Mebo-Mederma, Sahabat Keluarga Untuk Mengatasi Luka Bakar Ringan

mebo-mederma
Design by : Canva

Mebo-Mederma adalah obat untuk luka bakar yang sebaiknya disediakan oleh semua keluarga. Mengapa demikian? Yuk, simak artikel saya.

Aktivitas paling menyenangkan bagi saya sebagai seorang ibu rumah tangga adalah menyiapkan menu untuk keluarga. Di sinilah segala rasa cinta tercurah untuk memberikan yang terbaik untuk semua anggota keluarga, dengan menyajikan masakan dengan cita rasa istimewa dan penuh nutrisi. 

Saya sangat percaya,  rasa yang istimewa dari masakan yang kita buat akan memunculkan rasa rindu dari seluruh anggota keluarga untuk selalu pulang. 

Kegiatan masak-memasak memang menyenangkan. Namun demikian, dapur yang merupakan area terdekat bagi seorang ibu menyimpan bahaya yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Risiko terjadinya luka bakar adalah bahaya yang menyancam dari dapur kita tercinta.  

Dalam sebuah penelitian disebutkan prevalensi luka bakar di Indonesia berkisar 2,2%. Dari angka tersebut, 69% terjadi di rumah, dan 21,5% diakibatkan oleh air dan minyak panas. Nah,  menyadari besarnya risiko terjadinya luka bakar dari dalam rumah,  maka pada tanggal 28 September 2019 lalu saya mengikuti sebuah acara talkshow bertajuk "Regret Comes Later" Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Risiko Luka Bakar Ringan, yang diselenggarakan oleh Mebo-Mederma Combiphar, bertempat di The Rich Jogja Hotel.  

Para nara sumber (doc. Pri) 
Kegiatan yang dalam pelaksanaannya menggandeng komunitas Ibu Profesional Jogja ini dihadiri kurang lebih 70 peserta dan berlangsung dengan meriah. Nara sumber yang hadir adalah seorang dokter spesial bedah kulit, Bapak dr. Bayu Suhartadi,  Sp-Bp,  RE dan Brand Manager Mebo-Mederma Combiphar, Ibu Hernita Astriani,  S.Farm, Apt. 

Dalam acara ini para peserta memperoleh berbagai informasi tentang luka bakar berikut cara penanggulangannya. Dan kali ini,  saya akan membagi pengetahuan yang saya dapatkan kepada teman-teman semua. Silakan disimak ya... 

Tentang Luka Bakar

Luka bakar adalah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh panas yang menimbulkan rasa sakit dan memunculkan gejala seperti kulit memerah,  mengelupas,  luka melepuh, kulit hangus,  dan pembengkakan. Komplikasi akibat luka bakar adalah timbulnya bekas luka,  infeksi,  dan kontraktur.  

Penyebab luka bakar sendiri ada beberapa macam, seperti karena panas matahari, kena api,  ledakan gas, treatment laser, terkena sengatan listrik,  atau karena bahan kimia. 

Upaya penanganan luka bakar berbeda-beda, tergantung lokasi dan tingkat keparahan luka. Luka bakar yang ringan bisa ditangani secara mandiri di rumah. Namun pada luka bakar yang dalam atau luas, diperlukan penanganan khusus. 

Dalam pemaparannya,  dr. Bayu menyampaikan bahwa proses penyembuhan luka bakar sangat tergantung dari pertolongan pertama yang diberikan.  Waktu krusial terletak di 4 jam pertama sebelum luka bertambah parah karena infeksi. 

dr. Bayu (doc.pri)

Namun sayangnya kadang prosedur penangan pertama luka bakar tidak tepat. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan bahan-bahan  seadanya seperti minyak kelapa, kecap,  mentega, putih telur,  sampai pasta gigi untuk mengolesi luka bakar dengan harapan bekas luka bakar sembuh dan tidak melepuh. 

Padahal bahan-bahan tersebut belum terbukti secara klinis mampu mengobati luka bakar yang dialami. Sehingga kadang yang terjadi bukannya luka semakin membaik, malah justru semakin parah. Untuk itu sangat perlu untuk mengetahui tingkat keparahan dari luka bakar, dan cara penanganan luka bakar yang baik dan benar 

Tingkat Keparahan Luka Bakar

Berdasarkan kerusakan kulit yang terjadi, luka bakar dibagi menjadi 3 yaitu:
  1. Luka bakar derajat 1 : Luka bakar ini hanya menyebabkan kerusakan di lapisan luar kulit (epidermis).
  2. Luka bakar derajat 2 : Luka bakar ini hingga menyebabkan kerusakan di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis).
  3. Luka bakar derajat 3 : Kerusakan hingga mencapai lapisan lemak, serta merusak saraf dan pembuluh darah.
Derajad luka bakar (sumber : khusniah24.blogspot.com) 

Selain berdasar kedalaman kerusakan kulit, tingkat keparahan luka bakar juga bisa diukur dari luas area yang terbakar. Perhitungan persentase area permukaan kulit yang terbakar pada orang dewasa terdiri dari:
Area kepala: 9%
Dada: 9%
Perut: 9%
Punggung dan bokong: 18%
Setiap lengan: 9%
Setiap tungkai: 18%
Daerah kelamin: 1%

Prosentase area luka bakar (sumber : alodoc) 

Bila luka yang dialami dalam dengan area yang luas,  harus segera dibawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan. 

Pertolongan Pertama Kepada Korban Luka Bakar

Ketika kita melihat atau mungkin mengalami kecelakaan kebakaran,  hal yang harus kita lakukan adalah :
  • Padamkan Api.  Ada 3 prinsip yang harus kita lakukan,  yakni stop,  drop,  dan rollStop artinya kita menghentikan gerakan yang justru memperbesar nyala api,  kemudian drop atau menjatuhkan diri, dan roll atau berguling untuk memadamkan api dengan menutup muka dan mulut kita.
  • Lepaskan atau matikan sumber panas. Termasuk melepas baju seandainya luka bakar terjadi di area yang tertutup baju. Agar resiko terjadinya gesekan antara baju dan luka bisa diminimalkan.
  • Cooling atau pendinginan,  dengan membasuh luka bakar dengan air mengalir atau merendamnya dengan air dingin. 

Penanganan luka bakar secara rinci dapat dilihat dalam bagan berikut ini :

Penanganan luka bakar (sumber : Combiphar) 

Jadi poinnya adalah mendinginkan luka bakar sebaiknya menggunakan air mengalir dengan suhu normal. Kemudian bagian yang terkena luka bakar harus dikeringkan dengan dengan lembut. Setelah itu baru diobati dengan salep khusus untuk luka bakar, dengan dioles secara tipis dan merata. 


Berkenalan dengan Mebo dan Mederma dari Combiphar

Comphibar adalah perusahaan farmasi terkemuka yang senantiasa menghadirkan produk-produk berkualitas untuk mendukung gaya hidup sehat. Menurut penjelasan dari Ibu Nita,  dalam kaitannya dengan luka bakar ringan,  PT Combiphar memiliki 2 produk andalan  yang berfungsi untuk mengobati dan menghilangkan bekas luka, yakni :

Mebo - Mederma (sumber : Combiphar) 

1. Mebo

Untuk Mebo sendiri diformulasikan dari bahan alami yang memiliki bahan aktif Coptidis rhizoma,  Phellodendri chinensis, dan Scutella radix memiliki fungsi sebagai anti inflamasi,  anti infeksi,  dan membantu regenerasi sel. Sedangkan sesame oil, dan beeswax memiliki prinsip mendinginkan luka. Panas yang berlebih dari area luka pada saat dioleskan Mebo akan diserap oleh Mebo sehingga akan mengurangi tingkat keparahan luka bakar.  

Sesame oil dapat melindungi area luka sehingga mencegah penguapan air dari area luka dan membuat area luka lebih lembab/moist. Area luka yang moist akan membantu proses regenerasi sel lebih cepat sehingga penyembuhan berjalan baik, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya bekas luka.  

Mebo dari Combiphar

Sehingga secara keseluruhan,  perbedaan Mebo dengan salep lain adalah meminimalkan bekas luka dan rasa sakit, membuat area luka lembab (moist), dan tidak mengandung antibiotik kimia sehingga efektif untuk luka bakar. Waktu yang dibutuhkan Mebo untuk menyembuhkan luka bakar adalah 4-7 hari saja.  

2. Mederma

Salah satu yang spesifik yang membedakan luka bakar dengan luka lainnya adalah potensi terjadinya bekas luka atau skar atau keloid.  Sebenarnya skar adalah proses alami untuk penutupan luka baik karena operasi maupun karena kecelakaan.  

Hanya saja tampilan dari skar yang menimbulkan bekas ini kadang menjadi masalah karena mengganggu penampilan. Oleh karena itu mederma hadir untuk mengatasinya.  

Mederma ini mengandung cepalin, Alium Cepae, Kaempferol dan Quarcetin yang berfungsi sebagai anti peradangan, memperbaiki tampilan, dan struktur skar, Allantoin yang dapat meningkatkan hidrasi dan mengurangi gatal,  serta Aloe vera yang memiliki fungsi melembabkan dan mencerahkan.  

Ibu Nita, Brand Manajer Mebo Mederma (doc. pri) 

Mederma ini terbukti efektif dan aman di kulit orang Asia,  dimana penelitian yang dilakukan terhadap 26 pasien Asia pasca operasi caesar tidak ada efek samping. Penggunaan Mederma dilakukan secepatnya saat luka sudah tertutup. 

Untuk luka baru,  gunakan Mederma 3-4 kali sehari sekurangnya selama 8 minggu. Sedangkan untuk luka lama gunakan 3-4 kali sehari sekurangnya selama 3-6 bulan. 

Penggunaannya dimulai dari tengah ke arah sisi luar,  gel dipijat lembut pada skar, dilanjutkan dengan gerakan memutar hingga Mederma terabsorbsi seluruhnya.  


Cara kerja Mederma (sumber : Combiphar) 

Mederma ini tidak hanya bekerja di permukaan kulit tetapi juga meresap dan memperbaiki bekas luka,  hingga ke bagian dalam kulit.  Sehingga kombinasi Mebo-Mederma adalah pasangan pas untuk mengatasi luka bakar ringan dan menghilangkan bekasnya. Jadi jangan lupa sediakan Mebo-Mederma di kotak P3K kita, karena dengan Mebo-Mederma, kulit cantik tetap terjaga.

Selain informasi tentang tata cara merawat luka bakar, dalam acara ini juga diadakan cooking demo dari chef The Rich Hotel sekaligus berbagi pengalaman tentang tata kelola dapur agar aman.  Diantaranya :

Cooking Demo (doc. Pri)
  1. Kompor harus diletakkan sejajar atau lebih tinggi dari pinggang kita. 
  2. Meja preparasi diletakkan di belakang atau di samping kompor.
  3. Jauhkan kompor atau oven dari benda lain yang mudah terbakar. 
  4. Kita harus paham dengan alat yang kita gunakan 
  5. Menyediakan apar (alat pemadam api ringan). 

Dengan tata letak dapur yang aman, diharapkan risiko terjadinya kebakaran dapat diminimalkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.. 

Salam 

#mebocombiphar
#medermacombiphar
#mebomedermawomenscommunity
#combiphar 
#Yogyakarta
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

43 komentar

  1. Kalau orang jaman dulu bilang untuk atasi luka bakar itu pakai pasta gigi, ternyata salah banget. Karena pernah dibegitukan, daerah sekitar lutut saya yang pernah kena luka bakar akibat ketumpahan minyak panas jadinya bengkak dan berbekas. Untung saya pakai mederma jadi sedikit tersamarkan sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Rata-rata Orang dulu pakainya pasta gigi ya

      Hapus
  2. Ini harus selalu ada di kotak p3k yg ada di rumah ya..
    Apalagi buat ibu ibu, aktivitas di dapur rentan terkena luka bakar

    BalasHapus
  3. Bisa ngilangin bekas luka lama ya. Kalau rutin menggunakannya bisa hilang bekasnya. Mudah-mudahan banyak orang yang teredukasi kalau penanganan luka bakar harus tepat. Gak lagi pakai odol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tergantung lama lukanya mb.. Kalau bekas luka baru lebih cepat ilangnya.

      Hapus
  4. Aku tim kalau kebakar pake pasta gigi mba. Hahahahah. Soalnya dari kecil ya begitu diajarin Ibu. Ternyata urusan luka bakar sekarang udah ada penanganan dari Mederma toh? Baru tau. Hihihii

    BalasHapus
  5. Andalan nih sekarang si Menit dan Mederma. Jangan kemakan mitos lagi ya kita.

    BalasHapus
  6. saya juga udah gak salah kaprah lagi sejak ikutan acara ini.begitu ada luka bakar langsung bersihkan dg air mengalir dan kasih mebo

    BalasHapus
  7. Ini harus selalu sedia nih. Kalo saya d rumah suka masak suka kecipratan minyak, alhamdulillah sih ga pernah terlalu parah cuma jadi berbekas aja

    BalasHapus
  8. Harus banget sedia ini di rumah ya, mbak. Secara ibu-ibu tidak pernah jauh dari kompor dan minyak panas. Terkadang suka kena cipratan minyak panas saat masak.
    Aku belum pernah cobain brand ini untuk luka bakar, next time mau cobain ahh :)

    BalasHapus
  9. Wahh baru kemarin juga nih aku ikutan talkshow MeboMederma, jangan lupa selalu sedia Mebo dan Mederma didalam kotak P3K dirumah ya Mba.

    BalasHapus
  10. beberapa kali kena luka bakar ringan saat di dapur tapi selalu diabaikan dan hanya pakai pasta gigi sebagai olesan. Hiks~
    Ternyata ada Mebo yang juara memulihkannya. Meski ada di nih di kotak P3K.
    Kalau Mederma, sesudah Sesar saya pakai dan anak saat selesai operasi usus buntu juga diresepkan ini. Efektif memang!

    BalasHapus
  11. Serem kalo uda kena luka bakar meskipun ringan.
    karena perihnya bikin gak nyaman. HUhuu~
    Alhamdulillah,
    Sekarang sudah ada Mebo yaa...

    BalasHapus
  12. Luka bakar emang harus dioobati dengan tepat kalau gak nanti berbekas keloid putih2 gituu, untungnya ada mebo yaa bisa atasi luka bakar

    BalasHapus
  13. Sering terkena panas di dapur baik dari minyak panas, air dan sebagainya buat luka dan mebo ini jadi solusi yang terbaik. Saya juga sudah cobain mbak, adem juga.

    BalasHapus
  14. Mebo Moderma bisa diaplikasikan pada belas kebakar kenalpot motor gak nya mba. Aku punya nih bekasnya menghitam di kaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb, cuma kalau untuk luka bakar yang lama bekasnya lbh lama hilangnya

      Hapus
  15. iya nih kalau dulu kena luka bakar pasti nyarinya pasta gigi buat diolesin. padahal mending siapin obat khusus ya biar lebih terjamin hasilnya

    BalasHapus
  16. Sekarang aku baru tau cara menghitung persentase luas luka bakar ternyata begini, ya. Trus sisa persentasenya itu buat organ dalam?

    BalasHapus
  17. Kalau kena knalpot, termasuk luka bakar? Mebo khusus luka yang masih baru mbak? Kalau yang udah lama, bisa pudar gak sih pakai mebo?

    BalasHapus
  18. wah udah lama ngga punya obat kalo kena luka bakar

    Biasalah emak-amak mah sering kena minyak goreng atau ngga sengaja nyenggol panci panas

    BalasHapus
  19. Wah siappp. Referensi penting pas aku terluka ni. Mantapp

    BalasHapus
  20. Berarti hampir semua daerah sama yah sebelum kenal Mebo Moderma, semua pakai pasta gigi untuk pertolongan pertama

    BalasHapus
  21. Infonya bermanfaat banget kak dulu kalo kena luka bakar aq pake herbal (lidah buaya). Sekarang ada Mebo moderma lebih simpel dan praktis

    BalasHapus
  22. Bagus nih, bekasnya bisa ilang. Biasanya pake merk lain hanya ut membantu meredam perih krn panasnya

    BalasHapus
  23. Aku ada nih bekas luka bakar kena minyak panas huhuhu. Jadi gosong gtu. Mendingan pakai Mederma yaa untuk menyamarkan lukanya. Noted mbak :) Makasih infonya, padat sekali :D

    BalasHapus
  24. Berapa hari pake nya kak baru bisa hilang bekas lukanya? Pengen cob nih buat ilangin bekas luka bakar

    BalasHapus
  25. Mederma bagus memang buat luka bakar. Pernah pake dan hasilnya luka jadi samar waktu kaki ponakanku kena knalpot.

    BalasHapus
  26. Luka bakar ini tidak terprediksi kapan akan terjadinya ya kan,mbak. Memang harus disediakan lah di rumah Mebo dan Mederma ini untuk jaga-jaga ya kan.

    BalasHapus
  27. Waaah, ada yang baru ya untuk obat luka bakar? Saya selalu sedia di rumah obat luka bakar, bukan apa-apa, untuk jaga-jaga,maklum, anak-anak masih kecil

    BalasHapus
  28. "Luka bakar" ini bikin agak paranoid. Nggak tau deh mungkin karena pernah nonton berita tentang luka bakar ini :( Ini baca tulisanmu aja jadi agak-agak merinding.

    BalasHapus
  29. Wah kayaknya wajib beli nih untuk antisipasi luka bakar pas berada di dapur.. Pas lagi goreng menggoreng terkadang bisa kena percikan minyak panas di kulit tangan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter