Toning Rambut, Tampil Gaya Dengan Rambut Berwarna

toning rambut alami
Sumber gambar : canva

Toning rambut adalah salah satu cara mewarnai rambut yang dirasa paling aman dibanding cat rambut dan bleaching. Perbedaan utama dari toning, bleaching,  dan cat rambut ini terletak dari bahan yang digunakan.

Berbeda dengan bleaching dan cat rambut yang menggunakan bahan kimia yang mengandung hydrogen peroksida, pada hair toning, toner yang digunakan berasal dari bahan alami sehingga aman dipakai.

Alasan Orang Mewarnai Rambut

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin mengubah warna rambutnya. Kalau dulu orang mewarnai  rambut karena sudah mulai muncul uban di sela-sela rambut, sekarang tidak demikian adanya. Selain karena ingin terlihat lebih muda, mewarnai rambut juga diyakini bisa membuat seseorang tampil lebih modis dan gaya.

Dan berikut beberapa alasan mengapa orang-orang memtuskan untuk mengganti warna rambutnya.

1. Membuat Lebih percaya diri

Mengganti warna rambut akan membuat penampilan kita menjadi berbeda. Kita akan terlihat lebih muda dan tampil gaya, sehingga meningkatkan rasa percaya diri kita. Itulah sebabnya mengapa orang suka berganti warna rambut.

2. Ingin mengubah penampilan 

Kadang orang merasa bosan dengan penampilan yang “itu-itu” saja. Dan merasa perlu berganti penampilan. Cara termudah adalah dengan mengubah gaya dan warna dari rambut kita.

3. Ingin bereksperimen atau coba-coba

Trend mewarnai rambut memang banyak dilakukan oleh anak muda. Akibatnya banyak yang ingin melakukan pergantian warna rambut sekedar untuk coba-coba. 

4. Ingin memperoleh keberuntungan

Tidak jarang ketika sedang menghadapi masalah dan ingin melupakannya, seseorang memutuskan untuk mengganti model dan warna rambutnya. Dengan mengganti warna dan model rambut seolah-olah kita lahir sebagai pribadi baru dengan keberuntungan baru.


cara toning rambut
sumber gambar : canva

Pewarnaan Rambut Dengan Toning

Mewarnai rambut dengan toning memang lebih aman. Caranya adalah dengan  memberikan warna pada pigmen rambut dengan melapisi bagian luar tanpa membuka kutikula. Tujuannya agar rambut tidak rusak. 

Namun pewarnaan rambut dengan toning memiliki kelemahan. Diantaranya daya tahan warna rambut yang tidak lama, hanya sekitar 1 bulan saja. Selain itu warna-warna yang ditawarkan juga terbatas, hanya warna-warna natural saja. Dan bagi yang belum pernah mewarnai rambutnya, efek warna yang ditimbulkan juga kurang terlihat nyata.

Meskipun demikian toning juga memiliki banyak kelebihan. Diantaranya memperkuat warna asli rambut. sehingga terlihat lebih sehat dan bercahaya. Toning juga aman dan tidak menyebabkan rambut kering dan bercabang. Selain itu, toning efektif untuk menutup uban. 

Biaya yang dikeluarkan jika ingin melakukan toning rambut tentu berbeda-beda, tergantung daerah dan salon yang kita pilih. Panjang dan ketebalan rambut juga mempengaruhi biaya yang musti kita keluarkan. 

Namun sebenarnya kita bisa lho melakukan toning sendiri. Saat ini sangat banyak produk toning rambut berbagai merk yang beredar di pasaran, yang bisa kita pilih sesuai budget. Karena proses toning rambut ini cukup mudah dan simpel. Kita cukup mengikuti tahapan yang tercantum dalam kemasan produk toning yang kita beli. 

Biasanya prosesnya  hanya perlu tiga langkah mudah yakni :
1. Campur produk toner dengan cairan developer
2. Aplikasikan pada rambut yang ingin kita warna
3. Tunggu beberapa saat, dan bilas rambut hingga bersih.

Bagaimana sangat mudah bukan? Yuk, dicoba... Yang penting ketika kita memutuskan untuk mewarnai rambut, kita harus siap untuk memberinya perhatian ekstra. Misalnya saja dengan memakai masker rambut yang diperlukan untuk menutrisi dan menjaga rambut dari kerusakan. Masker rambut yang kita pilih, tentu saja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam...
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter