Looking For Anything Specific?

Header Ads

Perhitungkan Besaran Cicilan Mobil Anda Agar Keuangan Keluarga Tetap Aman

Cicilan-mobil

Cicilan mobil per bulan adalah hal pertama yang harus kita pertimbangkan ketika hendak mengambil kredit kepemilikan mobil. Meskipun saat ini memiliki mobil adalah sebuah kebutuhan, untuk mempermudah mobilitas dan juga demi kenyamanan, namun kita tetap perlu mempertimbangkan besaran angsuran yang sanggup kita bayarkan. Agar kondisi keuangan tetap sehat dan aman. 

Memang membeli mobil secara cash, dirasa memberatkan bagi sebagian besar orang. Itulah sebabnya banyak orang yang memilih membeli dengan cara dicicil karena dirasa lebih meringankan.

Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Mengajukan Kredit Kendaraan


Sebelum kita memutuskan mengajukan kredit kendaran, ada hal-hal yang perlu kita pertimbangkan. Diantaranya :

1. Alasan utama kita membeli mobil

Apakah kita membeli mobil untuk gaya-gayaan, atau memang sebuah kebutuhan penting. Misalnya kita memiliki anak yang masih kecil-kecil sehingga akan kurang nyaman  dan merepotkan kalau kita pergi naik kendaraan roda dua atau angkot.

Atau kebetulan kita tinggal dengan orang tua yang sewaktu-waktu butuh kontrol ke rumah sakit dengan segera, sehingga butuh mobilitas yang cepat. Kalau kondisinya demikian, memiliki mobil memang sudah menjadi kebutuhan.

2. Hitung lagi kondisi keuangan kita

Mengambil kredit kendaraan artinya bertambah lagi beban pengeluaran kita setiap bulan. Belum lagi ditambah biaya untuk perawatan dan operasional mobil. 

Simulasikan pengeluaran setelah kita mengambil kredit mobil. Apakah masih aman untuk biaya hidup sekeluarga setiap bulannya,  termasuk untuk menyisihkan anggaran kesehatan dan biaya tidak terduga lainnya. Jika aman, berarti kita bisa lanjut . 

Jika masih kurang, apakah ada alternatif yang bisa dilakukan untuk menutup kekurangan yang ada. Misalnya dengan melakukan pekerjaan sampingan. Jika ada, bagaimana peluangnya. Dengan cara ini kita akan memperoleh gambaran yang lebih menyeluruh sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil kredit mobil.

3. Pilih mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan

Jika berdasar perhitungan di poin kedua kita aman untuk membeli mobil, maka selanjutnya kita perlu menentukan spesifikasi mobil yang kita punya disesuaikan kebutuhan dan juga kemampuan. 

Tidak harus membeli mobil baru. Mobil bekas pun tidak apa-apa asal masih oke dan terawat kondisinya. Untuk mobil bekas, kita harus mengecek benar kondisi fisiknya. Jangan segan untuk bertanya dan mencari informasi kepada teman atau saudara yang lebih berpengalaman

4. Tentukan di mana kita akan mengajukan kredit

Ini juga penting. Apakah kita akan mengajukan kredit kepemilikan kendaraan melalui bank atau lewat lembaga pembiayaan. Tentu semua ada plus minusnya.

Biasanya, kredit kepemilikan kendaraan lewat bank lebih rendah bunganya dibanding jika kita melalui lembaga pembiayaan.

Hanya saja proses pengajuan lewat bank lebih lama karena pihak bank akan menilai dan memeriksa secara detil pengajuan kita berdasar berkas kelengkapan yang disyaratkan.

Cicilan-mobil

Pihak bank akan melakukan survey dan wawancara untuk menentukan layak tidaknya permohonan yang kita ajukan. Mereka harus memastikan kita benar-benar mampu membayar DP sebesar 30% dari harga mobil dan membayar cicilan bulanan. 

Sehingga jika kita memilih untuk mengajukan pinjaman kepemilikan kendaraan di bank, pastikan berkas-berkas yang diajukan lengkap sesuai persyaratan, sehingga peluang untuk lolos besar. Dan kita pun dapat memperoleh kredit dengan bunga ringan.

Seperti yang saya sampaikan, mengajukan kredit lewat bank memang membutuhkan waktu yang agak lama. Sehingga butuh kesabaran. Nah, seandainya kita dalam kondisi harus segera memiliki mobil, maka kita dapat mengajukan melalui lembaga pembiayaan atau leasing.

Waktu yang dibutuhkan untuk diterimanya pengajuan kita di lembaga pembiayaan tidak lama. Prosesnya cepat dan lebih mudah. Hanya saja kita memiliki risiko membayar cicilan dengan suku bunga yang tinggi. Ditambah lagi kita juga dibebani dengan biaya-biaya lain termasuk biaya asuransi. Asuransi menjadi wajib agar pihak leasing terlindungi dari risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan dari mobil yang kita kredit. 

Nah, itulah berbagai pertimbangan yang perlu dilakukan, jika kita ingin mengajukan kredit kepemilikan mobil. Semoga tulisan ini bermanfaat yaa.  

Post a Comment

31 Comments

  1. di masa pandemi ini memperhitungkan cicilan mobil sangat penting ya mbak
    yang penting ada asuransi dan beberapa parameter lainnya
    terimakasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, karena menyangkut stabilitas ekonomi keluarga he3..

      Delete
  2. Hal-hal semacam ini memang WAJIB BANGET jadi concern siapapun yg mau nyicil mobil. Asuransi juga super duper penting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, segala sesuatu harus dihitung dengan detil dan teliti biar tidak menyesal di kemudian hari

      Delete
  3. Menggunakan jasa leasing emang bantu banget mba ketika kita harus segera memiliki mobil nih. Apalagi jika kondisi keluarga memang mengharuskan kita memiliki kendaraan roda empat ya. Misal ada anak bayi, atau ada orang tua yang udah sepuh dan harus kita anterin dengan aman gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tergantung di mana prioritasnya, kalau pengen cepet dan mudah, leasing adalah solusi,

      Delete
  4. Membeli mobil dengan cicilan memang harus mempertimbangkan sistem kreditnya agar sesuai dengan budget keuangan kita. Kalau Bank memang prosedurnya lumayan panjang. Namun, kalau kita bersih tidak bermasalah dengan pajak biasanya cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak, yang penting sabar dan ikuti prosedur yang ada..

      Delete
  5. Betul banget ya, kalau mau membeli mobil kudu sesuai kemampuan membayar cicilannya. Jangan hanya menuruti keinginan hehehe. Menjadi solusi tepat ketika kita memiliki asuransi kendaraan bermotor sehingga jika terjadi sesuatu yg ga diinginkan bisa sedia payung sebelum hujan, hati tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, perhitungan matang bikin tenang dan nggak salah jalan

      Delete
  6. Nah, iya kami sekarang sedang mempertimbangkan hal ini mau ganti mobil tapi gimana yah, masih hitungan soal pengeluaran. anak mau sekolah ke luar soalnya

    ReplyDelete
  7. Tetangga ada tuh yang punya mobil tapi nganggur. Dipakai paling sebulan sekali. Sayang banget. Beli mobil ya gak masalah, tapi kalau memang butuh banget. Terus harus disesuaikan juga sama pendapatan kita biar gak berat kalau ambil cicilan

    ReplyDelete
  8. Tipsnya ok banget nih buat yang pengen cicil mobil.
    Yang penting sih harus jelas cicilannya berapa dan flat, biar gak bingung lagi.

    ReplyDelete
  9. Kalau saya tipe orang yang takut ambil sesuatu yang bayarnya pakai cicilan dan angsuran, takut pas jatuh tempo nggak bisa bayar. Jadi kalau kepengin sesuatu ya nunggu kelonggaran dana,,memang jadinya susah punya apa2 eheheh.

    Tapi bener bangrt sharingnya mbak, memang kalau mau sesuatu harus diperhitungkan dan dipertimbangkan 😆

    ReplyDelete
  10. Poin 1-3 itu bener banget dan sudah saya coba jalanin. Tapi yg no 4 ada ga ya cicilan mobil yang syariah..biar kita bisa nyicil mobil tanpa beban riba.

    ReplyDelete
  11. Mobil itu penting bagi keluargaku, untuk transportasi tentu saja. Maka suamiku biasanya memilih mobil sesuai dengan budget dan kebutuhan. Kalau mampunya beli mobil yang secondhand ya nggak masalah sih. Asal barangnya masih bagus dan gak gampang rusak..

    ReplyDelete
  12. Betul-betul harus berhitung sebelum membeli mobil ya, Mbak. Btw, asuransi mobil ada yg tidak seberapa, tapi manfaatnya luar biasaaa ya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Setuju, pertimbangkan alasa utama beli kendaraan dulu. Aku dan suami mementingkan rumah daripada mobil. Rumah lunas baru mobil itupun nabung jadi beli tunai enggak kredit lagi. Karena jika asa ambil cicilan nanti enggak tahan bayar di belakang bisa ambyar kondisi keuangan

    ReplyDelete
  14. Iya harus diperhitungkan betul ya jika ingin menambah cicilan apalagi masa seperti ini jangan sampai keuangan kita terganggu dengan adanya cicilan baru

    ReplyDelete
  15. Setuju banget, membeli mobil dengan kredit artinya kita harus siap dengan pengeluaran. Artinya pengeluaran akan bertambah. Termasuk servis mobil, bayar, pajak, bensin dll. Harus benar-benar diperhitungkan sebelum membeli

    ReplyDelete
  16. Bener banget nih, harus diperhatikan banget ini. Jangan sampai malah pusing kekurangan uang karena cicilan yang sangat besar

    ReplyDelete
  17. Andai bisa saya tuh maunya beli apapun tidak dikredit, maunya kontan.
    Tapi kalau harus kredit ataupun nyicil yah apa boleh buat. Dan benar banget nih, saat mau cicil perlu banget diperhitungkan

    ReplyDelete
  18. Bener banget Emang kondisi saat ini untuk kita harus bisa memikirkan untuk keperluan beli cicil atau cash.

    ReplyDelete
  19. Pertimbangan beli mobil yang utama emang tujuannya untuk apa ya, Mbak. Misal untuk memperlancar pekerjaan dan silaturahim, insyaa Allah akan dimudahkan proses pembayarannya :)

    ReplyDelete
  20. Ternyata sebelum mulai mencicil mobil, banyak hal yang harus dipertimbangkan ya... Jangan sampai bingung di kemudian hari...

    ReplyDelete
  21. Bener banget ini, kak...
    Beli harus karena bener-bener butuh dan mampu.
    Karena tanggung jawab beli mobil gak hanya saat membelinya aja, harus punya "rumah"nya juga.

    Tetanggaku punya usaha, jadi ada beberapa mobil pick-up, tapi gak punya rumahnya. Kesel yaa...soalnya hobinya naro di gang perumahanku.
    Heuu~

    ReplyDelete
  22. Bener nih.. Meski berpikir ulang kalau mau kredit. Apalagi masa pandemi ini semua serba minus. Kalau kredit konsumtif mending dipending dulu

    ReplyDelete
  23. bangeet mba ,...kalau ngga diperhitungkan dengan baik malah nanti menjadi beban besar yaa

    ReplyDelete
  24. Saat ini sedang berpikir buat beli mobil krn buat antar anak sekolah, juga krn serem naik kendaraan umum di masa pandemi. Tapi msh ngitung2 krn masih ada keperluan lain hehe. Soalnya mau nambah cicilan di masa skrng juga msh ragu, Mungkin kalau gak ya beli second yg msh bagus dan msh bisa glinding lha rodanya secara cash, tapi kumpulin uangnya dulu hehe

    ReplyDelete