Maksimalkan Kemampuan Otak dengan ZenCore dari Zenius

fitur ZenCore dari Zenius
ZenCore dari Zenius (design by canva)

Hai teman-teman, apa kabar, semoga selalu sehat  ya... Bulan Juli ini pasti bulan yang sibuk bagi semua orang tua dan juga siswa. Bulan di mana  tahun ajaran baru akan dimulai. Dan karena pandemi belum juga teratasi,  kita harus siap untuk mendampingi anak belajar daring lagi. 

Berdasar pengalaman dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tahun lalu, untuk mengejar penguasaan materi dan sebagai variasi, anak harus terus diberi pengayaan materi. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi belajar yang semakin banyak bermunculan.

Ada berbagai pertimbangan orang tua dalam memilih platform belajar online buat putra/putrinya. Demikian juga dengan saya, yang kebetulan sudah menjatuhkan pilihan dengan download aplikasi Zenius.

Alasannya adalah selain materi belajar dan fasilitas yang ada di aplikasi Zenius yang menurut saya sangat membantu anak memahami materi, ada fitur ZenCore yang membedakan Zenius dengan aplikasi belajar lainnya. Penasaran dan pengen tahu lebih jauh tentang  ZenCore ? Simak ulasan saya berikut  ya...

Tentang Fitur ZenCore di Aplikasi Zenius

Tidak bisa dipungkiri pandemi membawa dampak di segala sisi. Termasuk di bidang pendidikan. Perubahan cara belajar yang semula tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) tentu membutuhkan adaptasi dari semua pihak. Baik siswa,  orang tua,  dan juga guru.

Awal PJJ sebagai orang tua saya bingung bagaimana memberi variasi materi agar anak mudah paham dan tidak bosan belajar. Maklum anak saya masih SD, yang kesadaran untuk belajar belum sepenuhnya dimiliki.  Anak harus terus didorong agar semangat dan mau belajar meskipun dari rumah.  

Keluhan yang sering disampaikan adalah bosan. Mungkin karena minimnya interaksi baik dengan guru maupun teman, membuat suasana belajar menjadi monoton, jadi wajar jika hal tersebut dirasakan. 

Untungnya kemudian banyak muncul aplikasi belajar yang dapat membantu orang tua dalam memberi pendampingan untuk anaknya. Aplikasi yang diperuntukkan bagi siswa SD sampai SMA ini beragam jenisnya.  

Semua menawarkan keunggulan masing-masing. Salah satu aplikasi yang membuat saya tertarik untuk menggunakan adalah aplikasi Zenius.Ala san pertama tentu saja karena Zenius ini ada fasilitas gratisnya. Jadi saya bisa melihat-lihat dan mencoba dulu fasilitas yang ditawarkan serta melibatkan anak untuk menentukan pilihan juga.

fasilitas free di aplikasi Zenius
Fasilitas free di Zenius (doc.pri)

Dan kebetulan ketika melihat video pembelajaran dan juga soal-soal latihannya, anak saya bilang suka dan mau diarahkan untuk belajar dengan Zenius. Selain itu Zenius juga memiliki fasilitas ZenBot. Dengan fasilitas ini, siswa dapat menanyakan soal matematika yang sulit, hanya dengan mengirimkan foto soal baik lewat whatsapp maupun lewat aplikasi. 

fasilitas ZenBot di Zenius
Fasilitas ZenBot dari Zenius (sumber : website Zenius)

Sungguh sebuah kemudahan yang ditawarkan karena kemajuan teknologi. Fasilitas lain yang juga menarik  dan baru saja diluncurkan oleh Zenius adalah fitur ZenCore.   

Apa itu ZenCore ?

ZenCore merupakan fitur yang ditujukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otak. ZenCore ini lahir dari sebuah keprihatinan karena sistem pembelajaran di Indonesia yang berlaku saat ini masih menggunakan cara pengajaran standard.  Di mana semua materi dan pelatihan yang diberikan untuk semua siswa di kelas adalah sama.  Padahal kita tahu kemampuan siswa sangat berbeda-beda.

Akibatnya siswa yang berpotensi tidak dapat berkembang dengan maksimal, sementara siswa yang kurang cepat menerima materi akan semakin ketinggalan. Oleh karena itu perlu penerapan sistem belajar yang adaptif yang bisa mengakomodir kebutuhan setiap siswa yang beragam tersebut.

Apalagi penguasaan materi  fundamental  sangat penting. Karena berkaitan dengan pola pikir dan kecerdasan dalam menyelesaikan masalah. Sehingga berlatih menggunakan ZenCore akan membantu pengguna untuk menguasai hal-hal dasar yang harus dikuasai untuk meningkatkan kemampuan otaknya.

fitur ZenCore di aplikasi Zenius
untuk mencoba fitur ZenCore, tinggal klik menu ZenCore (doc.pri)

Mengacu pada website Zenius, ZenCore adalah skill atau knowledge yang harus dikuasai oleh semua orang terlepas apapun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjanya. Skill dan knowledge yang dimaksud adalah fundamental skill (terdiri dari matematika, logika, dan bahasa Inggris) serta insightful knowledge yakni berbagai pengetahuan yang insightful, seperti filsafat, sejarah, basic science, dan lain-lain yang membuat seseorang menjadi lebih bisa melihat dunia dengan berbagai sudut pandang.

Dengan ZenCore, semua orang dapat meningkatkan Fundamental Skill dengan berlatih di bagian CorePractice. Bagian ini berisi soal-soal matematika, logika verbal, dan bahasa Inggris, yang dapat melatih cara berpikir semakin cerdas dan oke. Bagian ini berisi ratusan ribu pertanyaan yang dibagi dalam berbagai level atau tingkatan.

Karena fitur ZenCore berbasis Artificial  Intelligent atau kecerdasan buatan, maka soal-soal yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Dan inilah keunikan dari ZenCore, sehingga bisa digunakan untuk segala usia, asal sudah bisa membaca dan paham dengan cerita.

Melatih Kecerdasan Anak Dengan ZenCore

Belajar terutama bagi anak usia SD sering dianggap sebagai beban. Namun dengan menggunakan ZenCore tidak demikian adanya. Dan ini juga yang membuat saya tertarik dan memutuskan untuk download aplikasi Zenius.

Adanya fitur ZenCore bisa menjadi alternatif anak ketika bosan belajar materi pelajaran. Apalagi berlatih soal yang terdapat pada bagian CorePractice pada ZenCore ini juga sangat bagus. Membuat anak terbiasa berpikir cepat serta meningkatkan fundamental skill mereka. 

download aplikasi Zenius dan manfaatkan fitur ZenCore
Fitur ZenCore yang membuat anak bisa belajar #mulaidarimanaaja (doc.pri)

Dan karena modelnya gamifikasi maka anak tidak sadar kalau tengah belajar.  Justru menganggapnya seperti main tebak-tebakan saja. Apalagi Dari awal saya  sudah bilang ke anak saya untuk berani menjawab pertanyaan. Nggak perlu takut kalau salah, yang penting #mulaidarimanaaja.

Jika jawabannya  benar, anak akan senang dan langsung tahu skornya. Dan jika salah, juga akan paham di mana salahnya karena ada pembahasannya. Adanya peringkat, juga membuat anak bersemangat untuk terus  melanjutkan menjawab soal-soalnya.  

pembahasan soal pada fitur ZenCore
contoh pembahasan pada CorePractice di fitur ZenCore (doc.pri)

Jadi CorePractice pada ZenCore ini dapat membangkitkan minat dan keingintahuan anak untuk terus belajar. Ditambah lagi, di fitur ini pengguna juga bisa mengundang teman untuk ikut berkompetisi. Semakin seru kan pastinya ?

Berlatih soal-soal yang terdapat pada CorePractice di ZenCore ini juga akan membuat anak terbiasa menjawab soal-soal logika. Soal-soal yang tipenya akan banyak ditemui ketika nanti mereka test masuk perguruan tinggi atau test seleksi kerja. Sehingga sangat bagus jika dibiasakan mulai dari sekarang.

download aplikasi Zenius
bermain CorePractice di fitur ZenCore (doc.pri)

Jadi bagaimana teman-teman, berminat juga mencoba memanfaatkan fitur ZenCore dari Zenius? yuk, langsung saja download aplikasi Zenius  sekarang juga. Dan ajak anak untuk belajar fundamental skill #mulaidarimanaaja. Semoga informasi ini bermanfaat ya…


Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter