...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Thursday, March 5, 2020

Mengenal Lebih Dekat Jogja Medical Center, "One Stop Family Center for Health”

Banyak yang bilang sehat itu mahal. Sehingga segala upaya dilakukan untuk menjaganya. Sayangnya selama ini kebanyakan dari kita hanya memperhatikan kesehatan fisik saja. Padahal kesehatan mental pun penting untuk dijaga.

jogja medical center
Jogja Medical Center (doc.pri)

Termasuk juga pada anak-anak kita. Pada situasi tertentu, membawa mereka ke klinik tumbuh kembang sangat disarankan. Agar jika terjadi sesuatu pada tumbuh kembang anak yang tidak sesuai dengan tahapan usia bisa segera dilakukan intervensi untuk memperbaikinya. 

Tidak hanya itu saja, berkonsultasi ke klinik tumbuh kembang anak juga penting untuk mengoptimalkan bakat anak yang dapat mendukung masa depannya.

Itulah sebabnya mengetahui tahapan perkembangan anak untuk setiap tahapan usia (milestone) penting diketahui para orang tua. Dan beruntungnya saya pada tanggal 29 Februari 2020 lalu berkesempatan mengikuti Open House Jogja Medical Center (JMC) yang berlokasi di Jl. Gondangraya No.17 Condongcatur Depok, Sleman, Yogyakarta, yang membahas tentang tumbuh kembang anak juga.

Berkenalan dengan JMC

JMC merupakan sebuah Klinik Utama di bawah naungan Budi Mulia Dua Foundation, yang memberikan fasilitas pelayanan kesehatan lengkap (one stop Family Center) yang meliputi Tumbuh Kembang Anak, Poli Gigi, dan juga Poli Umum.

Dalam sambutannya, Direktur Budi Mulia Dua Foundation, Miss Tasniem Fauzia Rais menyampaikan JMC menyediakan berbagai fasilitas kesehatan yang menawarkan nuansa modern, comfy dan homy

jogja medical center
Miss Tasniem, Dirut BMD Foundation (doc.pri)

Atmosfer dan suasana yang dirasakan oleh pasien ketika masuk ke Klinik JMC ini adalah atmosfer layaknya klinik yang ada di luar negeri.

Hal ini yang akan membuat betah para pasien ketika melakukan upaya preventif maupun kuratif di Klinik ini. Selain itu Miss Tasniem juga memberikan penekanan bahwa keramahan dari staf JMC adalah sebuah prioritas yang tidak bisa ditawar lagi. Itulah sebabnya klinik yang dikelolanya ini mempunyai slogan Peace At Heart.

jogja medical center
Peace At Heart, slogan JMC (doc. Vera)

Tentang Layanan di JMC

Dalam acara open house kali ini, kami yang hadir mengikuti acara talkshow tentang kesehatan gigi dan juga tumbuh kembang anak. Para nara sumber memberikan paparannya secara bergantian. 

Dalam talkshow ini juga diberikan gambaran berbagai layanan yang ada di JMC ini. 

Layanan Poli Gigi

Paparan pertama disampaikan oleh Drg. Ireka Agustina, Sp.Ortho yang menyampaikan bahasan tentang pentingnya gigi rapi yang akan membuat pemiliknya sehat dan makin percaya diri.

Gigi yang rapi menunjang estetika pada anak. Yang ke depannya dapat mendukung kariernya. Karena beberapa pekerjaan mensyaratkan gigi yang rapi dan sehat kepada calon pelamarnya. 

jogja medical center
Drg. Ireka Agustina, Sp. Ortho

Gigi yang tidak rapi dapat mengakibatkan berbagai masalah. Seperti tidak maksimalnya fungsi menguyah, tidak sempurnanya pengucapan atau artikulasi, maupun gigi mudah lepas, dan gusi mudah berdarah.

Penyebab gigi tidak rapi bisa karena kelainan bawaan pada rahang atau karena kebiasaan buruk saat kecil yang suka menghisap jempol. Sehingga orang tua perlu lebih aware lagi untuk mencegah kebiasaan buruk pada anak yang dapat berpengaruh kepada kondisi gigi anak dan rutin periksa gigi minimal 3 bulan sekali.

jogja medical center
Ruang perawaran gigi JMC (doc. Vera)

Poli gigi di JMC melayani tindakan perawatan gigi secara umum maupun khusus seperti spesialis Ortho dan Spesialis Konservasi.

Jadwal layanan untuk poli gigi ini sama dengan layanan untuk poli umum, yakni setiap hari Senin - Jumat, pukul 14.00 - 19.00 WIB.

Layanan Tumbuh Kembang Anak

1. Asesmen dan Konsultasi Psikologi

Materi selanjutnya disampaikan Miss Raninta Wulanwidanti, M.Psi. Miss Raninta adalah psikolog anak lulusan Psikologi Klinis UI.

Dalam uraiannya, Miss Raninta menyampaikan pentingnya asesmen atau screening untuk mengetahui intervensi apa yang paling tepat diberikan kepada anak.

jogja medical center
Miss Raninta, M.Psi (doc.pri)

Anak perlu dibawa ke klinik Tumbuh Kembang bila orang tua menjumpai tumbuh kembang buah hatinya tidak sesuai tahapan usia dan orang tua menemui kendala dalam pengasuhannya. 

Itulah sebabnya penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak di masa golden age nya (0-5 tahun) . Karena jika dijumpai masalah, hasil intervensi akan lebih optimal di usia ini. 

jogja medical center
Pyramid of Learning

"Asesmen merupakan proses pengumpulan informasi dan analisis mengenai individu untuk mendapatkan gambaran tentang individu tersebut. Data yang dikumpulkan akan diintegrasikan untuk membuat kesimpulan dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan intervensi."

jogja medical center
Proses asesmen anak (doc. JMC)

Sehingga screening atau asesmen ini diperlukan untuk menentukan apakah anak memerlukan terapi atau tidak. Jika diperlukan terapi, jenis terapi seperti apa yang pas untuk diberikan. 

Jadi bisa dikatakan screening ini merupakan pintu pembuka untuk mengetahui kondisi anak yang sesungguhnya.

Selain konsultasi Tumbuh Kembang Anak, JMC juga memberikan layanan konsultasi psikologi, test kesiapan sekolah, tes IQ, maupun test minat bakat.

jogja medical center
Layanan Psikologis Klinis Anak

Layanan psikologi di JMC dibuka di hari Senin, Selasa pukul 08.00-16.00 WIB, dan Jumat pukul 13.00 -16.00 WIB.

2. Terapi Wicara

  • Pembicara selanjutnya adalah Miss Titis Hardian Wijaya, S.Tr.Kes, seorang terapist wicara di JMC lulusan dari DIV Terapi Wicara dan bahasa Poltekkes Kemenkes Surakarta, yang memberi penjelasan tentang terapi wicara.

jogja medical center
Miss Titis (doc. Pri)

Terapi wicara merupakan terapi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan komunikasi dan menelan. Terapi wicara ini sebaiknya dilakukan jika perkembangan kemampuan berbicara atau berbahasa anak tidak sesuai dengan usianya. Ini sudah bisa terlihat sejak bayi, yakni di usia 18 bulan. 

jogja medical center
Layanan terapi wicara (doc JMC)

Jika di usia ini anak belum mampu mengucapkan 10 hingga 20 kata dan menggunakan bahasa non verbal seperti menunjuk dan juga bernyanyi, sebaiknya anak segera bawa untuk konsultasi.

3. Terapi Okupasi

Penjelasan selanjutnya tentang terapi okupasi. Disampaikan oleh Miss Stefani Fera Arista, yang merupakan lulusan DIII Terapi Okupasi dari Poltekkes Kemenkes Surakarta.

jogja medical center
Miss Stefani (doc pri)

Okupasi Terapi merupakan pelayanan kesehatan yang bertujuan membantu seseorang dari segala usia agar bisa terlibat secara mandiri dengan aktifitas yang bermakna. 

Dengan terapi ini diharapkan kemampuan fungsional dan kualitas hidup yang dimiliki klien dapat meningkat.

4. Terapi Bermain (Play Therapy)

Terapi bermain adalah layanan baru di JMC. Terapistnya adalah Miss Grace Melia yang kebetulan seorang bloger juga.

Miss Grace ini merupakan play therapist pertama dan satu-satunya yang bersertifikat internasional dari APAC (Academy of Play & Child Psychoterapy), dan terdaftar dalam play therapy international and professional standart authority.

jogja medical center
Miss Grace (doc. Pri)

Terapi bermain sendiri diartikan sebagai sebuah intervensi yang didesain sedemikian rupa untuk membantu klien agar bertumbuh dan berkembang sebahagia mungkin dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam hidup sebaik mungkin dengan bermain. Terapi ini diperuntukkan untuk anak usia 4-16 tahun. 

jogja medical center
Berfoto bareng di ruang play therapy (doc. Vera)

Untuk mengetahui layanan terapi apa yang paling pas untuk buah hati, maka diperlukan rujukan dari psikolog anak melalui tahapan asesmen tadi.

jogja medical center
Layanan Terapi

Adapun layanan terapi di JMC buka dari Senin - Jumat pukul 08.00 - 17.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00 - 13.00 WIB.

Fasilitas di JMC

Pada saat Open House JMC kemarin, kami para undangan juga diajak untuk mengikuti room tour. Dalam sessi ini, kami dipandu untuk melihat dari dekat ruang-ruang yang ada di JMC.

Dan memang fasilitas ruangan untuk terapi di JMC ini sangat memadai. Semuanya di-design dengan detail, sangat nyaman, bersih, dan modern. 

Yang tidak kalah penting, ketika orang tua dan anak menunggu, JMC menyediakan waiting room special for Kids yang dibuat sedemikian rupa sehingga anak merasa betah, nyaman, dan tidak bosan.

jogja medical center
Waiting room for kids (doc. JMC)

Jadi bagi moms yang merasa perlu untuk mengkonsultasikan tumbuh kembang buah hatinya dan kebetulan berada di Jogja silakan datang ke JMC pada hari dan jam kerja. Atau bisa juga melihat infonya di akun instagram Jogja Medical Center.

Semoga tulisan ini bermanfaat yaaa ..

31 komentar:

  1. Wuih lengkap bgt ya mbak, fasilitas ruangan untuk terapi di JMC sangat memadai dan rapih. designnya bagus, nyaman, bersih, dan modern.

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada bermacam macam terapi ya buat anak2 yg membutuhkan. Tentunya fasilitas di sini juga memadai ya kalo melihat layanan yg diberikan

    ReplyDelete
  3. Macam macam tetapi ini apakah hanya ada di JCM saja? Di klinik lain apakah bisa ditemukan terapi ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua klinik tumnuh kembang idealnya ada mb..cuma kadang memang ga selengkap di JMC. Terutama untuk play therapy masih jarang yang ada.

      Delete
  4. Lumayan lengkap ya Mba! Bahkan ada OT (okupasi terapi) di sini.. jadinya beneran one stop solution for health

    ReplyDelete
  5. Wah smua fasilitas nya ada ya untuk memantau tumbuh kembang anak. Sayang jauh, saya di tangerang. Kalau medical centre seperti ini biasanya bisa asuransi ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk asuransi saya kurang tau mb...mungkin bisa ditanyakan di kliniknya. Tergantung klinik tersebut kerja sama dengan pihak asuransi atau tidak

      Delete
  6. saya jadi kepikiran anak saya mau 3 tahun bulan ini, tapi belum bisa berbicara jelas. Masih bahasa bayi kalau ngomong tapi cerewet sih, apa harus di terapi juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekiranya memang ragu, baiknya dikonsultasikan. Untuk terapi atau tidaknya tergantung hasil assesment mb...

      Delete
  7. Apakah betul ya mbak skrg kok banyak terdengar klinik tumbuh kembang? Apakah banyak isu soal tumbuh kembang di anak2 sekarang? Aku gak terlalu mengikuti sih, cuma kok skrg jadi sering dengar, klo jamanku kecil dl kyknya jarang ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu mungkin juga ada kasus cuma karena arus informasi tidak secepat sekarang, jd jarang terpublish. Tapi ada yg bilang karena karena faktor polusi jd semakin byk anak yang bermasalah di tumbuh kembang.

      Delete
  8. Huaa lengkap ya. Di Jakarta juga ada, harga 2 kali lipat hiks kaget aku selisih harganya. Semangat buat ibu ibu yang mau ke layanan psikologi dan dokter gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, semoga ada aturan dari pemerintah memerikan subsidi ya...

      Delete
  9. Wah JMC ini benar2 konse masalah kesehatan anak ya mba. Apalgi ditambah jenis assesment yang bagus2 buat perkembangan buah hati. Wah ada Grace juga, keren banget satu2nya terapis bersertifikat internasional di Jogja

    ReplyDelete
  10. Duh keren banget, ada poli khusus untuk konsultasi tumbuh kembang anak. Kapan ke Jogja mungkin bisa sekalian ke sana. Apalahi terapisnya mami Grace 😆.

    ReplyDelete
  11. Ruangannya juga kelihatan ramah anak. Jadi gak berasa dingin dan kaku. Biasanya rumah sakit umumnya kayak dingin dna muram gitu

    ReplyDelete
  12. Lengkap ya fasilitas terapi di Jogja Medical Center, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anak..Memang fase tumbuh kembang mesti jadi perhatian untuk kodisi di masa depan

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget ya layanan dan fasilitasnya... Mulai dari poli gigi, klinik tumbuh kembang, sampai macam-macam terapi...

    ReplyDelete
  14. Semoga semakin banyak ya one stop family health kayak gini di berbagai daerah, pengen banget play therapy untuk anak-anak, kadang sebagai ortu bingung cari permainan apa yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  15. Saya baru tahu lho mbak sekarang ada terapi bermain. Btw Fasilitas JMC ini untuk terapi lengkap ya mbak.

    ReplyDelete
  16. Nyaman banget ruang tunggunya yaa Mba Sapti,, bikin pasien nyaman n gak bosan kl nunggu antrian. Btw, bulan lalu saya lewat ConCat gak kepikiran kl Gondangraya ada JMC Hehe

    ReplyDelete
  17. Wah fasilitasnya lengkap sekali ya mba mulai dari perawatan gigi juga ada psikoterapi bagus bngt untuk memantau perkembangan tumbuh kembang anak kita

    ReplyDelete
  18. Ouw, ternyata kebiasaan anak mengemut jempol juga mempengaruhi kerapian giginya rupanya.

    Lengkap banget ini fasilitas kliniknya. Nyaman pula, kalau dilihat dari foto fotonya.

    ReplyDelete
  19. Layanan terapi untuk anak berkebutuhan khusus lumayan banyak ya sehingga klinik ini bisa dijadikan rujukan. Fasilitasnya juga baik sehingga pasien dan keluarganya merasa nyaman

    ReplyDelete
  20. Pernah lihat instastory teman berkunjung kesini. Cukup recommended yah mom ternyata, pelayanannya lengkapnya plus friendly kata temanku.

    ReplyDelete
  21. Memang sih ya mba, bawa anak ke klinik itu bukan hanya saat mereka sakit saja. Ke dokter gigi aja kan harusnya rutin kan ya.

    ReplyDelete
  22. JOgja Medical Center punya fasilitas yang sangat komplit, ya. Tak hanya terapi tapi melalui rangkaian assessment juga. Sangat memperhatikan tumbuh kembang anak juga. Saya jadi penasaran, apakah ada terapi okupasi di kota saya, kok kayaknya ada 2 teman yang malah ke Bandung. Kalau Jogja ada, kan bagus, ya

    ReplyDelete
  23. Anak-anak nyaman ya, diajak berkonsultasi di Jogja Medical Center

    ReplyDelete

 
Top