Selasa, 20 Agustus 2019

Menandai 30 Tahun Berkiprah, ASUS Memperkenalkan Jajaran Laptop Terbarunya di Jogja

Meskipun sudah lebih dari setahun berlalu, tapi saya masih ingat betul bagaimana sedihnya saya ketika note book warna putih milik saya hilang diambil orang. Akibat kecerobohan saya menaruh barang sembarangan,  laptop saya pun melayang.  Selain harus kehilangan benda berharga kesayangan,  saya pun harus kehilangan data-data yang ada di dalamnya, dan harus mengulang lagi pekerjaan yang sebenarnya sudah saya selesaikan. Untungnya di rumah masih ada PC yang bisa saya ajak kerja sama. Jadi lumayanlah, meskipun ada kendala,  pekerjaan dapat selesai juga.  

Saya bersama ASUS VivoBook Ultra K403
Sebagai seorang blogger,  gawai dan laptop adalah 2 barang andalan yang jika salah satunya tidak ada akan menghambat pekerjaan kita. Meskipun ada PC di rumah,  tapi benda ini tidak fleksibel karena tidak bisa dibawa ke mana-mana.  Padahal kadang ada event-event tertentu yang mensyaratkan untuk membawa laptop juga. Seperti event tentang sosialisasi HKI ini.  Dalam kegiatan ini,  kami para bloger diberi tantangan untuk membuat blog post saat itu juga,  begitu selesai acara. Dan artikel yang masuk dilombakan juga. Akan dipilih artikel terbaik pilihan panitia. Lumayan menantang bukan?

Dan karena tidak punya laptop,  akhirnya saya pun membawa gawai kesayangan saya untuk nanti dipakai membuat konten seperti yang diminta. Dan sepertinya keberuntungan berpihak kepada saya,  artikel saya terpilih menjadi yang terbaik kedua.  Horee... 

Pemberian penghargaan flash blogging HKI
Tapi tentunya ini tidak bisa terus-terusan saya lakukan. Membuat blog post dari gawai membutuhkan kerja ekstra terutama untuk jari tangan dan mata. Kalau terus-terusan bisa jadi gejala mata kering yang saya alami akan semakin parah.  Untuk itu bagi saya resolusi tahun ini tidak hanya #gantilaptop, tapi #carilaptop. Jadi mulailah saya hunting informasi mencari laptop yang spesifikasinya seperti yang saya cari, yakni performa yang mumpuni dan powerful,  dengan ukuran yang ringkas,  dan tampilannya yang colorful serta stylish.


Beruntungnya saya, pada tanggal 15 Agustus 2019 kemarin berkesempatan mengikuti Blogger dan Youtuber Gathering yang dilaksanakan dalam rangka ulang tahun ke-30 Asus yang berlangsung di Pemandangan Room 1 Royal Hotel Ambarukmo pukul 16.00 - 19.00 WIB. 

Acara yang dihadiri kurang lebih 40 peserta ini berlangsung dengan meriah. Di acara ini para peserta dapat melihat aneka produk dan inovasi baru dari Asus. Ya,  bertepatan di usia yang ke 30 tahun ini,  ASUS mempersembahkan rangkaian laptop terbaru dengan inovasi terdepan, mulai dari lini laptop mainstream,  premium,  hingga laptop gaming. Karena sesuai dengan filosofi dari ASUS yang senantiasa menghadirkan inovasi demi memenuhi kebutuhan pengguna khususnya masyarakat Indonesia. 

Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Jimmy Lin, ASUS Regional Director,  Southeast Asia yang menegaskan bahwa "Inovasi merupakan salah satu inti filosofi perusahaan kami. ASUS merupakan perusahaan teknologi yang akan terus menghadirkan inovasi demi memenuhi kebutuhan pengguna,  khususnya masyarakat Indonesia".

Laptop keluaran ASUS memang ada berbagai macam jenis, yang disesuaikan dengan pangsa pasarnya. Apa saja jenisnya?  Simak tulisan saya... 

1. ASUS VivoBook,  Laptop untuk profesional Muda
VivoBook merupakan jajaran laptop untuk pelajar dan profesional muda. Sehingga VivoBook didesain dengan performa yang mumpuni serta memiliki desain bernuansa muda serta dinamis. Ciri khas tersebut dapat ditemukan di seri VivoBook terbaru yaitu seri VivoBook S dan VivoBook Ultra.

VivoBook S terdiri dari 2 lini yakni VivoBook S S430  dan VivoBook S S330. Untuk VivoBook S S430 karena sasarannya adalah para profesional muda yang identik dengan hal-hal yang kreatif dan penuh energi,  maka VivoBook S S430 ini didesain dengan konsep penuh warna. Selain itu,  VivoBook S S430 juga bukan laptop biasa, karena laptop ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur premium yang hanya dimiliki oleh laptop ASUS. 

ASUS VivoBook Ultra (doc. Pri) 
Salah satu fitur premium yang hadir di VivoBook S S430 adalah NanoEdge Display yang memungkinkan layar pada VivoBook S S430 tampil dengan bezel yang sangat tipis. Tidak hanya itu saja, tampilan bezel yang tipis ini dihadirkan lewat tiga sisi layar, yakni pada bagian atas dan samping, sehingga membuat tampilannya terlihat lebih lega dibandingkan laptop lainnya.

Selain VivoBook S S430, ASUS juga menghadirkan VivoBook S S330 yang mengusung layar lebih kecil yaitu 13 inci, serta memiliki bodi stylish, ringkas, dan ringan sehingga cocok untuk dibawa bepergian. Teknologi NanoEdge Display yang membalut layar laptop ini memiliki bezel yang sangat tipis membuat pengalaman visual lebih nyata dan tanpa batas. VivoBook S S430 ini dibandrol diharga mulai 9jutaan. Sedangkan untuk VivoBook S S330 dibandrol diharga mulai 8jutaan.  

Seri VivoBook Ultra lain lagi. Untuk seri ini ASUS menghadirkan dua lini juga,  yakni VivoBook Ultra A412 dan K430. VivoBook Ultra A412 merupakan ultrabook 14 inci paling colorful dan paling ringkas di dunia dengan pilihan empat warna menarik. 

Selain memiliki bodi yang sangat ringkas dan ringan serta dilengkapi dengan fitur premium seperti ErgoLift Design dan NanoEdge Display, VivoBook Ultra A412 juga hadir dengan performa yang powerful berkat kombinasi prosesor 8th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, dan M.2 NVMe PCIe SSD.

Berbeda dengan VivoBook Ultra A412, VivoBook Ultra K403 merupakan ultrabook yang dirancang khusus untuk mereka yang gemar bepergian atau beraktivitas di luar. Hal tersebut dikarenakan ultrabook ini memiliki kapasitas baterai yang besar sehingga mampu bertahan hingga 24 jam. Selain itu, UltraBook K403 ini juga sangat ringkas dan ringan serta telah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer

Nah,  dari deskripsi mengenai spesifikasinya, untuk pembuat konten seperti saya, jajaran Asus VivoBook Ultra sepertinya adalah pilihan sempurna. Cuma seri mana yang akan saya pilih, ini yang masih membuat saya galau. Seri VivoBook ultra A412 atau K403. VivoBook Ultra A412 ini dibandrol diharga 7jutaan,  sedangkan yang K403 diharga 8 jutaan. 
Kalau menurut teman-teman bagusnya saya pilih yang mana?

2. ASUS Zenbook,  Laptop Paling Ringkas di Dunia
Kalau seri ini beda lagi, seri ZenBook merupakan jajaran laptop premium dari ASUS. Laptop ini hadir dengan fitur unggulan, desain eksklusif, serta performa terbaik di kelasnya. Inovasi yang kali ini dihadirkan oleh ASUS adalah ukuran bodi yang lebih ringkas. Seri ZenBook terbaru ini tampil dengan teknologi NanoEdge Display sehingga bezel layarnya sangat tipis. 

Tidak tanggung-tanggung, layar seri ZenBook terbaru memiliki screen-to-body ratio hingga 92 persen, lebih tinggi dari laptop sekelasnya yang ada saat ini. Varian dengan layar 13 inci yaitu ZenBook UX333 merupakan laptop dengan ukuran lebih kecil dari kertas A4. 

ASUS Zenbook (doc. Pri) 
Seri ZenBook terbaru ini hadir dalam tiga varian, yaitu ZenBook 13 UX333 yang mengusung layar 13 inci, ZenBook 14 UX433 yang mengusung layar 14 inci, serta ZenBook 15 UX533 yang hadir dengan layar 15 inci. Ketiganya memiliki desain dan spesifikasi yang serupa, termasuk fitur NumberPad yang mengkombinasikan touchpad dengan numpad.

Khusus untuk para profesional kreatif ASUS menghadirkan ZenBook Pro 14 UX480, yaitu sebuah laptop ultra-ringkas yang hadir dengan fitur yang dapat menunjang kebutuhan para profesional kreatif. ZenBook Pro UX480 juga berbeda dengan laptop profesional kreatif lainnya. 

Di laptop ini ASUS menghadirkan sebuah fitur yang tidak ada di laptop sekelasnya, yaitu ScreenPad, sebuah layar kedua dengan fitur khusus yang juga dapat berfungsi sebagai touchpad.

Karena dirancang untuk para profesional kreatif, ASUS ZenBook Pro UX480 merupakan salah satu varian laptop dengan spesifikasi paling powerful di keluarga ZenBook. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U (Whisky Lake) yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, yang tidak hanya cocok untuk multitasking tetapi juga powerful ketika menjalankan aplikasi standar industri kreatif. Prosesor ini juga memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz dan ditemani oleh chip grafis kelas gaming dari NVIDIA. Untuk seri Zenbook harga dibandrol mulai harga Rp. 14.299.000, sedangkan untuk ZenBook Pro 14 harganya adalah Rp.25.999.000.

3. Bermain Game Tanpa Batas dengan ASUS ROG
Republic of Gamers (ROG) merupakan brand milik ASUS yang sudah lama dikenal sebagai “raja industri gaming” di PC. Selain itu ROG juga berhasil menelurkan berbagai inovasi salah satunya adalah laptop gaming pertama di dunia. 

Salah satu inovasi terbaru ASUS ROG adalah menghadirkan laptop gaming berbasis prosesor 9th Gen Intel Core dan GPU NVIDIA GeForce RTX pertama di Indonesia, yaitu melalui lini terbaru ROG Zephyrus S GX502, Zephyrus M GU502, dan seri ROG Strix III.

Laptop Gaming Paling Tipis, ROG Zephyrus
Jajaran laptop gaming ROG Zephyrus menghadirkan solusi untuk gamer hardcore sekaligus para profesional yang membutuhkan laptop ultra tipis dengan performa yang sangat powerful. Tidak hanya ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core, jajaran laptop gaming Zephyrus terbaru juga dibekali chip grafis NVIDIA GeForce RTX untuk performa grafis terbaik.

ASUS ROG
Yang membuat ROG Zephyrus terbaru berbeda dengan laptop gaming lainnya adalah dukungan layar bersertifikasi Pantode Validated. Artinya, layar ROG Zephyrus terbaru mampu menghasilkan warna yang sangat akurat sehingga dapat digunakan oleh kalangan profesional. Tidak sampai di situ, layar ROG Zephyrus juga memiliki refresh rate hingga 120Hz dan response time 3ms. Semua itu dihadirkan dalam sebuah bodi dengan form-factor ultra-ringkas yang ketebalannya di bawah 20mm. Harga untuk ROG Zephyrus M GU502 dibanderol di harga Rp.25.999.000 dan ROG Zephyrus S GX502 harganya mulai dari Rp.35.999.000. 

ROG Strix, Laptop Gaming Terbaik untuk Gamer eSport
Gamer eSport membutuhkan laptop dengan spesifikasi berbeda. Dan ROG Strix terbaru yang hadir dengan layar yang memiliki refresh rate hingga 240Hz dan response time hingga 3ms menjawab kebutuhan para gamer eSport. Dengan layar tersebut maka para gamer eSport dapat merespon setiap aksi di dalam game secara lebih cepat.

ROG Strix memiliki desain yang berbeda dari seri sebelumnya. Desainnya kali ini terinspirasi dari ROG Face Off, sebuah laptop konsep masa depan yang dirancang oleh tim ASUS ROG bekerjasama dengan BMW Designworks Group. Desain laptop gaming ROG Strix terbaru memiliki nuansa mobil sport dengan sistem pembuangan udara panas serta beberapa port ditempatan di bagian belakang.

Laptop gaming ROG Strix terbaru juga hadir dengan fitur unik bernama Keystone, yaitu perangkat khusus yang dapat dipasangkan ke laptop gaming ini. Keystone memiliki banyak fungsi seperti menyimpan profil dan pengaturan tampilan RGB Backlit hingga menampilkan “Shadow Drive”, yaitu sebuah drive penyimpanan tersembunyi yang hanya bisa diakses jika keystone terpasang.

Ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 9th Gen serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2070, ROG Strix terbaru dipastikan dapat diandalkan untuk semua jenis game eSport dan mampu menghadirkan framerate tinggi serta stabil.

Sementara untuk ROG Strix G dibanderol mulai dari Rp.14.299.000 dan ROG Strix Scar III/Hero III harganya mulai dari Rp.25.999.000.

4. ASUSPRO, Lini Laptop Bisnis dari ASUS
ASUS juga memiliki lini laptop bisnis dan komersial yang berada di bawah nama ASUSPRO. Berbeda dengan laptop konsumen pada umumnya, ASUSPRO hadir dengan serangkaian fitur khusus untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan, di antaranya adalah sistem keamanan data yang lebih baik, durabilitas tinggi dengan sertifikasi standar militer, hingga desain yang lebih ergonomis agar pengguna tetap dapat bekerja dalam berbagai kondisi.

Salah satu varian andalannya adalah ASUSPRO B9440 yang memiliki serangkaian fitur premium, salah satunya adalah NanoEdge Display. Teknologi eksklusif tersebut memungkinkan bezel pada layar ASUSPRO B9440 dapat tampil sangat tipis, yaitu hanya 5,4 milimeter. Berkat bezel yang sangat tipis tersebut, ASUSPRO B9440 hadir dengan ukuran bodi yang lebih kecil dari laptop sekelasnya. 

Bersama teman-teman blogger yang hadir di ASUS Gathering 
Layar yang diusung oleh ASUSPRO B9440 sendiri berukuran 14 inci, namun laptop ini memiliki ukuran bodi sekelas laptop 13 inci. Laptop ini paling tipis di dunia dengan ketebalan bodi hanya 1,5 cm,  dengan bobot yang sangat ringan yaitu hanya 1,05 kilogram. Selain itu,  laptop ini sangat tangguh. Keseluruhan bodi pada laptop ini dilapisi oleh magnesium alloy yang kokoh namun sangat ringan. 

Bahan tersebut merupakan rahasia di balik ketangguhan serta bobot laptop ini yang sangat ringan. Karena tangguhnya,  ASUSPRO B9440 mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810G. Ketahanan tinggi pada ASUSPRO B9440 membuat pengguna tidak akan khawatir laptopnya mengalami kerusakan selama perjalanan bisnis. 

Itulah rangkaian produk terbaru dari ASUS yang menandai 30 tahun ASUS hadir di Indonesia sebagai produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia.

Salam... 

BACA JUGA : ACER DAY

22 komentar:

  1. asyik banget acara nya pasti ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Meriah sekali... Seperti event ASUS biasanya...

      Hapus
  2. Aku tuh enggak paham banget soal laptop. Main pakai aja. Hahaha

    BalasHapus
  3. Sumpahh akuutuuu kepengen ROG nya mbakk

    BalasHapus
  4. Laptop putih asusnya mirip punya saya, hehe. Dulu sengaja pilih brand asus karrna harganya masuk akal tapi kualitasnya udah jaminan tanggung ga pake ngelag buat ngolah data berat :)

    BalasHapus
  5. Wihh mbaaa, dirimu menang live blogging dan ngetik pakai HP doang? Gokiill, selamaatt yak.
    Btw, ASUS emang kuereeeennn! Semua blogger pasti demen pakai ASUS
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Wah mupeng asus zenbook hehehe..moga dspat rejeki buat beli itu :) aamiin

    BalasHapus
  7. Aku jatuh cinta sama brand ASUS ini. Produknya blm ada yg bikin kecewa sampai hari ini.

    BalasHapus
  8. Aku termasuk orang yang gak terlalu mikirin macem apa spesifikasi dari sebuah gadget, yang paling penting itu murah dan bisa dipakai sebagai medan

    BalasHapus
  9. Wiwin | pratiwanggini.net23 Agustus 2019 09.27

    Ngomongin tentang laptop yg hilang, punyaku hampir hilang 2X. Yang pertama ketinggalan di Gudeg Ceker Seturan, aku baru sadar 24 jam kemudian. Yang kedua ketinggalan di Go Car. Alhamdulillah masih milikku, so semua balik lagi. Artinya, belum perlu ganti. Untuk sementara window shopping laptop dulu hehehehe.. Cari referensi kalo-kalo tahun depan kudu beli baru. Btw aku nunggu Sapti bawa laptop Asus baruuuu pas ada event blogger :)

    BalasHapus
  10. wah makin banyak ya varian dari laptop ASUS ini, jadi bingung mau pilih yang mana. Sementara ini, Saya masih tetap setia sama ASUS A407

    BalasHapus
  11. Jadi Asus VivoBook S ada 2 tipe ya mba: VivoBook S S430 dan VivoBook S S330. duh, pucing akutuh mau pilih yang mana hahahah.. emang ada rencana buat beli laptop sih... tapi budgetnya cuman segituh aja

    BalasHapus
  12. Itu Warna toska atau apa sih yang digambar itu, kok cakep warnanya dan aku naksir banget. Laptop ASUS sekarang semakin kece ya mbak, karena selain banyak pilihan warnanya dan juga spesifikasinya bagus.

    BalasHapus
  13. Harganya terjangkau dan kualitas laptopnya jug nggak perlu diragukan deh. Asus emmag terbaik di kelasnya :)

    BalasHapus
  14. ASUS emang is the best. Sy dah hampir 4 tahun make laptop asus dan masih awet sampe sekarang. Series ini bs jd alternatif nih....

    BalasHapus
  15. Salah satu type incaranku yang aku pengeni punya, sekarang aku juga pake Vivobook, tapi type tahun sebelumnya

    Aku next pengen lagi punya yang ini, buat anak, biar makin ,dia semangat dia belajar ini itu

    BalasHapus
  16. Kalau aku udah nyerah ngetik blogpost di hp, mak. Pergelangan tanganku sakit kalau tertekuk lama. Jadi buat tulisannya panjang dan lama aku harus pake lappy. Lappyku juga Asus dan jadi andalan, walau masih kelas low budget. Pengen sih punya laptop Asus yang speknya lebih tinggi. Semoga bisa dapat lappy barunya ya, Mak

    BalasHapus
  17. wah mba hilang dimana leptopnya? suka nyesek kalau baca kehilangan leptop karena pasti banyak data-data pentingnya ya mba

    duh ASUS ni keren dan aku masih belum punya hahaha

    BalasHapus
  18. Pasti acaranya Seruan banget ya mba, bicara soal ASUS akupun pengguna ASUS lihat tipe-tipe terbarunya jadi aku pengin upgrade laptopku:)

    BalasHapus
  19. Asus RoG salah satu laptop impian nih udah lama ngincer nih

    BalasHapus
  20. Wah laptopnya selalu kece ASUS, doalan terkabul ya aku punya. Pas bangst pengen punya laptop lagi

    BalasHapus
  21. Asus selalu meriah kalau bikin acara. Mupeng sih sama Asus yang baru, tapi Asus-ku yang lama masih bagus. Ish, jadi pingin ditukar, haha :D

    BalasHapus