...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Wednesday, September 2, 2020

Alasan Menulis di Blog Versi www.cerryku.com

Alasan menulis bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Demikian pula media yang digunakannya. Ada yang suka menulis di buku, lewat platform seperti kumparan, kompasiana atau yang lainnya, ada juga yang memilih menulis di blog seperti saya. Semua tentu mempunyai motivasi dan pertimbangan sendiri-sendiri.

Alasan menulis di blog

Latar Belakang Saya Menulis di Blog

Awalnya hal yang mendorong saya menulis di blog adalah karena saya bosan dengan rutinitas saya sebagai ibu rumah tangga.

Semula, saya adalah perempuan bekerja. Situasi dan kondisi membuat saya harus resign dari pekerjaan. Keluarnya saya dari pekerjaan menimbulkan masalah baru. Selain saya kehilangan pendapatan yang saya dapatkan setiap bulan, saya juga kehilangan tempat untuk mengekspresikan diri. 

Akhirnya saya pun teringat hobi lama,  yaitu menulis. Kesukaan saya merangkai kata mungkin terbentuk karena kegemaran saya membaca.

Membaca dan menulis memang dua kegiatan yang saling beriringan, dan tidak terpisahkan. Kita tidak mungkin bisa menulis kalau kita tidak suka membaca. Dan dengan membaca membuat kita berkeinginan untuk mencoba menulis juga. 

Sejak kecil saya punya cara belajar yang berbeda. Saya suka menuliskan kembali apa yang saya baca dan saya dengar. Saya juga sangat suka membuat ringkasan.  Menuliskan kembali apa yang saya baca dan saya dengar membuat otak saya mudah menyerap materi yang diberikan.

Motivasi Saya Menulis Di Blog

Hobi menulis tentu saja hanya satu dari sekian banyak alasan mengapa saya tetap konsisten menulis di blog. 

Alasan menulis lainnya adalah karena saya banyak memperoleh manfaat dari ngeblog, diantaranya :

1. Bisa Curhat Dengan Sehat

Saya adalah seorang introvert. Sangat susah buat saya untuk curhat masalah pribadi kepada orang lain ataupun keluarga.

Terlebih saya punya pandangan, curhat masalah kita kepada orang lain justru akan menimbulkan masalah baru yang membuat kepala tambah pening.

Alasan menulis di blog
Gaya anak introvert (doc.pri)

Jadi menulis di blog menjadi cara saya mencurahkan isi hati. Meskipun beberapa tidak saya publish tapi untuk saya konsumsi sendiri . 

2. Mendatangkan banyak kawan dan peluang

Awalnnya ngeblog buat saya hanya untuk mengisi waktu luang. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, ngeblog menjadi aktivitas yang mendatangkan cuan. 

Berawal dari kesukaan saya sharing  artikel di facebook, membuat saya dipertemukan dengan grup Komunitas Bloger Jogja. Lewat komunitas ini wawasan saya tentang blogging bertambah luas demikian pula dengan jaringan pertemanan saya. 

Dari ngobrol-ngobrol dengan bloger-bloger yang lebih senior saya jadi tahu bagaimana cara memonetisasi blog. Lewat komunitas juga saya banyak memperoleh informasi tentang event bloger yang bisa saya ikuti.

Salah satu kesempatan yang baru saja saya dapatkan karena konsisten menulis di blog adalah tawaran kerja sama untuk membuat buku antologi bersama teman-teman dari komunitas Indonesian Female Blogger yang direncanakan terbit minggu pertama September ini. 

3. Berbagi Kebaikan Dengan Cara yang Gampang

Membagikan pengalaman yang kita punya dan ternyata berdampak positip bagi yang membaca, tentu itu sesuatu yang menyenangkan.

Dan semudah itulah kebaikan bisa didapatkan oleh seorang blogger. Hanya dengan menulis yang baik-baik, maka kebaikan pula yang datang kepada kita. 

4. Ngeblog adalah Profesi

Bagi saya saat ini ngeblog adalah profesi. Karena dari kegiatan ini saya bisa mengumpulkan pundi rupiah. Karena sudah saya anggap profesi, maka saya harus konsisten untuk menjaga performa blog saya. Salah satunya dengan konsisten menulis.

5. Menambah Ilmu dan Wawasan Baru

Saat ini blog menjadi salah satu media yang sering diajak perusahaan/instansi untuk turut mensosialisasikan program atau produk baru yang mereka miliki. 

Dan menghadiri event semacam ini semacam privillage yang hanya bisa dimiliki oleh bloger, yang bisa memenuhi standard/spesifikasi yang diminta oleh brand atau perusahaan. Karena biasanya hadir ke event semacam itu harus melalui tahap seleksi.

Adanya seleksi ini, membuat kita sebagai bloger harus selalu update pengetahuan agar performa blog kita meningkat. Pemahaman tentang SEO, cara membuat artikel yang baik dan enak dibaca, mutlak diperlukan agar blog kita tidak tenggelam. 

Hal ini membuat kita sebagai bloger tertantang untuk terus menambah kemampuan diri. Misalnya dengan mengikuti kelas-kelas kepenulisan atau kelas tentang SEO yang banyak diselenggarakan, baik yang berbayar maupun yang free

Tentang Kelas Growth dari Growthing.id

Salah satu kelas yang saat ini tengah saya ikuti adalah kelas Growth dari Growthing.id. Kelas ini memberi materi yang komprehensif, yang bagus untuk dikuasai para bloger.

Sebagai salah satu peserta, saya merasa senang sekaligus senam jantung. Senang karena berkesempatan menambah ilmu, senam jantung karena sewaktu-waktu bisa tereliminasi.

Seleksi peserta untuk kelas ini memang ketat sekali. Perlu mendaftar sampai 3 kali baru saya bisa lolos seleksi. 

Sistem pembelajaran yang dirancang di kelas ini sangat ketat dan memakai sistem gugur. Setiap kali materi selesai diberikan, kami langsung diberi tugas yang harus dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat. Bagi yang tidak mengerjakan tugas, dipersilakan meninggalkan kelas. 

Mungkin memang sistemnya sengaja dibuat demikian. Agar yang konsisten dan mau belajar saja yang benar-benar bertahan. Maklum kelasnya free alias tidak berbayar. Kalau tidak dibuat aturan yang ketat, khawatir pesertanya tidak menyimak materi dengan benar.

Kelas ini digawangi oleh Mbak Monica Anggen,  Mas Irwin, dan Mas Pewe. Ketiganya ahli di bidangnya masing-masing. Mbak Monica jago di kepenulisan, sementara Mas Irwin dan Mas Pewe mumpuni di SEO. 

Kelas ini dirancang untuk 30 hari, dengan jadwal dan materi yang sudah ditentukan. Sessi pertama dimulai hari Selasa, 1 September 2020, dengan bahasan materi tentang "Mahir Menulis dan Editing Blogpost" dengan pemateri Mbak Monica Anggen.

Mbak Monica sendiri memiliki latar belakang seorang penulis, sebelum akhirnya terjun ke dunia bloger. Sehingga tulisan-tulisan di blognya banyak membahas tentang serba-serbi dunia literasi.

Beberapa karya bukunya banyak yang best seller. Diantaranya yang berjudul Nggak Usah Kebanyakan Teori Deh…!, Yakin Selamanya Mau Di Pojokan?!, 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes, 99 Cara Mengasah Intuisi ala Sherlock Holmes, 99 Cara Perbedaan Mengelola Waktu Miliarder vs Orang Biasa, dan 99 Cara Bangkit dari Keterpurukan Miliarder vs Orang Biasa.

Materi Kepenulisan Dari Mbak Monica

Pernah membaca ungkapan Content is the king? Nah, dalam pembahasan materi kali ini, Mbak Monic memberikan tips dan ilmunya agar tulisan yang kita buat ada isinya namun tetap enak dibaca. 

Beberapa poin yang perlu kita simak terutama ketika kita menulis di blog adalah :

1. Motivasi menulis

Ingatlah apa yang menjadi motivasi atau alasan kita dalam menulis di blog  Karena ini menentukan konsistensi kita dalam menekuninya. Hanya yang konsisten dan mau beradaptasi yang bisa bertahan.

2. Kaidah yang harus diperhatikan

Tetap memperhatikan kaidah 5W + 1 H, EYD, dan kesinambungan antar paragraf. Pembuatan outline sangat penting dan memudahkan ketika kita membuat tulisan berdasar kaidah SEO. 

Karena kita akan lebih mudah menyebar keyword yang kita targetkan, termasuk menyusun h1 sampai h3 misalnya.

3. Hati-hati dengan press release

Biasanya ketika kita bekerja sama dengan brand, pihak brand akan memberikan press release kepada kita. Kecenderungan yang terjadi, bloger sering mengutip press release tanpa dimodifikasi. 

Hal ini sangat tidak disarankan karena disamping membuat image kita yang kurang bagus di mata brand, blog kita juga dapat terkena imbas karena banyaknya duplicate content. Cara terbaik adalah dengan melakukan rewrite dan ditambahkan user experience sebagai sentuhan personal.

Karena kelebihan tulisan di blog adalah ulasan berdasar pengalaman dan ditulis dari hati. Sehingga efeknya lebih terasa dan mengena.

5. Tips menulis bahasan yang setema

Agar tulisan kita tidak sama dengan yang lainnya, cari referensi sebanyak-banyaknya, dan ulas dari sudut pandang yang belum ada. 

Gunakan pula diksi atau padanan kata yang berbeda. Dan untuk dapat melakukannya, kita memang harus banyak membaca.

6. Tulisanmu adalah dirimu

Hal di atas menjadi pengingat kita, dan hati-hati ketika menulis. Karena apa yang kita tulis mempengaruhi cara pandang orang kepada kita. Dalam materi yang disampaikannya, Mbak Monic juga menekankan bahwa pada akhirnya keberhasilan kita ditentukan oleh 1% bakat, dan sisanya adalah kerja keras. Tidak ada artinya bakat yang kita miliki kalau tidak ada usaha keras untuk memupuk dan mengembangkannya. 

Nah, demikianlah alasan menulis di blog versi saya dan sedikit ringkasan materi yang disampaikan di sessi pertama kelas Growth yang saya ikuti. Semoga saya dan teman-teman yang membaca tulisan ini yang mungkin memiliki hobi menulis seperti saya, dapat terus bertumbuh dan menjaga motivasi agar selalu ada dorongan menulis. Sehingga kita dapat terus menebar kebaikan melalui tulisan.  

Salam....

53 komentar:

  1. Curhat sama orang lain kadang malah bikin masalah, mba. Tapi jadi bom waktu jika ga dikeluarkan unek-uneknya. Dan menulis ini memang jadi salah satu jalan keluarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul mb ..itu nyata terjadi. Rahasia yang akhirnya jadi ke mana2..hihi.

      Delete
  2. Pada saat mba monica bilang tulisanmu adalah dirimu, makjleb banget rasanya mba. Memang benar sih aku akui. Daripada "ngrasani" orang lebih baik aku tulisakan saja deh di blog agar bisa kita petik hikmahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, paling nggak, misalnya blm nemuin solusi, kita bisa meredam emosi. Ye kan?

      Delete
  3. Paling suka poin pembahasan dari Mbak Monica Anggen di bagian " Tulisanmu adalah dirimu "

    Karena pada dasarnya setiap orang memiliki gaya penulisannya tersendiri.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget kalo dengan menulis kita bisa berbagi dengan cara yang mudah.. Semangat ngeblognya mba

    ReplyDelete
  5. Yuk ah tosan dulu kita hihi. Pokoknya harus tetep konsisten ya ngeblognya apalagi udah gabung komuintas + ikut kelas growthing pastinya tambah semangat ngeblognya

    ReplyDelete
  6. Setujuuuu. Ngeblog bisa buat nambah teman, buktinya aku kenal Mbak Sapti juga gegara ngeblog. hehehe

    ReplyDelete
  7. Saya sampai sekarang Mbak harus menulis kembali apa-apa yang saya baca dan saya dengar. Dengan begitu, smeua terasa lebih mudah diingat dan lebig lekat diingatan.

    ReplyDelete
  8. Salam kenal Mbak😊 kadang masih suka keseleo gitu kalau nulis tulisan yang setema. Kudu banyak referensi yaa hihi.... Btw gaya anak introvert itu tjakeps. Tips mbak Monic bermanfaat banget. Tapi masih belum ngeh teknik membaca cepat. Smoga suatu saat bisa belajar.

    ReplyDelete
  9. Memang ya mba, nulis di blog bikin nambah pertemanan. Jadi bisa dapat ilmu baru dan bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  10. beyul juga mba, melalui blog kita bisa berbagi kebaikan dengan gampang

    ReplyDelete
  11. Awalnya ngeblog mirip. Biar otak tetap bekerja. Aku awal ngeblog pelarian karena ga lolos CPNS...ha..ha.

    Dulu resign kerja karena susah mbagi waktu antara kerjaan sama rumah (rumah-kntr jauh, jam kerja ga tetep..krn media)..habis itu cita2 jadi PNS biar jam kerjanya lbh enak.

    Malah moratorium lama...

    Giliran ada, umur dah hampir exp. Nyoba, ga lolos. Kecewa bngt. Larilah ke blog.....

    Sekarang udah ikhlas sih...ya meskipun kadang gimana gitu krn blogger kan profesi yang ga semua orang tahu dan paham. Meskipun itu lingkup keluarga terdekat.....

    Tetep aja dipikir aku pengangguran yang sering mainan ponsel...😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wikikik...malah keren mb, pengangguran banyak duit...aamiin...

      Delete
  12. Selain dapet banyak teman dan ilmu dari blogging, juga dapet banyak peluang ya mbk. Seperti dapat tawaran dari berbagai brand.

    ReplyDelete
  13. Bergabung dengan komunitas memang banyak keuntungannya ya mbak, jadi banyak belajar dan membuka jalan rezeki juga

    ReplyDelete
  14. Curhat berbonus banyak hal yang berfeadah ya mba jadinya.Semangat pokoke.

    ReplyDelete
  15. Samaan kita ya mbak. Jadi kalau aku, berani ninggalin kantor karena ingin fokus di nulis & aktivitas lain yg butuh waktu fleksibel. Lebih sehat lahir batin. hehe ....

    ReplyDelete
  16. Beruntung kan mbak dikau ngeblog, jadi bisa kenal dan berteman dgn aku. #apasih 🤣

    ReplyDelete
  17. Seleksi peserta untuk kelas ini memang ketat sekali. Perlu mendaftar sampai 3 kali baru saya bisa lolos seleksi.
    Wah wahh ini kece bangettt nih.... pasti bakal lahir maestro blogger yg makin heitss dari kelas ini. Semangaaatt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga lolos sampai akhir mbak...nggak tereliminasi...aamiin..

      Delete
  18. Wah ini, ilmunya banyak dan PR kubjuga jadi tambah banyak, biar bisa konsisten nulis, menemukan jati diri lewat tulisan dan berakhir cuan, aseeekkkk

    ReplyDelete
  19. Ngeblog emang pelarian benar dan bijak menurutku, jadi ibu rumah tangga itu rentan bosan ya mba, saya ngerasain kok bahkan hampir depresi, udah nangis2 buat suami bingung, hhee.
    Alhamdulillah dari ngeblog energi tersalurkan.

    ReplyDelete
  20. Aku mulai menulis karena dulu sering banget meringkas pelajaran. Kemarin gak daftar kelasnya. Kondisi lagi belum memungkinkan. Jadi pas dulu deh

    ReplyDelete
  21. sama mbak, pengen banget nge-blog jadi profesi

    ReplyDelete
  22. Setuju dengan ini:
    keberhasilan kita ditentukan oleh 1% bakat, dan sisanya adalah kerja keras.

    Kalau memang giat, in syaa Allah bisa.

    ReplyDelete
  23. Mbaaa... doakan aku bisa kaya kamu yaa...
    bekerja dari rumah lewat menulis, supaya bisa membersamai anak lebih lama ^^

    ReplyDelete
  24. Menambah ilmu dan wawasan baru lewat menulis di blog memang daku rasakan, terlebih lagi karena daku belum berumah tangga jadinya kalau berkunjung ke blog yang tulisannya tentang parenting serasa lagi kursus pra nikah

    ReplyDelete
  25. Aku juga rada susah cerita dengan orang lain mbak, suudzon terus karena ga percaya dia bisa jaga rahasia. Untung punya media mencurahkan perasaan di blog ini. Jadi tidak menumpuk perasaan ga enaknya.

    ReplyDelete
  26. Dengan menulis ilmu akan lebih melekat. Jadi ingat curhatan teman-teman yang bikin contekan saat ujian. mereka ingat pernah tulis materinya tapi lupa isinya 🤣

    ReplyDelete
  27. Wahh ngeblog sudah jadi profesi bagi mbaknya yah, saya masih tahapan menulis suka-suka. Pas suka ya nulis, pas lagi enggak ya enggak. Tapi, boleh banget yah ditekuni perlahan-lahan

    ReplyDelete
  28. Memang ini satu-satunya kelas yang bikin senam jantung. Tapi penasaran.. tapi nagih wkkw. Semangat terus ngeblognya mbak.

    ReplyDelete
  29. Hai mbak... salam kenal ya...
    Seneng banget bisa ikut belajar bareng di KGB.
    ayo terus semangat ngeblog apapun alasan kita

    ReplyDelete
  30. Yaps, latar belakangku nulis di blog ya karena bingung mau ngapain sbg ibu RT hahaha. Eh dari ngeblog, banyak dapet insight. Btw kangen ketemu Mbak Sapti lagi.

    ReplyDelete
  31. Asyiknya bisa melanjutkan hobi lama sambil meraup banyak manfaat, ya.

    ReplyDelete
  32. Ilmu yang bergizi banget dari Mbak Monic ya Mbak. Memang banyak alasan mengapa kita cinta banget dengan aktivitas blogging. Alasannya macam-macam. Yang jelas sharing yang kita lakukan semoga bermanfaat bagi pembaca ya Mbak

    ReplyDelete
  33. Setujuuu aku dengan statement "tulisanmu adalah dirimu". Diriku juga sama denganmu yaitu introvert. So, aku lebih suka mengungkapkan perasaan lewat tulisan. Seringkali tulisan-tulisanku terbawa oleh suasana hati. Btw senang sekali aku, berkah dari ngeblog adalah kembali berteman dekat dengan Sapti :) Sukses selalu untukmu, Sapti..

    ReplyDelete
  34. Sama mbak, saya juga introvert dan merasa lebih nyaman mengungkapkan perasaan lewat tulisan...

    ReplyDelete
  35. Kalau aku dulu alasan bikin blog buat tempat curhat, nah baru 3 tahun belakangan ini diseriusin. Selain itu bisa meninggalkan jejak digital juga, biar suatu saat anakku sudah tau tentang blogging dia bisa baca tulisan ibunya.

    ReplyDelete
  36. Betul banget, alasan ngeblog setiap orang berbeda. Apapun itu alasannya , kalo dijalankan dengan happy dan konsisten bakalan terus berkembang dan akan menjadi tulisanmu ya dirimu.

    Semangat dan happy blogging!

    ReplyDelete
  37. Setuju Mbak, ngeblog itu mendatangkan banyak teman dan peluang. Peluang untuk mendapatkan berbagai kesempatan dan kerja sama dengan berbagai brand.

    ReplyDelete
  38. KElasnya sangat menginspirasi ya mba... semoga ada kesempatan untuk ikutan dengan kelasnya Mba Monica...

    ReplyDelete
  39. awal awal nulis blog tuh motivasinya emang kayanya buat tempat curhat aja ya maaaak, eh pas tau bisa menghasilkan juga lewat blog, malah makin semangat ngeblog yaaa.. hihi

    ReplyDelete
  40. Hehe mereka yang mengutip plek press rilis kyknya emang passion nulisnya kurang barangkali ya :D
    Soalnya kalau dia punya kegemaran menulis dia pasti akan menulis event atau campaign yang dijalankannya sesuai dengan ide2 yang ingin dikembangkannya :D
    Yaaa moga kita semua selalu jd bloger yg selalu mau belajar jd lbh baik lg ya mbak :D

    ReplyDelete
  41. Menulis memang istimewa yaa, kak...
    Bisa mengenal banyak orang dan sahabat dari berbagai tempat.
    Salam kenal, kak Sapti.

    ReplyDelete
  42. AKu menulis blog semeng bgt karena jadi punya banyak temen mba. Happy

    ReplyDelete
  43. Dulu waktu resign kepikiran juga kepikiran, di rumah aja mau ngapain?
    Alhamdulillah dipertemukan kegiatan ngeblog dan ternyata asyik.
    Temen bisa nambah walo di rumah aja. Ilmu juga berkembang.

    Syarifani

    ReplyDelete

 
Top