Senin, 01 Juli 2019

Kolaborasi Pegiat Media Sosial Bersama Paniradya Kaistimewaan untuk Menggaungkan #IstimewanyaJogja

Julukan "Jogja Istimewa",  pasti sudah banyak yang mengetahuinya.  Tetapi apa sajakah kestimewaanya? Semua orang pasti punya jawaban yang berbeda-beda, tergantung pengalaman yang dipunya. 

Keraton, simbol Keistimewaan Jogja (doc. Pri) 
Bisa jadi keistimewaan yang kita ketahui tentang Jogja baru sedikit saja. Namun itu sudah cukup untuk membuat kita merasa suka dengan Jogja. Lalu bagaimana jika yang kita ketahui tentang keistimewaan Jogja lebih banyak lagi? Pasti hal tersebut membuat kita semakin cinta terhadap Jogja dan senantiasa berusaha menjaga agar Jogja tetap istimewa.

Baca juga : Cerita Tentang Kota Tertua di Jogja

Dan tahukah teman-teman siapakah sesungguhnya yang banyak tahu tentang keistimewaan Jogja dan berkewajiban untuk mensosialisasikannya? Jawabnya adalah Paniradya Kaistimewaan. Penasaran apakah itu Paniradya Kaistimewaan? Yuk, simak ulasan saya berikut... 
***
Hari Kamis, 27 Juni 2019 lalu, saya bersama dengan 2 orang teman mewakili Komunitas Blogger Jogja (KBJ) menghadiri acara rapat koordinasi mengenai Pembagian Peran dalam Pemberitaan tentang Keistimewaan Yogyakarta yang diselenggarakan Paniradya Kaistimewaan Pemerintah Daerah DIY.  Jujur,  saya masih awam dengan lembaga Paniradya Kaistimewaan ini,  dan merasa penasaran untuk tahu lebih jauh lagi.  

Materi diskusi (doc. Pri) 
Acara yang yang mengambil tempat di Malioboro sky lounge & Cafe Hotel Cavinton yang beralamat di  Jalan Letjen Suprapto 1 Ngampilan Yogyakarta ini berlangsung pukul 19.00 WIB. Dihadiri kurang lebih 30 peserta yang berasal dari berbagai komunitas, diantaranya dari Komunitas Blogger Jogja (KBJ), Kompasiana Jogja (KJog), Genpi Jogja, PAIJO dan lain-lain. 

Makan malam bersama (doc. Pri) 
Diawali dengan makan bersama, acara yang menurut saya lebih mirip diskusi ini berlangsung dengan hangat dan akrab, dengan dipandu Mas Arif N.R. Dimulai dengan pengenalan tentang Paniradya Kaistimewaan yang disampaikan oleh Bapak Alex. Dalam penjelasannya,  Pak Alex menyampaikan bahwa Paniradya Kaistimewan merupakan lembaga yang ditugaskan untuk membantu Gubernur untuk mengurusi pemerintahan terutama dalam progam keistimewaan di Yogyakarta yang ditegaskan lewat UU no.13 Tahun 2019 tentang Keistimewaan DIY. 

Mas Arif memandu acara (doc. Pri) 
Dalam UU tersebut ditegaskan bahwa keistimewaan yang diberikan kepada pemerintah Yogyakarta terdiri dari 5 wewenang  yang meliputi : 
  1. Tata cara pengangkatan gubernur dan wakil gubernur
  2. Bidang kebudayaan
  3. Kelembagaan
  4. Tata ruang
  5. Ketanahan. 

Baca juga : Istana Kedua di Jogja

Selain membantu pemerintah daerah, lembaga ini memiliki fungsi untuk mengurusi program keistimewaan sekaligus anggarannya mulai dari perumusan, monitoring, hingga evaluasi terkait penggunaan Dana Keistimewaan  (Danais). 

Penjelasan tentang Paniradya Kaistimewaan
(doc. Pri) 
Sebenarnya lembaga ini sudah ada sejak tahun 2013. Namun kurangnya publikasi membuat segala informasi tentang keistimewaan yang dimiliki Jogja belum tersosialisasi dengan baik dari pemerintah kepada masyarakat, terutama perihal penggunaan Danais. Padahal tujuan dibentuknya Paniradya Kaistimewan adalah untuk menyatukan, memberi informasi, sebagai ruang kreativitas,dan menjadi wadah masyarakat dalam berpendapat. 

Media sosial dari Paniradya Istimewa (doc. Pri) 
Oleh karena di tahun 2019 ini Paniradya Kaistimewaan ingin lebih meningkatkan perannya dalam mensosialisasikan keistimewaan Jogja, maka diadakanlah rapat koordinasi ini. Yang pada intinya Paniradya Kaistimewaan berharap peran serta dan kontribusi semua pihak khususnya para pegiat media sosial untuk membantu agar fungsi lembaga ini dalam menyebarluaskan keistimewaan Jogja bisa berjalan dengan lebih baik lagi. 

Mas Hao-Hao menyampaikan pendapatnya
Dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat tercipta sinergi yang tepat antara pemerintah dan para pegiat media sosial sehingga berbagai keistimewaan Jogja bisa terinformasikan kepada masyarakat luas secara baik dan benar. Tidak hanya untuk masyarakat yang bermukim di Jogja saja, tetapi di seluruh Indonesia, melalui konten-konten positif tentunya. 

Dalam diskusi ini juga ditampung berbagai usulan dan saran dari peserta bagaimana cara untuk mengangkat agar tagar #IstimewanyaJogja semakin mengemuka. Bahwa istimewanya Jogja tidak sebatas pada hal-hal mainstream seperti Tugu Jogja dan Malioboro saja, tapi masih banyak yang lainnya. Seperti bentang alam Jogja, pegunungan karst yang termasuk ke dalam geo heritage, kekayaan kuliner,  nilai filosofi yang dimiliki, unggah-ungguh, maupun kreativitas masyarakatnya. 

Mas Anang Batas memberikan usulannya
Dalam rapat koordinasi ini sudah banyak usulan dan masukan dari para peserta. Diantaranya usulan untuk mengundang para content creator setiap kali hendak menghelat sebuah acara, agar bisa turut mensosialisasikannya melalui media yang dimiliki.  
Semoga tidak lama lagi kerjasama ini segera menemukan bentuknya. Saya pribadi sangat menyambut gembira apabila blogger turut dilibatkan untuk melangitkan #IstimewanyaJogja agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, melalui konten-konten yang berisikan hal-hal Istimewa tentang Jogja tercinta. Sekaligus mempertegas bahwa keistimewaan Jogja itu nyata adanya. 

Salam...

49 komentar:

  1. I just knew about this ministry :)
    Thank you for sharing about Paniradya Kaistimewaan. Got some more information.

    BalasHapus
  2. wah info baru mbak buat saya, terima kasih ya, jadi makin tau info tentang jogja yg memang istimewa

    BalasHapus
  3. Jogja memang istimewa ya mba.
    saya selalu kagum sama postingan temen entah foto atau artikel tentang jogja.

    BalasHapus
  4. Jogja memang keren ya, aku saja nih yang ketinggalan, karena belum pernah ke Jogja

    BalasHapus
  5. Jogja memang istimewa, udah lama banget nggak main kesana-kemari, jadi kangen suasananya, makanannya dan pemandangannya

    BalasHapus
  6. Baru tau mba,info yg bagus buat menambah wawasan. Selama ini tau nya nm nya Daerah Istimewa Yogya. Tp keistimewaan nya belom sepenuh nya tau. Hehehe ..

    BalasHapus
  7. Jadi tahu deh .... keistimewaan Paniradya merupakan lembaga yang ditugaskan untuk membantu Gubernur mengurusi pemerintahan terutama dalam progam keistimewaan di Yogyakarta yang ditegaskan lewat UU no.13 Tahun 2019 tentang Keistimewaan DIY. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  8. waah ada informasi yang berfaedah banget, tapi memang Jogja sungguh istimewa di sektor pariwisata dan kulinernya menurutku :)

    BalasHapus
  9. Keren ya Jogja. Aku ga tau apakah Jawa Timur (Surabaya) juga punya macem gini. Doh jadi malu gak update sm kotanya sendiri T_T

    BalasHapus
  10. Selalu pengen balik lagi ke Jogja apalagi baca review ini makanan enak tempat bagus .mantabb deg jogja bkin kangen

    BalasHapus
  11. jogja selalu istimewa mbak, kangen pengen berkunjung kesana setelah 13 tahun meninggalkannya

    BalasHapus
  12. menarik nih ceritanya ka, aku baru tau soal ini, thankyou banget infonya ditunggu cerita cerita lainnya <3

    BalasHapus
  13. Peran content creator skrg jadi lumayan penting ya. Ga kalah sama wartawan hehehe

    BalasHapus
  14. Wahh, acaranya seru banget nih sekaligus mengedukasi. Emang deh ya Jogja nih juaraaa deh buat history nya yang istimewa dan melegenda dalam banyak hal, macem kuliner misalnya hehe #laper

    BalasHapus
  15. Dari kecil saya penasaran, Mbak. Kenapa hanya ada dua deaeah istimewa. Aceh dan Yogya. Ternyata inilah jawabannya.

    Tapi sebelum tahu, Yogya memang memesona, dan selalu rindu untuk datang lagi.

    BalasHapus
  16. Jogja memang Istimewa yaah. Masih pakai kekeluargaan dsn tradisi adat istiadstnya masih terjaga. Btw aku juga baru tau nsms organisasi itu mba Panindrya Kaistimewaan. Hehe.

    BalasHapus
  17. Informasi seperti ini aku memang baru mengetahuinya, dan sosialisasi dengan artikel ini semoga juga makin menambah wawasan pembaca mengenai Yogyakarta

    BalasHapus
  18. Jogja memang istimewa. Sayang belum kesampaian juga nie buat jalan-jalan ke Jogja. Semoga suatu hari nanti.

    BalasHapus
  19. Asyik nih, mba. Jadi semakin penasaran apa saja yang membuat jogja ''Istimewa''.

    BalasHapus
  20. Yogya emang istimewa banget hehehe. Makanya selalu ada yang menarik dan ingin dipelajari tentang sejarah dan budaya yang ada di Yogya tiap kali kesana. penuh historis

    BalasHapus
  21. jogja memang istimewa
    duh pengen hadir di situ rasanya biar nambah pengetahuan soal jogja

    BalasHapus
  22. Seru nih ya kak, bisa kumpu kumpul dengan para penggiat sosial media lainnya. Seru juga bahas keistimewaannya Yogya.

    BalasHapus
  23. Wah mantap, keren ya Jogja, bahas apa aja itu

    BalasHapus
  24. Acaranya bangus banget, bisa berbagi sesama penggiat media sosial. Pasti seru nih

    BalasHapus
  25. AAAHHHH JOGJA! Aku besar di Jogja loh mbak, rumahku di daerah minggiran suryodingratan situ. Suami di Jalan Magelang. Baca tulisan ini aku jadi kangen

    BalasHapus
  26. Yay keren banget ya kolaborasi antara pemerintah dan pengiat media sosial di Yogja.Semoga bisa diikuti daerah lain

    BalasHapus
  27. Setuju nih semoga semakin banyak penggiat sosmed dan komunitas yg bisa dilibatkan agar Jogya semakin dikenal dengan semua keistimewaannya

    BalasHapus
  28. Kalau saya ditanya tentang keistimewaan kota Jogja, kurang tahu karena saya sendiri belum pernah ke sana padahal pengen deh bisa injak Jogja juga. Btw bagus nih ada lembaga khusus yang dibentuk seperti Paniradya Kaistimewaan ini, lebih mantap lagi nih karena bisa bekerjasama dengan para penggiat medsos seperti blogger.

    BalasHapus
  29. Waaaa lembaga seperti ini harusnya bisa dicontoh sama daerah lain ya. Jadi setiap daerah bisa "memamerkan" keistimewaannya masing2 dan akhirnya membuat banyak orang berkunjung.

    BalasHapus
  30. semoga bisa melihat langsung keistimewaan Jogja.

    BalasHapus
  31. Gak heran kalau Yogya dikenal dengan Daerah Istimewa, potensi adat dan bentang alamnya luar biasa.

    BalasHapus
  32. Jogja... ogja.. Jogja istimewa. Siapapun mengakui keistimewaan Jogja. Terima kasih infonya. Jadi tahu mengenai Paniradya Kaistimewan merupakan lembaga yang ditugaskan untuk membantu Gubernur untuk mengurusi pemerintahan terutama dalam progam keistimewaan di Yogyakarta

    BalasHapus
  33. Baru sekali ke Jogja dan tu juga belum seberapa jalannya, tapi udah rindu ingin segera kembali kesana lagi. Jogja emang Istimewa ya Mbak. Semoga rapat koordinasi ini bisa menyatukan semua kalangan khususnya pegiat medsos agar bisa menampakkan keistimewaan Jogja yg lebih luas lagi yah :)

    BalasHapus
  34. Ooo lembaga ini yang bikin jogja menarik dan tidak ketinggalam zama
    Btw,, mbaknya kerja disitu kah

    BalasHapus
  35. Sepakat banget demgan melibatkan content creator. Biar sosialisasi program zemakin maksimal ya mba :)

    BalasHapus
  36. Wahh seru banget kumpul-kumpul sama penggiat sosial media jadi bisa sharing dan nambah follower yah

    BalasHapus
  37. Aku baru tahu tentang Paniradya Kaistimewaan ini, Mbak. Makasih udah berbagi pengetahuan. Kemarin sebenarnya pengen datang pas di grup ditawarin, tapi lagi nggak bisa.

    BalasHapus
  38. Seru banget kumpul-kumpul dengan pecinta penggiat sosial media pasti banyak yang dibahas dan akan banyak masukan

    BalasHapus
  39. Wiwin | Pratiwanggini.net4 Juli 2019 14.24

    Orang asli Jogja tapi tidak paham akan keistimewaan Yogyakarta, itulah saya :D..
    By the way, sebagai blogger, saya akan dengan senang hati lho dilibatkan dalam kegiatan mengangkat istimewanya Jogja lewat media online..
    coz I love Daerah Istimewa Yogyakarta :)

    BalasHapus
  40. Jogja semakin istimewa dengan adanya kegiatan tersebut. Semoga menular ke daerah lain..

    BalasHapus
  41. Keren bgt ya, smoga bner2 terwujud. Ikut seneng blogger ikut serta

    BalasHapus
  42. Jogja selalu istimewa karena setiap yang datang pasti dapet kenangan bagus yang selalu ngebuat pengen balik ya kak. Jogja terus berbenah dan semakin banyak ekspose agar makin banyak yang kenal jogja dan makin istimewa

    BalasHapus
  43. wahh bagus dan seru banget, aku jadi tau ttg Jogja lebih banyak lagi. Yogjakarta memang istimewa :)

    BalasHapus
  44. Keren ya mbak emang Jogja itu the best banget deh, semoga bisa terwujudkan semua nya

    BalasHapus
  45. Baru tahu nih ada lembaga ini di jogja. Penasaran juga nih sama namanya paniradya. Kayaknya dari bahasa jawa ya

    BalasHapus
  46. Makin maju nanti sektor pariwisata di jogja ya. Apalagi sudah dilakukan secara terstruktur.

    BalasHapus
  47. Ah jogja ya, aku udah lama pengen jalan-jalan ke jogja tapi masih maju mundur neh karena suatu hal. huhu :(

    BalasHapus
  48. Jogja memang istimewa ya. Tapi keren juga Jogja menggandeng blogger untuk sosialisasi terkait pemerintahan

    BalasHapus