Rabu, 26 Juni 2019

Apartemen, Alternatif Hunian Nyaman Di Tengah Kota Jakarta

Tinggal di kota besar seperti Jakarta dengan segala dinamikanya yang serba cepat dan sibuk memang tidak mudah.  Tingkat stress menjadi teramat tinggi. Salah satu penyumbang penyebab stress yang dialami warga Jakarta adalah kondisi jalan yang macet yang menyebabkan waktu untuk pergi ke suatu tempat menjadi lama. 

Sumber : Canva
Bagi pekerja atau pegawai kantoran permasalahan jalanan macet tentu perlu dicarikan solusinya. Bisa dengan berangkat pagi atau mencari hunian yang dekat dengan perkantoran. Memilih solusi pertama yakni dengan berangkat lebih awal bukan tanpa resiko. Kondisi jalan di Jakarta yang tidak bisa diprediksi menjadi sesuatu yang perlu menjadi pertimbangan pula. Karena sering terjadi meskipun kita berangkat awal nyatanya masih terlambat juga.  


Solusi kedua,  mungkin bisa dijadikan pilihan. Terlebih bagi pekerja perantauan yang jelas membutuhkan tempat tinggal. Mungkin lebih enak jika langsung menyewa atau membeli hunian yang dekat dengan lokasi kantor. 

Memang memilih hunian yang dekat dengan kantor tidaklah mudah. Apalagi jika kita masih ingin mencari rumah tapak. Selain harga rumah tapak di Jakarta sangat tinggi, sangat jarang rumah tapak di bangun di lokasi strategis yang dekat dengan lingkungan perkantoran. Karena rumah tapak membutuhkan lahan yang luas dan itu tidak murah. 

Sumber : pixabay
Salah satu pilihan yang logis yang bisa dipilih adalah dengan sewa apartemen Jakarta. Ini terutama untuk teman-teman yang belum cukup dana untuk membeli apartemen sendiri.  Meskipun sebenarnya beli apartemen murah pun tidaklah sulit. Sekarang informasi mudah dicari, semudah menggerakkan jari. Tinggal memanfaatkan gawai pintar yang kita miliki, kita akan langsung memperoleh informasi yang kita butuhkan. Apalagi sekarang menyewa apartemen bisa secara bulanan atau tahunan. Bisa disesuaikan dengan anggaran yang kita sediakan. Demikian pula jika kita memutuskan untuk membeli,  terdapat berbagai macam cara pembayaran yang bisa disesuaikan dengan pendapatan.  

Selain itu, memilih tinggal di sebuah apartemen memiliki berbagai macam keuntungan, diantaranya :

1. Lokasinya strategis
Umumnya, apartemen dibangun di lokasi yang strategis. Dekat dengan pusat perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Dan inilah salah satu alasan utama mengapa di kota-kota besar orang-orang lebih memilih untuk tinggal di apartemen  dibanding rumah tapak.  Hal ini membuat akses ke mana-mana menjadi mudah,  dan bisa terhindar dari resiko macet.  

2. Harga yang murah
Apartemen memang lebih murah dibanding rumah tapak.  Karena jika membeli sebuah apartemen, kita hanya membeli bangunannya saja.  Sementara untuk rumah tapak,  kita membeli bangunan beserta tanahnya.  

3. Fasilitas lengkap
Biasanya apartemen dilengkapi dengan fasilitas bersama yang lengkap. Seperti kolam renang, taman bermain,  lapangan olah raga, swalayan, semua lengkap tersedia. 

4. Keamanan terjamin.
Di sebuah apartemen, sistem keamanannya 24 jam yang dilengkapi dengan CCTV. Setiap orang yang hendak masuk ke dalam apartemen harus melalui tahapan pemeriksaan petugas, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk.  

5. Praktis
Hal ini berkaitan dengan perawatan gedung, kita tidak perlu memikirkannya. Segala hal berkaitan dengan perawatan dan kebersihan gedung menjadi tanggungan pihak pengelola apartemen. Pemilik atau penyewa tinggal terima beres. Yang penting membayar maintenance fee saja.  

Sumber : pixabay
Nah,  dengan adanya berbagai keuntungan yang dimiliki, sudah tepat kiranya untuk teman-teman yang bekerja di kota besar semacam Jakarta memilih menyewa atau membeli apartemen sebagai alternatif untuk menentukan sebuah hunian yang akan ditempati. 


Di era yang mengedepankan segala sesuatu yang cepat dan praktis seperti saat ini, memilih apartemen sebagai tempat tinggal telah menjadi sebuah trend yang banyak dipilih terutama bagi generasi milenial. Lokasi apartemen yang strategis lengkap dengan fasilitas yang dimiliki tentu saja menjadi daya tarik utamanya. Bagaimana menurut teman-teman, setujukah dengan pendapat saya ?  

28 komentar:

  1. Apartemen memang solusi praktis hinian milenial ya Mbak. Kalau aku sih yang penting aksesnya mudah dan keamanan terjamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb...jadi tidak bingung dan khawatir kalau mau ke mana-mana...

      Hapus
  2. Yup, mbak. Kepraktisan hunian di kota besar memang harus diperhitungkan, termasuk soal kemacetan dan jarak antara kantor dengan rumah. Jika memiliki budget memang tak ada salahnya membeli atau sewa apartemen ya agar kita lebih punya waktu untuk diri sendiri & keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mb.. Semua disesuaikan dengan situasi dan kondisi..

      Hapus
  3. Buat anmel alias anak milenial kayak kita ginih, apartmen pastinya jadi solusi yang paling make sense dan cucok ya mba. Praktis, aman, dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Karena semua memang harus kita sesuaikan dengan kebutuhan..

      Hapus
  4. Apartemen memang lebih praktis. Apalagi lokasinya dekat mana2, segalanya jd lebih mudah dan terjangkau. Alternatif hunian masa kini nih

    BalasHapus
  5. setuju sih kalau cari tampat tinggal deket dengan kantor mba, dulu aku harus menempuh 4 jam perjalanan pulang pergi rumah-kantor duh ya ampun capeknya poll mendingan sewa tempat yang deket kantor ya mba :) cocok nih sewa apartemen sesuaikan juga sama gaji tapi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, disesuaikan dengan sikon dan kebutuhan mb...

      Hapus
  6. Kpingin bngt punya apartment maunya sih buat investasi gitu yg lokasinya strategis tentunya mudah2an bisa ya.

    BalasHapus
  7. Harga apartemen di tengah kota jakarta lebih murah di bandingkan kos ataupun beli rumah. Mpo kalau tinggal di apartemen bisa kurus. mpo suka olahraga

    BalasHapus
  8. Jadi teringat waktu ngajar, kebanyakan orang tua murid sewa apartement, ternyata tinggal di apartemen banyak keuntungannya yah

    BalasHapus
  9. Ini nih solusi banget buat mereka yang belum cukup dana untuk membeli apartemen sendiri.
    Dan menurut saya kalau masih ada kemungkinan untuk berpindah kota mending nyewa aja.

    BalasHapus
  10. Aman, lengkap fasilitas, nah asyik tuh

    BalasHapus
  11. Wiwin @ pratiwanggini.net29 Juni 2019 22.55

    Emaknya di apartemen tuh biasanya keamanan terjamin, fasilitas lengkap, minimalis sesuai kebutuhan aja sehingga ga repot bersih-bersihnya. Mungkin kalo aku kerjanya di Jakarta, juga pilih sewa apartemen aja :D

    BalasHapus
  12. Sudah lama cita cita saya membeli apartement sebagai tambahan portopolio aset saya dibidang properti

    BalasHapus
  13. Iya...rata-rata orang yang tinggal di apartemen adalah businessman dan keluarga muda.
    Semua kebutuhan dasar terpenuhi soalnya.
    Dari mulai keamanan hingga fasilitas play ground untuk anak-anak.

    BalasHapus
  14. Lebih ke praktis Kali, ya, kalau pilih apartemen, apalagi di ibu kota.

    BalasHapus
  15. Memang apartemen ini semakin asyik untuk dilirik ya karena banyak kelebihannya.

    BalasHapus
  16. Memang perlu banget adanya apartemen di tengah Kota Jakarta, apalagi dengan kesibukan pekerja yang mungkin memiliki rumah jauh dari pusat kota. Keuntungannya memang lokasi strategis dan biaya hidup bagi pekerja biasanya berkurang terutama masalah ongkos ke tempat kerja jadi lebih hemat.

    BalasHapus
  17. Fasilitas yg utama juga ya.
    Bagi pendatang yg emang udah kerja tetap mending beli apartemen ya daripada nyewa, toh kenanya bisa sama aja kan, kalau beli kan udah jadi hak milik, suatu saat kalaupun pindah atau balik kampoang kan bisa dijual lagi atau dijadikan investasi yg pastinya nilainya akan jadi lebih tinggi dari harga beli :)

    BalasHapus
  18. Bagi saya yang memiliki tiga anak remaja, rumah tapak adalah pilihan utama. Sempat punya apartemen, tapi peruntukkannya untuk disewakan :)

    BalasHapus
  19. hmm, emang siy mbak lebih praktis namun dari sisi sosial serasa gak punya tetangga, karena setelah masuk kamar ya sudah, say hellonya jadi susah (ini menurut aku ya mbak), tapi kalo buat investasi untuk disewakan sebagai kantor atau tempat tinggal bagus juga siy mbak

    BalasHapus
  20. iya memang apartemen lbh praktis ay kalau ada di kota

    BalasHapus
  21. Mbaaa kau jadi pengen punya apartment dehh, secara harga rumah kan mahal pisan yahh huhu. Apt lumayan juga kok buat investasi. Semoga Allah dicukupkan rezekinya biar bisa kebeli. Aamiin

    BalasHapus
  22. Kalau dipikir dan dihitung ulang memang praktis tinggal di apartemen dengan fasilitas lengkap dan akses yang mudah kalau mau ke mana-mana.

    BalasHapus
  23. Betul apartemen lebih praktis, tapi gak berlaku untuk pengkoleksi barang, karena biasanya tempatnya gak seluas rumah yah, hehe.

    BalasHapus