Cara Cepat Memperoleh Modal Usaha Bersama JULO Kredit Digital

Aplikasi Julo Kredit Digital
tentang aplikasi kredit digital JULO (design by : Canva)

Pandemi membuat semua orang harus berpikir kreatif bagaimana agar dapat bertahan hidup. Banyak yang kemudian ingin membuka usaha tapi sayang belum punya modalnya. 

Sebenarnya tidak semua usaha membutuhkan modal. Ada juga usaha yang bisa dijalankan tanpa modal. Misalnya dengan menjadi dropshiper. Namun tentu saja sistem ini punya beberapa kelemahan. Diantaranya keuntungan yang kita terima lebih sedikit dibandingkan jika kita menjadi reseller dan menyetok barang sendiri. 

Belum lagi jika menjadi dropshiper maka kita tidak bisa segera memberi informasi bukti kirim atau resi kepada pembeli kita. Karena kita harus menunggu informasi dari pemilik barang.

Padahal umumnya pembeli ingin segera memperoleh informasi mengenai bukti kirim barang, begitu mereka selesai melakukan pembayaran. Hal ini tidak jarang menimbulkan ketidakpuasan dan ketidakpercayaan dari pembeli.

Selain itu sistem dropship membuat kita tidak mengetahui kondisi atau kualitas sesungguhnya dari barang yang kita jual atau kita kirimkan kepada pelanggan. Sehingga rawan terjadinya komplain juga.

Memang seharusnya ketika kita menjual suatu barang, kita harus tahu benar kondisi barangnya.  Sehingga paling bagus jika kita mempunyai stok barang sendiri. 

Oleh karena itu jika kita memang serius membuka usaha jual barang,  kita harus mempunyai modal paling tidak untuk membeli stok barang.

Cara Untuk Mendapat Modal Usaha

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh modal usaha.  Diantaranya adalah :

1. Dari Tabungan Pribadi

Tabungan pribadi merupakan salah satu sumber modal yang bisa kita gunakan. Namun memang tidak semua orang memiliki tabungan yang memadai untuk modal usaha.

Banyak yang memiliki tabungan yang diperuntukkan untuk hal mendesak lainnya.  Seperti untuk biaya hidup atau biaya sekolah anaknya.  Jika memang demikian adanya, bisa juga dilakukan cara kedua. 

2. Meminjam dari saudara atau orang tua

Jika kita memiliki saudara atau orang tua yang mampu mungkin cara ini bisa dilakukan. Namun ingat,  tetap harus profesional. Meskipun saudara, hutang tetap harus dibayarkan.  

Jika perlu pengajuan pinjaman modal usaha yang kita lakukan disertai proposal mengenai perhitungan untung dan ruginya. Jangan sampai gara-gara hutang hubungan persaudaraan menjadi renggang. 

3. Menjual aset atau menggadaikan aset

Menjual atau menggadaikan aset juga bisa menjadi sumber modal kita.  Yang penting lakukan kalkulasi yang benar terhadap rencana usaha yang kita jalankan agar aset yang kita jual atau gadaikan menjadi hilang sia-sia.

4. Mengajukan Pinjaman di Bank

Cara ini lazim dilakukan.  Namun sayang tidak semua orang bisa mengaksesnya.  Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar bank mengabulkan pinjaman yang kita ajukan. Diantaranya kita harus punya agunan untuk kita jaminkan.  Dan tidak semua memilikinya.

5. Mengajukan Kredit Digital 

Saat ini banyak platform kredit digital yang ditawarkan. Hal ini memudahkan masyarakat untuk memperoleh kredit dengan cepat. Namun masyarakat harus jeli dalam memilih platform kredit digital yang ditawarkan. Pilih yang kredibel dan terpercaya agar tidak timbul masalah di kemudian harinya. 
Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih lembaga penyedia Kredit Digital adalah :  
  1. Mempunyai ijin (terdaftar)  di OJK
  2. Tidak pernah menawarkan kredit melalui saluran komunikasi pribadi (WA, SMS)
  3. Ada seleksi bagi setiap nasabah yang mengajukan pinjaman
  4. Besarnya bunga dan biaya administrasi diberitahukan secara transparan
  5. Bagi peminjam yang tidak dapat membayar pinjaman setelah batas waktu 90 hari, akan dimasukkan dalam daftar hitam Fintech Data Center sehingga tidak lagi dapat meminjam dana ke platform fintech yang lainnya. 
  6. Mempunyai layanan untuk pengaduan (Customer Service)
  7. Mempunyai identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas
  8. Hanya mengizinkan akses kamera, mikrofon, dan lokasi pada gawai peminjam, tidak termasuk kontak yang ada di gawai peminjam.
  9. Penagih wajib memiliki sertifikasi penagihan yang diterbitkan oleh AFPI
Dengan mengetahui ciri-ciri platform Kredit Digital yang legal, maka akan menghindarkan kita dari penipuan dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya. 

Tentang  JULO Kredit Digital

Salah satu platform kredit digital legal yang bisa kita gunakan adalah  JULO Kredit Digital. JULO adalah aplikasi kredit digital Indonesia yang aman dan terpercaya. Karena sudah terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018, dan secara resmi telah mendapatkan perizinan penuh dengan status berizin dari OJK melalui nomor registrasi KEP-16/D.05/2020.

Julo Kredit Digital terdaftar di OJK
Julo kredit digital aman (sumber : Julo.co.id)

Aplikasi JULO Kredit digital dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan transaksi. Mulai dari tarik dan kirim dana, pembelian  pulsa, pembayaran tagihan pascabayar, PLN, BPJS Kesehatan, dan e-commerce dengan menggunakan paylater.

julo satu aplikasi untuk beragam solusi
Julo merupakan aplikasi serbaguna (sumber : Julo.co.id)

KEUNGGULAN JULO Kredit Digital

Selain sudah memiliki ijin resmi dari OJK,  jika dibanding lembaga financial technology lainnya JULO Kredit Digital memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya :
  • Bunga pinjaman rendah, mulai dari 0,1% per hari.
  • Besar plafon pinjaman yang disediakan besar,  mulai dari Rp 500.000 - 15.000.000
  • Proses pencairan pinjaman cepat
  • Jangka waktu pelunasan pinjaman beragam, mulai dari 61 hari sampai 270 hari (9 bulan)
  • Terdapat undian berhadiah setiap bulan, dan pemberian cashback saat bayar angsuran
  • Biaya administrasi yang dikenakan 7% dari total pinjaman
  • Aman dan terpercaya
keunggulan Julo Kredit Digital
Keunggulan Julo Kredit Digital (sumber : Julo.co.id)

Syarat Untuk Memperoleh Pinjaman di JULO Kredit Digital

Jika teman-teman ingin mengajukan pinjaman di JULO Kredit Digital maka syarat utama yang harus dipenuhi adalah :
  • Berdomisili di wilayah Indonesia
  • Berusia 21-60 tahun
  • Memiliki penghasilan minimum per bulan Rp 2.000.000
  • Mengajukan pinjaman melalui aplikasi JULO Kredit Digital yang dapat diunduh melalui playstore di smartphone android
Ini artinya teman-teman harus men-download dulu aplikasi JULO Kredit Digital. Kemudian isi form pengajuan, lengkapi data dan dokumen yang diperlukan, pilih produk JULO sesuai kebutuhan. Tunggu pihak JULO melakukan verifikasi. Jika lolos verifikasi, maka uang siap dicairkan tanpa harus menunggu lama.

Yang penting, bayar cicilan sesuai ketentuan dan dapatkan cashback serta kesempatan memperoleh giveaway yang akan diundi setiap bulannya. Untuk pembayaran cicilan,  dapat dilakukan menggunakan Virtual Account Bank BCA, Bank Permata, Maybank maupun Gerai Retail Alfamart, dan Indomaret.

kemudahan pembayaran di Julo
Kemudahan pembayaran di JULO (sumber : Julo.co.id)

Mudah bukan? Jadi bagi teman-teman yang membutuhkan dana pinjaman untuk keperluan modal usaha, bisa nih mencoba mengajukan pinjaman di JULO. Tapi ingat, bijaklah dalam melakukan pinjaman. Perhitungan kemampuan kita dalam membayar cicilan. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter