Rabu, 01 Mei 2019

Serunya Acara Festival Bunda Generasi Maju, Persembahan SGM Bunda Untuk Masa Depan Bangsa

Menjadi seorang ibu adalah dambaan semua perempuan. Namun sayangnya belum semua perempuan paham ada hal-hal yang musti dipersiapkan agar semuanya bisa berjalan lancar. Terutama berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.  Apalagi berdasar survey diperoleh kondisi 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan nutrisi mikro yang dapat berdampak buruk bagi janin yang dikandungnya.  

Festival Bunda Generasi Maju 
Berangkat dari keinginan untuk mendukung pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui,  sejak tahun 2012 PT Sarihusada menghadirkan SGM Bunda yang mengandung complinutri yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda di masa hamil dan menyusui, karena kandungan nutrisi yang dimiliki sangat lengkap. Seperti mengandung minyak ikan yang penting untuk perkembangan syaraf dan otak janin,  zat besi untuk mencegah anemia, asam folat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin,  dan kalsium maupun vitamin D untuk membantu pembentukan tulang janin.  

SGM bunda juga memiliki aneka pilihan rasa, yakni coklat,  jeruk,  dan strawberry yang lezat dan tidak neg sehingga tidak menyebabkan mual. Selain itu sejak awal SGM Bunda berkomiten untuk mendukung kesehatan ibu hamil dengan 3 cara,  yakni dengan menyediakan produk susu berkualitas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di masa hamil dan menyusui, memberikan edukasi seputar kehamilan secara online melalui facebook SGM Bunda yang berisi berbagai fitur seperti artikel,  live chat dengan dokter dan ahli nutrisi, tips kehamilan,  serta aktivitas digital lainnya, dan juga edukasi secara offline/on ground dengan menyelenggarakan sebuah even atau acara. 

Foto dulu di Photo booth (doc. Pri) 
Salah satu kegiatan edukasi offline yang dilakukan oleh SGM Bunda adalah dengan menyelenggarakan Festival Bunda Generasi Maju di 4 kota besar di Indonesia,  yakni di Surabaya (Minggu,  21 April 2019), Jogja (28 April 2019), Jakarta (21 Juli 2019) dan Bandung (28 Juli 2019). Dan beruntungnya saya bersama dengan beberapa kawan bloger lainnya berkesempatan untuk mengikuti keseruan Festival Bunda Generasi Maju yang digelar di Jogja bertempat di Jogja Expo Center Yogyakarta.

Saya bersama teman-teman bloger (doc.Manda)

#FestivalBundaGenerasiMaju #LangkahAwalDukungGenerasiMaju
Minggu tanggal 28 April 2019 pukul 08.00 WIB saya sudah sampai di Jogja Expo Center untuk mengikuti rangkaian acara yang digelar dalam rangka Festival Bunda Generasi Maju.  Sebuah tenda besar dengan dominasi warna merah tampak berdiri dengan megah. Ya,  ditenda itulah aneka kegiatan edukatif dan menyenangkan yang diperuntukkan untuk para ibu hamil yang ada di kota Jogja dan sekitarnya digelar. 

Sewaktu saya sampai di lokasi banyak para bunda yang mengantri untuk melakukan registrasi.  Pada saat registrasi,  kita akan diberi semacam pasport yang kita peroleh dengan membeli paket SGM Bunda yang di sediakan di area tenda.  Pasport yang kita terima bisa kita gunakan untuk menikmati AREA BUNDA yang berisi kegiatan edukatif dan menyenangkan sembari kita menunggu acara inti. Rencananya,  Festival Bunda Generasi Maju ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti talkshow bersama dokter kandungan seputar nutrisi penting kehamilan,  prenatal yoga bersama suami yang dipandu instruktur profesional,  cooking demo, dan beauty class bersama wardah.

Pasport (doc. Pri) 
Adapun keempat Area Bunda yang bisa pengunjung nikmati adalah :
1. Area Bunda sehat,  disini para bunda bisa mengecek kesehatan, konsultasi kehamilan, dan melakukan USG. Berhubung saya tidak sedang mengandung,  area ini saya lewati..

Area Bunda Sehat

Area bunda sehat (doc. Pri) 

2. Area Bunda Santai
Di arean ini tersedia layanan totok wajah dan massage yang didukung tenaga profesional dari Mom & Jo.  Di sini bunda bisa memilih ingin totok wajah atau pijat kaki. Saya sendiri mencoba totok dan massage wajah, rasanya nyaman sekali. Sekitar 15-an menit wajah kita dimasage dan ditotok dititik-titik tertentu. Terasa rileks dan menenangkan.

Area bunda santai
Area bunda santai (doc. Pri) 
3. Area Bunda  Cerdas
Di area ini pengunjung bisa mengecek pengetahuan seputar kehamilan untuk mengetahui hal tersebut mitos atau fakta. Dari 10 pertanyaan yang diajukan, saya salah 2. Ternyata saya masih percaya mitos..hiks...

Area bunda cerdas
4. Area Bunda Jajan
Di sini pengunjung bisa mencicipi aneka hidangan lezat dan bergizi.  Diantara area bunda yang tersedia,  area Bunda Jajan ini paling laris lhoo...

Area bunda jajan
Selesai mengitari Area Bunda,  saya kemudian menuju ke panggung utama. Karena MC sudah mengumumkan rangkaian acara Festival Bunda Generasi Maju akan segera dimulai. Segera saya ambil posisi di kursi agak depan, agar mudah menyimak materi yang akan disampaikan.

Talkshow Pentingnya Asupan Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan
Rangkaian acara Festival Bunda Generasi Maju ini diawali dengan talkshow seputar pentingnya nutrisi untuk ibu hamil yang disampaikan oleh dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, Sp.OG (Dokter Edo). Dalam presentasinya, dr. Edo menyampaikan pentingnya pemenuhan nutrisi di 1000 pertama kehidupan.  Di mana pada masa tersebut merupakan fase pembentukan organ tubuh yang penting untuk masa depannya.

Dokter Edo menyampaikan paparannya (docpri) 
Berbagai mikronutrisi seperti zat besi dan asam folat sangat penting untuk dicukupi kebutuhannya.  Kekurangan zat besi pada ibu hamil akan menyebabkan anemia yang bisa berdampak bayi lahir prematur,  berat badan bayi lahir rendah,  kematian bayi dalam kandungan dan juga perdarahan pada ibu hamil. Sedangkan kekurangan asam folat bisa berakibat bayi lahir cacat.

Lebih lanjut Dokter Edo menyatakan ibu hamil tidak boleh diet,  terutama di trimester pertama.  Bila takut nanti terjadi kelebihan berat badan, diet akan dilakukan di trimester ke 3. Sehingga penting bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan secara berkala agar terpantau kesehatannya berikut status gizinya. 

Pentingnya tercukupinya kebutuhan zat gizi baik makro (karbohidrat,  protein, dan lemak)  maupun mikro (zat besi,  kalsium,  asam folat, dan vitamin D) diungkapkan pula oleh Mbak Renata dari SGM Bunda. Mbak Renta mengatakan sering terjadi kondisi ibu hamil mengalami morning sickness yang menyebabkan makanan harian yang dikonsumsinya tidak memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Oleh karena itu perlu tambahan asupan gizi lain diantaranya melalui susu formula.

Mbak Renta dari SGM Bunda
Peran susu formula bagi ibu hamil adalah mencukupi asupan nutrisi, melengkapi konsumsi makanan bergizi seimbang agar ibu tetap sehat,  dan tercapai kondisi gizi ibu yang optimal. Sehingga dengan demikian akan mendukung lahirnya anak-anak generasi maju yang cerdas,  kreatif, tumbuh tinggi,  kuat,  mandiri,  supel,  dan percaya diri.  

Oleh karena itu SGM Bunda hadir dengan kandungan complinutri dengan aneka pilihan rasa, untuk turut mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui sebagai #langkahawaldukunggenerasimaju. 

Prenatal Yoga
Dalam Festival Bunda Generasi Maju ini diadakan juga sessi prenatal yoga bersama suami dengan instruktur Bidan Dheska & Ratih dari AWJPGY  (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga). Prenatal yoga ini sangat baik, karena disamping dapat merelaksasi pikiran,  gerakan fisik yang dilakukan sangat bermanfaat untuk persiapan kelahiran. 

Salah satu yang diajarkan dalam prenatal yoga adalah mengenai teknik pernafasan yakni belly breathing dan ujayyi breathing yang penting untuk meningkatkan kualitas napas dan memaksimalkan asupan oksigen. Teknik pernafasan yang baik akan membantu mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi.

Prenatal Yoga (doc. Pri) 

Prenatal yoga (doc. Pri) 
Dalam prenatal yoga ini peran suami sangat penting untuk membantu gerakan-gerakan yoga agar lebih baik, memberikan dukungan mental kepada istri untuk menghadapi persalinan,  dan meningkatkan kedekatan emosional antara suami dan istri. 

Cooking Demo bersama Chef Anton Yanwar Susilo
Selera makan ibu hamil memang tidak bisa ditebak.  Kadang ingin yang manis,  kadang ingin yang asem. Meskipun aturan konsumsi untuk SGM Bunda hanya 1 gelas sehari,  bisa jadi ibu hamil ingin variasi lain ketika mengkonsumsi.

Cooking demo (doc. Pri) 

Chef Anton dan istri (doc. Pri) 
Nah,  dalam acara ini ada pula sessi demo masak dengan menggunakan SGM Bunda. Ada tiga menu minuman yang ditampilkan yakni 
1. Es jeruk pelangi, yang menggunakan bahan dasar susu SGM Bunda rasa jeruk dicampur dengan parutan jelly dan agar-agar. 

2. Es sirsat strawberry, yang menggunakan susu SGM Bunda rasa stawberry dan sirsat yang diblender. 

3. Es alpukat lapis coklat, dengan menggunakam SGM Bunda rasa coklat yang di atasnya diberi buah alpukat yang diblender.  

Setiap porsi dari minuman yang ditampilkan menggunakan takaran susu SGM Bunda sebanyak 30 gram saja. Cukup mudah dan simpel bukan? Oh ya,  pada kesempatan ini saya mencicipi es alpukat lapis coklat,  rasanya seger lho....

Es alpukat lapis coklat (doc. Pri)
Beauty Demo dari Wardah
Menjadi ibu hamil harus tetap menjaga penampilan. Apalagi selama kehamilan terjadi perubahan hormonal yang berpengaruh kepada kulit sehingga sering terlihat berjerawat dan kusam.  

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam perawatan kulit adalah pembersihan (cleansing). Proses ini idealnya melalui 3 tahapan yakni : pembersihan dengan milkcleanser,  dilanjutkan dengan sabun muka (foam), dan terakhir dengan penyegar. Baru setelah itu digunakan cream malam.

Beauty Class oleh tim wardah (doc. Pri) 
Bagi ibu hamil,  yang terpenting ketika memilih kosmetik adalah yang tidak mengandung parabean dan mercury, sehingga aman dipakai. Berbagai produk wardah yang beredar di pasaran bisa menjadi pilihan yang aman untuk digunakan. Seperti pelembab yang mengandung tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya ultraviolet, bedak,  dan lipstik. Dengan demikian ibu hamil tetap tampil menawan.

Demikian aneka keseruan yang dihadirkan dalam Festival Bunda Generasi Maju bersama SGM Bunda. Ada banyak ilmu dan keseruan yang sayang kalau dilewatkan.

Foto bersama bloger dan penyelenggara
Untuk bunda-bunda yang ada di wilayah Jakarta dan Bandung,  Festival Bunda Generasi Maju akan hadir tanggal 21 Juli 2019 di Jakarta,  dan 28 Juli di Bandung. Nantikan keseruannya ya...dan jangan lupa follow FB SGM Bunda agar bisa update info terbarunya.

Salam...

66 komentar:

  1. wa... serunya, kemarin ingin ikutan sekalian reuni mombassador nih Bu. Tapi pas ada nyadran sama Jogja Marathon di Prambanan. Hikss... nggak jadi ikutan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Iya, barengan ya... Jogja Mandiri Marathon juga seru. Yang tahun lalu aku ikut..

      Hapus
  2. Wua asik banget. Kebetulan saya lagi konsumsi susu SGM Bunda dan paling suka sama rasa Strawberry. Pengen coba bikin beberapa resep yang ada di sini. Campur suka suka seru kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..pas nih...domisili di mana mb? Kl jakarta atau Bandung ada event Festival Bunda Generasi Maju juga lho di bulan Juli nanti...

      Hapus
  3. Wah... asyik banget sih kegiatannya Kak... Mengedukasi sekaligus bersenang-senang bareng. Bahkan ada demo masak. Suka...Suka... Suka nyemilin masakannya. Eh...

    Terima kasih sudah ajak saya menikmati acara ini ya Kak...
    Salam...

    BalasHapus
  4. Es sirsak SGM sepertinya enak dan seger....biasanya sirsak saya makan begitu aja....SGM demo masak udah kasih ide nih..Makasih mbak Sapti

    BalasHapus
  5. Wah, rajiiinn detttilll hihihi...

    BalasHapus
  6. Enak sekali jadi bunda bisa ikutan acara ini jadi semakin menambah pengetahuan dan seru juga bisa kumpul2 dgn sesama blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin bapak-bapak juga banyak yang ikut lho... Dampingi para ibu... 😀

      Hapus
  7. Klo aku ikut...kayaknya bakalan betah di area bunda santai..bisa leha sejenak. Tau sendiri lah, seorang bunda kan kerjaannya ga pernah habis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mb... 15 menit yang berkualitas.. 😀

      Hapus
  8. Wah seneng ya, sekeluarga bisa ambil manfaat acaranya.

    BalasHapus
  9. kemasaan acaranya menyenangkan sekali, bunda bunda diajak mengeksplorasi semua booth yang dibuat untuk mendapatkan banyak informasi yaaa. Dulu sewaktu hamil, saya pernah mencoba SGM Bunda, sekarang sudah banyak ya variasi rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...menyenangkan buat yang tidak hamil juga.. Hihi... Iyap,, ada rasa jeruknya... Mksh sdh mampir mb...

      Hapus
  10. Seru sekali ya acara SGM ini meriah banget... Dan aku baru tau ada rasa nya gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mb... Iya ada rasa jeruk... Hihi..jarang ya susu rasa jeruk...

      Hapus
  11. Acaranya seru banget ya mbak? Pengen berantai di booth area binda santai. Eh itu asyik banget yoga prenatalnya, ehehehe

    BalasHapus
  12. Wihh seru banget mba.. btw itu suami2 ikut prenatal yoga juga.. mantul.. ada refleksi nya jg ya mba.. refrash deh selain tentunya dapet ilmu dan teman ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar suami ikut terlibat juga di proses persiapan kelahiran. Bangett mb..bermanfaat sekali

      Hapus
  13. seru banget acaranya, udah pasti dong area bunda jajan pasti paling rame. apalagi buat saya yg menyusui area ini menarik bgt, nafsu makan lg besar

    BalasHapus
  14. Aku kalau datang kayaknya akan ke zona santai yang butuh banget buat relaks. Acara seperti ini smoga jadi acara yang sering dilakukan ya. Biar fresh

    BalasHapus
  15. acaranya seru banget. materinya juga bermanfaat buat menambah pengetahuan calon bunda kayak aku, hih

    BalasHapus
  16. Wah keren nih event kolaborasi SGM Bunda dan Wardah. Banyak sharing yang bermanfaat ya untuk bumil dan pasangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb.. Biar ibu hamil tetap sehat dan cantik..

      Hapus
  17. Dan akupin ngencesss sama alpukat lapis coklat...endeusss
    Lengkap bangetz sih nih acaranya, ada prenatal yoga cooking demo, ilmu ..salu untuk SGM yang mendukung generasi maju

    BalasHapus
  18. Wah sangat keren banget ini

    Sukses terus ya

    BalasHapus
  19. Seruuu bgt acaranya. memanjakan perempuan bgt. Mulai dr pijat, yoga sampai memasak juga ada. Jd rada nyesel batal ikutan kemarin..hiks hiks. Bakal ada lagi ga ya acara kayak gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga heran,kok mb wiwid ga jadi ikutan... Semoga jadi kegiatan rutin mb... Hihi...

      Hapus
  20. Menu olahan dari susu SGM-nya bisa dicontek untuk makanan untuk berbuka nih. Keliatannya seger ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb... Seger dan kaya nutrisi.. Cocok buat bumil..

      Hapus
  21. Seru bgt ya acaranya. Konsepnya lucu ya pake paspor segala. Jadi pingin dihamili lagi. Eh?

    BalasHapus
  22. Seru banget acaranya, jadi kaya reuni Mombas SGM ya,aku pas ikutan acara Jogja marathon..seru banget bapak-bapak juga ikutan Yogya prenatal, suami siaga banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, acaranya bareng-bareng kok ya...Tapi jogmar juga seru..😀

      Hapus
  23. Aiiihh seru banget acaranya nih para bunda. Dapet ilmu dan sekaligus bisa having fun sesama bunda yang ikutan acara. Seneng lihat itu ada area Bunda Santai, Bunda Jajan dan Bunda Cerdas. Jadi pengin ikutan hehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingit. Area bunda santainya bikin ketagihan ini. 😀

      Hapus
  24. Duh, serunya acaranya bund. Jd pengen ikutan. Btw, itu cerdas banget bikin susu sgm bunda jd macam2 gitu.. Soalnya kalo hamil mood swing bs kambuh ya jd hrs pinter2 bikin suasana minum jd happy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... SGM Bunda memang paling mengerti, kalo bumil butuh dimengerti. Hihi...

      Hapus
  25. Kayaknya kalau ke festival itu aku akan berlama2 di area Bunda Santai wkwkwwk. Duh enaknya dipijit2 gtu ma terapis, beneran santai deh.
    Seru juga ya festivalnya, dapat banyak pengetahuan seputar dunia ibuk2.

    BalasHapus
  26. Seru banget ya acaranya apa lagi acara demo masak jadi ingin mencoba mempraktekkannya di rumah resepnya juga gampang dan sehat

    BalasHapus
  27. Kalau aku pasti akan berlama-lama di area bunda santa, enak banget itu bisa pijat gitu. Lalu udahannya bakal menuju ke area bunda jajan. Emang paling yahud deh ini SGM Eksplor kalau bikin acara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..dua area itu untuk memenuhi kebutuhan jiwa dan raga...😀

      Hapus
  28. Aku pengen nambah es pelanginya kmrn tapi malu. Hahahahaha. Enak banget soalnya. Aku doyan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pengen nyicip tiga2nya...sayang suruh milih... 😁

      Hapus
  29. Wah SGM Bunda ada rasa jeruk juga ya. Aku belum pernah cobain susu rasa jeruk. Hamilnya jadi enak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, kemarin dapatnya yang rasa coklat...😀

      Hapus
  30. Festival bunda memang selalu seru ya, aku nungguin di Bekasi ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mb... Di jakarta tanggal 21 juli nanti digelarnya...

      Hapus
  31. Ini susu anakku sejak usia setahun hingga usia 5 tahun. Alhamdulillah sampe saat ini dia tumbuh sehat, cerdas & aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo.. Mungkin maksudnya SGM aktif ya? Kl yang saya ceritakan ini SGM bunda. Khusus untuk bumil dan menyusui.. 😉

      Hapus
  32. Duh kalau aku yang ikut pasti betah, secara lagi hamil ginu. Dimanjain banget ibu hamil ini pasti

    Es alpukat terlihat enak.nyam nyam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Iya, dimanja banget mb di sini bumilnya...

      Hapus
  33. Yang jelas aku baper pas prenatal yoga .secara pasanganku wedok 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus pengen pulang, ngajakin yang di rumah? 😀

      Hapus