Looking For Anything Specific?

Header Ads

Cara Mudah Meraih Berat Badan Ideal Dengan Pengaturan Menu Makan

Memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal, adalah dambaan semua perempuan.  Namun karena satu dan lain hal (misalnya karena hamil atau menyusui)  berat badan yang dulunya bisa dijaga menjadi over alias berlebih. Dan sedihnya lagi selepas melahirkan dan menyusui,  berat badan idealpun belum kembali.

Design by : canva
Kalau sudah begini,  sudah pasti diet akan menjadi solusi.  Demi meraih berat badan ideal sehingga tubuh senantiasa bugar. 

Saya pernah menulis tentang cara menghitung berat badan ideal. Mungkin itu bisa dijadikan rujukan untuk menentukan target berat badan ideal yang ingin dicapai. 

Oh ya,  perlu dipahami mengatur pola makan untuk diet, tidak sekedar mengurangi jumlah atau takarannya. Tapi kita harus memperhatikan pula kandungan gizi dan juga komposisi.

Berdasar riset yang pernah saya baca, mengkonsumsi kombinasi beberapa makanan justru lebih mempercepat penurunan berat badan dibanding hanya sekedar mengurangi. 

Lalu kombinasi makanan apa saja yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat? Berikut rangkumannya : 

  1. Kombinasi Oatmeal Dan Selai Kacang Oatmeal mengandung serat beta glukan tinggi yang larut dan dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dan juga gula darah, meningkatkan bakteri usus yang sehat, serta dapat meningkatkan perasaan kenyang. Supaya berat badan bisa cepat turun, kita bisa mencampurkan oat ini dengan selai kacang yang terbuat dari pure kacang asli.                                                  
    Oatmeal (sumber : pixabay)
  2. Kombinasi Wortel Dan Tahini                  Sejak dulu wortel dianggap sebagai makanan yang sangat sehat karena mengandung karbohidrat sekitar 10 %. Selain itu wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk membentuk beta karoten dan juga sumber dari beberapa vitamin B, Vitamin K, dan kalium. Sebaiknya wortel ini dikombinasikan dengan tahini. Tahini mengandung serat yang terbukti dapat mengurangi asupan kalori yang mendorong penurunan berat badan.                                     
    Wortel (sumber :pixabay)
  3. Mengkombinasikan Bayam, Apel, Dan Jahe.                                                            Bayam yang rendah karbohidrat ini memiliki banyak manfaat untuk pencernaan. Selain itu bayam mengandung banyak karoten, vitamin C, vitamin K, asam folat, besi dan kalsium, yang dapat mengurangi stress oksidatif. Di dalam bayam terkandung jumlah nitrat yang tinggi dan dapat membantu mengatur tekanan darah. Sedangkan didalam apel terdapat kandungan air sebanyak 85 %, dan memiliki kepadatan energi dan juga kalori yang rendah. Apel juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengontrol gula darah, kesehatan jantung, risiko kanker, dan juga fungsi otak. Mencampurkan bahan makanan di atas dengan jahe yang kaya akan gingerol yang memiliki sifat antiinflamasi, dan antioksidan yang kuat sangat baik karena akan mempercepat pengosongan lambung yang bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan.                                        
    Apel (sumber : pixabay)
  4. Mengkombinasikan Nanas Dan Jeruk Nipis.                                  Mengkombinasikan nanas dan jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Buah nanas memiliki kalori yang rendah dengan kandungan air yang tinggi. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada nanas dapat mendorong keluarnya makanan melalui sistem pencernaan dan membantu untuk melarutkan makanan. Sedangkan kombinasi dengan jeruk nipis akan membantu membakar lemak tubuh lebih cepat dan lebih efisien jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Hal ini disebabkan karena pada jeruk nipis terdapat kandungan asam sitrat.                      
  5. Mengkombinasikan Telur Dan Alpukat Kombinasi telur dan alpukat ini dipercaya dapat menurunkan berat badan. Telur dikenal dapat menambah energi dan juga memuaskan rasa lapar. Sedangkan kandungan gizi pada alpukat cukup tinggi dan memiliki nutrisi yang penting untuk menjaga tingkat energi tinggi. 
Nah,  itulah berbagai kombinasi makanan yang dapat dipilih sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang gampang, aman, murah, dan tentunya efektif.
Semoga tulisan ini bermanfaat yaa... 

Salam... 


Posting Komentar

28 Komentar

  1. Thanks mbak! Ntar dicobain ni. Belakangan berat badan saya perlahan tapi konsisten nanjak.

    BalasHapus
  2. nah ini dia solusi yang tepat buat yang berbadan super subur

    Baru tahu bahwa mengkombinasikan nanas dan jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi kalau di nanas emang kandungan serat tinggi hingga dapat mendorong keluarnya makanan melalui sistem pencernaan dan membantu untuk melarutkan makanan. Kalau jeruk nipis udah dari dulu terkenal buat nurunin dengan melarutkan lemak

    BalasHapus
  3. Yuhuuu, diet hunter datang. Aku paling suka baca tips-tips diet alami seperti ini, meskipun actionnya entah kapan-kapan. Hahaha. Tapi beneran aku save lho ini, karena aku traum dengan diet instant, maagku kambuh gara-gara salah diet. Sejak itu kapok ikutan diet instan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mb, saya juga suka gitu. Diet masih sebatas wacana he3

      Hapus
  4. Mauukk banget cobain
    Ni udah lama aku ga zumba.makan juga berantakan banget.
    Sekarang mau diet dan detox lagiiii

    BalasHapus
  5. aku belum konsisten nih menurunkan berat badan. masih sering tergoda makanan enak junk food dan suka malas berolahraga :(

    BalasHapus
  6. Oh baru tahu aku kalau nanas dan jeruk nipis ini kombinasi yang tepat untuk berat badan iddel. Aku mau praktekkan ah :)

    BalasHapus
  7. Aku gampang kalo nurunin BB bgadang aja beberapa hari langsung berkurang BB. Kalo soal makanan ga terlalu.
    Waah, wah note deh tipsnya.

    Sekarang masih normal dan nyaman dengan BB ku.

    BalasHapus
  8. Wah makasih tipsnya mbak, kebetulan beberapa bulan terakhir ini berat badan naik terus, tumben...
    Tapi baru tau nih soal tahini, kaya apa ya...

    BalasHapus
  9. Memang mengatur menu makan itu, salah satu upaya supaya selalu hidup sehat. Dan diet itu pola hidup. Bukan sekadar dilakukan sebulan dua bulan aja

    BalasHapus
  10. Wa wa waaa, pas banget! Aku ada niat mau nurunin BB. Udah ngurangi makan, cuma memang perlu perpaduan lain biar hasilnya oke

    BalasHapus
  11. Wah wah.. tips turunin BB begini saya perlu share ke suami nih. Karena berat badannya makin hari makin tambah aja. Perutnya semakin ke depan, kayak saya yg lagi hamil. Hihihi

    BalasHapus
  12. Waah makasih infonya mba. Kombinasi nanas sama jeruk nipisnya kelihatan segar banget. Must try it nih 😁

    BalasHapus
  13. Kalau aku masalahku di perut buncit, nih bisa gak ya makan dengan kombinasi kayk gtu hehe :D
    Coba nanti deh kapan2 dipraktikkan tapi kyknya hasilnya akan lbh maksimal lagi kalau kita juga kurang karbo dan olahraga ya mbak :D

    BalasHapus
  14. Aku ini :(.ga turun2 7 tahun sejak hamil. Bisa dicoba tipsnta

    Tapi beberapa sudah kulakuin tapi belun konstan jadi ya gitu masih gede aja

    BalasHapus
  15. Wuih keren banget menu-menunya. Sehat pisan. Pantesan aja aku gak bisa jaga BB. Masih suka makan yg sembarangan :(

    BalasHapus
  16. Sebenarnya klo pola makan Kita teratur terus jalani pola hidup sehat gk akan BB berlebihan,, tapi Aku sendiri pernah mba sesekali mix makanan seperti diatas buat menu d rumah

    BalasHapus
  17. Makasih tipsnya mbkk.. Ohya, tahini, aku kok baru denger ya. Kalo di Indonesia namanya apa ya.. Kok penasaran. Susah banget ni aku nurunin bb heuheu

    BalasHapus
  18. iya nih, padahal udah nggak menyusui, tapi berat badan bukannya turun malah naik terus pelan-pelan.
    Mau cobain ah tipsnya, mudah-mudahan bisa konsisten. Pokoknya targetnya tahun 2020 harus bisa turun 5 kg

    BalasHapus
  19. Nanas dan jeruk nipis, okee saya catat resep ini. Biasanya saya jeruk sama air hangat ajah sih. Gak tahu kalau dikombinasi nanas malah lebih maknyuass

    BalasHapus
  20. Tahini tuh apa siy? Pengin nyobain nih yang campuran wortel itu, tapi nggak tau istilah lain dari Tahini.

    Mau dicobain ah tips di atas, pengin banget nih punya berat badan ideal. Tapi selama ini pola makanku masih kacau balau.

    BalasHapus
  21. Wuihh tips nya bermanfaat banget, kadang juga niatnya udah mau diet eh tergoda untuk makan - makanan yang berkarbohidrat hadehh. infonya sangat bermanfaat dan tipsnya kudu aku coba ini

    BalasHapus
  22. Aku sebenernya paham banget berat badan paling mudah turun ya dari atur pola makan, 80% pengaruhnya, olahraga itu pelengkap mempercepat prosesnya

    Tapi huhuhu, lidah tak bertulang ini menuntut "enak" terus, padahal ga enak di usus alias ga sehat

    Semoga aku bisa Istiqomah kembali setelah baca ini

    BalasHapus
  23. Pernah nyobain yg bayam + apel + jahe (plus madu), bikin kenyang lebih lama dan berenergi sepanjang hari.

    BalasHapus
  24. nah paling gampang nanaas dan jeruk nipis nih.. aku makan nanas langsung aja perutku kaya urus2 gitu.. apa kurang cocok ya untuk yang punya penyakit pencernaan?

    BalasHapus
  25. Wah telur dan alpukat bisa jadi makanan menurunkan BB ya? Hmm.. boleh dicoba nih buat tambahan menu sehat.

    BalasHapus