...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Wednesday, April 8, 2020

Akseleran, P2P Lending yang Aman dan Menguntungkan

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti acara talkshow tentang literasi keuangan dengan narasumber Prita Ghozie. Tahu kan mbak Prita, itu lho konsultan keuangan yang kece punya.

Dalam talkshow yang semua pesertanya ibu-ibu itu, Mbak Prita memberi banyak tips dan cara untuk mengelola dan menjaga agar keuangan keluarga menjadi sehat.

Dalam acara tersebut terungkap fakta bahwa banyak para perempuan yang pengetahuan tentang literasi keuangannya masih minim. Padahal perempuan secara kodrat akan menjadi manajer atau menteri keuangan minimal di keluarganya masing-masing. 

Sebagai seorang ibu yang merangkap menteri keuangan keluarga, saya jadi merasa tersindir. Selama ini saya memang masih asal dalam mengatur keuangan keluarga. Beruntung sekali saya bisa ikut acara talkshow bareng Prita Ghozie ini. Sehingga sedikit demi sedikit pencatatan keuangan keluarga saya coba untuk dibenahi.

investasi-aman-dan-menguntungkan
Mbak Prita Ghozie (doc.pri)

Selama ini setiap uang masuk saya selalu memilah-milahnya ke dalam pos pengeluaran rutin. Masing-masing saya masukkan ke dalam amplop-amplop tersendiri. Sehingga per pos sudah ada anggarannya.

Cuma ada yang saya lewatkan, yakni tentang dana tak terduga dan tabungan jangka panjang yang bisa diwujudkan dalam bentuk investasi. Ini yang ternyata penting sekali.

Selama ini saya hanya menganggarkan dana untuk tabungan saja. Dan itu pun saya tidak memilah untuk tabungan jangka panjang atau jangka pendek. Semua jadi satu. Kalau ada kebutuhan mendesak, atau biaya tidak terduga, ambilnya juga dari tabungan itu.

investasi-aman-dan-menguntungkan
Para peserta talkshow (doc.pri)

Padahal itu ternyata salah. Menurut Mbak Prita, sebaiknya tabungan dipisahkan juga. Menjadi tabungan jangka panjang, dan tabungan jangka pendek. Untuk tabungan jangka panjang, ini tidak boleh diutak-atik. Sehingga sebaiknya disimpan dalam bentuk tabungan berjangka, asuransi, atau investasi.

Sementara untuk tabungan jangka pendek, ditujukan untuk merealisasikan keinginan jangka pendek kita. Misal untuk membeli sepeda motor. Jadi tabungan berakhir ketika sepeda motor berhasil kita beli, untuk kemudian kita menabung lagi dengan target yang berbeda.

Pemilahan tabungan perlu dilakukan agar kita bisa fokus dan tidak tergoda menggunakan tabungan untuk sesuatu yang tidak perlu. Sedangkan dana darurat untuk berjaga-jaga seandainya ada peristiwa di luar perkiraan kita. Seperti misalnya kita sakit dan terpaksa tidak bisa kerja untuk jangka waktu tertentu, dana darurat kita pergunakan untuk itu.

Bagi yang sudah menikah, besaran dana darurat ini minimal 12x gaji, sedangkan untuk yang masih lajang, dana darurat sebesar minimal 3x gaji. Sedangkan prosentase yang disisihkan untuk menyiapkan dana darurat ini adalah sekitar 10% dari pemasukan yang kita punya. Karena untuk jaga-jaga maka dana darurat ini harus berbentuk kas (mudah dicairkan).

investasi-aman-dan-menguntungkan
Alokasi ideal penggunaan penghasilan bulanan
(doc.pri)

Untuk tabungan jangka panjang, ini memang disiapkan untuk masa depan. Misal untuk pendidikan anak atau tabungan hari tua. Untuk tabungan pendidikan anak kita bisa memilih asuransi pendidikan. Sedang untuk tabungan hari tua, kita bisa mencoba untuk berinvestasi. Besarnya dana yang kita sisihkan untuk asuransi dan investasi ini sekitar 15% dari pemasukan.

Untuk masalah investasi, saya masih awam. Dulu, sewaktu saya belum menikah dan masih bekerja, saya pernah menyertakan modal saya pada seorang kawan untuk usaha, dengan sistem bagi hasil.

Waktu itu seorang kenalan punya usaha dagang. Awal kerja sama semua lancar. Bahkan saya sempat memperpanjang dan menambah nominal dana yang saya ikutkan. Namun selang beberapa bulan kemudian laporan keuangan jarang diberikan, dan akhirnya yang bersangkutan menghilang, dan sampai sekarang tidak berkabar. Saya juga sungkan untuk menagihnya. Akhirnya saya anggap saja uang saya itu hilang.

Berkenalan Dengan Akseleran

Karena punya pengalaman yang kurang mengenakkan inilah saya belum lagi kepikiran untuk berinvestasi. Paling jika uang sudah terkumpul, saya belikan logam mulia untuk simpanan.

Sampai kemudian saya dikenalkan seorang kawan dengan Akseleran. Akseleran didirikan pada tanggal 2 Oktober 2017 dan merupakan perusahaan rintisan (startup) Financial Technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akseleran dapat diakses melalui web www.akseleran.co.id atau melalui Aplikasi Mobile baik dari Google Play Store (Android) maupun dari Apple App Store (iOS). Akseleran merupakan platform marketplace yang berfungsi sebagai tempat pertemuan antara pemilik dana (lender) dan calon peminjam (borrower).

akseleran-investasi-aman-dan-menguntungkan
Akseleran (sumber : Akseleran)

Jika biasanya marketplace yang umum seperti Tokopedia dan Bukalapak mempertemukan penjual dan pembeli sehingga transaksi yang terjadi adalah jual beli produk dan jasa, maka Akseleran yang merupakan Platform P2P Lending yang aman dan menguntungkan ini mempertemukan pemilik dana dan calon peminjam (lender) sehingga yang menjadi dasar transaksi adalah "uang" atau "pinjaman".  Jadi di Akseleran ini kita bisa mendaftarkan diri sebagai peminjam (borrower) atau pemberi pinjaman (lender).

Hadirnya Akseleran ini sangat membantu masyarakat awam seperti saya yang ingin berinvestasi  tapi miskin pengalaman dan terbatas modal. Karena di Akseleran, untuk pemilik dana (pendana/lender) dapat mengembangkan dananya mulai dari Rp100.000 dengan imbal hasil yang didapatkan hingga 21% per tahun.

Selain itu, Akseleran  juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Akseleran pun sudah tersertifikasi oleh IS027001 full scope dan dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen. Fokus penyaluran pinjaman usaha produktif yang dikembangkan oleh Akseleran berbasiskan agunan Invoice Financing dan Pre-lnvoice Financing.

Akseleran juga memiliki prosedur tersendiri jika peminjam tidak disiplin dalam melakukan pembayaran atau cicilan. Sehingga kita sebagai pemberi pinjaman tidak perlu melakukan penagihan sendiri.

Selain itu, Akseleran juga sangat concern untuk memberikan pinjaman khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sehingga secara tidak langsung jika kita bergabung di Akseleran sebagai lender, kita turut mendukung kemajuan UKM di tanah air.

Sedangkan dari sisi peminjam atau pelaku usaha (borrower) dengan bergabung di Akseleran, mereka akan berpotensi untuk memperoleh pinjaman usaha mulai dari Rp. 200 juta dan maksimal sebesar Rp. 2 miliar.

Sangat menarik bukan? Saya pun tertarik dan memutuskan untuk melakukan pendaftaran di Akseleran hitung-hitung belajar mengembangkan dana kecil-kecilan. Dan saya sudah mencoba mengembangkan dana yang saya punya.

Cara Mendaftar Sebagai Lender di Akseleran

Tertarik untuk mencoba berinvestasi pendanaan atau mengembangkan dana juga di Akseleran? Yuk, buruan dicoba. Mumpung ada promo free saldo Rp100.000,-  untuk pendanaan. Bingung bagaimana prosedurnya? Berikut  saya berikan panduannya :

Tutorial Registrasi Lender Baru Akseleran

1.Proses awal registrasi

❏ Download Aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) maupun dari Apple App Store (iOS)
❏ Buka Aplikasinya, baca info singkatnya, kemudian KLIK Daftar
❏ Masukkan Email dan Password, kemudian centang persetujuan kebijakan privasi dan selesaikan dua langkah verifikasi
❏ Diminta masukkan kode promo/kode referal. Jangan lupa masukkan AKSLSAPTI328503 (untuk dapat free saldo Rp100 ribu) >>> ada notifikasi singkat “selamat Anda mendapatkan saldo promo…”
❏ Verifikasi Akun Anda : Email dan Nomor Handphone pastikan yang aktif
❏ Masuk ke inbox Email yang terdaftar, lalu klik tautan link yang dikirimkan Akseleran
❏ Untuk verifikasi nomor handphone, jangan lupa nomornya harus aktif dan Akseleran akan mengirimkan OTP ke nomor Anda
❏ Pilih preferensi sebagai Lender
❏ Pilih tipe perorangan

2.Tahap pengisian data diri

❏ Siapkan KTP
❏ Siapkan NPWP
❏ Siapkan Nomor rekening bank pribadi yang valid sesuai buku tabungan (harus atas nama yang bersangkutan)
❏ Proses e-KYC: Tanda tangan perjanjian keanggotaan (PrivyId) >>> Ikuti sesuai yang dimintakan di aplikasi
❏ Terima notifikasi ke inbox email yang dimasukkan
❏ Jika sudah dapat notifikasi 100% maka dinyatakan semua proses registrasi dan pengisian diri BERHASIL

3.Tahap pendanaan atau memberikan pinjaman saldo promo Rp100 ribu

❏ Masuk atau login lagi ke akun Akseleran yang bersangkutan
❏ Pilih pinjaman mana yang mau diberikan pinjaman dengan saldo Rp100 ribu tersebut (yang belum terkumpul 100%)
❏ Klik BERI PINJAMAN
❏ Untuk saldo promo Rp100 ribu dan bunganya baru bisa ditarik (tombol Tarik Dana/Withdrawl) begitu masa tenor pinjaman UKM/Borrower berakhir (akan masuk terlebih dahulu ke akun Akseleran yang bersangkutan)

Nah, cukup sederhana bukan? Oh ya, sebagai pemberi pinjaman, kita juga diberi keleluasaan untuk memilih di mana uang kita akan dikembangkan. Ada berbagai pilihan campaign yang diberikan. Kita juga diberi gambaran mengenai besarnya keuntungan, berikut risiko dari investasi pendanaan yang kita lakukan.

Sehingga kita bisa benar-benar mempertimbangkan dengan matang sebelum kita mengambil keputusan. Yuk, buruan dicoba. Mendaftar sebagai lender di Akseleran, jangan lupa masukkan kode referral AKSLSAPTI328503 untuk memperoleh free saldo Rp100 ribu. Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya, salam...



94 komentar:

  1. Lumayan nih kalo ada kebutuhan mendadak, bisa cepet dan jga aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bisa sebagai lender atau borrower tergantung keubutuhan.

      Delete
  2. wah baru tahu tentang akseleren. investasi jaman now jadi mudah dan cepat ya bisa diakses dari mana saja :)

    ReplyDelete
  3. Akseleran ini layak banget buat dicoba!
    Invest startsfrom 100K per bulan, gokil sihhh terjangkau banget.
    Siapa aja bisa lah jadi investor di Akseleran ye kaaannn

    ReplyDelete
  4. Wah..bisa beneran aman ya sebagai borrower ataupun lender? Iya mbak, pengalaman bbrp kali meminjamkan uang dengan maksud baik. Tapi ketika si peminjam tidak bertanggung jawab malah jadi nggak baik suasana hati ini :D. Pada akhirnya kembali menjadi pelajaran utk ikhlas. Kalau soal meminjamkan uang, memang dr awal harus ada bagian hati utk siap jika uang tsb tidak kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah aman, kan sudah berizin dan diawasi OJK. Iya mb, kalau pinjam untuk kebutuhan sehari-hari ybs mungkin bisa lbh mudah diikhlaskan ya, tapi kalau akadnya kerjasama lbh susah relanya hihi..

      Delete
  5. Aku ini nabung dan nyimpan uang di beberapa tempat. Ada bagian buat inves juga dan gak boleh diotak-atik. Semoga pas udah nikah tetep konsisten bahkan bisa nambah investasi

    ReplyDelete
  6. Saya dan keluarga masih jelek nih manajemen keuangannya. Tabungan jangka panjang dan pendek seolah gak beda. Ohya kalau sistem keuangannya sudah berada dibawah pengawasan OJK lumayan aman ya Mbak

    ReplyDelete
  7. aku masih was2 sama tabungan berjangka dan investasi yg macem2. aku punya nih tabungan jangka pjg yg gak diutak atik tapi kujadikan dlm bentuk emas supaya lebih aman

    ReplyDelete
  8. Jadii kalo masukin kode refferal trus dapet free saldo yang bisa diinvestasikan? Ada syarat tertentu nggak, misal harus kasih saldo minimal berapa gitu?

    ReplyDelete
  9. Daftar langsung dapat saldo 100 ribu, lumayan juga ya.
    Dana darurat itu kerasa banget manfaatnya di masa pandemi corona saat ini, banyak pegawai yang dirumahkan, bahkan di PHK

    ReplyDelete
  10. Wah kalo Mba Prita sih udah pakarnya nih, suka banget cara menyampaikan literasi keuangannya, simple.
    Pendanaan di Akseleran ini emang butuh banget, kalo butuh yang urgent2.

    ReplyDelete
  11. udah sering denger tapi belum coba, hum ada saldo 100k langsung ya. Menarikkk

    ReplyDelete
  12. Iya lho, dan sekarang dana daruratku udah sangat menipis, suamiku juga kerja dijatahin per dua hari sekali ke kantor gantian sama yang lain, akunya belum juga dapat pekerjaan 😁

    ReplyDelete
  13. Berusaha mencerna tahapan untuk mendaftar di Akseleren ini. Jadi, bonus pendaftaran 100K yang diperoleh itu bisa dijadikan modal awal utk dipinjamkan ya? Dan nantinya bisa kita tarik?

    Model investasinya menarik ini.

    ReplyDelete
  14. Teknologi keuangan makin canggih aja ya.. Peminjam dan pemberi pinjaman pun bisa dikelola dalam satu marketplace. Berarti untuk memenuhi kebutuhan akan keuangan semakin dimudahkan. Mantapppp :)

    ReplyDelete
  15. kebetulan dari kemarin-keamrin aku lagi cari P2P Lending ini pengen nyobain dan lumayan mudah juga ya pendaftarannya, lumayan uangnya bisa muter ini dan pembukaannya juga ga harus besar ya mba, auto bookmark niy artickelnya

    ReplyDelete
  16. Oh, baru tahu klo tabungan pun mesti dipecah-pecah golongannya

    ReplyDelete
  17. Iya bener, aku juga pernah denger.
    kalo mau punya tabungan itu kudu dibedakan jangka panjang dan jangka pendek.
    Aku juga udah punya akun di akseleran, cuma belum sempet invest disana sih.

    ReplyDelete
  18. tapi aku masih takut investasi apalagi di fintech gitu,,, tapi ada promo saldo 100 ribu bisa dibuat coba-coba dulu kali ya baru nanti kalo tenang bisa nambah sendiri

    ReplyDelete
  19. Saya suka penjabaran Ibu Prita. Bener harus ada tabungan jangka panjang dan pendek. Biasanya yg jangka panjang saya tabung di tabungan yang nggak bisa diutak atik.

    ReplyDelete
  20. Seneng yah, bisa nyobain dulu investasinya 100rb jadi nanti setelah oke bisa nambah lebih besar.

    ReplyDelete
  21. Perlu banget info manajeman keuangan ini kadang nyampur pendapatan ngeblogku, baru tahu soal akseleren ini, bolehlah dicoba biar makin rapi keuangan keluarga.

    ReplyDelete
  22. Aku jaman masih lajang suka beli emas perhiasan untuk investasi. Tapi sejak kenal reksadana jadi belajar tentang investasi jangka panjang yang bisa menguntungkan, tapi tetep sih pilih yang aman meski hasilnya kecil. Untuk P2P lending ini aku masih baca-baca berbagai artikel dulu deh, belum berani nyoba investasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba. Untuk yang P2P Lending ini aku juga masih belajar. Melihat skemanya dan banyak printilan lainnya yang kudu dipahami dulu ya. Intinya tetap harus melek finansial dengan mulai melirik sisi investasi gini.

      Delete
  23. Wah zman skrng kalau mau investasi cukup mudah ya, gak pakai modal besar bisa investasi buat jangka panjang, drpd duitnya buat hal2 konsumtif ya... tapi tetep kudu liat track record perusahaan buat investasinya.

    ReplyDelete
  24. makin banyak yaaa sekarang mba platform serupa seperti ini. Aku pengen pelajari semua skemanya sebelum trying out this platform

    ReplyDelete
  25. Promo yang menarik ini, daftar sebagai Lender Akseleren langsung dapat free saldo Rp100.000,- untuk pendanaan. jadi penasaran, lihat-lihat dulu ah ke web nya Akseleren ini.

    ReplyDelete
  26. Boleh juga nih dipelajari cara berinvestasi melalui P2P Lending. Coba ah buka-buka informasi tentang Akseleran ini agar makin melek investasi.

    ReplyDelete
  27. alhamdulillah sebagian besar kebutuhan sudah dipenuhi oleh suami, saya jadinya kalo ada uang bisa membeli apa yang saya butuhkan dan menabung, meski demikian saya juga suka memilah2 apa yang akan saya beli dan uangnya digunakan buat apa aja, termasuk untuk berbagi.

    ReplyDelete
  28. wah baru tau tentang akseleran diawasi oleh ojkkan?daftar langsung dapat saldo 100 ribu berharga banget di masa sekarang

    ReplyDelete
  29. Ya ampun aku kok jadi tergiur wkakaak, lha lumayan hemat kan investasinya mulai 100k
    asyik ini kalo aku punya, apaladi dapet kode referalmu

    ReplyDelete
  30. Kalau sudah berizin dan diawasi OJK lebih aman dan nyaman tentunya. Baik bagi lender maupun borrower. Kalau aku pribadi masih pakai sistem nabung, sih. Belum nyoba investasi yang lain

    ReplyDelete
  31. Napa sih ya yang ikutan acara-acara kece kayak gini kebanyakan perempuan dan bunda-bunda muda... eh, salfok...
    Memang kita sebagai perempuan harus punya wawasan yang luas ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mgkn karena perempuan yg menjadi direktur kwuangan di rumah kali, Mba. Makanya banyak perempuan yg hadir. Xixixi

      Delete
    2. Iyak betul. Keuntungannya, kita jadi punya wawasan tentang keuangan, ya. Mak-mak ni emang de best...

      Delete
  32. Aku juga pernah joinan invest sama teman kuliah mba. Usahnya bergerak dlm bidang transportasi... Awal2 lncar, bbrp bulan kmdn ada saja alasan...dan tau2 wajahnya ada di ICJ...trnyt bnyk yang kena tipu. Habis itu, trnyt dia tersangkut korupsi di kntr tempat kerjanya..kasus penggelapan uang negara ..

    Ya sudah, akhirnya dia mendekam di Wirogunan mb..kasus korupsi uang negara. Aset ku yang masih ada di dia...bubar..wong usahanya juga bubar... Habis itu aku kapok....

    ReplyDelete
  33. Cara investasi jaman now ya. Akseleran ini platform P2P Lending yang aman dan menguntungkan ini mempertemukan pemilik dana dan calon peminjam (lender). Siiip, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  34. Bermanfaat banget ya acaranya, apalagi mengenai keuangan keluarga itu penting banget untuk dicermati. Thanks k sharingnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  35. iya ya, aku juga gak kepikiran nih tabungan dibagi dua untuk jangka panjang dan jangka pendek. Kalau ikut arisan gitu namanya tabungan atau bukan ya? Btw, aku juga baru tahu nih tentang akseleran. Membantu banget buat yang pengen buka usaha ya.

    ReplyDelete
  36. Atur keuangan kayak gini emang nggak gampang ya Kak, perlu komitment yang tinggi. Baca ini langsung donlod aplikasinya dong siapa tahu bisa berinvestasi.

    ReplyDelete
  37. Menarik untuk dipelajari lebih lanjut, karena zaman sekarang investasi itu sudah menjadi bagian gaya hidup.

    ReplyDelete
  38. Aku sdh ikut di p2p di sebelah mbak. Ini memang salah satu alternatif investasi. Yuk yuk mulai investasi, biar punya alternatif pemasukan jugaa 😉😉

    ReplyDelete
  39. Wah ada kode referall punya kak Sapti juga ya..
    Makin untung nih kalo dipake , hehe

    ReplyDelete
  40. Saya cukup mengikuti perkembangan Akseleran ini karena dia termasuk P2P lending yg beda menurut saya. Gak dominan konsumtif untuk pribadi, tetapi lebih ke UMKM. Returnnya jika kita menjadi lender juga sangat menjanjikan. Meski demikian, balik lagi ke kepercayaan masing2.

    ReplyDelete
  41. Di saat yang sulit dan tidak serba menentu seperti sekarang ini baru kerasa pentingnya mengatur keuangan secara bijak ya. Menabung, dana darurat, dan investasi itu penting banget untuk menghadapi keadaan yang sulit seperti sekarang dan tetap bisa bertahan hidup

    ReplyDelete
  42. Wah menarik juga ya investasi model P2P gini..tapi ada jaminan ga kak kalau peminjam dana Tdk bisa kembalikan pinjaman apakah uang kita aman atau bisa kita tarik?

    ReplyDelete
  43. Wah sekarang banyak ya lembaga seperti ini untuk kita bisa berinvestasi dengan modal yang kecil dan bisa membantu usaha kecil untuk berkembang..

    ReplyDelete
  44. Bisa dicoba nih untuk bergabung. Lumayan untuk investasi jangka pendek

    ReplyDelete
  45. Menarik sekali Akseleran p2p ini ya, Mbak Sapti. jadi berinvestasi, sekaligus membantu orang lain yang membutuhkan modal buat usaha. Jadi uang kita lebih bermanfaat. bahkan dengan mulai modal 100 ribu, kita juga bisa ikutan.

    ReplyDelete
  46. Peer to peer lending mang lg booming di era fintech
    Dan jd alternatif buat masyarakat yg unbank gt sih

    ReplyDelete
  47. Prita Gozie ini emang asik kalau kasih paparan. Sederhana, tapi visioner. Manajemen investasi kayak yang beliau sampaikan beneran membantu, biar tabungan ga boncos. Apalagi kita tuh (elu aja kali.Fi) suka gatel pengen beli ini itu dan merasa aman aja main belanja pas liat saldo tabungan masih banyak. Padahal ada pos lain nyampur di situ ya hihihi

    ReplyDelete
  48. Udah berapa kali ya denger ini.
    Klo diawasi OJK ada keamanan ya. Ini juga bisa buat investasi ya.
    Acaranya bergizi nih dpt ilmu investasi juga

    ReplyDelete
  49. Besaran dana darurat buat orang yang udah nikah gede banget ya mba ampe 12 kali. Makasih remindernya ya mba

    ReplyDelete
  50. Widyanti YuliandariApril 15, 2020 at 3:52 PM

    Wahh...semoga ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan bijak ya

    ReplyDelete
  51. Saya tajut bermain investasi gini. Tapi malah kesukaan suami. Dia cukup hebat di angka dan perkiraan pergerakan angka.
    Kayaknya suami harus tahu, nih, agar ia bisa mencoba. Kan sudah langsung dapat dana investasi 100 ribu.

    ReplyDelete
  52. Saat pandemi begini jadi teringat pada dana darurat yang ternyata penting banget. Juga investasi banyak diabaikan orang. Padahal semudah ini investasi di Akseleran

    ReplyDelete
  53. Nah, mending gini ya, si peminjam jelas dan bisa bertanggung jawab. Kita sebagai peminjam bisa sekalian berinvestasi. Daripada dipinjam teman/tetangga/saudara yang susah banget saat nagihnya

    ReplyDelete
  54. eehh pas acara di yogya muncul lagi, hahaha..
    btw mudah juga ya cara daftar akseleran ini. wah mayan nih ada kodenya mba Septi

    ReplyDelete
  55. Aku udah baca-baca tentang Akseleran ini, mulai tertarik nih dengan minimal investasinya. Apalagi udah legal juga kan karena ada pengawan dari OJK

    ReplyDelete
  56. Deg-degan juga ada lending di masa begini. Tapi mb prita emang enak ngejelasin, aku pernah ikutan kelasnya sesuatu manfaat walau susah nerapinnya

    ReplyDelete
  57. Akupun juga baru2 ini merombak total keuangan saya, mbak, setelah mengikuti sebuah undangan dg materi keuangan pribadi. Meskipun GTT dengan gaji yang ngga terlalu tinggi, Alhamdulillah, dengan merombak keuangan tadi, hasilnya diluar dugaan.

    Berarti, memang kitanya saja yang harus punya kemauan untuk manage keuangan sendiri

    ReplyDelete
  58. Nah iya nih mba Prita tuh mantul loh aku aja sempet ketampar karena emang pengelolaan keuanganku kacau pdahal kupegang erat2 lah hahaha

    ReplyDelete
  59. Huhu sama mbak, saya juga belum serius mikirin dana darurat dan investasi, tabungan biasa aja... Ada pandemi begini rasanya langsung deg-deg ser... Padahal ada cara investasi mudah ya lewat akseleran...

    ReplyDelete
  60. Dapat ilmu baru deh dengan adanya Akseleran ini, aku yang selama ini awam soal penansial jadi terbuka deh wawasannya, thanks infonya. Pasti UMKm akan sangat terbantu.

    ReplyDelete
  61. Jadi idealnya tabungan jangka panjang ini gak ada mobile bankingnya ya, kak?
    Investasi yang sehat bila sudah mempelajari bener tujuan keuangan kita dan lembaganya terjamin di OJK.

    ReplyDelete
  62. Saya baru tau nih Mbak tentang Akseleren. Buat ivestasi yang aman yaa karena diawasi OJK. Dan sekaligus bisa buat bantu orang lain untuk berkembang juga ya.
    Makasih Mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  63. wah sudah berizin dan diawasi OJK. dengan masa pandemi kayak gini apa ada promo program baru kak?

    ReplyDelete
  64. MasyaAllah, dapat pengetahuan baru lagi. Baca ini langsung merasa tertohok, sebab saya yang termasuk tidak pintar mengelola keuangan, huhuhu. Bolehlah nanti coba tentang inventasi yang menarik ini 😃

    ReplyDelete
  65. Saya juga baru tau tentang 12x gaji
    Baru mau di kumpulin, eh dah kepake karena pandemi hehe
    Moga cepat berakhir pandwmi ini

    ReplyDelete
  66. Gak kepikiran buat nyisihin tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Taunya cuma nabung aja, itupun kalo ada sisa, hahahaha. Sungguh terlalu.

    Sering denger Akseleran, tapi belum bergerak buat memulai.

    Sungguh tragis kejadian yang menimpa Mba, semoga gak terulang tertipu lagi ya...

    ReplyDelete
  67. aku sudah coba pengembangan dana di akseleran. Modal 100ribu doank sundah bisa mengembangkan dana ya mbak. Sukanya dana kita digunakan untuk UMKM jadi kita secara tidak langsung membantu UMKM untuk maju.

    ReplyDelete
  68. Noted ya Mbak Sapti... tabungan jangka pendek dialokasikan utk kebutuhan jangka pendek yaa trus dana darurat 3x gaji. Ada juga finacial planner yg bilang 6x gaji. Beda2 disesuaikan ama kebutuhan ybs yaa

    ReplyDelete
  69. Baru tahu ada aplikasi ini. Keliatannya mudah. Akseleran. Noted.
    Buat aku yg awam banget soal investasi kayak gini, mungkin perlu dicoba yah

    ReplyDelete
  70. nah klo saya tabungan jk.panjang sy belikan logam.mulia kak..krna nilainya cendering naik...btw investasi p2p nih bagus ya.cuma masih maju mundur mau memulainya..tapi baca tulisan diatas sepertinya jadi yakin mau memulai investasi p2p Akseleran..

    ReplyDelete
  71. Ish aku nge fans banget sama mbak prita ghozie, perfeck banget cantik, pintar gitu.

    Akseleran nih terpercaya banget ya, sudah diawasi ojk pula

    ReplyDelete
  72. Kami menyiapkan tabungan untuk hari tua, tapi sesungguhnya itu nantinya untuk tabungan pendidikan anak. Banyak hal bisa dilakukan supaya kita tetap bisa mandiri meski udah jadi kakek nenek nanti. Jangan sampai anak-anak kita menjadi generasi sandwich saat dewasa, menghidupi dirinya sekaligus menghidupi orang tuanya sampai tua. Sebagai orang tua, tentu kita tak ingin ini terjadi pada anak-anak kita, meski mungkin sebagian dari kita saat ini menjadi generas sandwich juga. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  73. wow mbak meuni apik ya pake diamplopin, aku masih bolong2 nyatetnya pengeluarannnya. biasanya direkap aja akhir sm tengah bulan

    ReplyDelete
  74. Dengan 100 ribu kita sudah bisa berinvestasi.. ga perlu ribet ke kantornya..dan sudah terdaftar di OJK jadi bikin aman dan nyaman

    ReplyDelete
  75. Untuk investasi sebenernya jujur saja saya belum berani k mencobanya. Melihat Akseleran ini semakin bertambah ya pilihan kita untuk mulai berinvestasi, menarik juga apa yang ditawarkan oleh Akseleran. Sukses untuk Akseleran dan terima kasih k info-nya.

    ReplyDelete
  76. Jarang sekali perempuan yang bisa detail dengan catatan keuangan. Bisa nih rekomendasi buat isteri. Hehe. Terima kasih, Mbak, artikelnya.

    ReplyDelete
  77. Waw. Jadi sekarang investasi bisa gampang dan murah ya. Modal kecil bisa. Semoga saya bisa investasikan ke sini sebagian gaji bulan depan

    ReplyDelete
  78. peminjam dan pemberi pinjaman nggak harus bertemu langsung.bahkan yg nagih juga sudah ada kalo terjadiuan macet. semoga semakin produktif saja dalam urusan keuangan

    ReplyDelete
  79. Baru denger akseleran, tapi kayaknya menarik banget karena dengan 100 ribu sudah bisa berinvestasi. Dapat ilmu baru saya

    ReplyDelete
  80. Saya sampai sekarang belum bisa menyisihkan uang untuk investasi ataupun dana darurat, sebab kebutuhan cukup banyak. Sepertinya saya memang harus belajar mengatur finansial.

    ReplyDelete
  81. Akseleran makin menambah alternatif org utk berinvestasi ya, semoga amanah dan memang bermanfaat

    ReplyDelete
  82. Hanya dengan 100 ribu kita sudah dapat berinvestasi. Selain itu karena akseleran sudah tersertifikasi oleh IS027001. Jadi sebagai konsumen kita tidak perlu hawatir dgn hal-hal yg tidak diinginkan kelak

    ReplyDelete
  83. Murah ya investasinys cuma segitu. Jadi pingin nyoba. Sepeetinya menguntungkan ikut ini

    ReplyDelete
  84. Investasi P2P alias peer to peer ini kekinian banget dan merupakan langkah investasi yang cukup aman, menurutku.

    ReplyDelete
  85. Saya ngak Pernah misahin tabungan jangka panjang dan pendek. Kerasa banget, mau beli apapun bobol tabungan

    ReplyDelete
  86. saya butuh ilmunya nih. karena post keuangan paling rawan saat ini. makasih ya mbak. membantu sekali

    ReplyDelete
  87. Wah ilmu yang sangat...sangat...sangat bermanfaat sekali dan yang terpenting sekali adalah bagaimana kita mengelola keuangan saat pandemi saat ini.

    ReplyDelete

 
Top