...

Berisi cerita dan pengalaman sehari-hari yang mudah-mudahan menginspirasi...

Thursday, October 1, 2020

FunTalk Home Credit, Memaksimalkan Jualan Kuliner Via MedSos

Mengikuti acara FunTalk yang diadakan Home Credit bermanfaat sekali. Menambah wawasan dan ilmu yang penting untuk dimiliki. Karena aneka topik yang dibahas sangat sesuai untuk diaplikasikan di masa pandemi.


Saat ini, agar dapat bertahan kita dituntut untuk kreatif dan mampu memanfaatkan peluang untuk berbisnis.


FunTalk bareng Home Credit


Tinggal di rumah dan tidak bisa ke mana-mana bukan berarti kita tidak bisa upgrade ilmu dan keahlian. Apalagi di era serba digital seperti sekarang. Kesempatan untuk belajar sangatlah terbuka lebar. Bahkan tanpa batasan waktu dan wilayah. Yang terpenting adalah niat dan keinginan untuk selalu belajar dan berani mencoba.


FunTalk #AyoMajuBersama "Makin Menjual Lewat Media Sosial"


Salah satu cara menambah wawasan yang bisa kita lakukan, adalah dengan mengikuti acara FunTalk yang rutin ditayangkan di Instagram live Home Credit setiap Rabu malam pukul 19.00 WIB. Selain menghadirkan pembicara yang kompeten dan inspiratif, acara FunTalk ini juga bertabur hadiah berupa voucher belanja total 2 juta rupiah untuk 10 orang pemenang yang beruntung.


Aneka topik yang dibahas dalam acara FunTalk ini sangat menarik. Salah satunya yang kemarin baru saja saya ikuti yang tayang di hari Rabu tanggal 30 September 2020. Tema yang dibahas adalah tentang "Menjual Lewat Media Sosial". Khususnya untuk bisnis kuliner yang di masa pandemi ini punya peluang yang tinggi untuk dikembangkan.  


Acara ini menghadirkan pembicara William Gozali, seorang chef jebolan ajang kompetisi memasak bergengsi yang juga sekaligus seorang content creator. Dalam acara FunTalk kali ini Chef WillGoz membagikan pengalaman sekaligus tips yang bisa diikuti untuk memaksimalkan bisnis kuliner yang sedang dirintis.


FunTalk Home Credit bareng WillGoz
Mengikuti FunTalk Home Credit dari rumah (doc. pri)


Menurut Chef WillGoz, memasarkan produk kuliner yang kita jual melalui media sosial adalah sebuah keharusan. Karena biaya yang kita keluarkan akan lebih hemat, tetapi berefek besar. 


Namun sebelum kita memutuskan untuk memasarkan produk melalui media sosial yang kita punya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yakni :


Menentukan Produk Apa Yang Akan Kita Jual

Di masa pandemi seperti sekarang, kita harus jeli memilih produk yang hendak kita jual. Keterbatasan orang untuk ke luar rumah harus menjadi pertimbangan.


Oleh karena itu Chef WillGoz menyarankan untuk menjual produk frozen food atau lauk kering. Alasannya karena produk ini memiliki waktu simpan yang lama, sehingga memperkecil risiko kerugian. 


Selain itu produk frozen maupun makanan kering juga memiliki jangkauan pengiriman yang luas. Terlebih saat ini banyak eskpedisi menyediakan layanan pengiriman yang bisa kita pilih sesuai dengan umur simpan dari produk yang kita pasarkan.


Memastikan Kualitas Produk Kita Layak Jual

Marketing yang kita lakukan akan sia-sia jika produk yang kita jual kualitas terutama dari cita rasanya belum teruji. Oleh karena itu sebelum memutuskan memasarkan produk kita melalui media sosial kita harus melakukan uji coba cita rasa dari produk yang akan dijual.


Meminta testimoni dan saran dari orang-orang di sekitar kita sangat diperlukan. Selain itu kita juga harus jujur kepada diri sendiri. Ketika kita mencicipi produk yang kita produksi, kita harus bertanya pada diri sendiri. Maukah kita mengkonsumsi produk tersebut minimal seminggu dua kali. 


Penilaian jujur dari kita maupun orang-orang terdekat sangat penting untuk menentukan produk tersebut layak jual atau tidak. Untuk produk frozen food, kita juga harus memastikan apakah cita rasa produk tidak berubah setelah pengiriman (berada di luar freezer). Setelah tahap ini oke, baru kita lanjut ke tahap pemasaran yang lebih luas lagi.


Menentukan Media Penjualan

Sebagai etalase dari produk yang kita jual, kita perlu menentukan di mana kita akan memajang produk kita. Sebagai awal, Chef Wilgoz menyarankan untuk menjual lewat e-commerce. Karena di e-commerce nyaris tanpa biaya (fee) yang dibebankan kepada kita. Kalaupun ada, besarnya tidak seberapa dibanding jika kita menggunakan media ojek online.


Selain itu menjual lewat e-commerce juga dapat meminimalkan biaya inventori kita. Karena kita bisa menjualproduk dengan sistem pre order.


Menjual Lewat Media Sosial

Jika kita memutuskan untuk menjual lewat media sosial, maka foto yang bagus adalah keharusan. Karena orang melihat produk kita lewat foto yang ditampilkan, maka kita harus memastikan gambar atau foto yang kita unggah memiliki kualitas yang bagus dan mampu  membangkitkan selera.

 

Selanjutnya kita perlu untuk menentukan desain atau kemasan dari produk yang kita jual. Terutama packaging yang dapat menjaga cita rasa dan penampilan dari produk yang pasarkan. Karena bagaimanapun dalam bisnis makanan, masalah rasa adalah yang paling utama. 


Memilih Media Sosial yang Digunakan

Selanjutnya, kita harus memilih media sosial yang akan kita gunakan. Berdasar pengalaman, Chef WillGoz menyarankan untuk menggunakan Instagram Ads dan FB Ads. Karena keduanya sangat bagus pengaruhnya di marketing dan juga lebih efisien. 


Saat mengelola media official dari produk kita, selain kualitas foto seperti yang sudah saya jelaskan di atas caption juga sangat penting. Kita harus bisa membuat caption yang menarik dan disertai pesan atau joke yang membuat follower tertarik berinteraksi. Misalnya dengan mengadakan kuis atau give away yang menarik.


FunTalk Home Credit
Sessi kuis yang seru (doc.pri)


Kita juga harus punya strategi dalam berpromosi. Jangan mengeluarkan promo besar-besaran sehingga membuat pembeli hanya mau membeli produk kita ketika saat promosi saja. Lebih baik kita memberi harga yang reasonable dari pada harus banting harga.


Strategi Lain yang Bisa Dicoba

Sebagai pendatang baru di dunia kuliner, tentu kualitas produk kita belum banyak yang tahu dan belum teruji. Sehingga kita perlu memperluas jaringan agar produk kita dikenal. Dan tips dari Chef WillGoz ini bisa dicoba :

1). Gunakan akun bisnis. 

Karena ini memudahkan kita melakukan analisa terhadap konsumen yang menjadi target kita. 


2). Follow akun dari para selebgram, food blogger, atau food vlogger. 

Sesekali berinteraksi dengan memberi komen yang relevan dangan postingan mereka. Tapi ingat, jangan spam ya, karena berisiko direport yang akan merugikan kita sendiri.


3). Berpromosi 

Sesekali berpromosi di akun-akun tersebut di atas dengan cara yang  baik dan pas momentnya.


4). Jajaki Kerjasama 

Ajukan semacam proposal kerjasama dengan para blogger, vloger, dengan sistem barter. 


5). Terus Berinovasi

Inovasi harus terus dilakukan baik dari cita rasa, kemasan atau yang lainnya. Agar pelanggan tidak merasa bosan dan beralih ke produk yang lain. Berbisnis harus kreatif agar produk terus berkembang dan usaha semakin maju. 


Nah, itulah beberapa poin yang disampaikan Chef WillGoz dalam acara FunTalk yang diselenggarakan tanggal 30 September 2020 lalu. Cukup menarik dan bermanfaat bukan? 


Masih banyak lho topik-topik menarik lainnya yang bakal dibahas di acara FunTalk yang diselenggarakan Home Credit setiap minggunya. Agar tidak ketinggalan informasinya, teman-teman follow saja akun instagram homecreditid ini. Lumayan kan, busa menambah ilmu serta wawasan dari rumah, dan siapa tahu beruntung dapat hadiah.


Semoga tulisan ini bermanfaat yaa...


33 komentar:

  1. Seruuu semua tips-tips nya menarik, bisa diterapkan di sosial media masing-masing. Semoga next ada lagi fun talk kayak gini bareng home credit.

    ReplyDelete
  2. Saya penasaran dengan FunTalk Minggu depan. Pasti lebih seru dan banyak ilmunya juga. Saya mau nonton lagi...

    ReplyDelete
  3. Wah keren nih acara, ada banyak bintang tamu yang memang pelaku dan menginspirasi.

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali tipsnya. Dari Chef WillGoz jadi terinspirasi untuk memilih produk baru lagi untuk menjadikannya bisnis😍

    ReplyDelete
  5. Inovasi merupakan salah satu trik untuk terus bertahan di dunia usaha. Terkadang ide-ide baru yang bahkan tidak pernah terfikirkan sebelumnya yang terkadang menyelamatkan sebuah usaha sehingga tidak bangkrut.

    ReplyDelete
  6. Nah penting nih...Tentukan dulu produk apa yang ingin dijual. Fokus-fokus-fokus...
    Seringnya kita kan serabutan gitu, segala mau, malah berantakan. Makasih nih tipsnya. Chef WillGoz memang menginspirasi yah...

    ReplyDelete
  7. Bener banget. Menentukan media sosial yang akan digunakan untuk promosi nih penting. Satu atau dua aja tapi dimaksimalkan pasti hasilnya akan berbeda daripada semua dipake tapi asal jalan.

    ReplyDelete
  8. Baru mau coba buka usaha, tipsnya bagus juga, hanya tinggal konsisten aja.. ini yang slalu jadi masalah kedepan saya

    NurS

    ReplyDelete
  9. acara FunTalk dari Home Credit benar2 banyak manfaatnya ya mbak. Terlebih saat pandemi ini. Dan ternyata meski di rumah saja bukan berarti kita tidak bisa berpenghasilan ya mbak...Banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk memasarkan produk melalui e-commerce, salah satunya melalui market place...wajar saja sekarang market place makin ramai, banyak barang yang ditawarkan mulai dari yang baru sampai second. Saya pun nyaman belanja di market place...aman dan terpercaya.

    ReplyDelete
  10. Tips yg bagus dan relevan untuk masa sekarang. Memanfaatkan medsos utk promosi bisnis memang perlu dilakukan, mengingat hampir semua orang (customer) punya Medsos dan mengaksesnya tiap hari

    ReplyDelete
  11. Ternyata acara FunTalk ada setiap hari Rabu. Boleh nih, coba besok aku pantengin live IGnya pas hari Rabu.

    Chef WillGoz bener juga, jualan melalui e-commerce biayanya lebih kecil. Dan jangkauannya juga sangat luas.

    ReplyDelete
  12. Hai mba sapti.. Untuk tau kapan ada acara kayak gini lagi di mana yaaa? Ketinggalan akuh nih..menarik ternyata pembahasannya

    ReplyDelete
  13. Bener banget nih, apa pun usaha atau bisnis yang dijalanin, rasanya akan sangat kurang sekali kalau kita tidak memasarkannya melalui sosial media. Kalau menurut aku sih sosial media paling berpengaruh sekarang ya instagram sama tiktok, banyak anak-anak muda yang mungkin tergiur dengan konten yang kita tawarkan.

    ReplyDelete
  14. Karena udah sebagian besar orang punya akun medsos, memang lebih baik memasarkan produk usaha lewat medsos, bisa dipantau juga, dan bisa menjangkau lebih luas

    ReplyDelete
  15. Berjualan lewat media sosial memang sudah jadi keharusan sih, ya. Bahkan bisa dengan cara paling mudah, yaitu pasang status di WA. Ini salah satu bentuk promosi yang harus dilakukan. Gimana orang tahu kita jualan kalau nggak bilang?

    ReplyDelete
  16. Lengkap banget mbak step dan saran2nya. Makasih, sangat bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  17. Jualan melalui e-commerce hanya butuh sedikit biaya memang ya, modal kuota aja . Sekarang melalui sosmed memang bisa viral dan sangat membantu apalagi untuk berjualan.

    ReplyDelete
  18. Seru banget ya acara fun talk nya home Credit aku pernah ikut, dapat motivasi dan tips langsung dari ahlinya tuh bener bener bikin kita langsung semangat lagi

    ReplyDelete
  19. Pas banget emang bisnis Frozen food dengan keadaan pandemi seperti ini Mba..
    Soalnya kebanyakan kita semua ada di rumah. Butuh makanan yang cepat bisa didapat sewaktu-waktu.

    ReplyDelete
  20. Menentukan mau jualan apa, oke. Mastiin kualitas apalagi masih coba-coba, ini yang kadang bikin gemas. Jualan makanan kan gak bisa sembarang atau asal booming aja. Rasa tetap harus jadi nomor 1. Dan sekarang memang jualan lewat medsos tuh cukup digemari

    ReplyDelete
  21. Aku ada bisnis kuliner baru2 ini yg dijalani. So far masih by WA. Pengennya masuk ke Instagram dan gofood juga, tapi let see dulu nih gimana.

    Willgoz sharenya oke banget memang

    ReplyDelete
  22. berguna banget nih tipsnya untuk pelaku usaha kuliner supaya bisa memaksimalkan media sosial

    ReplyDelete
  23. tipsnya mantuuulll
    Besok Rabu ada IG live lagi yaaa berarti?
    Semoga ga lupa dan bisa nonton jugak

    ReplyDelete
  24. Asik nih funtalk nya yah membahas usaha makanan yah, saya sering pantengin video Wilgoz di youtube.

    ReplyDelete
  25. Padet yaa sharing dari FunTalk #AyoMajuBersama by Home Credit ini, sangat ngebantu para UMKM yang jualan online biar omzetnya naik terus.

    ReplyDelete
  26. Mengoptimalkan media sosial menjadi marketing channel suatu usaha bisa mendatangkan customer dan pemasukan ya

    ReplyDelete
  27. Saya nggak ikutan nih yang tema ini, padahal menarik banget ya.
    Pas juga nih, besok hari Rabu, kira-kira temanya apa ya di Funtalknya.

    Homecredit memang keren, di tengah pandemi ini, dia mengedukasi masyarakat melalui pembicara-pembicara yang keren :)

    ReplyDelete
  28. Tips-tipsnya boleh banget nih dipraktekin. Sekaramg lagi banyak juga yang jualan online, terutama makanan

    ReplyDelete
  29. Cocok banget tips-tipsnya buat yang mau memulai usaha kayak aku nih mbak, walaupun bukan bisnis kuliner. Tapi persiapannya kurang lebih sama. Yang penting punya tekad kuat buat selalu berinovasi.

    ReplyDelete
  30. Funtalks ini temanya bagus-bagus dan kerennya para blogger menuliskannya dengan apik, sehingga ketika ada yang membutuhkan informasi, bisa langsung membacanya. Seperti di sini...Tips terjun ke dunia kuliner.

    ReplyDelete
  31. Ternyata trik untuk komen di akun selebgram ngefek juga yaaa.. Tentunya dengan memperhatikan etika berkomen ya, enggak nyepam jualan gitu. :)

    ReplyDelete
  32. Ya mbak, sekarang mau ga mau kudu Pinter jualan di medsos ya, Karena masa pandemi begini beresiko jualan offline

    ReplyDelete
  33. Tipsnya relevan banget ya. Aku perhatiin memang banyak yang terjun ke bisnis karena pandemi ini

    ReplyDelete

 
Top