Mewujudkan Harapan Rajin Menabung di Tahun Baru

Mudah menabung
Cara menabung (sumber ganbar : pixabay)

Tips mudah menabung

Apa harapanmu ? Sebuah pertanyaan yang selalu terlintas di pikiran setiap kali memasuki tahun baru. 


Tahun baru memang identik dengan banyak perubahan dan harapan baik yang ingin diwujudkan. 


Seperti lembaran baru yang masih kosong, tahun baru menjadi saat yang tepat bagi setiap pribadi untuk merencanakan aktivitas yang lebih berarti guna mengisi hari-hari .


Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang merugi. Sehingga sedapat mungkin hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.


Berkaca dari tahun 2020, tahun penuh adaptasi dan penyesuaian bagi semua orang, akibat pandemi covid 19 yang melanda dunia. 


Ada satu harapan yang menjadi keinginan yang ingin saya wujudkan, bersanding dengan doa-doa baik lainnya yang saya panjatkan tentang kesehatan dan kesempatan baik yang semoga banyak datang.


Yaitu harapan bisa lebih banyak dan disiplin menabung. Sesuatu yang di tahun-tahun sebelumnya tidak pernah saya lakukan.

  

Terinspirasi dari status WA seorang teman, bahwa menabung itu bukan menyisihkan uang sisa. Tetapi mengalokasikan uang sebelum digunakan. Jadi memang harus sudah dianggarkan.


Menabung juga berhubungan dengan kebiasaan yang harus didisiplinkan. Ada beberapa cara menabung yang kemarin saya dapatkan dan ingin saya praktikkan yang mungkin bermanfaat juga buat teman-teman. 


Cara-cara ini bisa diterapkan sesuai situasi dan kondisi kita masing-masing. Kita bisa memilih cara mana yang paling memungkinkan untuk kita lakukan. Dan berikut tips yang saya dapatkan :


1. Menabung berdasarkan tanggal

Cara ini unik dan mudah dilakukan. Caranya setiap hari dalam setiap bulannya kita menyisihkan uang sesuai tanggal.


Di tanggal 1, kita sisihkan 1000, tanggal 2 : 2000 begitu terus hingga akhir bulan. Misalnya dalam sebulan ada 30 hari, nominal terbesar yang kita tabung adalah 30.000. Dengan cara ini dalam 1 bulan kita bisa mengumpulkan 465.000. 


Cara lain yang setipe dengan cara ini adalah menabung berbalik tanggal. Misalnya ada 30 hari, di hari pertama kita menabung 30.000, hari kedua 29.000 dan seterusnya hingga hari ke 30 kita menabung 1000.


Uang yang terkumpul ini bisa kita alokasikan untuk investasi, misalnya untuk membeli logam mulia.


2. Mengumpulkan uang receh

Uang receh berupa uang koin kadang kita sepelekan. Padahal uang ini jika kita kumpulkan hasilnya juga lumayan. 


Sediakan wadah khusus untuk menyimpan uang receh ini. Suatu saat anda akan terkejut dengan nominal yang anda dapatkan. Yang penting konsisten dilakukan.


3. Menabung uang kertas terkecil

Setiap hari selesai berbelanja, tengoklah dompet kita. Dan tabunglah setiap uang kertas terkecil yang ada di dompet kita.


Dengan cara demikian, dalam setiap harinya kita akan terbiasa untuk menyisihkan uang untuk ditabung.


4. The Power of 20 ribu

Cara ini dipopulerkan oleh Ipho Santosa. Cara ini mengajarkan untuk setiap uang 20.000 yang kita temukan semua harus masuk ke celengan. 


Misalnya hari ini kita belanja, kita mendapat kembalian 70.000 dengan rincian satu lembar 50.000 dan satu lembar 20.000. Nah, yang 20.000 inilah yang masuk ke celengan.


Mengapa uang 20 ribu yang dipilih karena nominal uang tersebut jarang kita dapatkan sebagai kembalian. Jadi dirasa tidak memberatkan, seandainya setiap kali kita mendapat uang kertas 20ribu kita tabungkan.


Memang sepertinya receh ya, tapi banyak yang sudah membuktikan cara-cara tersebut efektif memaksa kita untuk disiplin menabung.


Nah, itu tadi 4 tips sederhana yang bisa dilakukan agar kita rajin dan disiplin menabung. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan. Tidak lupa saya ucapkan selamat tahun baru untuk teman-teman, semoga tahun ini banyak membawa kebaikan untuk kita semua. Aamiin...


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Baguuus loh ini cara2nya. Jd sbnrnya ga ada alasan untuk tidak menabung :).

    Aku sendiri slalu bikin anggaran utk saving dan investasi mba. Walopun LBH suka bulanan yaa, Krn gajiku kan bulanan. Kecuali dapetnya harian, baru deh cara nomor 1 bisa dilakuin.

    Dan stiap dpt gaji, uangnya lgs aku masukin ke platform utk menabung, ntah itu saham ato LM. Aku agak males nabung dlm bntuk tabungan biasa, Krn utk jk panjang bakal kegerus inflasi. Jd mendingan lgs dibeliin LM ato putar di saham ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau pekerja kantoran lebih enak lagi ya kalau mau merencanakan menabung. Dari awal bisa dikalkulasi...hihi...

      Hapus
  2. menarik mbak tipsnya, meski memang tidak semua bisa saya terapkan hehehe. Untuk uang koin, saya termasuk yang suka ngumpulin. Lumayan, sekali hitung bisa buat belanja.

    Namun, untuk menabung saya lebih seperti mbak Fanny. Begitu suami gajian dan transfer ke saya, langsung deh plotting anggaran. Nabung harus di awal. Kalau kemudian ada sisa dari pos konsumsi, bisa deh ditambahkan ke tabungan atau untuk senang2 keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, bener banget..menabung memang harus dianggarkan. Kalau tidak, bakalan habis buat belanja...he3..mksh sudah berkunjung...

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter