Minggu, 11 Agustus 2019

Pentingnya Mengetahui Bakat dan Minat Anak Sejak Dini

Sumber : canva

Sebagai orang tua, kita harus mendukung dan membantu anak untuk menemukan apa yang menjadi minat dan bakat mereka. Menemukan minat dan bakat pada diri seorang anak memang tidak mudah. Karena ada berbagai hal yang ikut menentukan, diantaranya faktor genetik dan juga lingkungan. Meskipun tidak mudah,  tetapi hal tersebut bukan menjadi alasan kita untuk tidak melakukannya. Karena itu penting bagi masa depan anak-anak kita.

Tips Menemukan Bakat Anak
Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui minat dan bakat anak, yakni dengan :

1. Mengamati kebiasaan dan kesukaan anak
Kebiasaan dan kesukaan anak biasanya menunjukkan bakat dan minatnya. Misalnya ada anak yang tertarik dengan aktivitas fisik ada pula yang suka dengan kegiatan seni, seperti menggambar, menyanyi, atau bermain musik.  Sebagai orang tua semua harus diakomodasi.

Bakat seni pada anak (sumber : pixabay)

2. Mengikutkan Anak di Aneka Kegiatan Mengikutkan anak diberbagai kegiatan akan memberi kesempatan mereka untuk mengeksplorasi kemampuan. Ada lho, anak yang diberi anugrah berbagai bakat (multi talenta). Dengan mengikutkan anak diberbagai kegiatan, membuat anak bisa mencoba berbagai hal yang bisa jadi merupakan bakat dan kelebihannya. Namun tentu saja pemberian kegiatan disesuaikan dengan tahapan usia. Mengikutkan anak diberbagai kegiatan juga bagus untuk perkembangan sosialisasinya.

Belajar sosialisasi pada anak (pixabay)

3. Mengikutkan anak dalam berbagai lomba
Selain untuk melatih keberanian, percaya diri,  dan juga mengajarkan sportifitas,  dengan mengikuti lomba akan memudahkan kita mengetahui bakat anak melaui prestasi yang diraihnya. Anak biasanya akan fokus dengan satu bidang yang paling dikuasainya. Dan ini memudahkan kita untuk memberi arahan agar lebih berkembang lagi.

Pixabay

4. Memposisikan anak dalam kondisi terdesak
Biasanya, kondisi terdesak membuat anak mengeluarkan bakat atau kemampuan yang dimilikinya secara maksimal. Kondisi ini juga melatih anak untuk belajar memecahkan masalah yang berguna untuk kemandiriannya. Membiarkan mereka mencoba mengambil keputusan juga akan membangun karakter dan kemandiriannya.

5. Bertanya Pada Ahlinya
Hal ini bisa dilakukan dengan berkonsultasi kepada psikolog anak. Psikolog anak punya serangkaian tools yang bisa digunakan untuk mengetahui minat dan bakat anak berikut saran-saran kepada orang tua untuk mengoptimalkannya. 

Manfaat Mengetahui Minat dan Bakat Anak
Mengetahui minat dan bakat anak sejak dini sangat penting karena dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan memudahkan dalam bersosialisasi. Lebih jauh,  manfaat mengenali bakat dan minat anak sejak dini dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • Untuk mengetahui potensi diri sejak dini. Dengan mengetahui bakat anak sejak dini,  kemungkinan untuk dikembangkan dengan maksimal sangat besar,  dan itu dapat mendukung masa depannya. Sebagai orang tua,  kita juga jadi memiliki arah yang jelas untuk membimbing dan mendidiknya.  
  • Untuk merencanakan masa depan anak. Dengan mengetahui bakat dan kemampuannya, ke depannya anak bisa memilih sekolah disesuaikan dengan minat dan bakatnya dan profesi yang ingin ditekuninya.  Tentu saja dalam hal ini kita sebagai orang tua tetap harus memberikan pendampingan dan saran.  
  • Dapat digunakan untuk menentukan kegiatan dalam rangka mengisi waktu luang. Anak yang sudah mengetahui minat dan bakatnya akan lebih bisa menentukan kegiatan yang akan dilakukan di waktu luang yang dimilikinya.  Sehingga hari-harinya lebih bisa diisi dengan sesuatu yang bermanfaat.  

Memberi Hadiah Anak Sesuai dengan Bakat dan Minatnya
Mengetahui bakat dan minat anak juga memudahkan kita sebagai orang tua untuk memilihkan hadiah di momen spesial mereka. Seperti saat ulang tahun misalnya. Hadiah yang kita pilih bisa pas jika kita tahu apa yang menjadi minat dan bakat mereka, dan semakin memotivasi mereka untuk menekuninya.  

Ngomong-ngomong soal hadiah, saya jadi ingat pengalaman saya beberapa waktu yang lalu. Saya punya beberapa keponakan.  Ada yang laki-laki ada yang perempuan.  Nah, yang laki-laki ini sangat gemar berolah raga.  Hampir semua kegiatan out door dia suka. Tapi olah raga futsal adalah favoritnya. Segala pernik olah raga futsal dia punya, mulai dari sepatu,  bola,  sampai kaos jersey.

Kaos jersey pemain futsal (pixabay) 
Sebagai informasi, jersey adalah sebutan untuk kaos olah raga yang biasa dipakai oleh atlet olah raga,  khususnya bola dan futsal. Kata jersey sebenarnya mengacu kepada nama dari bahan pembuatnya (kainnya). Jersey adalah jenis kain yang berasal dari tekstil rajutan yang terbuat dari katun dan campuran sintetis, yang lebih tebal dari spandex dan tidak mudah berbulu. 

Namun saat ini kaos jersey yang banyak dipakai pemain bola atau futsal bukan lagi terbuat dari jersey murni tapi dari bahan polyester. Bahan ini mempunyai sifat mengkilap, tidak memiliki pori, dan dapat menahan panas atau air yang mengenainya. Jersey dibuat untuk menjaga temperatur tubuh pemakainya agar tetap hangat saat dipakai berolah raga dan tidak terlihat lepek karena berkeringat. 

Selain menjaga penampilan para olahragawan agar tetap prima tanpa ada kesan lepek ketika di lapangan, keuntungan memakai kaos jersey adalah bahan jersey bagus untuk menghangatkan tubuh. Sehingga ketika dikenakan, khususnya di negara Barat yang cuacanya dingin, bahan jersey dapat membuat pemakainya hangat dan terhindar dari otot kaku. Sementara untuk negara yang bercuaca panas, sebaiknya jersey futsal dibuat dengan menggunakan bahan yang nyaman untuk dikenakan. 

Nah, balik lagi ke keponakan saya. Suatu hari keponakan saya yang hobi bermain futsal ini bercerita. Dia ingin memberi kado sahabatnya yang sama-sama penyuka futsal juga. Tetapi dia masih bingung mau kasih kado apa. Sebagai tante yang baik, ikut berpikirlah saya. Kira-kira hadiah apa yang cocok dan ramah dikantong tentunya. 

Kemudian saya mengusulkan kenapa tidak memberi kado jersey futsal saja ke sahabatnya. Dan nanti dibuat kembaran sama keponakan,  dengan ditambah ada namanya juga, biar spesial. Maksud saya sih dengan kaos jersey futsal baru yang kembaran itu, keponakan saya dan sahabatnya semakin rajin dan semangat berlatih. 

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya mendapat informasi tempat bikin jersey futsal custom. 

Cepat,  mudah,  kualitas prima
Di situ kita dapat pesan sesuai desain yang kita miliki, memilih bahan yang kita suka, dan tanpa ada minimal ordernya. Terus sukanya lagi, proses pembuatannya juga tidak lama lho, hanya 2-5 hari saja. Jadi waktu 2 minggu sebelum ulang tahun sahabat keponakan saya dirayakan, cukup untuk menyiapkannya. Selain itu,  jika kita ingin model khusus tetapi tidak bisa mendesainnya, mereka siap membantu juga. Cukup memudahkan bukan? 

Jadi,  mari kita dukung minat dan bakat anak-anak kita. Salah satunya dengan memberi kado spesial sesuai hobinya yang membuat mereka semakin termotivasi untuk menekuni hobi yang mereka miliki. Seperti jersey futsal ini...

Salam... 

60 komentar:

  1. Makasih infonya Mbak! Mengetahui bakat anak sedini mungkin sangatlah penting untuk membantu perkembangannya~

    BalasHapus
  2. Mengikutkan lomba.... Ya ampyyyuuuunn, anakku ditawarin aja enggan.... Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk..kalau sudah besar seperti anak mbak tina, ajak diskusi saja maunya apa.. Hihi...

      Hapus
  3. Saya penggemar jersey lho mbak :)

    BalasHapus
  4. Ada juga berbagai metoda test untuk mengetahui bakat anak, salah satunya adalah test Stifin.

    BalasHapus
  5. bakatku apa ya? perlu dipikirkan dulu..haha.Thank you artikelnya mba

    BalasHapus
  6. Betulll, perjuangan banget orang tua mengenal bakat anak. Jadi saat anak sudah dewasa, orang tua tidak akan memaksakan sesuatu yang anak tidak suka

    BalasHapus
  7. Bakat anak pertamaku seni. Anak keduaku lebih ke aktivitas fisik gitu. Jadi pingin mengembangkan tp masih belum tahu arahnya kemana. Iya bener juga kasih hadiah yang sesuai minat dan bakat mereka ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang di awal seperti trial dan error, tapi nanti lama-lama mengerucut..

      Hapus
  8. Kado berisi pakaian Jersey memang sangat disukai anak lho. Anak saya contohnya. Dikirim dari Hong Kong, dibelikan oleh teman saya, aduh kalau ga kotor dan bau itu baju gak mau diganti deh. Katanya suka banget...

    BalasHapus
  9. Aku termasuk orang yang suka olahraga. Jadi auto seneng kl dikasih peralatan pendukung, termasuk baju olahraga yg nyaman. Jadi ntar kl mau ngado aku ga bakal bingung lagi kan mbak? hehehe

    BalasHapus
  10. Jadi anak harus dikenali minat dan bakatnya dulu apa, lalu orang tua tinggal mengarahkan aja ya. Pantes nih, anak-anak yang biasa diikutkan lomba jadi lebih percaya diri mau jadi apa. Thanks Mba Sapti atas sharingnya.

    BalasHapus
  11. Anakku Kan sekolah bola lumayan juga nih posisi nya striker jadi mau pesan kak.. prises pembuatan nya cukup cepat ya

    BalasHapus
  12. ini keren sekali tipsnya, Mbak Septi. Dari suka pada sesuatu, lalu diarahkan masuk kursus atau pelatihan, lalu ikut lomba, dan terus berproses sampai akhirnya menjadi juara.
    Karena memang sih, dari apa yang dilakukan karena suka, maka segalanya akan enjoy dan hasilnya maksimal, Mbak.

    BalasHapus
  13. AKu masih bingung sampai sekarang, padahal umur anakku uda 7 th, tapi emaknya belum tahu bakatnya apa. Makasih ya mba infonya ^^

    BalasHapus
  14. nah bener ini kak mengetahui bakat anak lewat ajak ikutan lomba, bisa mewarnai menyanyi melukis dan banyak lagi, kalau dari kecil sudah diasah nanti perlahan akan tahu yaah bakat apa yang dimiliki anak

    BalasHapus
  15. Wiwin | pratiwanggini.net13 Agustus 2019 09.18

    Aku juga memantau minat dan bakat anak-anakku sejak dini. Meskipun seiring bertambahnya usia minatnya bisa berubah. Dulu waktu SD-SMP anakku suka banget sepakbola, jadinya sering beli jersey deh buat dia. Begitu di SMA dia sukanya bela diri :D . Sekarang dia sudah berani menentukan mau lanjut kemana dan punya tujuan apa untuk masa depannya. Sebagai ortu, tentu saja kami siap mensupport.

    BalasHapus
  16. Bukan cuma anak-anak pengemar bola aja yang suka pakay jersey, aku pun suka pake (bahan) jersey, gamis2 ku hampir semua bahannya pakai jersey.. jadi boleh tuh bund kalau mau kasih aku hadiah gamis jersey... wqwq.. *ngelunjak :D :D

    BalasHapus
  17. kereen tipsnya mbak, anak2ku baru terlihat bakatnya setelah umur 10 tahun ke atas :)

    BalasHapus
  18. Wahh tipsnya bermaanfaat buatku mbakk, aku save buat besok kalau punya anak

    BalasHapus
  19. gak perlu khawatir nih kalau mau custom baju futsal ya kak, prosesnya gak lama nih, kasih rekomendasi ah buat ponakanku yang suka main futsal bareng temennya

    BalasHapus
  20. Orangtua memang harus mengetahui bakat anak sedini mungkin ya..

    Biar bisa membantu anak2 mengembangkan bakatnya secara optimal

    BalasHapus
  21. Betul banget, mindset orang tua sudah hampir us diganti mengenai nilai rapor yang harus tinggi. Tapi dalam kehidupan sehari-hari, butuh nilai rapor yang minimal mencapai KKM untuk bisa lanjut di pendidikan selanjutnya.

    BalasHapus
  22. Mengikutkan lomba, emaknya semangat nawarin anaknya ikutan lomba ini dan itu dan dijawab "gak suka", emaknya mlipir cari cara lain lagi agar anaknya tertarik berkompetisi

    BalasHapus
  23. makin cepet kita stimulasi minat & bakat anak, juga makin cepet muncul ketertarikannya. hanya saja memang, kadang pendampingan minat & bakat itu yang butuh konsisten bukan cuman anaknya, tapi juga orang tuanya. Sering saya lihat, anak yang sebenarnya berbakat di 1 bidang, orang tuanya mampu secara ekonomi, tapi karena alasan kesibukan orang tua, akhirnya bakat anak tidak terpoles dengan semestinya

    BalasHapus
  24. Kalau kadonya sesuai dengan keinginan anak pasti dipakai dan yang ngasih juga pasti seneng. Menghargai pemberian orang itu ibadah juga.

    BalasHapus
  25. Kalau dilihat untuk anakku, aku belum menemukan bakatnya, tapi aku tahu akan minatnya, karena itu aku pun selalu mengasah minatnya agar dapat keluar bakatnya

    BalasHapus
  26. Ini bikin jerseynya via online ya mba, praktis ya dan jadinya pun bisa cepet. Boleh nih aku rekomen ke suami katanya dia mau bikin jersey.

    BalasHapus
  27. Informasi yang sangat berharga, memang untuk mengetahui bakat anak perlu penelusuran. Agar bakatnya benar2 tersalurkaj dengan baik.

    BalasHapus
  28. Makasih infonya Mbak! Mengetahui bakat anak sedini mungkin sangatlah penting untuk membantu perkembangannya.

    BalasHapus
  29. Tipsnya bermanfaat banget mba, khususnya bagi aku yang lagi seneng-senengnya main bareng sama si balita di rumah. Hitung-hitung bisa sambil mantau, kira-kira apa sih minat dan bakat si kecil. thanks ya mba sharingnya.

    BalasHapus
  30. Setuju mbak... Minat dan bakat perlu distimulus, diamati dan dibentuk. Di sekolahku, anak-anak diberikan ragam kegiatan, diamati, bertemua dnegan banyak orang (ahli di bidang tertentu). Minat dan bakat yang ketahuan sejak awal akan memudahkan anak untuk menemukan bintang terangnya. Kita sebagai orangtua tinggal mengarahkan.

    BalasHapus
  31. Kadang lihat bakat anak bisa engeh bisa nggak, daku melihat bakat Ponakan aja begitu, oh.. Dia sukanya ke situ tuh

    BalasHapus
  32. Wah Bener banget nih mbak. Penting bagi kita mrmperhatikan minat bakat anak kita. Saya masih dalam masa pengamatan nih, Semoga bisa mendampingi dengan baik

    BalasHapus
  33. Anaku seneng sekali menggambar, kadang tembok rumah penuh dengan lukisan karya nya hehehe.. nah kalo adiknya senenh main bola tendangan, dan saya selalu mendukung apa yang disukai mereka..

    BalasHapus
  34. Ah anakku masih kecil tapi aku setuju dengan pengembangan minat dan bakat kak. Sekarang dia lagi demen sama kereta api dan roket.

    BalasHapus
  35. Mbak itu pesen kaus jersey-nya bisa satuan aja kah maksudnya pesen satu dua aja gtu gak banyak? :D
    Ya mbak setuju banget mumpung anak masih kecil kita berikan banyak aktivitas ya, saat udah tau anaknya minat ke mana kita tinggal dukung aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak menurutku penting banget utk mengetahui bakat dan minat anak, jd kita cepat ngarahinnya sejak dini. Kalau aku prinsipku anakku gak perlu pinter semua bidang, asal satu tapi fokus pun gak masalah

      Hapus
  36. Sebagai org tua wajib ya untuk mendidik anaknya agar sukses, ya salah satunya ini nih, mengetahui bakat anak lebih dini, suka mba tulisannya

    BalasHapus
  37. alhamdulillah aku dulu ikut bimbel fisika dan matematika karena dorongan bapak yang ngerti anaknya suka apa, bahkan hingga sekarang masih suka dengan dunia fisika

    BalasHapus
  38. Saya mgkn tau minat anak saya, tapi diajak untuk coba seriusin minat, anaknya ndak mau hiks..

    BalasHapus
  39. Suka banget dengan poin yg bilang anak dikondisikan dalam keadaan terdesak. Ini yg Prof. Rhenald Kasali bilang biarkan anak merasa tertantang sebab tantangan itulah hadiah dr org tua agar ia sukses di masa depan.

    Tfs ttg info pemesanan kaos jersey nya ya Mba

    BalasHapus
  40. Memberi kado memang sebaiknya yang disuka oleh penerima ya mba. Apalagi kalo bisa custom. Jadi mempermudah.

    BalasHapus
  41. Nah soal bakat dan minar anak, ortu memang dituntut menjadi observer Dan lebih peka ya mom. Tips di atas aplikatif banget utk menemukan bakat anak

    BalasHapus
  42. Setuju akuu..orang tua mesti mendukung minat dan bakat anak-anaknya. Salah satunya dengan memberi kado spesial sesuai hobinya yang membuat mereka semakin termotivasi untuk menekuni hobi yang mereka miliki.
    Cuss mau juga ah jersey futsalnya

    BalasHapus
  43. Ini yang aku selalu tekankan sama ipar aku yang kekeuh anaknya harus mengikuti hobby mamanya. Padahal anak kan belum tentu suka dengan hobby orangtuanya. Ibarat kata meneruskan keinginan orangtua yang gagal dalam mencapai sebuah impian.

    BalasHapus
  44. Iya banget. Tahu dan lalu menyalurkan hobi dan minat anak sejak dini bakal bikin kemampuannya maksimal. Dan siapa yang tahu ya, kemampuan yang mendalam ini pada akhirnya justru menjadi profesi dia ya.

    BalasHapus
  45. Usia anak anak emang satu sisi bakatnya mudah berubah. Dan satu sisi kita juga harus tahu sih minat dan bakatnya apa saja :)

    BalasHapus
  46. Setuju banget mba orangtua wajib banget sellau support anaknya dalam minat dan hobby

    BalasHapus
  47. kalo tau minat baka anak, betapa bahagia nya hati irang tua dan anak2 ngejalaninnya jg hepi ya moms

    BalasHapus
  48. Makasih mba, informasinya bermanfaat nih, sukses selalu.

    BalasHapus