Ketinggalan Dompet Bukan Persoalan, Sekarang Ada QR Payment

Bulan Juli 2019 lalu, saya dan beberapa kawan blogger memperoleh undangan untuk menghadiri acara pengundian hadiah tabungan online berbasis aplikasi bernama SOBATKU. Acaranya diselenggarakan di Atrium Ambarukmo Plaza, salah satu Mall terkemuka di kota Jogja.

Desain by : canva
SOBATKU memiliki kepanjangan Simpanan Online Sahabatku, merupakan aplikasi fintech yang dikeluarkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati, bekerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna sejak 2 tahun yang lalu.  

Diluncurkannya aplikasi SOBATKU ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati untuk menarik generasi milenial agar mau menjadi anggota koperasi. Generasi milenial yang saat ini banyak yang berada di usia produktif merupakan generasi yang unik. 

Lahir dalam era pergantian abad menyebabkan banyaknya sistem kehidupan yang bertransformasi akibat adanya kemajuan teknologi. Termasuk dalam gaya hidup dan cara berbelanja. Salah satu yang menonjol dari generasi ini adalah no gadget no life. 

Hampir sebagian besar waktu dari generasi milenial dihabiskan bersama gawainya, termasuk dalam melakukan aktivitas harian. Seperti berbelanja maupun dalam melakukan pembayaran. 

Inilah yang kemudian menuntut para penyedia jasa keuangan untuk beradaptasi mengikuti trend dari para milenial yang suka dengan sesuatu yang instan,  dan senang melakukan pembayaran cashless

Dalam acara pengundian Grand Prize SOBATKU ini, saya memperoleh pengalaman baru. Karena saat itu adalah kali pertama saya menggunakan QR Code untuk melakukan pembayaran. Quick Response Code Payment atau QR Code Payment adalah metode pembayaran tanpa uang tunai dengan memindai atau scanning kode yang berwujud dimensi.

Memang di event SOBATKU tersebut,  di samping ada acara utama berupa pengundian grand prize 100 juta untuk nasabahnya, tersedia juga aneka stand jajanan yang pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan apikasi SOBATKU. 

Jadi pengunjung yang belum memiliki aplikasi SOBATKU dapat download dulu, kemudian melengkapi syarat yang dibutuhkan, dan top up melalui transfer rekening atau setor tunai di alfamart.

Saya dan teman sewaktu mengikuti acara SOBATKU (doc. Agatha Vera) 
Karena penasaran, saya pun memanfaatkan layanan itu. Apalagi stand-stand yang ada menjual menu yang menarik semua. Bahkan beberapa tenant menawarkan cashback bagi pembelinya.  

Setelah download aplikasi dan mengisi saldo secukupnya,  saya pun mulai hunting makanan yang saya inginkan. Dan pilihan saya jatuh kepada nasi ayam geprek keju.

Pengalaman belanja memakai QR Code (doc. Mini Geka) 
Ternyata melakukan pembayaran melalui QR code ini mudah sekali. Saya tinggal scan code yang ada di tenant, dan akan keluar jumlah tagihan yang harus saya bayarkan. Kemudian saya masukan pin, dan saldo akan terpotong sesuai tagihan. 

Jadi metode ini menguntungkan pembeli maupun penjual. Karena pembeli tidak perlu  menunggu kembalian, dan penjual pun tidak perlu menyiapkan uang recehan. Transaksi menjadi cepat,  mudah,  dan praktis. 

Di lain waktu, saya juga pernah merasakan sangat terbantu dengan adanya pembayaran transaksi dengan QR payment ini. Kali ini saya memanfaatkan layanan gopay. 

Waktu itu saya akan belanja di sebuah mini market. Biasanya sebelumnya saya ambil uang dulu di ATM yang berada tidak jauh dari mini market tempat saya biasa berbelanja. Sewaktu saya mau mengambil uang,  saya baru sadar kalau dompet saya ketinggalan. 

Mau balik ke rumah kok kejauhan. Tiba-tiba saya ingat, saldo gopay saya masih lumayan. Kebetulan beberapa waktu lalu saya baru saja menang hadiah kuis di instagram, dan hadiahnya saldo gopay. Jadi cukuplah untuk membeli beberapa barang yang memang sangat saya butuhkan.  

Akhirnya meluncurlah saya ke mini market yang menerima pembayaran via gopay. Setelah pilih-pilih barang,  segera saya ke kasir dan saya infokan saya membayar dengan gopay. 

Dengan cekatan mbak kasir mengitung belanjaan saya. Setelah ditotal segera saya aktifkan akun gojek saya, dan saya pilih menu pembayaran. Kemudian saya masukkan pin dan keluarlah barcode yang kemudian saya serahkan ke mbak kasir, dan selesai. Pembayaran sudah saya lakukan.  

Belanja dengan QR Payment Gojek (doc. Pri) 
Dari dua pengalaman tersebut saya pun kemudian menyimpulkan, pembayaran dengan QR Code ini sangat memudahkan. Sayangnya selama ini QR Code hanya bisa digunakan terbatas pada tempat/merchants tertentu yang sudah bekerja sama dengan aplikasi keuangan yang kita gunakan. 

QR Code Belum bisa digunakan secara terbuka. Padahal cara pembayaran dengan QR Code ini selain praktis dan mudah, juga aman. Asal gawai ada dalam genggaman dan sinyal kuat, kita tinggal scan bar code dan memasukkan pin. 

Semua transaksi akan lancar dan aman. Berbeda dengan pembayaran melalui kartu yang perlu digesek yang memungkinkan terjadinya kejahatan scam. 

Dalam kaitannya dengan QR Payment ini, belum lama ini saya memperoleh informasi. Kalau Bank Indonesia pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia lalu, merilis standar untuk penggunaan QR Code di Indonesia atau QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Standardisasi QR Code ini berfungsi agar satu kode bisa dipakai untuk layanan pembayaran yang berbeda. Misalnya, satu kode di satu penjual merchant bisa digunakan untuk pembeli yang melakukan pembayaran menggunakan Go-Pay atau Ovo.

Selain itu standarisasi QR Code ini dibuat untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

QRIS sendiri disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Setelah melalui berbagai uji coba dan akhirnya resmi diluncurkan, implementasi QRIS dalam skala nasional direncanakan akan berlaku secara efektif pada 1 Januari 2020 mendatang. 

Dengan layanan ini diharapkan kemudahan dan keamanan transaksi keuangan semakin kita dapatkan. Semoga rencana ini berjalan sesuai yang diharapkan dan semakin menggairahkan perekonomian kita. 
#feskabi2019
#gairahkanekonomi
#pakaiQRstandar
#majukanekonomiyuk

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

60 komentar

  1. Enaknya non-cash itu dana terpotong sesuai kebutuhan mba.. Kalau cash kadang mesti pake kembalian, yang seringnya malah dapat permen..atau uang receh/koin yang akhirnya keselip di tas atau malah ngganjel di dompet

    BalasHapus
  2. Saya banget mbak, ketinggalan dompet melulu.
    Moga2 rencananya sukses, biar transaksi aman dan nyaman.

    BalasHapus
  3. Praktis ya pakai dompet digital tinggal scan QR. Nggak perlu bawa uang cash.

    BalasHapus
  4. seneng deh sekarang udah ada standarisasi qr code ini, jadi lebih tenang belanja pake qr code hehehe

    BalasHapus
  5. Mbak aku sudah instal SOBATKu sejak lama. Memang bermanfaat banget apliaksinya. 😍

    BalasHapus
  6. Pokoke selama ada deposit e money, aman sudah kemana-mana walau ga da uang cash

    BalasHapus
  7. Wiwin | pratiwanggini.net10 November 2019 pukul 09.17

    Wahhh bagus nih dengan adanya QRIS. Jadi makin praktis. Btw sejak cashless berlaku, dompetku jadi nganggur di rumah. Yg penting bawa HP aktif. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Hadiah dompet diganto casing hp ya... 😂😂

      Hapus
  8. Praktis dan nggak ribet ya ternyata transaksi pakai QR Payment. Ada banyak diskon nggak ya mbak di merchants yang kerjasama sama QR Payment?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya gitu mb... Suka ada diskon dan cashbacknya yang bikin mamak bahagia... 😀

      Hapus
  9. sekarang lebih panik kalo HP ketinggalan ya Mak, qiqiqiqi
    soale segala sumber job dan sumber duit adanya di HP, bukan d dompet wakakakak

    BalasHapus
  10. jaman sekarang ya...gak harus bawa cash kemana-mana...yang penting bawa HP dengan akses internet yang bagus..biar tetap bisa belanja meski gak bawa dompet..hehe

    BalasHapus
  11. Makin praktis aja kalau ada standardisasi qr code, ya. Jadi bisa bayar di mana pun dengan satu saldo

    BalasHapus
  12. QR payment memang praktis untuk pembayaran. Akupun sekarang cenderung memanfaatkan ini, soalnya banyak promo sih haha

    BalasHapus
  13. Nah ini bener sih, salah satu keuntungan dari qr code adalah, kita ngausah ribet-ribet ngerogoh dompet :D

    BalasHapus
  14. Aku suka banget dengan terobosan ini!
    Inovatif dan go green.

    BalasHapus
  15. Pake QR emang praktis. Kadang suka takut bawa uang tunai kemana-mana, Nah QR jadi solusi tepat nih. Apalagi sering ada promonya juga.

    BalasHapus
  16. CUma kelemahan QR ini tetep ada ya Mbak, pas internet kehilangan sinyalnya atau mesin pemindai barcodenya error. Tapiii, sebenarnya lebih praktis juga sih ya daripada mikir bawa uang ke mana-mana.

    BalasHapus
  17. Ini aku banget deh, demen banget bayar transaksi dengan menggunakan QR Code. Secara aku jarang banget bawa uang cash dan biasanya emang mengandalkan dompet digitalku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kalau diajak janjian sama teman-teman saja, suka nanya ini bayarnya bisa pakai dompet digital gak sih?

      Hapus
  18. Saya pakai Sobatku juga. QR payment ini memang jempolan bisa banget dijadiin andalan ya

    BalasHapus
  19. transaksi pembayarannya jadi lebih praktis karena teknologi QR code ini ya mbak

    BalasHapus
  20. QR code jadi menambah alasanku udah gak terlalu banyak bawa uang cash

    BalasHapus
  21. Ahh aku juga merasa sangat terbantukan dengan qr code ini kak. Anti ribet daa lebih enteng berpergian karea gak harus bawa uang cash dalaa jumlah banyak

    BalasHapus
  22. QRIS ini bakal direalisasikan nasional mulai januari 2020 ya...bagus deh kalau sudah ada standarisasinya..

    BalasHapus
  23. Benar nih, dengan QR Code, kita lebih dipermudah sebagai customer dan tidak dipusingkan lagi dengan uang kembalian :)

    BalasHapus
  24. Era digital makin mempermudah kita ya..

    Jadi sering cash less juga..

    Skrg yg lebih bahaya itu klo ketinggalan hp

    BalasHapus
  25. Iya bner nih semenjak Ada QR code ini jadi praktis akupun suka sekarang Pakai ini.. gk ribet dgk perlu bawa cash

    BalasHapus
  26. Mpo aja ketinggalan dompet cuek bebek aja. Tapi kalau handphone sudah mati gaya dan mati kutu.

    Handphone nomor satu deh bisa transaksi apa saja pakai kode QR

    BalasHapus
  27. Makin menyenangkan deh belanja jaman now. Pake QR Code tinggal scan aja, malahan sering dapet promosi ya kalau pas salah satu dompet online yang kita gunakan sedang ada event khusus.

    BalasHapus
  28. yg udah sih pake gopay sama ovo utk transaksi dg QR. Apalagi sering dpt voucher gocengan dr gopay di alfamart heheje

    BalasHapus
  29. Udah antri dikasir lumayan lama,pas giliran tiba eeeh lupa bawa dompet.
    Pasti malu dech, apalagi yang antri dibelakang kita banyak ya mba.
    Memang dengan aplikasi QR memudahkan kita dalam berbelanja, meskipun tidak bawa uang tunai cukup dengan scan QR aj, simple

    BalasHapus
  30. Belanja dengan scan qr code itu menyenangkan juga. Apalagi nanti kalau ada bonus-bonus yang masuk ke saldo. Udah enggak ribet, simple dan tetep aman meski gak bawa dompet.

    BalasHapus
  31. Kebayang beberapa tahun lagi, ndak ada uang kertas, ga ada kartu atm.
    Semuanya selesai hanya dengan QR Code.
    Excited dan deg degan juga.
    Teknologi luar biasa ya :)

    BalasHapus
  32. yuhuuu saya pun sekarang jarang bawa dompet kalau mau beli makanan di luar. selalu cari outlet yg bs scan QR code. kan biasanya jg ada diskon

    BalasHapus
  33. Sobatku bisa juga ternyata dengan QR Code, ini mah makin memudahkan kita urusan transaksi keuangan karena tinggal scan aja

    BalasHapus
  34. Praktis ya sekarang ini. Bayar bisa pakai QR aja, cashless banget. Tapi susahnya kalo butuh uang receh, jadi langka sekarang hahaha.

    BalasHapus
  35. QR code ini memudahkan transaksi ya walaupun bergantung pada sinyal provider :)

    BalasHapus
  36. Aku udah mulai nih pakai QR code kalau mulai blnja praktis antrinya cepat dah gitu bnyak promonya lagi

    BalasHapus
  37. Aku nungguin nih peraturan baru dari BI tentang QR, jadi enggak perlu banyak aplikasi dompet digital di hape kan nantinya. Enggak sabar nungguin bulan Januari, hehehee

    BalasHapus
  38. Selama ini aku pakai QR itu pakai aplikasi ovo. Saat pembayaran memang mudah, anti ribet dan gak khawatir kalau gak bawa uaag cash.

    BalasHapus
  39. Waaa...beneran praktis yaa..
    Tinggal scan barcode dan bereess.
    Bener-bener membantu sekali dengan adanya QR Code zaman now.

    BalasHapus
  40. Semua sekarang mah serba cashless ya. Jadi mudah mau ngapa-ngapain juga walaupun dopet gak tebal hehe.

    BalasHapus
  41. Bener lho mba, aku pernah nih jalan ke mall habis jemput anak² sekolah terus kita makan dan setelah mau bayar baru sadar ternyata aku ngga bawa dompet. Tapi krn sdh serba digital, aku tinggal bayar saja pakai QR cide nya gopay ehehe

    BalasHapus
  42. Sekarang ini belanja tanpa dompet pun tak apa, ada QR payment

    BalasHapus
  43. Aku udah beberapa bulan belakangan install aplikasi QR Code di HP tapi kok belum pernah dicoba hahaha. Kapan2 deh mau biar tau seperti apa rasanya. Pasti hati tenang ya ga bingung uang cash segala plus perintilannya.

    BalasHapus
  44. Gak perlu ribet2 bawa dan buka2 dompet ya kak. Dan gak akan ketinggalan lagi karena begitu selesai dipakai, hp pasti langsung disimpan lg

    BalasHapus
  45. Belanja di jaman sekarang tambah mudah yaa gk perlu bawa uang cash kemana2 ckup scan QR Code aja y bunsay enak bin mudah

    BalasHapus
  46. Wah kita bakal satu QRIS ya? Seru nih apalagi kalau sampai luar negeri, pastinya gampang dipakai pas jalan-jalan. Semuanya akan menjadi semakin mudah dengan QRIS.

    BalasHapus
  47. Aku sudah lama pakai QR untuk pembayaran. Mudah dan nyaman itu alasannya. Sehingga bisa cashless kemana-mana. Enggak terbebani mesti banyak bawa uang tunai atau kartu lagi

    BalasHapus
  48. Pakai QR ini memang bikin praktis kalau mau belanja. Nggak perlu bawa banyak uang. Tapi kadang suka nyebelin juga sih kalau pas sinyal jelek aplikasinya malah nggak bisa dibuka. Heu

    BalasHapus
  49. Gadget sekarang menjadi segalanya ya, smapai dompet pun sudah jarang aku bawa juga wkwkkw. Cukup benda sakti gadget bisa belanja, pesan ini itu dan juga taktir-taktir teman haha. Kuncinya hanya waspada kalau ga bisa boros tanpa sadar

    BalasHapus
  50. Zaman sekarang jangan sampe ketinggalan hp ya, biarlah ketinggalan dompet hehe... belanja pakai QR bakal banyak membantu banget ya, hemat waktu juga hehe

    BalasHapus
  51. dompet digital sekarang makin diminati ya, banyak juga macamnya.., bawa Hp kemana2 udah inklud bawa dompet..hihi. makin mudah melakukan pembayaran , jadi ggak perlu bawa banyak uang tunai

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter