...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Thursday, June 25, 2020

Mendapat Job Nulis Dari Luar Negeri

Job-nulis-dari-luar-negeri

Mendapat job nulis dari luar negeri, dan ini benar-benar saya alami. Memang ya, di era digital seperti ini, jarak dan waktu itu menjadi tidak ada batasnya. Pun demikian dengan job nulis yang ditawarkan kepada kita. Bisa datang dari siapa saja dan dari mana saja.

Penawaran Via Email

Penawaran menulis tersebut datang via email. Awalnya  email tersebut tidak saya pedulikan. Bahkan tidak saya buka isinya sama sekali. Karena saya mengira itu seperti email dari luar negeri lainnya, yang isinya spam semua. Kebetulan saya sudah berkali-kali mendapat email dari luar negeri dan isinya meragukan.

Kalau bukan permintaan tolong untuk menerima sejumlah uang hasil warisan atau apalah, dengan cara memberikan data dan akun bank kita (yang jelas sudah pasti bohongnya), ya tawaran endors barang yang dikirim dr luar negeri tapi ongkirnya kita yang tanggung. Berhubung saya orangnya nggak mau rugi, tawaran seperti ini saya abaikan saja. 

Termasuk email tawaran dari luar negeri untuk membuat artikel bertema fashion dengan menyertakan gambar dan back link dari mereka. Awalnya saya juga tidak tanggapi. Sampai kemudian di sebuah grup bloger yang saya ikuti ada yang cerita dapat tawaran yang sama dan sudah dikerjakan. Bahkan fee-nya juga sudah dibayarkan. Tertariklah saya untuk mencermati tawaran yang diberikan, dan membaca kembali email yang dikirimkan. 

job-nulis-dari-luar-negeri
Email penawaran

Di email tersebut dituliskan saya diminta menulis artikel 300-500 kata, dengan menyertakan 2 foto berikut sejumlah backlink di artikel yang harus saya post di blog saya. Kita bebas menulis artikel sesuai gaya kita. Ya, seperti kalau kita menulis sponsor post biasa. Dengan menyertakan gambar dan backlink saja. Hanya kalau ini backlink-nya mengarah ke web luar negeri dan bayarnya pakai PayPal.

Fee yang ditawarkan tidak terlalu besar tetapi lumayanlah kalau dirupiahkan. Bisa untuk beli paket data sekaligus makan-makan. Dan yang pasti untuk menambah pengalaman. Cukuplah untuk sebuah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu 1 sampai 2 jam. Teman bloger yang kemarin bercerita di grup, memperoleh nominal yang berbeda. Sepertinya besarnya fee tergantung kepada DA/PA dari blog kita. 

Fee Cepat Turun

Akhirnya dengan semangat 45 saya selesaikan tulisan saya. Sesaat ketika akan publish, saya baru ingat kalau saya belum punya akun PayPal. Buru-buru saya membuat akunnya. Eh ternyata verifikasinya cukup lama. Sayapun jadi kebingungan. Sementara dari pihak sana sudah menanyakan artikel saya sudah tayang atau belum. 

Akhirnya saya berinisiatif cari akun PayPal pinjaman. Saya hubungi beberapa kawan bloger yang mumpuni dan main adsense. Setelah kontak beberapa kawan bloger, saya pun dapat pinjaman akun PayPal juga. Dan segera saya terbitkan artikel saya, setelah itu saya kirim url artikel dan akun PayPal-nya. 

Dan ajaib, proses pembayarannya cepat sekali. Hanya dalam hitungan jam saya kirim email link artikel berikut akun paypall, teman saya yang akun PayPal-nya saya pinjam memberi kabar kalau ada uang masuk ke akun PayPal-nya. Dan dia akan segera transfer ke rekening saya. 

job-nulis-dari-luar-negeri
Fee sudah masuk

Horee, gajian...menyenangkan sekali rasanya. Hasil keringat langsung dibayar saat itu juga. Tadinya saya kira harus nunggu sekitar satu mingguan. Wah, jadi tambah semangat ngeblognya. Siapa tahu suatu saat dapat job lagi dari luar negeri. Dan job dari dalam negeri juga semakin mengalir, aamiin. 

Terimakasih kepada Mbak Rian yang sudah memberi pinjaman akun Paypal. Semoga Kebaikannya dibalas berlipat, dan rejeki kita tahun ini dan seterusnya semakin dilancarkan, aamiin...

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah semangat ngeblog teman-teman semua. 

14 komentar:

  1. Wough....mantep...dr luar negeri. Aku blm pernah e...

    ReplyDelete
  2. Yeayyyy... selamattttt dan terus semangatttt

    ReplyDelete
  3. Wah keren mbak. Butuh konsisten nulis memang ya 😍👍

    ReplyDelete
  4. Saya juga dapat tawaran job nulis dari LN dan sepertinya ini tawaran yang sama, masih belum saya konfirmasi karena gak punya akun paypal juga sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mb, lumayan mb, buat pengalaman. Kemarin ada lho yang negonya sampai bener2, bisa dapat fee yang lebih tinggi. Aku kemarin negonya kurang militan...hihi...akun paypall aku juga blm punya. N akhire pinjem...

      Delete
  5. wah mantep nih mbak
    dapat kesempatan ini
    iya DA PA penting banget
    selepas ada tsunami DA PA beberapa waktu lalu naikinnya mayan susah juga ya

    tapi tetap semangat menulis sjaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas badai DA/ PA itu blogku terjun bebasm dari 18 ke 5. Dan sampai sekarang belum bisa kembali ke angka semula..hihi...
      Iya, yang penting semangat nulis. Makasih sudah mampir...

      Delete
  6. Aku tau aku tau aku tau hehehe



    #trusmlipirketiduran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, wong mas priyo termasuk bloger mumpuni yang aku hubungi buat aku pinjam paypallnya...😅

      Delete
  7. Artikel yg buat job ini harus bahasa Inggris atau boleh Indonesia Mbak?

    ReplyDelete

 
Top