...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Thursday, July 30, 2020

Tips Merawat Kulit dan Tubuh Agar Terlihat Awet Muda

Tips awet muda semua pasti ingin mengetahuinya. Apalagi bagi seorang perempuan. Semua pasti ingin terlihat awet muda dan menarik lebih lama. Kuncinya sebenarnya ada pada perawatan kulit. Karena merawat kulit itu ibarat investasi yang harus kita lakukan sejak dini agar di usia tua nanti tinggal menikmati.


awet muda


Permasalahan Kulit Berdasar Tahapan Usia

Setiap tahapan usia, memiliki problematika kulit yang beda-beda. Sehingga penanganannya pun tidak sama. Secara garis besar berdasar rentang usia, berikut persoalan kulit yang sering dijumpai :

1. Usia peralihan dari anak-anak ke remaja

Terjadi pada rentang usia 12-15 tahun, yang dikenal juga sebagai masa pubertas. Pada saat ini terjadi perubahan fisik maupun hormonal. 

Sehingga biasanya keluhan yang muncul adalah masalah jerawat yang mulai timbul karena aktifnya kelenjar minyak. Perawatan yang penting untuk fase ini adalah pembiasaan untuk membersihkan wajah. Bisa dengan susu pembersih atau sabun wajah. 

supaya awet muda
Membersihkan wajah penting (sumber : pixabay)



Hindari juga kebiasaan memencet jerawat agar tidak terjadi infeksi sehingga menimbulkan bekas luka yang susah hilang.

2. Usia remaja ke dewasa, yang terjadi antara 15-25 tahun.

Rentang usia ini adalah masa di mana perempuan biasanya banyak memiliki aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Sehingga selain membersihkan wajah, penggunaan tabir surya adalah suatu keharusan agar terhindar dari efek buruk sinar uv .



merawat kulit
Gunakan skin care sesuai kondisi kulit (sumber pixabay)

Selain itu, di usia ini penting juga mulai menggunakan pelembab dan produk skin care lain yang fungsinya untuk menutrisi kulit. 


3. Usia 25-35 tahun, merupakan tahapan usia dewasa

Pada fase ini, perawatan kulit yang lebih intensif harus dilakukan. Terlebih memasuki usia 30+ di mana kerut-kerut halus di wajah yang terjadi karena menurunnya kemampuan kolagen dan elastin untuk mengikat air mulai muncul. 



merawat kulit agar terlihat belia
Rutin melakukan massage wajah untuk mencegah kerutan (sumber : pixabay)


Akibatnya selain terjadi kerutan halus, wajahpun menjadi terlihat kusam. Saat inilah penting untuk melakukan perawatan kulit secara rutin. Misalnya dengan melakukan facial, menggunaan skin care yang mengandung kolagen, dan secara berkala menggunakan masker wajah.

Area bawah mata menjadi daerah yang perlu untuk mendapat perhatian ekstra. Misalnya dengan menggunakan krim khusus untuk merawat kulit seputar mata. Karena bagian ini yang paling mudah mengalami kerutan.

4. Usia 35 - 45 tahun

Ini merupakan tahapan usia matang. Di saat inilah aneka perawatan kulit yang kita lakukan di usia 25-35 tahun menunjukkan hasilnya.

Di usia ini tanda-tanda penuaan kulit semakin kelihatan. Kerutan di area wajah semakin terlihat dan flek hitam pun mulai muncul.



marawat wajah agar awet muda

Bagi yang rajin melakukan perawatan wajah, kerutan dan flek hitam bisa saja terlihat tidak kentara atau bahkan tidak ada. Usia 25-35 tahun adalah titik kritis untuk kita merawat kulit. 

Jika di periode tersebut kita melakukan perawatan kulit secara tepat baik dari luar maupun dalam, maka kita pun akan terlihat cantik lebih lama.

5. Usia 45 - 55 tahun

Di usia ini, umumnya perubahan drastis pada kulit terjadi. Kulit terlihat lebih kering, dan garis penuaan wajah terlihat semakin jelas. Timbul juga masalah pigmentasi kulit yang menyebabkan munculnya flek-flek hitam di beberapa bagian wajah.

Namun jangan kuatir, semua tahapan di atas adalah sesuatu yang alami. Yang bisa kita lakukan adalah memperlambat proses itu terjadi dengan merawat kulit yang kita miliki dengan sebaik-baiknya.

Buktinya banyak kok yang telah masuk usia senja tapi kulitnya tetap cantik terjaga. Contohnya saja Puspa Dewi. Seorang influencer dan enterpreneur yang saat ini usianya 53 tahun. 

puspa dewi awet muda
Puspa Dewi (sumber ig puspadewihc)



Penampilan dari Puspa Dewi yang akrab dipanggil Mama Hadi ini tidak kalah prima dibandingkan dengan perempuan berusia 30 tahunan.

Penasaran dengan rahasia bugar dan awet mudanya? Oke, saya kasih bocorannya.

Tips Agar Awet Muda dan Bugar Ala Puspa Dewi

Puspa Dewi termasuk icon perempuan yang tetap cantik di usia senja. Di usia 53 tahun penampilannya tetap energik dan prima, dengan kecantikan kulit yang terjaga. 

Itulah sebabnya saat tahu ada event webinar yang diselenggarakan oleh Jovee dengan tema Kiat Menjaga Kebugaran Tubuh dan Awet Muda bersama Puspa Dewi (Influencer & Entrepreneur) saya tertarik untuk mengikutinya. 

agar awet muda dan cantik
Puspa Dewi


Acara yang digelar pada tanggal 27 Juni 2020 lalu ini berlangsung dengan menarik. Puspa Dewi pun tidak segan menceritakan apa saja yang dilakukannya sehingga tubuh dan kulitnya tetap terjaga. 

Memang apa yang dilakukan Puspa Dewi ini tidak serta merta. Kebiasaannya merawat kulit dan tubuh sudah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari gaya hidupnya. 

Mantan bankir yang tidak sengaja terjun di dunia influencer ini menceritakan 3 hal yang selalu dipegangnya dalam hidup. Yakni berpikir dan bertindak positif, serta menjaga asupan makanan. 

Hal tersebut senantiasa diterapkan dalam kesehariannya. Sehingga jika dijabarkan, hal-hal yang dilakukannya agar senantiasa awet muda dan bugar adalah :

1. Berpikir positif

Berpikir positif terbukti ampuh untuk mengatasi stress dan frustasi. Puspa Dewi juga selalu berusaha seimbang dalam menjalani hidupnya. 

Kehidupan pribadi dan keluarga menjadi prioritas utama. Kedekatan, keterbukaan, dan saling menyayangi antar anggota keluarga adalah obat mujarab untuk semangat jiwa.

Berpikir positif juga mampu menciptakan berbagai kemungkinan pemecahan dari setiap persoalan yang dihadapi.

2. Bertindak positif

Segala hal yang dilakukan harus ada manfaatnya. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Sedari dulu Puspa Dewi senang kalau apa yang dilakukannya mampu menjadi inspirasi buat sesama. 

Manifestasi dari bertindak positif diantaranya adalah dengan rajin dan konsisten berolah raga. Dia melakukan apa yang harus dilakukan agar kebugaran tubuhnya terjaga. 

Giat berolah raga sudah menjadi gaya hidupnya. Demikian juga dengan menjaga kualitas tidurnya.  Karena menurut Puspa Dewi, berpikir positif saja belum cukup. Namun harus ditunjukkan dengan tindakan nyata. 

Pun dalam menjaga kecantikan kulitnya. Sudah sejak muda Puspa Dewi memiliki kebiasaan merawat muka, yakni :

* Rajin membersihkan wajah dan memakai toner
Pembersihan wajah dilakukan secara rutin pada pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah sangat penting untuk menghilangkan debu dan kotoran yang seharian menempel di kulit kita. Yang jika dibiarkan akan memunculkan masalah bagi kesehatan kulit muka. 

* Memakai serum
Serum ini berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Tekstur serum mudah meresap ke dalam kulit, sehingga manfaat dari zat-zat yang dikandungnya lebih maksimal terasa. 

 * Memakai tabir surya
Sinar ultra violet mempunyai efek buruk bagi kulit muka. Oleh karena itu kulit harus senantiasa dilindungi, bahkan meskipun kita di dalam rumah. 

Menurut Puspa Dewi, menggunakan tabir surya adalah hal yang wajib agar kulit tidak cepat terlihat tua. 

3. Menjaga Asupan Makanan

Seiring dengan penambahan usia, metabolisme tubuh pun berubah juga. Oleh karena itu Puspa Dewi sangat menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya. 

Banyak makan buah dan sayur, minum air putih, menghindari rokok dan minuman bersoda sudah menjadi kebiasaannya.

Jumlah asupan kalori per hari juga selalu dijaga. Sehingga tidak heran di usianya yang sudah kepala lima badannya tetap langsing dan bugar.

Itulah kiat-kiat  yang diberikan Puspa Dewi agar tubuh dan kulit tetap terjaga sehingga selalu terlihat awet muda. Ingin pula mengikuti jejaknya? Yuk, mulai dari sekarang rawat kulit dan tubuh kita.

21 komentar:

  1. Puspa Dewi ini kelihatan awet muda banget. Usia 53 tahun kelihatan seperti 35 tahun. Pastinya harus rajin perawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu um mb, perawatan dari luar dan juga dari dalam...

      Delete
  2. Aih ada mom Puspa Dewi, idolaku bgt, pingin jd kayak dia, awet muda gitu yah, kece bgt, favorit mom!

    ReplyDelete
  3. Ya ampun kepengen banget kaya puspa dewi. Walaupun usia ga muda tp mukanya awet muda.. duh mupeng banget...

    ReplyDelete
  4. Huaaa ... Aku tertegun loh. Usia 53 tahun tapi kayak 30 tahun. Memang bener sih, perawatan kulit tuh seharusnya dilakukan sejak dini. Sayangnya, dulu aku suka abai, huhuhu ... Jadi deh, usia sekarang banyak muncul flek hitam. Telat banget memang kalau baru merawat sekarang. Tapi nggak papa deh ya, daripada nggak sama sekali.

    Anak-anakku harus aku biasakan juga nih buat merawat kulit sejak remaja. Plus, mengikuti juga nih tips awet muda ala beliau tadi, yaitu mulai dari pikiran positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,,biar nanti bisa awet muda dan menarik lebih lama...

      Delete
  5. Setuju, beneran memang 25-35 tahun itu usia kritis. Aku termasuk telat merawat wajah sehingga kerutan dan flek hitam keburu datang. Hiks
    Dan setuju memang berpikir dan bertindak positif juga asupan makan sehat akan bikin awet muda, Puspa Dewi buktinya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, bisa nabung banyak nutrisi untuk kulit di usia itu. Selain menghindari kerusakan kulit karena cuaca juga. Nggak pa2 mb, lbh baik terlambat dari pada tidak sama sekali..hihi..

      Delete
  6. Aku tergolong di no.3 mba, berada di usia antara 25-35 ternyata kulit rentan dengan yang namanya kerutan ataupun haris halus yang paling ditakuti banyak wanita. Dan pastinya harus rutin perawatan juga ya mba.
    Selain konsumsi sayuran segar dan buah yang mengandung vitamin E yang baik untuk kulit.

    ReplyDelete
  7. Saat tepat untuk perawatan kulit mb...semangaat...

    ReplyDelete
  8. Wow 53 tahun?
    Auto pegang wajah yang penuh kerut merut deh
    Setiap perjuangan pasti mendatangkan hasil ya?

    ReplyDelete
  9. Wah puspa dewi, ini viral bgt ya mbak..
    Pengen bisa awet muda spt itu

    ReplyDelete
  10. Mba Puspa ini yang pernah viral beberapa tahun lalu bukan ya Mba sapti? Yang sama anak cowoknya kayak kakak adik.
    Pengen banget wajahnya awet begini..

    ReplyDelete
  11. 25-35 usia penentu memang. kalo udah lewat masa itu dan ga terawat, ya wassalam. seperti saiyah 😂

    ReplyDelete
  12. Aku dan istri masuk di poin keempat nih, kudu makin sadar buat perawatan kulit. Kadang pas keluar malas pakai ini itu padahal sinar UV matahari bebrbahaya ya buat kulit. Paling ya jaga diri dengan makan makanan yang sehat dan gizinya seimbang. Dan tentu saja: banyak senyum dan hati gembira :)

    ReplyDelete
  13. wah usia mahmud nih emang bu PuspaDewi charming gitu ya pembawaannya tips bisa di tiru nih tipsnya keren banget..

    ReplyDelete
  14. MashaAllah~
    Ini mesti super disiplin yaa...di usia yang sudah tidak muda lagi, Allah sedikit demi sedikit mengangkat kenikmatan yang ada.
    Harus dilakukan niih...tips dari Ibu Puspa Dewi.

    ReplyDelete
  15. ternyata aku baru saja akan memasuki usia matang. lebih manis didengar daripada tua, wkwk. Alhamdulillah gak terlalu banyak kerut dan flek, klaim aja sih

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk yang paham kalau untuk awet muda harus ini itu, tapi sekedar tahu doang enggak praktik. Waks, emang ya untuk mendapatkan sesuatu harus perjuangan. Mau awet muda ya harus berjuang sejak dini

    ReplyDelete

 
Top