Konvermex Cara Ampuh Basmi Cacingan

konvermex cara ampuh basmi cacingan
berantas cacingan dengan Konvermex (design by canva)

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengalami keluhan cepat lelah, letih dan kurang bertenaga. Awalnya saya menduga saya terkena anemia. Karena jika dilihat tanda-tandanya memang menjurus ke sana.  Apalagi dari dulu tekanan darah saya selalu rendah. 

Akhirnya saya pun berinisiatif untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah. Tapi saya kok merasa keluhan yang saya rasakan belum juga mereda. Kemudian,  saya pun menanyakan kepada teman yang kebetulan seorang dokter. Jawaban dari teman saya sungguh mengejutkan.

Dia mengatakan kemungkinan saya mengalami cacingan. Kagetlah saya, ternyata efek dari cacingan itu bisa bermacam-macam. Dulunya, saya mengira cacingan identik dengan perut buncit dan badan kurus. Dan hanya dialami oleh anak-anak saja. 

Namun ternyata tidak demikian. Anak-anak memang lebih rentan terkena cacingan. Karena biasanya mereka belum terlalu bisa menjaga kebersihan diri. Masih susah untuk disiplin mencuci tangan sebelum makan atau sehabis main di luar rumah.

Tetapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa terkena cacingan. Karena cacingan juga merupakan penyakit yang mudah menular. Jika salah satu anggota keluarga terkena, maka bisa menularkan ke anggota keluarga lainnya. 

Tentang Infeksi Cacingan

Cacingan adalah infeksi atau masuknya telur atau larva cacing ke tubuh manusia. Cara masuk cacing ke dalam tubuh manusia ada berbagai cara. 

Bisa melalui makanan yang kurang bagus penanganannya sehingga mengandung telur cacing, bisa dari permukaan benda yang mengandung telur cacing yang tidak sengaja kita sentuh, atau dari tanah yang mengandung larva cacing yang kita injak tanpa menggunakan alas kaki. 

Gejala cacingan pada Orang Dewasa

Infeksi cacingan menimbulkan beberapa gejala. Pada anak-anak, gejala yang muncul biasanya berupa perut buncit, tubuh kurus, gatal di area genital yang dirasakan terutama di malam hari, dan nafsu makan menjadi turun. 

Sedangkan pada orang dewasa tanda infeksi cacingan lebih kompleks lagi. Dapat berupa kelelahan, perut kembung, muntah, diare, sakit perut, ruam dan gatal di permukaan kulit dan lain-lain. 

Tanda yang muncul bisa bermacam-macam, tergantung jenis cacing yang menginfeksi. Kita harus tahu gejala-gejala cacingan agar segera dapat melakukan upaya pengobatan.  

ruam dan gatal salah satu ciri cacingan
ruam dan gatal bisa menjadi tanda cacingan (sumber gambar : pixabay)

Jenis Cacing yang Dapat Menginfeksi Manusia

Ada beberapa jenis cacing yang dapat menginfeksi manusia. Yaitu :

1. Cacing kremi

Cacing ini biasa menyerang anak-anak. Cacing kremi hidup di usus besar dan rektum manusia.  Keluhan yang dirasakan adalah rasa gatal di area organ genital. Penularan terjadi ketika secara tidak sengaja telur cacing kremi masuk ke mulut. Cacing kremi ini termasuk dalam golongan cacing gelang. 

2. Cacing pita

Cacing ini biasanya terdapat pada daging merah yang tidak dimasak dengan sempurna.  Kepala cacing pita akan menempel dalam dinding usus dan menyerap sari-sari makanan. Cacing pita bisa hidup hingga 30 tahun,  dengan panjang mencapai 25 meter. 

Infeksi cacing pita bisa berdampak serius jika sampai menginfeksi organ lain di luar organ usus. Gejala yang mungkin timbul jika ternfeksi cacing pita adalah munculnya benjolan di tubuh, reaksi alergi, demam, infeksi bakteri, dan kejang

3. Cacing pipih

Salah satu jenis cacing pipih yang dapat menginfeksi manusia adalah cacing Schistosoma yang dapat menyebabkan penyakit Schistosomiasis. Penyakit ini dapat menyerang berbagai macam organ dalam tubuh. Dan bisa mengakibatkan kerusakan organ yang serius yang mengancam nyawa. 

Cacing ini dapat masuk ke tubuh manusia melalui air minum atau daging yang sudah terkontaminasi cacing Schistosoma. Jika terinfeksi cacing pipih, gejala yang muncul berupa demam dan kelelahan.

4. Cacing tambang

Cacing ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan cacing tambang atau akibat bersentuhan langsung dengan tanah yang mengandung larva cacing tambang. 

Gejala infeksi cacing tambang berbeda-beda. Pada orang dengan daya tahan tubuh yang baik bisa jadi tidak menimbulkan gejala. Namun apabila cacing tambang menginfeksi kulit, maka pada tempat masuknya cacing akan muncul keluhan berupa gatal dengan bekas ruam yang berkelok- kelok, dapat juga memunculkan gejala anemia dan kelelahan.

5. Cacing gelang

Cacing gelang atau Ascaris lumbricoides banyak menginfeksi manusia. Gejala yang dirasakan akibat cacing gelang ada bermacam-macam. Dapat berupa sakit yang perut hebat, berat badan turun tanpa sebab, maupun seperti ada benjolan di tenggorokan. 

Selain itu, cacing gelang dapat keluar dari tubuh melalui muntah, saat buang air besar, atau melalui lubang hidung. Infeksi cacing ini tergolong berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian.

6. Cacing trikinosis

Cacing ini terdapat pada daging matang yang sudah dihinggapi larva cacing. Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia akan berdiam di usus manusia hingga dewasa. Kemudian akan berkembang biak dan perpindah dari usus ke otot atau jaringan tubuh lainnya. 

Gejala yang muncul jika terinfeksi cacing ini adalah demam, sakit kepala, pembengkakan pada wajah, nyeri otot, peka terhadap cahaya, dan konjungtiva.

Ternyata cukup banyak ya, gejala yang ditimbulkan oleh infeksi cacingan ini. Dan penyakit cacingan tidak dapat dianggap enteng. 

Cara mengobati dan mencegah cacingan

Untungnya, infeksi cacingan ini mudah diobati.  Bisa menggunakan bahan herbal maupun obat pabrikan.  Untuk obat herbal kita bisa menggunakan beberapa bahan alami,  seperti :

1. Bawang putih

Menurut penelitian bawang putih mengandung bahan yang dapat menghancurkan telur cacing berikut larvanya.  Caranya adalah dengan mengkonsumsi irisan bawang mentah secara teratur. 

2. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit. Caranya adalah dengan mengkonsumsi minyak kelapa murni setiap pagi.

3. Wortel

Wortel juga dipercaya dapat mengatasi cacingan.  Karena kandungan yang terdapat pada wortel mampu memaksa cacing parasit dari tubuh. Dengan mengkonsumsi wortel 2 kali sehari,  dapat menyembuhkan kita dari penyakit cacingan. 

Sayangnya keefektifan dari obat herbal ini belum banyak bukti yang dapat dijadikan rujukan. Sehingga masih dibutuhkan penelitian. 

Konvermex Obat Cacing Keluarga

Untuk mencegah dan mengobati penyakit cacingan, ada cara praktis dan aman yang bisa kita lakukan. Yakni dengan menggunakan Konvermex obat cacing keluarga yang sudah teruji klinis khasiatnya. Saya pun sudah mencobanya, setelah kawan dokter menyarankan untuk meminum obat cacing guna mengatasi keluhan letih dan lesu yang saya rasakan.  

konvermex obat cacing untuk seluruh keluarga
konvermex, obat cacing untuk keluarga (doc. pri)

Konvermex ini diproduksi oleh Konimex. Dengan kandungan Pyrantel Pamoate, konvermex bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis cacingan. Dan merupakan obat cacing dengan dosis sekali minum. 

Konvermex menghancurkan cacing di tubuh dengan cara mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Konvermex terdiri dari 2 sediaan, yakni dalam bentuk kaplet dan suspensi yang diformulasikan untuk anak-anak dan dewasa. 

Dosis untuk anak mengandung 125 mg Pyrantel Pamoate, yang tersedia dalam bentuk kaplet dan suspense dengan rasa jeruk. Sedangkan untuk dewasa, mengandung 250mg Pyrantel Pamoate yang tersedia dalam bentuk kaplet dan suspensi dengan rasa vanilla latte.

Kebetulan kemarin saya beli Konvermex kaplet yang mempunyai kandungan 250mg Pyrantel Pamoate. Dengan minum Konvermex sesuai anjuran, dapat mengobati cacingan yang disebabkan oleh cacing kremi,  cacing gelang,  cacing tambang,  dan cacing trikinosis. 

aturan pakai konvermex
komposisi, indikasi, dan dosis Konvermex (doc.pri)

Untuk pencegahan, rutin minum Konvermex setiap 6 bulan sekali dapat menjaga kita dan seluruh keluarga dari infeksi cacingan yang berbahaya. Di samping itu, membiasakan menerapkan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan sangat dianjurkan. 

Dengan rajin mencuci tangan sebelum makan, selalu memakai alas kaki setiap kali beraktivitas di luar ruangan, dan biasakan mengolah makanan dengan baik dan benar. Ayo saling jaga ! Sediakan selalu Konvermex di rumah anda, agar kita terhindar dari cacingan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam...

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter