Cara Mengusir Serangga Dari Rumah

cara mengusir serangga dari rumah
cara mengusir serangga (design by : Canva)

Cara mengusir serangga dari rumah perlu kita ketahui. Agar rumah tetap nyaman untuk ditinggali. Memiliki rumah yang sehat dan nyaman, tentu menjadi dambaan semua orang.  Namun kadang ada saja gangguan yang dapat mengganggu kenyamanannya. 

Salah satunya adalah gangguan serangga. Membasmi serangga memang susah-susah gampang. Kadang serangga yang sudah kita basmi, tiba-tiba muncul kembali. Dan ini sangat merepotkan. Selain mengganggu kenyamaan, beberapa serangga seperti kecoa,  kutu busuk,  dan juga nyamuk dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Semut dan laron, meskipun tidak menyebabkan penyakit secara langsung, kehadirannya juga dapat mengganggu kenyamanan. Apalagi laron,  yang biasanya datang dalam jumlah banyak dan berbarengan terutama di musim penghujan. Selain sayap-sayapnya yang dapat mengotori rumah, banyaknya laron yang masuk ke dalam rumah juga sangat mengganggu dan bikin geli. 

Oleh karena itu kita perlu tahu cara mengusir laron dari rumah yang tepat. Diantaranya adalah dengan menutup celah yang memungkinkan laron masuk ke dalam rumah, dan mematikan sumber cahaya. 

Tips Mengusir Serangga dari Rumah

Selain laron,  serangga lain pun perlu kita usir dari rumah.  Meskipun cara mengusir serangga dari rumah memang tidak mudah. Apalagi ukuran serangga yang kecil membuat kita tidak tahu kapan mereka datang.  

Namun ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah kehadiran serangga di rumah kita.  Diantaranya adalah dengan :

1. Rajin membersihkan rumah

Rumah yang selalu dibersihkan akan mencegah serangga datang. Beri perhatian pada bagian-bagian yang berpotensi menjadi sarang. Seperti pojok lantai,  bagian celah dan bagian bawah dari furnitur. Sapu dan pel lantai dengan bersih. Gunakan cairan pembersih lantai yang aromanya kita suka. Agar kita betah berlama-lama dan bersantai di dalam rumah.  

rajin membersihkan rumah untuk mengusir serangga
mengepel (sumber : pixabay)

Bersihkan sisa-sisa dan remahan makanan yang dapat mengundang semut, kecoa, atau serangga lain datang. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, sofa, dan juga tempat tidur. Jemur bantal, guling,  dan juga kasur. 

2. Menjaga agar rumah tidak lembab

Sering-seringlah membuka jendela rumah dan kamar lebar-lebar. Agar sinar matahari dapat masuk dan sirkulasi udara baik, sehingga rumah tidak lembab. Rumah yang lembab disukai oleh nyamuk dan kecoa. Sehingga usahan udara di dalam rumah bersih dan kering. Agar nyamuk dan kecoa enggan mampir. 

3. Bersihkan Sampah Segera

Jangan membiasakan menumpuk sampah di dalam rumah. Buang segera sampah rumah tangga, agar tidak mengundang lalat, tikus,  dan serangga lainnya. Biasakan untuk memilah antara sampah kering dan sampah basah.  Dan segera buang pada tempatnya. 

4. Gunakan tanaman pengusir serangga

Beberapa tanaman,  diyakini dapat mengusir serangga dari dalam rumah. Misalnya saja :

1). Serai

Aroma dari serai diyakini tidak disukai nyamuk.  Oleh karena itu menempatkan beberapa batang serai di dalam ruang,  dapat mengusir nyamuk, yang bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. Jika ingin praktis dapat juga menggunakan minyak essentisal,  dengan cara digosokkan di kulit badan atau memakai difuser.  

daun serai untuk mengusir serangga
daun serai (sumber : pixabay)

2). Kulit jeruk

Aroma dari kulit jeruk juga tidak disukai serangga.  Letakkan beberapa potongan kulit jeruk di pojok-pojok ruangan.  Dan ganti setiap 48 jam sekali. Selain alami,  cara ini juga aman karena bebas dari bahan kimia. 

kulit jeruk untuk usir serangga
kulit jeruk (sumber : Pixabay)

3). Kulit durian

Serangga seperti tungau tidak menyukai aroma durian.  Letakkan kulit durian di tempat-tempat yang sering didatangi tungau.  Dan jangan lupa mengganti kulit durian dengan yang baru setiap 2 hari sekali. 

4). Mentimun

Potongan mentimun dapat digunakan untuk mengusir kecoa.  Letakkan potongan ketimun pada kaleng bekas.  Dan taruh di tempat-tempat yang sering didatangi kecoa. 

Nah,  itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir serangga dari dalam rumah agar rumah tetap nyaman dan aman ditinggali.  Semoga bermanfaat... 


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter