Jumat, 15 November 2019

Memanfaatkan Kebaikan Alam, Tetap Produktif Meskipun Siklus Bulanan Datang

Herbadrink Kunyit Asam yang Menyehatkan (doc. pri) 
Setiap perempuan normal, pasti akan mengalami siklus bulanan. Dan biasanya datangnya siklus ini diawali dengan gejala yang kurang nyaman di badan. Medis mengistilahkannya sebagai Pre Menstrual Syndrom (PMS). 

Menurut wikipedia Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah kumpulan gejala fisik,  psikologis,  dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. 

Sekitar 80 hingga 95 persen perempuan pada usia produktif mengalami gejala-gejala pra menstruasi yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Gejala tersebut dapat diperkirakan dan biasanya terjadi secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi.  

Tentang Pre Menstrual Syndrom (PMS) 
PMS adalah kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Sindrom inu akan menghilang pada saat menstruasi dimulai atau sampai beberapa hari setelah haid selesai. 

Gejala PMS yang bisa dilihat secara fisik adalah lebih cepat marah, kesal, atau menangis, pusing atau pingsan, suasana hati yang cepat berubah, sakit kepala, nyeri pada payudara, pembengkakan payudara, sembelit atau diare, pembengkakan pada pergelangan kaki, tangan, dan muncul jerawat.

Ilustrasi PMS (sumber : brilio.net)
Sedangkan gejala-gejala yang berupa perubahan perilaku di antaranya depresi, stres, merasa kecemasan, cepat menangis, dan sulit konsentrasi.

Untuk saya pribadi rasa sakit akibat siklus bulanan ini justru paling parah terjadi di hari pertama sampai hari kedua haid dimulai.  Bahkan rasa sakit ini benar-benar tidak tertahankan, sampai mengganggu aktivitas harian yang saya lakukan. 

Saya punya pengalaman tidak mengenakkan sewaktu kuliah dulu.  Saya pernah hampir pingsan di kampus karena memaksakan diri berangkat kuliah di hari kedua haid datang, karena ada jadwal ujian. 

Waktu itu saya hampir pingsan karena nyeri perut yang saya rasakan. Untung teman saya Ningsih mengajak saya ke kostnya yang tidak jauh dari kampus sehingga saya bisa istirahat dan meminum obat anti nyeri. 

Saya pernah membaca, rasa sakit saat haid terjadi karena kontraksi otot rahim. Kontraksi ini dipicu oleh hormon prostaglandin yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.

Jika selama siklus menstruasi terjadi kontraksi yang terlalu kuat, maka hal tersebut bisa menekan pembuluh darah di dekatnya. Hal ini dapat memotong suplai oksigen ke dalam rahim. Akibat rendahnya level oksigen dalam rahim bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram.

Ada pula yang mengatakan rasa sakit timbul karena darah haid kurang lancar. Sehingga banyak yang menyarankan untuk meminum air kelapa muda atau minuman bersoda. Tetapi, berhubung saya pernah membaca minuman bersoda tidak disarankan untuk perempuan yang baru haid,  saya tidak mengindahkannya. Saya lebih memilih minum air hangat dan beristirahat saja di rumah saja. 

Sampai kemudian saya lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja, yang tidak memungkinkan saya untuk sering ijin karena nyeri haid yang saya alami. 

Meskipun dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 disebutkat bahwa pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha tidak wajib berkerja pada hari pertama dan kedua pada waktu menstruasi, tapi itu jelas mengganggu produktivitas kerja dan mempengaruhi penilaian atasan terhadap saya. 

Kenang-kenangan saya bersama teman kerja (doc. Pri) 
Seorang kawan kemudian menyarankan agar saya rajin minum jamu kunyit asam. Kebetulan teman kerja saya ini punya tetangga yang punya usaha membuat aneka jamu peras, salah satunya jamu kunyit asam. 

Akhirnya saya minta tolong teman untuk membelikan. Setiap hari saya selalu rutin meminumnya. Dan efeknya sangat berasa. Badan saya menjadi lebih bugar dan keluhan PMS dan rasa nyeri saat haid pun sangat jauh berkurang. Ternyata jamu kunyit asam ini sangat manjur untuk mengatasi keluhan pms dan nyeri haid. 

Kandungan dalam Jamu Kunyit Asem
Sebenarnya di masyarakat Jawa jamu kunyit asem ini sudah dikenal lama untuk mengatasi masalah nyeri haid. Hanya saja saya kesulitan membeli yang asli.  Biasanya untuk yang kemasan saya tidak cocok rasanya. Terlalu manis menurut saya.

Jamu kunyit asam (sumber : hellosehat.com)
Untung ada teman yang tetangganya jual jamu peras asli. Karena terbukti meredakan keluhan haid, saya pun jadi penasaran dengan manfaat dan kandungan yang ada di dalamya. Sehingga saya pun mencari referensi tentang manfaat kunyit dan asam. 

Dari sumber yang saya baca,  kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Rimpang kunyit (sumber : pixabay) 
Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim, sehingga mengurangi rasa sakit.  

Asam jawa (sumber : tribun lampung) 
Kunyit dan asam selain bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, juga berguna sebagai antioksidan,  menurunkan berat badan, dan mengendalikan gula darah. 

Sehingga minum ramuan kunyit asam secara rutin memang sangat dianjurkan untuk kesehatan. Karena banyak kebaikan dari kunyit dan asam yang bermanfaat untuk badan.  

Teknologi Memberi Kemudahan
Tahun 2014 karena ingin fokus ke keluarga, saya memutuskan resign kerja dan memulai usaha dari rumah. Karena saya tidak lagi bekerja,  maka  otomatis saya tidak bisa lagi minta tolong teman untuk membelikan jamu kunyit asam. 

Kebetulan pasar tradisional di mana penjual jamu peras biasa berjualan,  agak jauh dari rumah saya, jadi saya harus menemukan cara agar tetap bisa rutin minum jamu kunyit asam. 

Alternatif paling mudah memang membeli produk kemasan.  Karena di samping lebih gampang dicari, penyimpanan dan penyajiannya pun lebih praktis.

Kunyit Asam Herbadrink (doc.pri)
Akhirnya setelah banyak mencoba produk jamu kemasan yang ada di pasaran,  pilihan saya jatuh ke produk kunyit asam herbadrink dari Konimex. Cita rasa dari Herbadrink Kunyit Asam yang paling pas untuk lidah saya.

Herbadrink Kunyit Asam ini bermanfaat untuk melancarkan haid dan membantu mengurangi bau badan.

Andalan saya sekarang (doc. Pri) 
Herbadrink Kunyit Asam adalah Minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia, yang diolah dari ekstrak murni bahan pilihan dan berkualitas serta diproses dengan teknologi modern. Tanpa pengawet dan tanpa endapan.

Tersedia dalam kemasan dus isi 5 sachet @ 25 g. Herbadrink ini aman karena sudah teregisterasi dengan No. POM TR 061466491, dan sudah tersertifikasi halal MUI. Komposisi dari Herbadrink Kunyit Asam terdiri dari Ekstrak kunyit 8.7 g, Ekstrak Asam Jawa 1.9 g, gula dan bahan lainnya hingga 25 g.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup larutkan 1 saset Herbadrink Kunyit Asam kedalam +/- 150 ml air panas atau dingin, sajikan dan nikmati manfaat alaminya segera. Praktis bukan? 

Herbadrink ini juga tersedia dalam aneka varian, seperti Sari Jahe, Temulawak, Lidah Buaya, wedang uwuh,  dan Beras Kencur, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan

Dengan Herbadrink Kunyit Asam,  segala keluhan haid tidak saya rasakan lagi,  dan saya tetap bisa produktif bekerja dari rumah. Nah, bagi teman-teman yang memiliki keluhan nyeri perut yang mengganggu di saat siklus bulanan tiba, coba konsumsi jamu kunyit asam.  Kalau ingin yang praktis, coba saja Herbadrink Kunyit Asam dari Konimex. Semoga bermanfaat ya.... 



32 komentar:

  1. Saya penggemar kunyit asam lho mbak. Pengen nyobain juga nih yang dari konimex

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dong mb... Wah, kurang tau nih, sudah sampai USA blm ya herbadrink dari konimex ini...

      Hapus
  2. Ini kalau dikasih es batu juga sedap. Aku alhamdulilah udah gak pernah nyeri kalau datang bulan. Paling hari pertama dan jam jam pertama saja. Selebihnya nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, apalagi kl udara lagi panas-panasnya kayak sekarang

      Hapus
  3. Saya sering minum jamu kunyit asam kalo ada penjual jamu lewat. Kok aku gak mens-mens yah??

    Wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Kunyit asam selalu jadi minuman wajib saat haid, sayangnya terkadang susah cari penjual jamu asli..untung aja ada Herbadrink ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Berguna banget informasinya terima kasih. Aku jarang merasa sakit sih kalau datang bulan. Tapi kalo sakit bisa sakit banget gitu cuma bisa gulung-gulung di kasur seharian :(

    Cheers!
    Rizuna from A Well-dressed Nerd

    A Well-dressed Nerd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dihindari kok, rasa sakit krn pms ini. Salah satunya dg minum kunyit asem ini

      Hapus
  6. Kunyit asem dikasih es batu... manteb banget ittuuu. Kesukaanku juga loh mba. Kalo ada yg praktis gini makin gampang ya buat nikmatin minuman kesukaan.

    BalasHapus
  7. Panas-panas gini terus lagi mens, enak ya bikin Herbadrink Kunyit Asam campurin sama es batu, nyesss~

    BalasHapus
  8. Mbak kok sama? Favoritku juga ini, padahal dulu paling anti, ternyata rasanya segar banget hehe

    BalasHapus
  9. Wiwin | pratiwanggini.net19 November 2019 14.18

    Aku sudah dong mengkonsumsi Herbadrink Kunyit Asam ini. Lumayan enak. Aku sukaaa.. :)

    BalasHapus
  10. Dulu temanku ada loh yang kalau pas menstruasi gitu sampai pingsan saking sakitnya. Kasihan banget kalau melihat teman yang mengalami kejadian seperti ini. Semoga dengan mengonsumsi kunyit asam rasa nyeri haidnya bisa mereda ya. Bisa coba Herbadrink ya yang rasa kunyit asamnya enak dan segar ini.

    BalasHapus
  11. Sepakat mbak. Kunyit asam herbadrink memang melegakan perut saat nyeri haid. Dulu saya saking nyerinya di awal haid, bisa sampai pingsan. Pernah di kampus sekali, di tempat kerja sekali. Tapi untungnya berangsur sembuh setelah nikah.

    BalasHapus
  12. Kunyit asamnya pas kesukaanku mba. Habis minum pasti seger wes.

    BalasHapus
  13. Ohb iya, kunyit asem bagus yak buat perempuan yang lagi haid. Tapi walaupun nggak lagi haid juga enak dikonsumsi. Apalagi kalo dingin2 gitu pas cuaca panas :9

    BalasHapus
  14. Doyann banget aku mbak diminum anget2 mantap

    BalasHapus
  15. Minuman andalanku nih apalagi kalo sedang haid, rasanya seger banget ditambah sari jahe bisa meredakan nyeri haid di awal periode hehehe

    BalasHapus
  16. Kunyit asem itu seger
    Apalagi di minum saat cuaca panas gini..
    Aku sukanya yg cold

    BalasHapus
  17. Kunyit asam, emang bangus banget untuk menghilangkan sakit bawaan dari si bulanan itu.

    BalasHapus
  18. Aku tuh suka kalau kunyit asem. Dan senang kalau ada yang terbuat dari bahan alami seperti ini mba. Mau coba ah minum anget anget saja :)

    BalasHapus
  19. Tamu bulanan memang sering kali jadi halangan untuk bisa beraktivas ya. Jadinya serba terhambat. Untungnya ada banyak herbal atau produk alami yang bisa kita andalkan untuk mengatasinya. Kayak Herbadrink Kunyit Asam ini. Lumayan banget deh meringankan sakit saat datang bulan. Jadinya kita bisa lebih bebas beraktvitas.

    BalasHapus
  20. Bener mbak, kunyit asem emang bagus banget buat kita para perempuan... Terutama untuk mengatasi nyeri haid ini... Semoga saehat terus ya mbak... btw makasih rekomendasinya. aku belum pernah sih nyobain herbadrink ini... cuss deh aku mau cobain juga

    BalasHapus
  21. Varian Herba-drink banyak banget...
    Dan semuanya minuman berkhasiat baik untuk tubuh.
    Minum Kunyit Asam Herbadrink jadi ingat zaman sehabis melahirkan.

    BalasHapus
  22. Aku suka minum kunyit asem mbak, rasanya suegerrrr bgt

    BalasHapus
  23. tersiksa banget ya kak kalo pas pms. untung sekarang ada kunyit asem herbadrink

    BalasHapus
  24. ada kunyit asam praktis dari herbadrink. selain tinggal seduh, rasanya jg jauh lebih enak dari si mbok jamu..hehe itu menurutku sih

    BalasHapus
  25. Aku juga suka mbak sama Herbadrink dan paling senang sama jahe rasanya pas dan hangat dinikmati saat hujan.

    BalasHapus
  26. Aku paling demen nih minum kunyit asem, tapi biasanya bikin sendiri atau ada langganan mbak jamu yang lewat rumah. Kalau punya minuman ini sepertinya akan lebih praktis ya.

    BalasHapus
  27. Herbadrink Kunyit Asam juga cukup membantu saya saat siklus bulanan. Biasanya di hari pertama sakitnya luar biasa sampai tak bisa bangun segala. Kalau dulu sering minum jamu gendong. Tapi si ibu jamu belum tentu lewat depan rumah saat jadwal bulanan tiba. Makanya saya selalu sedia Herbadrink Kunyit Asem ini

    BalasHapus