Sabtu, 14 September 2019

Mengembalikan Kebugaran Fisik dan Mental Bersama Taman Refleksi

Teman-teman pasti sepakat.  Ibu itu  motor penggerak keluarga, yang menentukan aura di dalam rumah tangga. Bila ibu sehat dan bahagia, rumah pun akan terlihat cerah ceria. Sebaliknya bila ibu sedang sakit atau tidak fit, seluruh rumah bermuram durja. Oleh karenanya ibu harus pandai-pandai menjaga kebugaran tubuh dan kestabilan mentalnya.

Taman Refleksi (sumber : web Taman Refleksi) 
Tidak bisa dipungkiri rutinitas sehari-hari yang dijalani para ibu (baik ibu bekerja maupun ibu rumah tangga) bisa menimbulkan rasa jenuh dan lelah, yang bila tidak segera ditangani akan memunculkan permasalahan tersendiri. Ibu yang sedang dalam kondisi lelah akan lebih mudah marah sehingga apa-apa akan terlihat salah. Untuk itulah refreshing bagi seorang ibu (me time) sangat penting untuk dilakukan. Mengerjakan sesuatu yang disukai tanpa terbebani kekhawatiran tentang cucian yang menggunung, lantai yang belum dipel, hidangan untuk keluarga yang belum tersedia, maupun deadline pekerjaan yang belum selesai akan mengembalikan semangat dan tenaga bagi ibu untuk kembali mengerjakan tugas-tugasnya. 

Tidak terkecuali bagi saya.  Meskipun saya sudah punya cara me time untuk membunuh kebosanan mengerjakan tugas rumah tangga dengan menulis,  tapi ternyata itu belum cukup. Menulis yang semula hanya sekedar mengisi waktu luang, saat ini bergeser menjadi sebuah pekerjaan sampingan yang disatu sisi menyenangkan tapi di sisi lain lumayan menyita waktu dan pikiran. Ya,  namanya juga pekerjaan,  kita tetap dituntut untuk profesional. Apalagi jika sudah mepet deadline, tulisan masih belum terselesaikan. Rasa kemrungsung pasti melanda. Kalau sudah begini biasanya saya justru menghentikan aktivitas menulis,  dan mencari kegiatan lain untuk merefresh tubuh dan pikiran. Karena percuma juga kalau dipaksakan ide-ide tidak akan keluar. 

Me Time Ala Saya
Nah, belum lama ini saya mencoba pijat kebugaran di sebuah tempat refleksi bernama Taman Refleksi. Sebenarnya saya tahu tempat ini sudah agak lama. Hanya saja waktu itu saya belum suka pijat badan. Saya lebih suka melakukan perawatan untuk muka, semacam facial saja. 

Kebetulan seorang kawan menginformasikan dalam rangka promosi, Taman Refleksi ini mengadakan promo pijat gratis selama bulan Agustus 2019. Sebagai anggota militan komunitas Ibu Modis yang suka hal-hal gratis, tentu saya tidak melewatkan kesempatan ini. Saya pun kemudian mendaftarkan diri dan memilih tanggal dan waktu perawatan. Kebetulan waktu itu saya memang sedang capek-capeknya. Maraton menyelesaikan tugas penulisan plus ikut meramaikan kegiatan 17an. Akibatnya kondisi tubuh memang lagi lelah-lelahnya dan butuh treatment khusus, dan pijat refleksi ini yang jadi pilihan. 

Pengalaman Pijat Di Taman Refleksi Jogja
Di hari yang disepakati sampailah saya di lokasi.  Taman Refleksi yang beralamat di Jalan Veteran 153 Jogja ini mudah dicari, dan sudah terindeks google map juga. Jadi mudah untuk menjangkaunya, baik menggunakan kendaraan pribadi atau memakai transportasi berbasis aplikasi. Di lokasi saya diterima oleh petugas resepsionis yang ramah. Setelah mencocokkan data yang ada di buku tamu, saya pun dipersilakan menunggu sebentar. Karena kamar sedang dipersiapkan.  

Untuk menikmati layanan di Taman Refleksi ini  memang sebaiknya kita reservasi untuk menentukan waktu dan jenis pijat yang kita inginkan, agar terlalu lama menunggu. Jenis pijat yang ditawarkan ada beraneka macam.  Mulai dari pijat kebugaran,  kecantikan, kecerdasan,  hingga pijat untuk pengobatan. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan.  Durasi pijat untuk setiap layanan pun berbeda-beda. Dari 20 menit hingga 150 menit. Saya sendiri memilih pijat refleksi kebugaran, dangan lama layanan kurang lebih 90 menit. 

Aneka layanan di Taman Refleksi (doc. Vika) 
Tidak berapa lama,  petugas dari Taman Refleksi menghampiri saya dan mengatakan kamar sudah siap dan saya pun dipersilakan masuk ke sebuah ruangan. Sebelum masuk ruangan, saya diminta untuk mengganti alas kaki dengan yang sudah disediakaan. Di dalam ruangan terdapat 2 buah bed, dan setiap bed dibatasi dengan tirai. Di dalam ruang kita akan diminta untuk mengganti baju kita dengan kain yang sudah disediakan. Adapun tahapan perawatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Cuci kaki dan pijat refleksi. 
Sebagai permulaan, terapist akan meminta kita untuk merendam kedua kaki kita di dalam baskom berisi air hangat. Selanjutnya terapist akan melakukan pijatan ringan mulai dari telapak kaki,  jari-jari,  hingga betis.  Tujuan pijatan ini untuk memberikan relaksasi kepada kita sebelum masuk tahap pemijatan inti. 

2. Selanjutnya kita diminta berbaring kemudian pemijatan dilanjutkan secara menyeluruh mulai dari telapak kaki, kaki, tangan, dan kepala. Setelah itu mulai punggung dan pundak. Masing-masing bagian dipijat kurang lebih 15 menit. Sehingga total terapi membutuhkan waktu 90 menit. Pemijatan dilakukan dengan menggunakan minyak, dengan aroma lembut dan menenangkan.  

Pemijatan dilakukan dengan mantab dan seksama. Kita pun boleh meminta terapist untuk menambah atau mengurangi kekuatan dalam memijat. Kesan yang saya rasakan pada saat dipijat adalah relaks dan nyaman.  Bahkan saya nyaris ketiduran.  

Ruangan di Taman Refleksi
(sumber : web Taman Refleksi) 
Pijat Refleksi Kebugaran ini merupakan sebuah terapi ringan untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalani rutinitas pekerjaan yang membuat lelah dan stress. Pijat refleksi ini juga memiliki banyak manfaat, bukan hanya secara fisiologi, tetapi juga secara psikologi dan spiritual. Karena memberikan relaksasi serta menstimulasi tubuh agar dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan meningkatkan kekebalannya terhadap penyakit. Manfaat utama Pijat Refleksi Kebugaran ini adalah melancarkan peredaran darah. Ini bisa diketahui dari peningkatan suhu tubuh setelah sesi pemijatan yang menunjukkan bahwa aliran darah sudah lebih lancar. Jika aliran darah lancar, sumbatan-sumbatan di pembuluh darah kemungkinan besar akan lepas dan yang paling mendapat manfaat biasanya adalah pembuluh darah jantung.

Jika pembuluh darah jantung terbuka, pasokan oksigen ke jantung, juga ke organ-organ lainnya, akan bebas hambatan sehingga kerja organ tubuh menjadi seimbang. Efeknya, kerja organ-organ tubuh akan lebih baik lagi. Sehingga potensi munculnya penyakit akan berkurang dan vitalitas serta kesehatan tubuh menjadi lebih prima.  
Jadi jika teman-teman mengalami rasa penat karena banyak aktivitas atau sedang banyak pikiran, cobalah ke : 

TAMAN REFLEKSI yang beralamat di BIOCENTRUM JL.VETERAN 153 (SAMPING XT SQUARE JOGJA)
Untuk reservasi hubungi 0857-1321-0471

Dan rasakan sensasi kebugaran dan fresh pikiran setelah terapi selesai dilakukan.  Semoga informasi ini bermanfaat yaa.... 

Salam... 

40 komentar:

  1. Lumayan lama dipijatnya ya mbak, satu setengah jam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, manteb, capek dan suntuk langsung hilang... Hihi. .

      Hapus
  2. Wah ke Yogyakarta bisa dicoba nih. Pegel pegel sehabis keluyuran di Malioboro cuss langsung pijat disini. Betul, me time saya juga salah satunya menikmati dipijat yang kalau di kampung saya disebut diurut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Sepadan ini harga, durasi, dan manfaatnya..

      Hapus
  3. eh kemaren aku juga habis dari Yogyakarta, kalau tahu mah mampir pijit-pijit dulu nih ... lain waktu lagi deh , infonya disimpan dulu

    BalasHapus
  4. Membayangkan dipijat reflexi pasti enak banget, bisa relax sejenak. Kalau udah relax bisa semangat lagi kerja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tubuh fit, pikiran jernih, siap beraktvitas lagi...

      Hapus
  5. Ya ampun bikin pengen pijet. Udah lama banget gak pijet-pijet. Kalau refleksi sakit ga bun? Belum pernah coba soalnya. Biasanya cuma pijet biasa aja. Me time yang asik banget ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas bagian yang bermasalah,, sakit bun. Kalau tidak, ya tidak.. Enak bun,bikin fresh...

      Hapus
  6. Aku juga paling seneng kalau me time itu melakukan massage, yang pasti lebih senang ambil durasi yang 2jam sekalian sama luluran. Kadang ini bisa ketiduran aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, 2 jam diterusin luluran sih syurga banget. Pasti ketiduran. Bangun-bangun segeeeer :D

      Hapus
  7. Wah, direfleksi sih asyik banget. Badan jadi nyaman dan seger. Dan iya banget, dipijat refleksi ini me time banget buat ibu-ibu kayak kita. Duh, aku jadi kepengen direfleksi juga. 😁

    BalasHapus
  8. Badan pasti jadi enakan ya abis refleksi disini tempatnya juga nyaman dan kenapa cuma ada di Jogja, aku kan penasaran pengen coba

    BalasHapus
  9. Masya allah aku butuh banget yang begini kak.. taman refleksi.. lumayan lengkap ya fasilitasnya.. sayangnya jauh banget

    BalasHapus
  10. Wah, enak tuh dipijat. Tapi, benar banget Mbak, jadi ibu itu memang butuh banget me time biar tetap waras. Rekom banget nih tempatnya kalau nanti ke Jogja.

    BalasHapus
  11. Waah...ini niih yang dibutuhin mama-mama selepas bekerja di rumah yang gak kunjung reda.
    Hehehe...nikmat pasti yaa...
    Sampai ketiduran gak, kak?

    BalasHapus
  12. Pas banget nih lagi pegal-pegal plus bete, pengen dipijet, hehe.. Enak amat mba, bisa ngerasain me time ala gitu. Memang perempuan penting banget pijat untuk kesehatan dan kecantikan. Apalagi perempuan bekerja, hehe

    BalasHapus
  13. Aiiihh bikin mupeng aja nih malem2 baca beginian Mba, mana lagi pegel2 bgt semua badan, butuh me time ala relaksasai begini. Aaahh ini me time ala saya juga Mba, waiting for d wiken :)

    BalasHapus
  14. Bener banget kak Sapty, sejenak tinggalkan sebentarlah deadline yang menggunung itu dengan pijat refleksi sekalian juga kan dapat pencerahan dan ide bermunculan

    BalasHapus
  15. Wah mbak, kalo udah nyoba sekali bakalan ketagihan deh... hehe saya juga awalnya jarang banget dipijat. Tapi begitu nyobain sekali dan enak, sekarang malah seneng dipijat. Hampir tiap sehabis bepergian ke luar kota pasti dipijat deh... bikin seger dan enakeun di badan ya mbak

    BalasHapus
  16. di jogja sih banyak tempat refleksi kayak gini ya mbak, kalau mau me time ala-ala juga banyak salon perempuan yang sering kasih diskon haha jadi hepi kan :D

    BalasHapus
  17. I definitely need this mba huhuhu, so relaxing and auto bikin seger...apalagi ada diskonnya

    BalasHapus
  18. Saya belum pernah pijat refleksi. Pernahnya urut sama acil urut. Pasti beda ya sensasinya pijat refleksi sama diurut. He

    BalasHapus
  19. Wih berasa segar banget habis pijat refleksi ya Mak. Kayak pengen coba juga.

    BalasHapus
  20. Aku suka refleksi mom... Enak.. Jadi kayaknya bisa segar banget kalau abis pijet kayak gini...

    BalasHapus
  21. Kalau aku paling demen nih me time dengan melakukan pijat gini, berasa banget rileks dan biasanya suka ketiduran malahan.

    BalasHapus
  22. Asyiknya refleksi, pegal-pegal jadi hilang, terus pas dipijat bisa sambil tiduran jadi seger pas bangun hihihi

    BalasHapus
  23. Loalaaahh, pijat ini favorit aku bangeeett
    jadi pengin ke JOGJA< dolan dan trip sepuasnya, trus pijaaatt deh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  24. Hahaha komunitas ibu modis yang suka hal gratis.

    Jadi fresh ya mbak setelah pijat refleksi. Siap untuk beraktivitas lagi

    BalasHapus
  25. me time saya juga pijat badan, enak langsung fresh deh.

    BalasHapus
  26. Baca artikel ini, saya jadi ingat sudah lama sekali saya ngak merasakan nikmatnya di pijat, soalnya ngak sempat padahal badan sudah rasanya ngak karuan, biasanya setelah pijat saya suka ketiduran hihihi, karenanya jarang sih saya pijat di luar rumah, padahal banyak juga yang punya fasilitas bagus dan bisa bantu memulihkan stamina ibu rumah tangga yang kudu strong setiap hari.

    BalasHapus
  27. Jadi ini tempat pijat refleksi, ya. Dalam bayanganku tuh kayak taman kota yang ada alat2 pijatnya hihihi..

    BalasHapus
  28. Kebayang setelah abis dipijatnya, pasti badannya kerasa seger dan nyaman ya, Mbak.
    Iya nih, kita sebagai ibu perlu banget bisa memanjakan tubuh dengan pijat

    BalasHapus
  29. Wuiiih, Me time model beginian mah seruu habis Mbak. Well noted ah, TAMAN REFLEKSI di BIOCENTRUM JL.VETERAN 153 SAMPING XT SQUARE JOGJA, semoga kapan-kapan bisa me time di sana

    BalasHapus
  30. Akutuh belum pernah pijat refleksi. Paling kalau mau diurut karena pegal ke tukang urut aja. Hehehe

    BalasHapus
  31. Hiyahhh aku ga pernah dipijat kecuali kalau pas KO banget tubuh cuapekk baru minta pijitin emak hehee
    Me time asyik biar bisa kembali produktif ya mbak hheheee

    BalasHapus
  32. duh, udah lama kau gak refleksi ni, otot emang kadang tegang banget, kebanyakan di jalan, bukan di salon, hahaha. maulah mba rilek kayak gini, kalo ke yogja yah

    BalasHapus
  33. Baca ini aku tuh jd pengen massage jg. Mana baru selesai nyetrika lagi. Hihi. Memang sesekali perlu banget ya me time n ke salon gini.

    BalasHapus
  34. duh, aku tu selalunya jadi iri kalau ada temen temen yang udah dipijit hehe, sebab aku pengen dipijit juga nih tapi belum sempet. moga lain waktu bisa pijetan kayak mbak begitu.

    BalasHapus