salut banget pokonya sama Danone Indonesia bersama Taman Pintar menyelenggarakan acara seperti ini.. Menarik

    BalasHapus
  12. Waaah asyik nih ada wahana baru di Taman Pintar. Nanti kalau ke Jogja mau aah saya mampir lagi kesana. Iya bener.. anakku mau tak ikutin klub2 olahraga dr 4 tahun nih. Biar ga mandeg di rumah aja dgn gadget atau tv.

    BalasHapus
  13. Bener banget, Mba, sekarang aktivitas fisik udah jarang. Anak-anak sukanya mainnya gadget. Semoga dengan dibukanya kembali Wisata Taman Air Menari, anak-anak suka bermain air dan beraktivitas fisik bersama teman-teman atau keluarganya.

    BalasHapus
  14. Taman edukasi seperti ini cocok banget buat anak-anak pada usia masa perkembangan, di mana saat itu milyaran cabang otak tumbuh, dan perlu tempat penyaluran.

    Semoga taman ini bisa memicu imajinasi anak serta ketertarikan pada teknologi.

    BalasHapus
  15. Loh, ada yang baru lagikah dari Taman Pintar? Aku soalnya terakhir kesana itu tahun lalu sih. Jadi pengen kesana lagi nanti pas liburan ke Jogja.

    BalasHapus
  16. AKu mau ajak anakku kesini juga nih kalo pas ke Jogja..apalagi lokasinya deket ama Malioboro, keraton, dll ya...Bisa sekali jalan...

    BalasHapus
  17. Kalau anakku diajak ke sini pasti betah banget deh, anakku suka banget main air soalnya. Bagus banget nih program nya Danone, mencerdaskan anak bangsa dengan memberikan ruang terbuka untuk anak-anak bereksplorasi

    BalasHapus
  18. Di taman air seperti ini anak-anak pasti banyak gerak. Selain mereka senang, motorik di tubuh juga terlatih. Anak senang dan riang.

    BalasHapus
  19. Tadi pagi lewat Taman Air Menari ini, tapi annakku dah abege ga mau masuk. Ramenya yaaa, aahh jadi pusat mainan buat anak2 nih, senengnyaa..

    BalasHapus
  20. Taman Pintar nyaris aku kunjungi liburan sekolah tahun ini
    Sayangnya aku pas hamil dan belum diijinkan berkelana jauh

    BalasHapus
  21. Aku udah ke sini sama anak dan anakku sukaaa banget. Bisa belajar juga. Danone inovatif bangeet

    BalasHapus
  22. AKu belum pernah lihat langsung taman ini mba. Cakep bangeet ya .. suka lihatnya

    BalasHapus
  23. Aku pikir, airnya menari mangikuti irama.
    Serunya lihat anak-anak main air bersama teman-teman.
    Syeggeer~

    BalasHapus
  24. Seru nih lihat Taman Air Menari ini. Kapan-kapan mampir ah ke Taman Pintar ajak keponakan-keponakan, pasti seneng banget.

    BalasHapus
  25. Waktu terakhir ke Taman Pintar emang kolamnya sepi sih, yg ada satu dua anak kyk semprot2 gtu tapi kering. Jd itu yang direnov ya? Moga pas ke Yogya lagi taman airnya awet dan bisa ajak anak2 ke sana :D

    BalasHapus
  26. Taman Pintar makin bersolek makin kece nih, ada yang baru lagi ya. Taman air menari pasti bikin anak-anak senang kalo diajak kesana. Anakku udah gede semua, udah nggak mau lah kalo kesini, hihiii

    BalasHapus
  27. Yang namanya air mah bikin krucils pasti happy mba. Next klo ke jogja lagi harus masukin tempat ini kedalam itinerary

    BalasHapus
  28. Serunya.... Terakhir ke Taman Pintar tahun lalu pas anak masih 1 tahun... Semoga ada rezeki ke jogja lagi. Saya suka taman Pintar krn memang betul2 wahana edukasi untuk anak dan membuka lagi ingatan orangtua jadi ikut belajar :)

    BalasHapus