Kamis, 29 Agustus 2019

Bebas Merdeka Tanpa Was-Was di Jalan Bersama Cermati

Sebagai seorang ibu rumah tangga, aktivitas saya ternyata lebih banyak saya habiskan di jalan. Apalagi kalau bukan untuk antar jemput anak. Biasanya sesudah antar anak, saya tidak langsung pulang. Namun saya mengoptimalkan waktu menunggu dengan menyelesaikan hal-hal lain yang harus saya rampungkan, seperti untuk berbelanja, bertemu teman, atau hal-hal yang lainnya. Pertimbangannya sih untuk hemat waktu dan kepraktisan. Jadi nanti kalau waktunya jemput anak, kami bisa langsung pulang untuk istirahat atau mengerjakan tugas rumah lainnya.

Sumber : canva
Biasa menghabiskan waktu di jalan, membuat saya jadi tahu karakter para pengguna jalan. Ada yang hati-hati dan taat peraturan, namun ada pula yang sembarangan dan mau menang sendiri. Memang faktor kehati-hatian sangat penting untuk menjamin keamanan dan keselamatan di jalan.  Namun sering juga terjadi,  kita sudah hati-hati orang lain sembarangan.  Akibatnya sudah pasti bisa dibayangkan,  kecelakaan kadang tidak bisa dihindarkan. Untuk hal ini teman saya punya cerita.

Suatu sore dia sedang dalam perjalanan pulang dari kantor. Berhubung lampu lalu lintas menyala merah, maka dia kemudian memperlambat laju kendaraannya dan berhenti. Tiba-tiba dari arah belakang ada seorang pengendara motor melintas dengan kecepatan tinggi, dan sepertinya kehilangan kendali. Akibatnya sudah bisa dibayangkan.  Mobil teman saya ditabrak dari belakang,  dan mengalami kerusakan yang lumayan parah. Dan sayangnya kendaraan teman saya ini tidak ikut asuransi. Sehingga dia harus merogoh kocek lumayan dalam untuk memperbaiki mobil, plus ditambah harus membantu biaya perawatan dari pengendara motor yang ternyata masih anak SMA. 

Dari situ saya pun kemudian menyadari pentingnya mempersiapkan diri untuk kondisi tidak terduga seperti ini. Bahwa ternyata demi kenyamanan, mobil pun perlu diasuransikan. Sehingga kita akan bebas dari rasa was-was jikalau terjadi kerusakan terhadap mobil yang kita kendarai. Tidak itu saja, faktor risiko kehilangan mobil perlu juga menjadi hal yang perlu kita pertimbangkan. Maraknya berita tentang perampasan kendaraan menjadi satu hal yang membuat khawatir. Sehingga kebutuhan untuk memiliki asuransi mobil, tidak bisa ditawar lagi. Sehingga mulailah saya mencari tahu tentang layanan asuransi kendaraan ini.

Untungnya,  mencari informasi di era digital ini bukan perkara susah.  Tinggal kita menggerakkan jari, segala informasi yang ingin kita ketahui bisa segera kita dapati.  Demikian pula dengan masalah asuransi kendaraan ini.  Hasil berselancar di dunia maya membawa saya ke sebuah web bernama cermati. Cermati adalah perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi keuangan yang didirikan sejak tahun 2015, yang menyediakan berbagai macam informasi untuk membantu masyarakat Indonesia menemukan produk keuangan terbaik. 

Kemudahan layanan di Cermati
Selain itu Cermati juga menyediakan akses data ke ribuan produk keuangan (seperti kartu kredit,  asuransi,  pinjaman online dan lain-lain), secara gratis untuk memudahkan masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cermat.

Kemudahan layanan cermati
Dengan cermati segala pertanyaan tentang produk keuangan yang kita inginkan dapat terjawab dengan lengkap tanpa kita perlu keluar rumah atau mendatangi perusahaan penyedia produk keuangan satu persatu. Melalui cemati pula saya jadi tahu tentang serba-serbi asuransi kendaraan ini. 

Hal-Hal Yang Harus kita pahami tentang Asuransi Mobil
Selain kesehatan,  asuransi kendaraan ternyata merupakan salah satu produk asuransi yang banyak dicari. Layanan ini merupakan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap mobil yang kita miliki dari beragam risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

Pada intinya ada 2 jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan, yakni :
1. Asuransi Mobil All Risk: 
Asuransi jenis ini akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Karena yang ditanggung adalah semua,  sudah otomatis biaya preminya pun tinggi.

2. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only): 
Asuransi  jenis ini hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’ seperti karena pencurian atau perampasan,  atau terjadi kerusakan  pada mobil di atas 75%. Dibanding dengan asuransi jenis All Risk, tentu saja asuransi mobil TLO ini memiliki biaya premi yang lebih rendah. 

Apabila kita orangnya mobile sehingga waktu kita lebih banyak habis di jalan, maka asuransi all risk bisa kita jadikan pilihan. Sebaliknya, bila kita pergi hanya sesekali saja, mobil lebih banyak kita parkir di garasi rumah,  asuransi mobil TLO lebih pas buat kita.

Kemudahan Apply Asuransi Mobil di Cermati
Cermati juga membantu kita untuk memilih kepada perusahaan asuransi mana kita menjatuhkan pilihan.  Karena cermati ini bermitra dengan banyak perusahaan asuransi di Indonesia, berikut alamat bengkel yang menjadi rekanan.

Di cermati kita juga bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi yang ditawarkan antara perusahaan satu dengan yang lainnya, tanpa kita harus mengumpulkan brosur-brosurnya. Kita juga bisa mencari tahu promo asuransi mobil terbaik dan termurah secara online, cukup dengan memasukkan data mobil dan data diri kita sesuai yang diminta. Setelah itu kita tinggal klik tombolnya,  dan akan muncul harga premi dari setiap mitra dari cermati. Sehingga kita dapat memilih perusahaan mana yang paling kita minati.

Form promo yang harus diisi (doc. Pri)


Data yang harus diisi (doc. Pri)

Perusahaan yang dipilih
berikut nilai preminya (doc. Pri) 
Selanjutnya, jika kita sudah memutuskan produk asuransi dari perusahaan mana yang akan kita pilih,  kita tinggal klik beli. Setelah itu kita melengkapi semua semua syarat yang harus diisi dan viola..kita sudah punya asuransi kendaraan,  tanpa ribet harus ke mana-mana.

Fitur layanan/fasilitas asuransi (doc. Pri) 
Mudah dan simpel bukan? Jadi gimana?  Butuh info atau mau apply produk keuangan juga? Yuk, pakai cermati... Semoga tulisan ini bermanfaat ya, salam...

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Cerita Merdeka Finansialku bersama Cermati"


51 komentar:

  1. Menarik banget mbak info tentang cermati:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mb sudah mampir.. Semoga bermanfaat yaa...

      Hapus
  2. Mobilku pernah kena salah sasaran supporter bola mba, waktu itu kejadian di klaten. Kena lempar batu, kena pukul kayu, hanya gara2 platnya AB. Kaca blkng pecah, bodi ada yang penyok2 kena kayu.

    Untunh waktu itu ikutan asuransi all risk. Jadi pas mbenerin di bengkel resmi, nggak gitu berat banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... alhamdulillah penumpangnya juga tidak kenapa-napa. Ya, begitulah, di jalan tu suka banyak kejadian tidak terduga mb..

      Hapus
  3. Saya juga nih, pernah serempetan sama truk. Spion kanan hancur, body kanan juga babak bundas semua.. Karena gak punya asuransi mobil jadinya perbaiki pakai biaya sendiri, Baru deh nyesel nggak punya asuransi mobil, huhu..

    BalasHapus
  4. Wah seru ya mbak. Jadi gak bingung lagi mau pilih asuransi yang mana. Udah dicarikan yang pas sama ahlinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi... Ga usah ke mana-mana, bisa bandingin Antara perusahaan asuransi satu dengan yang lainnya...

      Hapus
  5. wahh beneran ini cermati membantu banget ya untuk pilih-pilih asuransi...Jadi gak perlu kesana kemari ya...tinggal klik segala informasi ada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...hemat waktu, tenaga, dan bensin... Hihi...

      Hapus
  6. Eh tapi, yang nabrakkan si pengendara motor.
    Kenapa temennya mba harus bayar biaya perawatan si pengendara motornya ya?

    Maaf salfok nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu deh mb... Biasanya yang besar (mobil) yang disalahin. Benere kalau urusan polisi temanku menang. Tapi mgkn dia males ribet...

      Hapus
  7. Gampil banget ya kalau pakai Cermati
    Hassle free dan praktis
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mudah dan hemat ga pakai transport..hihi..

      Hapus
  8. Mobilku pernah beret beret kena pagar gara-gara masuk gang kecil. Karena punya asuransi mobil, jadi biayanya lumayan murah. Dan terbantu sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rasa was-was tu bikin ga nyaman. Dengan asuransi jadi tenang..

      Hapus
  9. Asuransi mobil nih sekarang penting banget menurut saya. Ya, walau kita sudah berusaha hati-hati, tapi kan pengendara motor atau mobil lain bisa aja bikin was-was. Saya sering banget sih was-was sama motor. Takutnya kenapa-napa, eh kita yang disalahin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, di jalan kadang orang suka mau menang diri sendiri...

      Hapus
  10. Nggak cuma yang punya mobil, bahkan kendaraannya pun juga perlu diasuransikan supaya kalau ada hal-hal yang tak terduga, yg harapannya tentu nggak ada apa-apa, bisa tetap terjamin karena asuransi untuk mobil tsb yah mbak.
    TFS Mbak, dan Good Luck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Dengan asuransi pikiran tenang, rasa was-was hilang... Makasih mbak...

      Hapus
  11. Jadi di sini kita dapat berbagai informasi terkait produk2 finansial ya. Sehingga kita bisa memilih yg dianggap sesuai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kita bisa pilih sesuai yang kita butuhkan..

      Hapus
  12. Oh jadi cermati itu adalah website yang memberikan informasi lengkap seputar kendaraan bermotor ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya memberi informasi seputar produk-produk finansial, diantaranya asuransi ini..

      Hapus
  13. Baru tau aplikasi Cermati ini. Ini produknya Simas ya mba. Bagus dan mudah untuk digunakan ya

    BalasHapus
  14. Bagus nih situsnya bisa membantu kita menentukan pilihan asuransi dari perusahaan mana yang memberikan fasilitas lebih baik, dan bisa sekalian mendaftar asuransinya ya disitu..

    BalasHapus
  15. Jadi untuk mengurus asuransi kendaraan bermotor lebih mudah dengan Cermati ya

    BalasHapus
  16. Pas mobil lagi gada asuransinya. Baru tau cermati ada pilihan beragam produk asuransi mobil nih. Pas banget bacanyaa

    BalasHapus
  17. Memang para pengendara itu beragam ya, Mbak. Dan paling kesal kalau yang merasa kayak punya jalanan sendiri. Ada yang sudah salah, malah ngotot juga.
    Jadi memang sedia payung sebelum hujan. Namanya sesuatu bisa diduga. Jadi sedia asuransi.

    BalasHapus
  18. Cermati ini banyak banget ya fiturnya mbak. Aku pernah mampir ke web nya dan ternyata banyak informasi asuransi, informasi kredit, bahkan investasi sekalipun. Tapi untuk saat ini saya belum pernah pake fiturnya sih, cuma sekedar mampir aja.

    BalasHapus
  19. Aku juga menggunakan asuransi mobil, waktu habis tabrakan langsung masuk asuransi itu mobil dan memilih asuransi mobil aku ambil yang all risk biar aman.

    BalasHapus
  20. Kemarin saya barusan ambil mobil dari bengkel body paint karena seminggu sebelumnya saya diserempet truk. Syukurnya kami punya asuransi all risk sehingga bayàr admin per kejadian saja.
    Banyak hal yang perlu disosialisasikan perihal keuangan pada masyarakat Indonesia, termasuk asurasansi ini. Maka peran Cermati penting sekali.

    BalasHapus
  21. Kadang ya motor yang salah, tapi tetap aja mobil yang disalahin. Walau sy belum punya mobil tapi banyak kejadian yang tidak terduga dan merugikan kita, makanya setuju banget kalau ada asuransi juga buat mobil.

    BalasHapus
  22. Cukup praktis juga ya dengan mengakses Cermati jadi lebih mengetahui semua informasi mengenai keuangan atau pun asuransi, sangat membantu banget nih untuk aku yang masih awam mengenai asuransi atau finansial.

    BalasHapus
  23. Sekarang banyak banget berita kecelakaan, kita mah sudah hati2 tapi yg lain kan belum tentu, perlu ya asuransi begini

    BalasHapus
  24. Wah luar biasa membantu ya aplikasi cermati ini. Sayangnya sekarang aku lahi nggak punya mobil nih. Doain ya punua mobil biar bisa pakai cermati.

    BalasHapus
  25. Asyik banget yaa.saat ini bisa apply asuransi mobil hanya lewat aplikasi gitu.... Aku jadi penasaran

    BalasHapus
  26. Kalau dilihat dari kondisi kota asalku, mesti harus punya asuransi kendaraan, gimana tidak, aq rasa lebih banyak pengendara yg tdk taat aturan ntah krna faktor macet atw lingkungan

    BalasHapus
  27. Wah, di Cermati juga bisa beli asuransi ya. Kudu jeli ya. Membandingkan satu asuransi dengan yang lain mutlak dilakukan. Cuma di Cermati bisa begini.

    BalasHapus
  28. kita tidak tau kapan kecelakaan bisa menimpa, maka perlu sekali asuransi. Tetapi aku pribadi belum menggunakan asuransi karena belum memiliki kendaraan pribadi juga

    BalasHapus
  29. Wah, nanti kalau aku punya mobil pasti langsung aku asuransi kan. Karena kita tidak tahu apa yanng akan terjadi di jalan kedepannya

    BalasHapus
  30. Jujur baru tahu tentang Cermati ini. Ternyata bisa memilih asuransi mana yang cocok dan tepat untuk kita.

    BalasHapus
  31. Bisa nyobain langsung ya apa aja kira2 yg mau dibeli.nanti kita tinggal milih yang mana buat tempat leasing mobilnya ya

    BalasHapus
  32. Abis nonton berita kecelakaan kadang bikin jiper, tapi tetep ya kudu keluar kota kayak suamiku. Emang harus punya asuransi buat jaring penyelamat

    BalasHapus
  33. Penting emang ya mobilnya diasuransikan, soalnya Kita ga tau akan Ada kejadian apa ke depannya. Jadi ibaratnya, sedia payung sebelum hujan

    BalasHapus
  34. wah pas banget, aku lagi cari asuransi kesehatan tapi males buka satu-satu web asuransi. Lebih baik cari di Cermati ya, bisa langsung bandingkan banyak produk.

    BalasHapus
  35. Memang ga ada yg mau kecelakaan ya, Mba. Tapi kalau kita sudah mempersiapkan dengan simpanan, kita jadi agak terlalu berat ya

    BalasHapus
  36. Mobil memang butuh asuransi ya soalnya kan kita enggak tahu kapan dan akan terjadi apa dengan mobil kita di jalan. Btw, semoga menang ya mbak

    BalasHapus
  37. Bagus ya kalau asuransi kendaraan sudah bisa ditangani oleh Cermati
    Jadi ga was was lagi deh berada di jalan karena takut ini itu kendaraannya

    BalasHapus
  38. Wiwin | pratiwanggini.net10 September 2019 09.14

    Punya kendaraan roda empat itu resiko tinggi ngeluarin duit buat perawatannya, apalagi kalo sampai kecelakaan, karena itu saya setuju banget kendaraan roda 4 sebaiknya diasuransikan.

    BalasHapus
  39. Iya banget mba, sebagai sesama emak antar jemput (3× lagi hahaha..), kita menghabiskan lumayan juga waktu di jalan ya. Banyak2 berdoa dan hati2 memang, karena ngeri banget liat yang berkendara serampangan.

    BalasHapus