Kamis, 17 Oktober 2019

Menikmati Menu Khas Nusantara di Warung Tekko Jogja City Mall

Sebagai ibu rumah tangga yang sering disibukkan dengan kerempongan mengurus keluarga, saya butuh meluangkan waktu sejenak untuk melonggarkan hati dan pikiran. 


Me time lah istilahnya. Dan biasanya me time saya tidak jauh-jauh dari kulineran sambil kongkow bareng teman.  

Nah, bak gayung bersambut, teman saya sesama blogger yakni Mbak Ima menginformasikan bahwa ada undangan Blogger Gathering dari sebuah tempat makan bernama Tekko.  Tekko ini berlokasi di sebuah mall yang berada di daerah Jogja bagian utara. Mbak Ima menanyakan kesediaan saya untuk mengikutinya. 

Doc.  Manda
Dan dengan senang hati saya menerimanya. Namanya juga rejeki,  tidak baik kan ditolak ? Kebetulan tempat makan yang menyelenggarakan acara tersebut,  belum pernah saya kunjungi juga. 

Jadi lumayanlah bisa bersilaturahmi dengan teman-teman blogger sekaligus dapat pengalaman mengunjungi tempat makan baru yang bagus untuk direview.  

Berkenalan Dengan Tekko Jogja City Mall
Di hari yang disepakati,  yakni pada hari Minggu tanggal 13 Oktober 2019 pukul 10.00 saya sudah sampai di Jogja City Mall. Sebuah pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jl. Magelang Km 6 Yogyakarta. 

Kebetulan tempat makan yang mengundang kami berada di mall ini. Saya disambut dengan hangat oleh Bapak Sidik Kadarsyah, selaku Manajer Marketing dari Tekko. Sambil menunggu teman-teman lain datang, saya minta ijin untuk melihat-lihat suasana. 

Tekko Jogja City Mall (doc. pri) 
Dari sisi lokasi, Tekko ini menempati area yang strategis sekali. Menempati area lantai dasar di sisi kiri Mall, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan Tekko. 

Selain itu resto ini juga memiliki 2 akses pintu masuk, yakni dari dalam Mall atau melalui teras Mall. Tekko Jogja City Mall ini juga terlihat bersih dan rapi. Penataan ruangnya sangat hommy dan cozy, serta mengusung konsep kekinian yang instagramable. Sehingga enak buat nongkrong sambil makan dan pepotoan. 

Bagian dalam Tekko Jogja City Mall (doc. pri) 
Tempat duduk di resto ini terbagi menjadi dua bagian. Ada yang di bagian teras luar yang merupakan bagian smooking area, dan bagian dalam yang ber-AC.  

Di bagian dalam juga disediakan private room berkapasitas 10 orang yang bisa digunakan untuk meeting room. Kebetulan acara blogger gathering yang saya ikuti menempati private room ini.

Private room di Tekko (doc. Pri) 
Pukul 10.30 WIB,  acara blogger gathering dimulai. Bapak Sidik Kadarsyah banyak bercerita tentang warung Tekko ini. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Tekko Familly Resto didirikan pertama kali pada tanggal 28 Januari 2009, di Pantai Indah Kapuk. 

Hingga saat ini Tekko telah memiliki 45 cabang yang  tersebar di berbagai kota besar yang ada di beberapa provinsi di Indonesia. Antara lain di JABODETABEK, Yogyakarta, Jambi, Palembang, Belitung & Batam. 

Foto bersama (doc. Manda) 
Di Jogja sendiri Tekko hadir sejak bulan Desember 2018. Tekko merupakan Restaurant keluarga, yang menyediakan menu-menu tradisional yang dapat dinikmati oleh anak-anak, remaja, dewasa  dan orang tua. 

Nama Tekko diambil dari dialek Jawa "teko" yang artinya datang. Dengan nama ini diharapkan banyak orang yang datang (teko) untuk menikmati hidangan yang disediakan.  

Dalam perjalanannya, banyak prestasi yang berhasil diraih oleh manajemen Tekko, diantara adalah Indonesia Digital Popular Brand Award selama 3 tahun berturut-turut (2017-2019), The Best Franchise Choice Award 2019, The Best Franchisee 2018,  Restaurant Award 2018, dan Rising Business Award 2017 dari Tras n Co, FranchiseGlobal.com dan WALI.

Menu Yang Ditawarkan di Tekko Jogja City Mall
Masakan yang dihidangkan di Tekko Jogja City Mall adakah menu nusantara yang biasa dihidangkan sehari - hari. Dengan cita rasa asli Indonesia, khas masakan rumahan. 

Aneka masakan yang ditawarkan diantaranya berasal dari Jawa, Sunda, Jogja, Sumatera, Sulawesi, dan Betawi. Total ada 200 menu makanan dan minuman yang disediakan. Jadi kita bisa memilih makanan sesuai selera kita. 

Pak Sidik sedang menjelaskan menu-menu di Tekko (doc. pri) 
Adapun menu unggulan dari Tekko adalah aneka olahan iga. Seperti sup iga, iga penyet, iga bakar, garang asem, hingga konro bakar saus madu. Begitupun dengan menu ayam ada beragam menu olahan ayam yang bisa dijadikan pilihan. Ada ayam Penyet, Sate Ayam, serta Ayam Bakar. 

Sedangkan untuk menu ikan ada aneka jenis ikan yang bisa dipilih, seperti Nila, Bandeng Presto, Pindang Gurame, Gurame Asam Manis, Sup Ikan Gurame dan Nila, Dori Crispy, serta  Gulai Kepala Kakap. 

Bagi penggemar menu sate, tersedia beberapa pilihan selain sate ayam, yakni sate kambing dan sate marangi khas Purwakarta. Untuk melengkapi variasi menunya, tersedia pula menu tumisan sayur yang bisa jadi pilihan,  seperti tumis genjer,  dan kangkung. Ada juga hot plate kangkung, sayur asem, soto ayam, bakso tahu,  sampai soto betawi. 

Menu murah di Tekko
Sambil menunggu hidangan utama dihidangkan, kita juga dapat memesan menu pendamping / camilan, seperti tahu pong, jamur crispy, mendoan, tahu kipas, dan bakwan jagung.

Sedangkan untuk minuman,  tersedia berbagai pilihan baik minuman panas maupun dingin. Seperti teh tarik, sekoteng, wedang ronde,  aneka jus,  es kelapa muda, alpokat kerok,  dan lain sebagainya.  

Dalam acara blogger gathering ini, selain bertujuan untuk memperkenalkan brand, lokasi , dan cita rasa masakannya, Tekko juga ingin mensosialisasikan sejumlah penawaran (promosi) untuk menu dan paket yang ada di restonya. 

Menu-menu seperti pecel sayur,  paket ayam bakar, nila,  dan iga, ditawarkan dengan harga khusus mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 40.000,-.

Menu dengan harga spesial
Sedangkan menu-menu pilihan dari resep warisan leluhur seperti nasi goreng, ketoprak, bakmi goreng, dan nasi uduk, dibandrol di harga Rp. 20.000,- / porsi. Harga ini sudah termasuk es teh, dengan minimal pembelian 2 porsi saja. 

Menu warisan leluhur
Menu-menu dengan harga ekonomis ini sengaja ditawarkan, mengingat Jogja adalah kota pendidikan. Sehingga banyak kalangan pelajar dan mahasiswanya yang tinggal di sini. 

Mencicipi Menu di Tekko Jogja City Mall
Setelah memperoleh banyak cerita dari Pak Sidik, tibalah kami untuk mencoba menu-menunya. Beragam menu yang menjadi unggulan di Tekko tersaji di atas meja. Menunggu kami untuk mencicipinya.  

Untuk olahan iga, tersedia iga bakar,  iga penyet, dan iga konro saus madu.  Ada juga gurami asam manis, nasi uduk, kethoprak, pecel,  bakmi goreng, dan nasi goreng.  

Aneka menu yang disediakan (doc. Riana) 
Untuk sayurnya terdapat tumis kangkung, hotplate kangkung,  dan tumis genjer. Sedangkan sebagai camilan tersedia jamur crispy dan mendoan. 

Duh, bingung kan, saya mau milih menu yang mana. Akhirnya setelah mempertimbangkan selera saya yang lebih suka dengan cita rasa asin dan gurih, saya memilih iga penyet,  jamur crispy, dan alpukat kerok sebagai minumnya. Sedangkan untuk tumisnya saya memilih tumis genjer. 

Berikut review saya untuk menu-menu yang saya coba. 
1. Jamur Crispy
Sebagai camilan pembuka, hidangan ini nagih sekali. Rasanya gurih, dan empuk. Seporsi pun sanggup saya habiskan sendiri. Dicocol dengan sambel duh, tambah yummy.  Jamur crispy goreng ini dibandrol di harga Rp. 25.000,-. Tersedia juga jamur crispy penyet yang dibandrol di harga Rp. 27.000,-.

Jamur Crispy yang yummy (doc. pri) 
2. Iga Penyet
Menu ini termasuk menu yang saya rekomendasikan. Terutama bagi yang tidak suka masakan bercita rasa manis. Karena rasa dari hidangan ini adalah gurih dan pedas dari sambelnya.  

Iganya diolah dengan kematangan sempurna sehingga teksturnya empuk dan tidak alot. Untuk sambalnya, kita bisa pesan tingkat kepedasannya sesuai selera.

Iga penyet (doc. Pri) 
Hidangan yang lengkap disajikan dengan nasi putih ini sangat enak dinikmati selagi hangat. Menu ini dibandrol di harga Rp. 55.000,-. Namun khusus untuk pembelian di tanggal 10 Oktober sampai 30 November 2019, menu ini dapat diperoleh dengan harga Rp. 40.000,- saja, sudah termasuk 1 gelas es teh. 

3. Tumis Genjer
Nah, tumis ini istimewa sekali. Karena jarang bisa saya jumpai di warung makan lainnya. Rasanya unik, sedikit pahit, tapi enak dan renyah. Sangat cocok sebagai teman makan nasi bersama iga penyet dan sambal tadi. 

Tumis genjer (doc. Pri) 
Seporsi tumis genjer yang pas dinikmati untuk 3 orang ini dibandrol di harga Rp. 25.000,-. 

4. Es Alpokat Kerok
Ini adalah salah satu nama minuman dingin yang ditawarkan Tekko. Tampilannya sangat cantik dan menarik hati. Ketika dicicipi rasanya manis menyegarkan, mirip es teler. 

Disajikan dalam gelas panjang dengan isian alpokat yang melimpah. Menu favorit saya ini dibandrol di harga Rp. 17.500,- saja. 

Es Alpokat Kerok (doc. Pri) 
Secara keseluruhan, menu yang disajikan di warung Tekko ini memuaskan. Kapan-kapan saya akan mengajak keluarga besar untuk mencicipi aneka olahan iga dan tumis genjer di sini.  

Tekko ini lumayan luas, mampu menampung sekitar 150 orang. Sangat cocok untuk acara pertemuan, gathering, atau arisan. Kita bisa memesan menu sesuai dengan kebutuhan. Bisa model paket ataupun prasmanan. 

Contoh menu nasi box yang bisa dipesan di Tekko (doc.pri)
Tempat ini cocok untuk semua kalangan. Karena menu yang disajikan sangat beragam. Jika membawa balita pun kita tetap akan merasa aman dan nyaman, karena tersedia baby chair juga. 

Jika teman-teman penasaran dan ingin mencicipi menu-menunya, silakan datang ke Tekko Jogja. Alamatnya di Jogja City Mall Lt GF unit 9 A,  Jl. Magelang KM 6 no 19 Yogyakarta.  

Sebagai tambahan informasi,  Tekko ini juga melayani pemesanan nasi box dan delivery order. Untuk informasi dan reservasi silakan hubungi : 0274-5304208.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.. 

Salam

31 komentar:

  1. Kirain tadinya pisang goreng, ternyata jamur crispy. dah keburu ngiler nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salah, jamur crispynya enak sekali ini

      Hapus
    2. Wah gitu yah... ngilernya makin deras :)

      Hapus
  2. Banyak pilihan menu dan harganya. Disain interiornya menarik, chandelier-nya cantik. Makin nyaman aja nikmati hidangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb, sampai bingung mau milih menu yang mana, hehe

      Hapus
  3. Menunya variatif.. plus sukanya ada paket hemat 20rb dah sama minum. Bisa aman nih kantong makan di sini ya mbak.

    BalasHapus
  4. Saya takjub sekali dengan kemauan Tekko ini mba. Dalam kurun 10 tahun sudah berkembang dengan 45 cabang. Marvellous

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb... Mungkin karena cita rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia

      Hapus
  5. Wahh saya suka interiornya..
    Bagusss..

    Harga ekonomisnya sayya juga tertarik hihi..
    Secara klo jajan di mall jarang lagi dpt harga segitu

    BalasHapus
  6. KAalau mendengar kata wrung Tekko, aku selalu inget sama iga bakarnya yang enak banget itu. Ealah, sekarang di JCM juga ada, jadi lebih deket nih sama rumah mertua

    BalasHapus
  7. Akkk jadi pengen makan iga, tapi yang bakar,
    Paling sebel kalau baca blog kuliner, soale auto pengen nyobain wkwk

    BalasHapus
  8. Pernah makan di warung tekko di salah satu mall di jakarta. Apa sama ama Tekko yang ini ya? Memang khasnya iga penyet dan sambel nya nendang banget.

    BalasHapus
  9. Tumis genjernya tuh bikin ngiler mbaa.. jarang lo yang jual, biasanya bikin sendiri di rmh. Nyam nyammm

    BalasHapus
  10. Tempatnya asyik banget ya..dan menunya variatif . Kalau di Jakarta rame juga nih Tekko. Sabtu lalu aku bertiga anak-anak makan di sini. Layanannya ramah juga cuma lebih sempit tempatnya karena di mall

    BalasHapus
  11. Unik ya nama salah satu kulinernya, Tahu Pong, hehe...kl yg bakwan jagung, jamur krispi udah familiar. Sukses yaa buat Tekko Jogja Mall

    BalasHapus
  12. Tempatnya asik dan homey banget ya kayaknya. Berasa kayak makan di rumah deh... Menunya juga bervariasi, jadi gak membosankan donk yaaa karena banyak pilihan...

    BalasHapus
  13. Yay jadi langsung pengen cap cus ke warung Tekko di jalan Magelang ngeliat menunya Yogja banget semua istimewa

    BalasHapus
  14. Wah.. saya seudah sering bolak-balik Kebumen- Yogya, Mbak dan baru tau Tekko ini. Menunya saja sampai 200 menu dari berbagai nusantara. Dan pas saya pelototin menu dan harganya, sangat memikat dan harganya pas, Mbak.
    Kalau ke Yogya lagi, saya mau mampir ke Tekko ini.

    BalasHapus
  15. Harganya terjangkau ya mba, nggak nguras isi dompet.
    Pas banget kalau pergi tanggal tua

    BalasHapus
  16. Duuhh itu menunya macam masakan di rumah ya mbak, harganya juga relatif terjangkau, dan mudah aksesnya ya itu, bisa dari luar mall ataupun dari dalam mall
    Btw udah banyak juga ya cabang Tekko ini, di Jember kayaknya belum ada wkwkk

    BalasHapus
  17. Kuliner Nusantara tetap jagoan di kalangan masyarakat soalnya citarasa pas dan sanggup menggoyang lidah dengan ragam pilihan berikut rasa. Saya suka banget tumis genjer dan memang suka ada rasa pahitnya dikit tetapi berkhasiat. Kadang saya masak tumis genjer dan diserbu anak dan suami. Jadi penasaran dengan rasa tumis genjer ala Tekko. Kalau ke Yogya bolehlah kami singgah makan di sana, sekalian enak ngadem di mal, he he.
    Sepertinya jika kita ingin merasakan kuliner daerah, tinggal ke Tekko saja. Makan sate maranggi tak perlu ke Purwakarta, di Tekko sudah ada. Mendadak lapar lagi dan pengen makan sate, he he.
    Sukses untuk Tekko, saya suka konsepnya. Makan enak dan tempat nyaman tetapi harga bersahabat.

    BalasHapus
  18. Wadawww ini tempat makan favorite aku se keluarga. Makanannya memang enak. Nyaman juga

    BalasHapus
  19. Tempatnya keren banget, pas buat foto foto, makananannya juga enak, dan aku pengen nyobain tumis genjernya...

    BalasHapus
  20. Wah selamat ya buat warga Yogya ada tempat jajanan anyar khas nusantara hehe :D
    Tekko emang manteb iga dan satenya. Owalah ternyata mereka juga melayani paket menu box gtu ya, aku baru tau hehe :D
    Duh itu makanannya bikin ngiler semua :D

    BalasHapus
  21. Serius, harganya segitu? Wow! Padahal tempatnya sangat nyaman dan terlihat mahal, ya.
    Dan sungguh kenangan indah kalau makan bersama-sama setim gitu. Dengan perjanjian beli menunya harus beda, bisa dapat stok foto banyak

    BalasHapus
  22. ada sambel-sambelnya gak kak?
    misal kayak sambel PETE gitu? Jika ada maka aku masukin list buat nyobain disana gitu

    BalasHapus
  23. Waaah tekko sekarang udah ada di jogja city mall, harganya murah juga mulai dari 15rb, kalau aku ngiler sama sambelnyaa, btw belumbpernah nih cobain sate maranggi

    BalasHapus
  24. Nama warungnya unik yaa..Kelihatannya menunya enak semua nih. Tapi saya paling naksir sama menu iga penyetnya, disantap dengan nasi putih hangat pasti enak banget tuh.

    BalasHapus
  25. Wah saya baru tau tentang tekko ini. Nice mbak.. Enak ya, makanannya sedap sedap.. Jadi pengin makan langsung disana

    BalasHapus
  26. Wow saya biasa memesan makanan dengan menu yang bukan berasal dari daerah saya hehehe jadi saya tahu rasanya makanan nusantara tanpa harus pergi ke daerah tersebut. Paket hematnya bakalan jadi favorit aku neh...

    BalasHapus