Senin, 30 September 2019

Trend Bisnis Kecantikan Terkini, Miliki Produk dengan Brand Sendiri

Teman-teman pernah mendengar istilah Maklon Kosmetik BPOM belum? Kalau belum ada baiknya teman-teman melanjutkan membaca cerita saya ini.  Karena ini berkaitan dengan trend bisnis kecantikan saat ini. Dan nanti saya akan menjelaskan apa arti istilah tersebut dalam bagian lain dari tulisan saya ini.

Sebagaimana kita ketahui, menjadi cantik adalah dambaan setiap perempuan. Segala treatment rela dilakukan untuk mencapai tujuan memiliki kulit cantik mulus seperti yang diimpikan. Sehingga anggaran bulanan khusus disediakan untuk melakukan perawatan.

Berbisnis Kosmetik
Di Jogja sendiri,  keberadaan salon dan klinik kecantikan sangat banyak jumlahnya. Dan semua punya segmennya masing-masing. Ada yang menawarkan penggunaan teknologi modern,  ada juga yang mengajak untuk kembali ke alam. Yang jelas setiap klinik atau salon kecantikan yang ada, biasanya menggunakan produk perawatan dengan merk atau brand sendiri.

Demo penggunaan teknologi untuk merawat kecantikan (doc. Pri) 

Baca juga : 

Berdasar ulasan dari sebuah situs berita usaha, bisnis kecantikan termasuk bisnis yang tidak ada matinya. Banyak brand lokal hadir turut meramaikan jagat kecantikan. Ada peran para beauty influencer  yang sangat besar di dalamnya. Di feed instagram saya, banyak beredar testimoni para selebgram yang memakai produk lokal yang diendorsnya. Sebuah pemasaran yang saat ini terbukti efektif.  Belum lagi para beauty blogger yang turut mereview produk-produk tersebut di blognya.

Launching salah satu klinik kecantikan di Jogja (doc.pri)
Pengguna produk dan perawatan kecantikan akan selalu ada. Tinggal siapa yang bisa memuaskan pelanggan dengan memberikan layanan prima dan produk yang terjamin keamanannya. Karena sekarang konsumen pun semakin cerdas memilih,  selain faktor harga, kualitas dan keamanan produk juga menjadi pertimbangan utama. 

Peluang ini tampaknya yang banyak ditangkap oleh para pebisnis termasuk juga kalangan artis.  Modal cantik dan terkenal membuat banyak diantara mereka mencoba peruntungan dengan mengeluarkan produk merk sendiri. Sebut saja Maia Estianti, Krisdayanti, Gisselle Anastasia,  dan masih banyak lagi. 

Pertanyaannya, kenapa semakin banyak yang berani mencoba peruntungan di bisnis kecantikan ini? Padahal background mereka bukan ahli farmakologi atau kosmetologi. Nah, baru-baru ini saya memperoleh informasi, cara mudah memulai bisnis produk kecantikan dengan brand / merk sendiri. Ternyata untuk punya bisnis produk kecantikan dengan spesifikasi dan brand milik sendiri tidak harus menuntut kita menjadi seorang ahli kimia yang pintar meracik bahan menjadi produk kecantikan yang paripurna. 

Maklon Kosmetik Solusi Miliki Bisnis Kosmetik Merk Sendiri
Tadinya saya menduga untuk punya usaha produk kosmetik dengan merk sendiri kita harus punya pabrik sendiri. Ternyata tidak demikian adanya. Ada sebuah bentuk kerjasama bernama maklon kosmetik, yang diatur dalam Keputusan Dirjen Pajak RI dengan Nomor KEP - 170/PJ./2002 yang selanjutnya diperbarui dengan PER-70/PJ/2007.

Baca juga : 

Pada prinsipnya, maklon kosmetik adalah bentuk kerjasama di mana satu pihak menyediakan jasa pembuatan suatu produk kepada pihak lain berdasarkan spesifikasi, formulasi dan ukuran yang disepakati bersama. Jadi dengan menggunakan jasa maklon kosmetik kita tidak perlu punya pabrik untuk bisa punya bisnis produk kecantikan dengan brand nama kita sendiri.

Saya jadi ingat,  beberapa waktu yang lalu saya pernah mengikuti sebuah pelatihan membuat produk perawatan kulit dengan menggunakan kefir. Cara membuatnya tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri, terutama dalam skala kecil.  Cuma masalahnya kalau mau dikomersilkan,  akan banyak syarat yang harus dipenuhi dan lumayan ribet. 

Produk kosmetik mensyaratkan ijin dari BPOM. Dan ijin mengurus BPOM bukan perkara mudah. Selain itu produk yang kita jual harus melalui beberapa tahap pengujian untuk memastikan produk tersebut aman dan layak digunakan.

Nah,  maklon kosmetik ini bisa menjadi solusi jika kelak di kemudian hari saya ingin membuat produk kosmetik berbahan baku kefir dalam jumlah banyak untuk dipasarkan secara luas. Karena perusahaan yang menerima jasa maklon,  biasanya merupakan perusahaan besar yang memiliki ijin beroperasi lengkap dengan dukungan alat dan teknologi yang maju.

Tidak itu saja,  perusahaan penerima jasa maklon juga membantu pengurusan ijin BPOM juga. Jadi produk kita aman untuk dipasarkan secara terbuka. Kita tinggal menyediakan modal saja, plus konsep dari produk kita. Untuk urusan riset dan pembuatan produknya,  perusahaan maklon kosmetik ber-BPOM yang akan melakukannya. 

Baca juga : 

Nose Herbalindo, Penyedia Jasa Maklon Kosmetik Berkualitas
Penyedia maklon kosmetik banyak jumlahnya.  Dan kita harus pintar-pintar memilihnya.  Karena sebagai rekan bisnis, perusahaan maklon kosmetik yang kita pilih menentukan keberhasilan usaha kita juga.  

Salah satu penyedia maklon kosmetik yang layak untuk dipilih adalah PT Nose Herbalindo.  Perusahaan yang beralamat di bilangan Jakarta utara ini memberikan layanan menyeluruh bagi kita yang ingin terjun di bisnis kecantikan, mulai dari konsultasi, riset produk,  pengemasan,  hingga pendampingan pemasaran. 

Layanan konsultasi di PT Nose Herbalindo

Nose Herbalindo menyediakan segala kebutuhan pembuatan produk kecantikan mulai dari hulu hingga hilir, termasuk konsultasi gratis.

Sertifikasi yang dimiliki PT Nose Herbalindo
Spesialisasi dari PT Nose Herbalindo adalah di bidang R & D, Formulasi, dan Produksi.

R & D di PT Nose Herbalindo
Gambaran suasana di PT Nose Herbalindo bisa dilihat dari video berikut :


Di PT Nose Herbalindo ini,  kita bisa meminta dibuatkan sampel produk gratis dan pendampingan dari sisi pemasaran juga. Kita juga bisa memilih fokus dari produk yang kita buat,  apakah untuk klinik kecantikan,  personal care,  kosmetik, perawatan rambut atau yang lainnya. 

Beberapa merk yang bekerja sama
dengan Nose Herbalindo
Tahapan kerja sama

Jika teman-teman tertarik, teman-teman bisa menghubungi PT Nose Herbalindo yang beralamat di Jl. Agung Perkasa 9, No.29, Blok K2, RW.14, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350, segera. 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya...

Salam...

Baca juga : 








58 komentar:

  1. Oalaahh kupikir maklon ini hanya berlaku di bisnia garmen aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ternyata bisnis kosmetik mengenal maklon juga. Makanya sekarang banyak muncul produk kosmetik lokal dengan aneka merk. Mbak tina bisa lho, kl mau bikin juga. Nanti dinamai tinbee cosmetic.. Hihi..

      Hapus
  2. Trend ini makin berkembang ya Mbaaa
    banyak artis dan selebgram yg manfaatin juga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, semua jadi punya kesempatan untuk membuka usaha kecantikan juga..tinggal sediain modal saja. Hihi..

      Hapus
  3. Waahhh dunia bisnis sekarang lagi booming ya, semua bisa punya bisnis kecantikan sendiri, senangnya bisnis kayak gini harganya lebih terjangkau, asal lolos BPOM aja sih, jadi makenya nggak was-was :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini dibantu kok pengurusan bpom nya, jadi ga perlu was-was..

      Hapus
  4. Ternyata kita sendiri bisa ya membangun bisnis kecantikan ini gak hanya artis2 aja yang punya bisnis kecantikan jadinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Maklon kosmetik membuka peluang buat semua..

      Hapus
  5. Wah, info yang bagus ini. Baru kali ini saya tahu ada kerja sama semacam ini. Padahal istri saya mengelola salon kecantikan sudah sejak 2009. Pengin juga sih bikin produk kecantikan merk sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ayo bikin, biar branding usahanya semakin bagus.. Mksh sudah mampir..

      Hapus
  6. Saya di rumah sudah memakai sabun buatan sendiri. kadang bingung kalo mau memasarkan karena gak ada bpom. Kira2 berapa ya budget kalo pake maklon gini mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada paket 30jutaan,utk lebih jelasnya bisa kontak nose herbalindo mb..

      Hapus
  7. Aku baru tahu soal beginian. Pantas banyak artis dan selebgram yang punya brand kosmetik sendiri. Berarti kita juga bisa ya... Keren keren ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap... Memudahkan bagi yang ingin memulai bisnis kecantikan

      Hapus
  8. Maklon itu makelar gitu ya mbak maksudnya?
    Artikel ini menjawab pertanyaan kok artis pada bisnis make up hihihi...
    Berati 1 PT ini misalkan PT Nose Herbelindo ini bukan hanya milik 1 merk kosmetik ya mbak, bisa jadi pabriknya 1 dengan berbeda merk dan pemiliknya gitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, tapi produsen kosmetik yang menerima pesanan kosmetik sesuai keinginan customer. Betul, 1 pabrik melayani byk merk dengan aneka merk..

      Hapus
  9. Kayak parfum juga ya Mbak... Artis banyak banget yg punya brand atas namanya sendiri. Paris Hilton, Selena Gomez dll. Maklon ini inovatif banget ya. Tfs Mba Sapti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, memudahkan yg pengen punya usaha. Asal punya modal saja.. ๐Ÿ˜€

      Hapus
  10. oooh aku baru tau kalau ada jasa maklon.
    ide dan konsep kita yang bikin. terus diserahin untuk diracik sama si jasa maklon. begitu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, ide dan konsep dr kita semua. Nanti kita konsultasi dg mereka untuk mewujudkannya..

      Hapus
  11. Bisnis kecantikan memang terus berkembang, Mbak. Dan ini semakin dipermudah ya, kalau ingin mempunyai kosmetik dengan brand sendiri. Komplit lagi, dari konsultasi gratis sampai prosesnya. Semakin membuka peluang usaha nih, di dunia kecantikan.

    BalasHapus
  12. Aih keren banget Maklon ini, bisa punya brand kosmetik tanpa buka pabrik sendiri. Mulai menghayal nih mau dinamain apa ya brand kosmetik aku nanti wkkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Yuk, cari inspirasi, nama konon bisa membawa hoki

      Hapus
  13. wah uini bisa jadi solusi buat yang ingin memiliki kosmetik ataupun skincare dengan brand sendiri yaaaa.... Apalagi sekarang banyak tuh artis maupun influencer yang punya brand sendiri...

    BalasHapus
  14. Loh saya pikir maklon itu cuma buat kaos atau garmen lainnya gitu, ternyata di kosmetik pun ada...dan maknanya bukan tentang fashion hihi
    pantas banyak bgt skincare baru yang bermunculan, kerjasama dengan maklon berarti ya...yang penting aman dan legal, mantep deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklon tu artinya sub kontrak sepertinya. Sementara produknya, bisa macam2..

      Hapus
  15. Ini artinya beberapa kosmetik, isi dan manfaatnya bisa sama, namun menggunakan brand yang berbeda. Begitukah maksudnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga, kan ide dan konsepnya kita yg buat. Beberapa bahan mungkin sama, tapi ada pembedanya

      Hapus
  16. Kebayang kalau punya produk yang bisa kita tentukan sendiri maunya gimana. Apalagi kosmetik harus sesuai banget sama kulit masing-masing

    BalasHapus
  17. Sekarang kyknya mamkin banyak ya mbak maklon2 ini. Apa artis2 itu yang punya bisnis kosmetik dan skin care juga memakai jasa maklon kyk gini ya, jd tinggal tempel brand hehe :D
    Kalau udah ada legalitas dari BPOM insyaAllah aman ya? Penasaran butuh modal berapa hehe

    BalasHapus
  18. Halo Mbak salam kenal. Aku seneng banget dapat pengetahuan ini. Karena sejujurnya aku ga tau apa itu Maklon hahaha. Aku baru tau kalau mau bikin kosmetik sendiri ga perlu punya pabrik ya. Keren ini konsepnya MB. Soalnya ribet sih ya urus BPOM dll nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mb, terina kasih sudah mampir. Semoga tulisan saya bermanfaat yaa..

      Hapus
  19. Gampang bgt punya bisnis sendiri klo ada modal gede ya Mba. Mau buka bisnis apa aja gampang.tinggal pake sistim makloon, produk bisnis udah jd

    BalasHapus
  20. Kikira modal berapa tuh ya klo mau pake jasa maklon ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg paket 30jutaan. Info rincinya hub pihak nose herbalindo saja..

      Hapus
  21. Baru tahu Jasa Maklon Nose Herbalindo ini, apalagi udah punya sertifikat BPOM ya mbak. Asyik nih kalau ada pemilik bisnis yg ingin mengeluarkan produk kosmetik bisa pakai Jasa Maklon ini hheee. TFS YA mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, ga perlu rempong mikir printilannya. Cukup sampaikan konsep, ide, dan dana. Dan viola.. Jadi semua.

      Hapus
  22. wah klu gitu kita bisa jg nih bikin ya
    merek sendiri hehehe
    pantas aja ya liat selebgram dan artis itu punya produk kosmetik kok gampang banget
    ternyata ada bisnis spt ini toh

    BalasHapus
  23. Seru kalo bisa pakai nama sendiri, tapi brandingnya sih ya kudu gassskeun juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Seblmnya hrs sudah branding sbg beauty enthusiast..

      Hapus
  24. jika mereka bisa, latar para ibu rumah tangga harusnya juga demikian. Yang menjadi kunci utamanya adalah niat dan tekad yang kuat ya kak

    BalasHapus
  25. Ternyata bisnis kecantikan punya tren bisnis sendiri ya. Pantas saja belum lama aku ikut talkshow yang narsum'a juga punya brand lokal produk kosmetik, nama brand'a Rovoller Reaction. Katanya sih produknya sudah hits dikalangan beauty enthusiast*

    BalasHapus
  26. Maklon itu bisa di bilang sebuah jasa ya, pantesan ya banyak selegram atau artis yang punya kosmetik brand sendiri ternyata dengan Maklon

    BalasHapus
  27. Bisnis yang bagus nih, boleh nih saya coba meski cowok gak masalah kan bisnis kecantikan, kebetulan saya ada kenalan dokter kecantikan yang sudah memproduksi produk kecantikan sendiri dengan kualitas terbaik dan telah mendapatkan penghargaan superbrands indonesian choice. Cuma masih bingung bisa gak ya basic IT bisnis kecantikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong, nanti penjualannya pakai digital marketing yg sedikit byk bisa manfaatin keahlian bidang IT nya..

      Hapus
  28. Eh kok keren bgt sih, bisa kerjasama ngeluarin produk sendiri๐Ÿคฉ

    BalasHapus