Looking For Anything Specific?

Header Ads

Pentingnya Strategi Pemasaran Online Bagi UKM

Strategi Pemasaran Online wajib dipahami oleh semua pelaku usaha tidak terkecuali bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). 

Strategi-pemasaran-online

Apalagi di masa sekarang di era serba digital. Di mana orang lebih banyak mencari informasi tentang barang atau jasa yang mereka butuhkan dengan mengandalkan bantuan internet atau dengan menggunakan bantuan mesin pencari. 

Pengertian Strategi pemasaran online

Secara mudah, strategi pemasaran online atau bisa juga disebut sebagai strategi pemasaran digital dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet.

Strategi ini menekankan pada cara atau upaya untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang kita punya dengan memanfaatkan media sosial, web, blog, dan lain-lain, agar memperoleh perhatian dari konsumen yang menjadi target atau pasar kita. 

Cara ini menjadi pilihan mengingat saat ini pengguna internet di dunia sangat banyak jumlahnya. Ditambah lagi orang lebih menyukai sesuatu yang praktis dan mudah didapatkan semudah menggerakkan jari. 

Sayangnya, kendala yang sering ditemui adalah banyak para pelaku bisnis ukm yang belum paham dengan model pemasaran secara digital ini. Padahal penerapan marketing online yang tepat terbukti mampu mendongkrak penjualan karena mampu memperluas jangkauan pasar sehingga UKM dapat naik kelas.

Alasan menggunakan Strategi Pemasaran Online

Ada berbagai alasan kenapa sekarang orang lebih menyukai pemasaran digital. Selain cara ini akan mempermudah produk kita dikenal banyak orang, cara ini juga lebih efisien dibanding pemasaran secara konfensional. Secara rinci kelebihan pemasaran secara online adalah sebagai berikut : 

Strategi-pemasaran-online

1. Jangkauan pasar lebih luas

Penggunaan strategi pemasaran digital akan membuat promosi yang dilakukan memiliki jangkauan yang luas. Tidak ada hambatan jarak dan waktu. Semua informasi yang disebar melalui jalur pemasaran digital dapat diakses semua orang.

Artinya, ini memperbesar peluang produk atau jasa yang kita sediakan dibeli oleh konsumen yang menjadi pasar kita. Jadi, ketika kita memutuskan menggunakan strategi pemasaran online, kita harus siap kebanjiran order. 

Sehingga kita pun harus memperkuat manajemen ke dalam. Jangan sampai order banyak berdatangan membuat kita kelabakan karena tidak siap dari awal. Karena kalau itu terjadi, justru dampak negatif yang akan kita terima. 

Ingat di dunia maya, kabar positif maupun negatif sangat cepat menyebarnya. Jadi bagi pelaku bisnis, harus menyiapkan langkah untuk mengantisipasinya. 

2. Biaya lebih ekonomis

Ini adalah keunggulan dari pemasaran digital. Promosi yang kita lakukan melalui web, maupun media sosial di internet, tidak dikenakan biaya. Berbeda jika kita menggunakan media offline seperti koran/majalah, radio, dan televisi. Ada biaya yang tidak sedikit jika kita ingin beriklan di sana. 

Yang penting kita paham bagaimana caranya agar iklan yang kita buat bisa mengena, dan muncul di halaman pertama di mesin pencari. Apakah itu mudah, tentu tidak. Tapi jangan khawatir semua bisa dipelajari dan dicarikan solusi. 

3. Terukur

Promosi yang kita buat secara online bisa lebih terukur dampaknya. Ada berbagai tools seperti google analitic yang bisa dipakai untuk mengevaluasi promosi yang kita lakukan berdasar data yang ada.
Dari situ kita bisa melakukan perbaikan dan peningkatan dari proses marketing yang sudah kita lakukan.

4. Lebih tahan lama

Promosi lewat media daring tidak ada batas waktunya. Kecuali kita sendiri yang menghapus konten yang telah kita buat di web atau media sosial yang kita miliki. 

Berdasar pengalaman saya pribadi, ketika saya mencari sebuah produk dengan menggunakan kata kunci tertentu, sering mendapat informasi dari artikel yang ditulis lebih dari setahun yang lalu. Ini artinya iklan atau promosi di media online tidak mengenal batas waktu. 

Berbeda kalau kita iklan dengan menggunakan brosur atau pamflet yang bisa hilang atau rusak dimakan usia.

Penerapan Stategi Pemasaran Online

Setelah tahu besarnya efek dari marketing digital, maka kita perlu memilih strategi pemasaran daring yang tepat untuk produk kita. Ada beberapa yang bisa kita pilih untuk diterapkan diantaranya :

1. Memaksimalkan media sosial  untuk memasarkan produk kita

Pengguna media sosial entah itu facebook, instagram, twitter sangat banyak jumlahnya. Sehingga wajib bagi semua yang punya usaha untuk punya akun medsos sebagai representasi usaha kita. Buat konten yang menarik dan unik agar dilirik oleh konsumen kita dengan teknik copy writting misalnya.

Strategi-pemasaran-online

2. Buat website dari usaha kita

Website seperti perwakilan kita di dunia maya. Website yang terlihat bagus dan profesional akan meningkatkan kepercayaan dan mendekatkan konsumen kepada kita.

Oleh karena itu pemilihan desain, maupun koten harus benar-benar diperhatikan. Termasuk kecepatan akses dari web juga sangat berpengaruh. Sebagus apapun desain dan konten di web kita, kalau loadingnya lelet tentu akan ditinggalkan.
Ingat, banyak konsumen yang sebelum membeli suatu produk, searching dulu di mesin pencari.

3. Membuat email pemasaran

Email ini dikirim kepada konsumen yang menjadi target kita. Berisi tentang paparan produk, kelebihan yang dimiliki, dan bagaimana cara untuk memperolehnya. 

4. Memajang testimoni atau review dari para konsumen

Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen kepada produk kita. Testimoni dapat kita pasang di web atau akun media sosial dari perusahaan kita. 

5. Bekerjasama dengan influencer dan bloger

Berpromosi dengan mengajak para bloger dan influencer sudah mulai sering dilakukan. Banyaknya jumlah follower dan pembaca dari para influencer dan juga bloger membuat kerjasama antara pelaku usaha dengan influencer maupun bloger penting untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang hendak dipromosikan. 

Apalagi ulasan seorang bloger biasanya menggunakan bahasa yang lebih natural dan tidak mengada-ada. Sehingga lebih menarik dan bisa menjadi acuan banyak orang. 

Masih banyak sebenarnya strategi marketing online yang bisa dilakukan. Semua tergantung kreativitas pemilik UKM juga. Meskipun diakui, banyak pelaku bisnis UKM yang mempunyai  kendala teknis akibat kurang paham terhadap perkembangan teknologi digital. Sehingga penggunaan strategi pemasaran secara daring kurang diterapkan dengan maksimal.

Straregi-pemasaran-online
Namun jangan khawatir, segala sesuatu dapat dipelajari asal kita mau untuk belajar. Apalagi saat ini banyak penyedia jasa konsultan marketing online yang siap membantu bagaimana mengangkat produk yang kita punya. Kuncinya adalah kerjasama dan kolaborasi. Jadi yuk, mulai kita terapkan Strategi Pemasaran Online untuk bisnis UKM kita. Sehingga bisnis UKM yang kita miliki bisa berkembang lebih baik lagi.

Semoga tulisan ini bermanfaat yaa. .

Post a Comment

58 Comments

  1. Thanks for your sharing informative article 😊

    ReplyDelete
  2. Kalau zaman udah modern, ada baiknya sebagai pelaku usaha juga mengikuti kemajuan zaman ya mba. Dengan menggunakan internet sebagai strategi penjualan mereka selain sering menghadiri event tertentu dan membuka stand mereka supaya masyarakat melihat kerajinan atau produk yang di jual.

    Apalagi sekarang bermunculan influencer atau blogger yang bisa di ajak bekerjasama tuk promosikan produk yang dimiliki dengan meriview produk di feed berupa foto ataupun video, dengan begitu pengikut yang melihat di IG influencer pun tertarik dan secara tidak langsung penasaran dengan produk produk yang dipromosikan.

    ReplyDelete
  3. semangat buat semua UMKM, meski ini tahun sulit, insyaaallah dengan gigih dan telaten bisa membuahkan hasil

    ReplyDelete
  4. Gimana buat yang gaptek ya mba? Apakah harus ada mediatornya kali yah,jadi tetep ada yang batu jualin gt? Karena memang gak dipungkiri di daerah2 masih ada yang gak paham pakehp dan masih maunya nerima uangnya cash bukan by atm.

    ReplyDelete
  5. tak ada cara lain bagi UMKM jika ingin berkembang pesat dan memperluas pasar. kudu go online agar lebih memudahkan pelanggan

    ReplyDelete
  6. Wah, mangstap ini.. Aku juga jualan online keripik nih,, kmrn juga sempat jualan online kue lebaran,lumayan..

    ReplyDelete
  7. Berkembangnya teknologi juga menuntut perkembangan dunia secara keseluruhan tak terkecuali bidang pemasaran, kalau menurut saya peran influencer dan blogger sekarang berpengaruh banget, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal dan hanya bertumpu pada promosi konvensional

    ReplyDelete
  8. nah bener nih, apalagi zaman sekarang ya mba serba digital. kita harus pinter-pinter nih untuk pemasaran online. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  9. sangat penting bukan penting aja, krn dunia digital akan lebih berperan dimasa yang akan datang. So please semua harus melek teknologi

    ReplyDelete
  10. Untuk mempromosikan sebuah barang, kita harus pandai2 memilih srategi yang pas. Media online dan offline harus saling mendukung.

    ReplyDelete
  11. dan saat teman-temenku ramai berjualan melalui olshopnya aku masih stay begini saja haha miris

    ReplyDelete
  12. Strategi pemasaran online saat ini sangat penting apalagi dimasa seperti saat ini ya mbak dimana pemasaran offline seperti kurang jalan

    ReplyDelete
  13. Senengnya kl pake promosi online via medsos ini udah ada skalian sm tool ceki2 jangkauannya ya sampai mana, jd memudahkan mengambil keputusan selanjutnya

    ReplyDelete
  14. Memang sebaiknya UKM juga memanfaatkan teknologi agar bisa berjualan online ya Mba. Apalagi sekarang, semua bisa dijangkau dengan teknologi.
    Jadinya kalo UKM bisa go online, lebih banyak yang bisa jadi sasaran pembeli.

    ReplyDelete
  15. Dunia sudah familiar dengan daring. Pemasaran online sudah menjamur. Orang-orang mengambil banyak manfaat dari sistem ini. Tentu saja penggunaannya mesti bijaksana. Trims udah berbagi info, Kak :)

    ReplyDelete
  16. Bener banget. Hari gini kalau ngga mau melibatkan pemasaran online harus siap teegerus dengan kompetitor ya mbaa. Thanks for sharing. Aku bintangin.

    ReplyDelete
  17. Sebagai pelaku UKM, internet ini emang pangkas budget banget. Promosi, branding, transaksi smua bisa dilakukan. Masih banyak yang kudu digali lagi emang soal marketing online ini, karena lahannya banyak banget

    ReplyDelete
  18. Betul banget. Promosi online di era digital kini sangat berpengaruh. Tinggal mengatur strategi dan terus belajar juga fokus.

    ReplyDelete
  19. Banyak UKM yg sukses, masa skrg emang harus tau media online unt support bisnis kita ya kan
    Saya juga mau belajar nih
    Makasih info and pencerahnnya yaa

    ReplyDelete
  20. Strategi pemasaran online mau tak mau memang membutuhkan biaya, meskipun bisa saja gratis. Tapi yang gratis ini pasti sangat terbatas.
    Namun meskipun berbiaya, yang penting gimana caranya biar budget ini gak boncos.

    ReplyDelete
  21. Memaksimalkan media sosial itu memang PR banget. So far katanya Facebook adalah media pemasaran online terbaik. Sayang belum semua pemilik usaha sadar dan masih promosi secara konvensional di Facebook.

    ReplyDelete
  22. Jika konten dlm medsos bisnis bagus ditambah pengelolaann strategi yg terukur menggunakan data, memang jd duet maut yg jos sekali ya untuk UKM :D

    ReplyDelete
  23. Strategi pemasaran produk makin hari terus berkembang ya, apalagi sekarang serba digital. Bikin UKM makin terus semangat.

    ReplyDelete
  24. website masih menjadi pilihan di tengah menjamurnya media sosial. Ini perlu dimanfaatkan betul oleh pelaku jual beli online

    ReplyDelete
  25. Kayaknya memiliki website bagi sebuah bisnis udah menjadi kebutuhan ya Mbak. Terkait pemasaran online itu, dan tentu saja perkembangan dunia digital

    ReplyDelete
  26. Yes setuju UKM harus naik kelas ya, supaya bisnisnya menguntungkan makasih infonya lengkap dan terperinci kak

    ReplyDelete
  27. Lengkap banget mba reviewnya. Bener bnget pelaku bisnis UMKM kudu melek inyernet untuk marketing online nya. Secara bnyk keunggulan bila menjual dgn benar secars online, akan betdampak.positif bgi usahanya.

    ReplyDelete
  28. kalau menurutku sih menggunakan social media dan marketplace efektif untuk penjualan :)

    ReplyDelete
  29. Sejak era digital, pemasaran online memang sedang booming, ditambah pandemi seperti ini, sepertinya pemasaran digital semakin dibutuhkan.

    ReplyDelete
  30. Pemasaran online, saat ini sudah tidak bisa tidak dilakukan, atau justru akan terlibas ...

    ReplyDelete
  31. Memang untuk pemasaran di era digital ini harus butuh tenaga tambahan untuk bermain didalamnya juga ya, mbak. Thankiss mbak infonya, sangat bermanfaat bagi saya ini selaku pelaku UMKM

    ReplyDelete
  32. Memang ya, pelaku UKM harus jeli dan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk menunjang pemasaran produknya

    ReplyDelete
  33. Setuju banget.... Kalau promosi lewat media itu forever sampai media yang tenggelam sendiri ya

    ReplyDelete
  34. Benar sekali mbak, era digital seperti skrg, memang pemasaran online yg lebih berpeluang

    ReplyDelete
  35. Suka dengan sharingnya. Bener banget strategi pemasaran harus dilihat keluasan jangkauannya dan pangsa pasar. Biar ga salah ngiklan. ^_^

    ReplyDelete
  36. setuju banget,
    hari gini tanpa strategi pemasaran online, wah bakal sulit mencapai cashflow yang diharapkan
    Bisa bias gulung tikar

    ReplyDelete
  37. Semua pelaku usaha saat ini harus mengikuti perkembangan digital ya. Salah satunya memaksimalkan pemasaran online ini, sebab gaya hidup saat ini lebih banyak dilakukan melalui smartphone.

    ReplyDelete
  38. Makasih sharingnya. Sekarang semuanya serba online sih jd mau ga mau harus belajar pemasaran online buat UKM

    ReplyDelete
  39. Setuju banget nih pemasaran online mesti dikelola dg serius oleh pelaku UKM. Soalnya lebih efektif dan ada analisis pengguna internet, yg bs meningkatkan performa usaha jg kan ya

    ReplyDelete
  40. Pemasaran online untuk pelaku UKM memang paling tepat ya mbak, selain praktis, ekonomis juga targetnya tepat walaupun hanya memaksimalkan sosial media yang ada. Saya pun biasanya cari-cari cemilan atau barang-batang rumah tangga lebih memilih di marketplace yang ada di sosmed 🥰

    ReplyDelete
  41. Walaupun UKM juga harus dipikirkan strateginya yah, ga ada salahnya promosi, bisa dimulai dari ke blogger hihi

    ReplyDelete
  42. Saat sekarang ini yang paling tepat memang pemasaran secara online tapi harus tau juga target dan bagaimana caranya ya mbak.

    ReplyDelete
  43. Setuju, Teknologi digital pastinya memilikinya peran dan sangat mendukung sebagai penunjang usaha, terlebih para pelaku UKM

    ReplyDelete
  44. Bener banget pemasaran online sangat penting bagi UMKM. Apalagi sekarang ini semua orang sudah beralih ke online. Beli makanan aja sudah online, beli pakaian dan belanja keperluan aja sudah online.

    ReplyDelete
  45. Pemasaran lewat online memang mempunyai banyak kelebihan dibanding secara offline apalagi door to door tapi meskipun begitu harus memiliki strategi agar pemasarannya berjalan efektif

    ReplyDelete
  46. Strategi pemasaran online buatku memang sangat efektif sih mba buat ukm. adik ku kebetulan ada usaha jualan makanan, dan semuanya dilakukan secara online mulai dari upload di medsos sampai menerima pesanan. Jangkauan pasarnya lebih luas banget sih kalau online. Terimakasih sharingnya yaa mbaa :)

    ReplyDelete
  47. Menurutku, di era digital ini, online marketing atau pemasaran online udah jadi pilihan yang cukup menjanjikan. Effort less, profit more hehe

    ReplyDelete
  48. Memang jika usaha seperti UKM harus perkenalkan produk lewat kecanggihan internet, dan disini peran pemerintah mengadakan sosialisasi bagi beberapa pelaku usaha UKM. Apalagi sebagian orang kemungkinan masih belum melek teknologi.

    Dan diharapkan dapat memberi penjelasan tentang manfaat strategi pemasaran lewat media online, agar dikenal lebih luas lagu usaha yanh dirintis

    ReplyDelete
  49. Yap setuju, pemasaran secara online punya banyak manfaat positif untuk bisnis salah satunya dari sisi biaya promosi karena ada banyak pos yang bisa ditekan, tapi memang untuk menerapkan strategi ini haruslah tepat agar sasaran pasar yang ingin dicapai bisa berhasil.

    ReplyDelete
  50. Salut banget sama pengusaha yang sudah merambah dunia digital marketing begini.
    Selain jangkauannya lebih luas juga memberi kesempatan untuk makin berkembang dalam segala bidang yaa..

    ReplyDelete
  51. Bener banget nih UKM sekarang memang wajib di support untuk marketing online dan owner nya pun di berikan edukasi mengenai marketing online juga agar tak salah dalam alur pemasaran nya dan berbagai aplikasi pun makin banyak bertebaran ya

    ReplyDelete
  52. Sebagai konsumen, aku kadang ngecek apakah si penjual ini punya website atau enggak. Rasa-rasanya kalau penjual ini aktif di segala lini sosmed dan punya website tersendiri, itu artinya penjual ini niat dan terpercaya

    ReplyDelete
  53. Eranya memang sudah berubah ya, sekarang serba online. Sebagai konsumen saya juga lebih senang belanja online, lebih mudah dalam segala hal.

    ReplyDelete
  54. dalam bisnis online pasti sangat butuh srategi pemasaran online dan pastinya agar bisa dapat profit yang gede

    ReplyDelete
  55. Ukm memang udah waktunya melakukan strategi oemasaran secara online yaa... Ngikutin zaman... Dengan begituharapannya bisnis semakin berkembang

    ReplyDelete
  56. Yup sekarang zamannya online ya..jadi memang harus melakukan strategi penasaran online kalau mau produknya laris.

    ReplyDelete
  57. Kurasa saat ini nyaris semua profesi butuh ilmu untuk pemasaran online. Apalagi, mau gak mau, gara2 pandemi ini semua dipaksa go digital lho hihi

    ReplyDelete
  58. Setuju banget dengan tipsnya kak UMKM supaya lebih maju juga musti mengikuti jaman yang serba online ini

    ReplyDelete