Mengenal Layanan Konsultasi Psikologi Online Dari Get Spirit


webinar kesehatan mental bersama get spirit
Webinar kesehatan mental (sumber : Indscrip Creative)

Masalah kesehatan mental saat ini mendapatkan banyak perhatian. Hal tersebut dilatarbelakangi semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jiwa maupun raga.  

Tidak bisa dimungkiri perubahan yang cepat dan tantangan yang harus dihadapi di masa sekarang ini membuat risiko stress  semakin tinggi. Dan itu tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun pada anak-anak juga. 

Jika dulu mungkin orang merasa bingung dan malu jika harus bertemu dengan seorang psikolog, sekarang tidak perlu lagi. Ada layanan konsultasi psikologi online yang bisa dimanfaatkan. 

Salah satunya dari Biro Konsultasi dan Psikologi Get Spirit yang menyediakan banyak tenaga psikolog di Bandung yang ahli dan mumpuni.  

Kebetulan tanggal 13 Juli 2022 lalu saya mengikuti webinar tentang mental health issue yang diadakan oleh Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB), dengan tema cara deteksi dini kelainan kesehatan mental baik pada diri sendiri maupun orang terdekat berikut pola penanganannya.

Dalam kegiatan ini narasumber yang dihadirkan adalah Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit dan  Selly M.Psi. Namun karena saat acara Kak Azalia berhalangan dikarenakan ada kesibukan, maka digantikan oleh Kak Theofanny. 

Banyak insight menarik yang saya dapatkan setelah mengikuti webinar ini.  Diantaranya saya jadi tahu tanda-tanda adanya gangguan mental yang terjadi pada diri kita atau orang-orang di sekitar kita. 

Meskipun demikian, kita tidak boleh melakukan diagnosa sendiri. Kita tetap butuh bantuan dengan mencari layanan konsultasi dengan psikolog. Misalnya saja menggunakan layanan Konsultasi Psikologi Online dari Get Spirit.  

Tentang Kesehatan Mental

Dalam webinar tersebut, Kak Selly. S, PSI, MPSI, PSIKOLOG sebagai narasumber pertama menyampaikan paparannya mengenai pengertian kesehatan mental menurut WHO.  

Kak Selly Psikolog dari Get Spirit
Kak Selly, pembicara dari Get Spirit (doc.pri)

Di mana kesehatan mental didefinisikan sebagai "kondisi sejahtera seseorang ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya untuk mengelola tekanan yang wajar serta beradaptasi dengan baik, sehingga mampu bekerja secara produktif dan berkontribusi dalam lingkungannya". 

Kesehatan mental ini mencakup kemampuan individu untuk :
  1. Berkembang secara psikologis, emosional, intelektualitas, dan spiritual.
  2. Memulai mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling memuaskan. 
  3. Mengalami dan mengintegrasikan tekanan psikologis tanpa menghambat perkembangan. 
Oleh karena itu orang dengan kesehatan mental yang baik mempunyai ciri :
  1. Bebas dari gangguan penyakit jiwa. 
  2. Dapat menerima diri dengan menyadari kekuatan dan kelemahannya.
  3. Mampu mengembangkan potensi yang dimiliki serta bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain
  4. Mampu menyesuaikan diri secara fleksibel
  5. Memiliki hubungan yang menyenangkan dan bermanfaat antar individu.  

Penyebab Masalah Kesehatan Mental

Kesehatan mental dari seseorang bisa terganggu karena berbagai hal. Misalnya karena masalah atau tekanan dalam kehidupan sehari-hari yang berat. 

Bisa juga karena trauma atau pengalaman kehidupan yang kurang menyenangkan, termasuk perubahan masalah fisik yang serius. Selain itu adanya gaya hidup yang tidak sehat, tidak adanya support system, dan adanya keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental juga bisa menjadi pemicu.  

Oleh karena itu penting bagi setiap individu untuk merawat kesehatan mentalnya dengan memahami dan menerima diri. Penting untuk melakukan self care misalnya dengan rajin beribadah, berolah raga, melakukan hobi, menikmati minuman dan makanan favorit, menulis jurnal, melakukan perawatan tubuh, istirahat yang cukup, dan sosial media detox. 

cara menjaga kesehatan mental
Agar kesehatan mental terjaga (sumber : materi webinar)

Tanda-Tanda Adanya Masalah Kesehatan Mental

Orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental memiliki tanda-tanda. Hal ini dapat dideteksi dan diamati dari pikiran, perasaan dan juga perilakunya. Berikut tanda-tanda yang biasanya ada pada orang yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. 

# Pikiran 

  • Banyak pikiran negatif
  • Tidak dapat berpikir jernih sehingga sulit membuat keputusan. 
  • Lebih lambat dalam berpikir
  • Pikiran berbeda dengan kenyataan. 

# Perasaan

  • Perubahan emosi yang cepat
  • Merasa tidak berdaya
  • Mudah merasa sedih,  cemas,  marah,  dan takut secara berlebihan. 
  • Mati rasa

# Perilaku

  • Tidak memiliki energi untuk beraktivitas
  • Menghindari pekerjaan atau lingkungan
  • Hanya ingin sendiri
  • Sulit makan atau tidur
  • Berkelahi dengan orang lain
Jika menjumpai tanda-tanda di atas ada pada diri atau orang terdekat, kita harus mau membuka diri dan mencari jalan untuk mendapatkan solusi. Yakni dengan berkonsultasi kepada psikolog agar diperoleh diagnosa dan penanganan yang tepat.  

Tentang Biro Konsultasi Get Spirit

Biro konsultasi dan Psikologi Get Spirit didirikan oleh 2 orang yang telah lama malang-melintang di bidang layanan konsultasi psikologi. Yaitu Azalia Cindy Permadi, M.Psi., Psikolog dan Theofanny. 

Adapun profil dari Kak Azalia Cindy Permadi Founder Get Spirit dan Kak Theofanny adalah sebagai berikut : 

Nama Lengkap :
Azalia cindy permadi, M.Psi., Psikolog

Azalia Cindy Permadi founder dari Get Spirit
Kak Azalia, Founder Get Spirit (sumber : Indscrip Creative)

Riwayat pendidikan:
S1 : fakultas psikologi universitas kristen maranaths
S2: magister profesi psikologi universitas kristen maranatha

Karir : 
assosiate psikolog di berbagai biro psikologi, recruiter calon karyawan bank indonesia, recruiter calon karyawan pt telkom, recruiter badan kepegawaian negara

Nama Lengkap :
Theofanny
Theofanny dari Get Spirit
Kak Theofanny dari Get Spirit (sumber : Indscrip Creative)

Background pendidikan :
S1 : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha
S2 : Magister Profesi Psikologi Universitas Kristen Maranatha

Pengalaman kerja :
Assosiate psikolog, grafolog

Saat ini kantor Layanan Konsultasi dan Psikologi Get Spirit baru ada di Bandung. Meskipun demikian untuk memperluas jangkauan layanan dan memudahkan para klien yang ingin berkonsultasi, Get Spirit menyediakan layanan konsultasi online. 

Layanan konsultasi online ini sangat praktis dan memudahkan, manfaatnya pun bisa dirasakan. Karena solusi diberikan langsung oleh ahlinya sehingga bisa dipertanggungjawabkan.  Sementara untuk masalah privacy dan kerahasiaan, terjamin keamanannya.  

Jika teman-teman merasa ada masalah dengan kesehatan mental dan bingung bagaimana cara konsultasi ke Psikolog, teman-teman bisa menggunakan layanan konsultasi online dengan mengirimkan pesan ke nomor 081214000624 atau bisa juga DM ke akun instagram get_spirit https://www.instagram.com/get_spirit. Semoga ulasan saya ini bermanfaat untuk pembaca blog cerryku
Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter